Panduan Singkat Menjadi Penulis Tamu

Panduan singkat menjadi penulis tamu menjadi kebutuhan khususnya untuk Anda seorang blogger. Ini merupakan anjuran idola dalam tips ngeblog khususnya untuk membangun network dan backlink.

Blogging merupakan suatu hobi yang menyenangkan, Anda bisa menghasilkan uang lewat blog, menuliskan curhatan pribadi, membentuk komunitas online, dan sebagainya.   Mengapa Panduan Singkat? Jika Anda mulai menyelami dunia blogging Anda akan mulai merasa, semakin banyak yang harus Anda pelajari (Anda akan menghabiskan banyak waktu), itulah sebabnya saya menghadirkan panduan singkat menjadi penulis tamu.

Mungkin kemudian Anda kembali bertanya, kenapa harus menjadi penulis tamu?

Menjadi Penulis Tamu untuk Mendapat Traffic? Apakah Anda masih percaya hal ini?

Saya pribadi tidak begitu mendukung pernyataan ini. Bahkan saya lebih suka melakukan blog commenting karena mendatangkan lebih banyak traffic.

Lantas apa?

Menjadi Penulis Tamu Sangat Baik untuk Membangun Kredibilitas Online dan Network

Kredibilitas Online bisa sangat berguna, bukan untuk blog, tapi untuk blogger itu sendiri. Jika seorang blogger dinilai sangat kredibel dalam menyampaikan informasi, tentu apapun blog yang dia buat akan selalu kredibel. Sedangkan network sangat bermanfaat dalam mengembangkan peluang usaha.

Bagaimana Menjadi Penulis Tamu Bisa Memberi Kredibilitas Online?

Semua bergantung dari cara Anda menyampaikan informasi melalui tulisan. Semakin baik penyampaian informasi, semakin kuat argumen Anda maka semakin tinggi kredibilitas yang Anda raih dari pembaca.

Di sisi lain, menjadi penulis tamu merupakan strategi internet marketing yang sangat baik. Pada saat Anda memutuskan menjadi penulis tamu, Anda sebenarnya membantu pemiliki blog untuk menampilkan artikel terbaru.

Dalam dunia blogging, pembaharuan artikel merupakan urat nadi keberlangsungan sebuah blog. Jadi dengan menjadi penulis tamu sebenarnya Anda telah memberikan kontribusi yang sangat berharga dengan cuma-cuma.

Sedangkan dalam dunia bisnis sesuatu yang cuma-cuma mungkin sedikit mustahil, namun dengan menjadi penulis tamu Anda telah mematahkan kemustahilan tersebut sekaligus memantapkan kredibilitas online Anda sendiri.

Bagaimana Kaitan Penulis Tamu dengan Network?

Network atau bisa disebut pertemanan merupakan aspek penting juga dalam dunia bisnis. Semakin luas network Anda semakin bagus kesempatan bisnis Anda untuk maju. Menjadi penulis tamu adalah cara cerdas bagi seorang blogger untuk memperluas network.

Cerdas karena manfaat terbesar bagi blogger sendiri adalah untuk mengasah kemampuan menulis yang baik dan dapat diterima di dunia online. Apakah Anda sudah pernah menjadi penulis tamu?

Jika belum maka sebaiknya Anda mencobanya … Jika sudah namun ditolak, jangan berkecil hati, tetaplah mencoba dan simaklah tips sederhana menjadi sukses sebagai penulis tamu di artikel ini.

Kredibilitas online dan pertemanan sebenarnya manfaat utama yang sering terlewatkan. Manfaat menjadi penulis tamu di blog yang sering mengemuka adalah untuk meningkatkan trafik blog, menerapkan backlink secara sehat.

Backlink dan traffic memang benar sebagai efek positif jika Anda berhasil menjadi penulis tamu, namun sebenarnya tidak terlalu signifikan.

Tips Mudah Menjadi Penulis Tamu

1. Aturan Main Menjadi Seorang Penulis Tamu

Meskipun terdengar sederhana namun hal ini kerap terlupakan. Hal ini sangat mudah dipahami karena sudah banyak blogger yang mengerti manfaat positif dengan menjadi penulis tamu. Setiap blog yang membuka peluang untuk penulis tamu pasti memiliki aturan main sendiri, jadi perhatikanlah dan ikuti petunjuknya baik-baik. Dengan mengikuti petunjuk penulis tamu yang disediakan tentu peluang Anda untuk diterima sebagai penulis tamu semakin besar.

2. Kirimlah Email Sebagai Perkenalan untuk Menjadi Penulis Tamu

Seberapa pentingkah membuat email bagi Anda? Bagi saya email sangatlah penting khususnya untuk menunjang hobi blogging saya. Salah satunya adalah mencari peluang untuk menjadi penulis tamu di blog lain baik Indonesia maupun mancanegara.

Jadi, pergunakanlah email Anda sebaik mungkin. Buatlah sebuah permohonan menjadi penulis tamu yang baik, singkat dan jelas agar peluang Anda untuk diterima sebagai penulis tamu semakin besar.

Mengapa harus baik, singkat dan jelas? Ingat blogger merupakan kegiatan yang menyita waktu jadi jika Anda memberikan pengajuan yang baik, singkat dan jelas Anda sudah membantu pemilik blog dan kemungkinan besar Anda akan diterima. Aspek penting lainnya selain permohonan menjadi penulis tamu yang baik tentu adalah tema artikel Anda.

Jika tema artikel Anda sangat unik tentu peluang Anda semakin besar. Bagian terpenting dari email permohonan menjadi penulis tamu adalah sedikit deskripsi tentang artikel Anda. Ini sangat membantu pemilik blog dalam menentukan apakah artikel Anda harus diterima atau tidak. Berikut adalah contoh email permohonan menjadi penulis tamu saya di isnuansa.com :

artikel yang diterima : Cara Cerdas Menjadi Blogger Handal

Untuk blog asing (berbahasa Inggris) saya sudah mendapat beberapa kesempatan. Berikut adalah salah satu contoh email permohonan menjadi penulis tamu saya di netchunks.com :

artikel yang diterima : How Can You Take Advantage of Spam Comments

3. Siapkan Dahulu Draft Artikel Anda Baru Kirim Email Permohonan Menjadi Penulis Tamu

Perlu diingat bahwa, sebelum Anda mengajukan permohonan menjadi penulis tamu lewat email, ada baiknya Anda menyiapkan dengan baik draft artikelnya terlebih dahulu. Alasannya? Sangat mudah, guna menunjukkan profesionalisme Anda sebagai seorang blogger.

Pada saat Anda mendapat lampu hijau untuk menjadi penulis tamu, dan Anda meresponnya dengan cepat … lagi-lagi kredibilitas Anda semakin baik dimata pemilik blog

Memulai Menjadi Penulis Tamu

Jika Anda belum pernah mencoba, ada baiknya Anda mencoba menjadi penulis tamu. Tentu ini akan menyita waktu Anda namun hasilnya yang akan didapatkan bisa lebih besar dari yang Anda bayangkan. Artikel ini bermanfaat? Jangan lupa di share-ya, agar rekan-rekan blogger lainnya dapat mengambil manfaatnya juga.

*update 5 April 2013 : beberapa artikel tamu saya di blog-blog mancanegara dapat dilihat melalui link di sidebar bagian kanan dibawah “Also Featured On

Sekarang apa pendapat Anda tentang panduan singkat menjadi penulis tamu? Silahkan berbagi pendapat dan komentar di bawah ini 🙂

Baca Juga :
Tips SEO untuk Blogger : Maksimalkan Mencari Uang di Internet
Bagaimana Anda Bisa Menghasilkan Uang Lewat Blog?
Tren Media Sosial Indonesia : Pelajaran Penting dari Media Tradisional
Teka Teki Tambah Uang dengan Banner Iklan Pay Per Click
 Apakah Unique Selling Proposition itu? Apakah Semua Sependapat?

21 Comments

  1. affanibnu Juni 29, 2012
    • Okto Juni 29, 2012
  2. blogmagis Juni 29, 2012
    • Okto Juni 30, 2012
  3. Muflich Kamil Juli 2, 2012
    • Okto Juli 2, 2012
  4. Aritkel Do Follow Juli 6, 2012
    • Okto Juli 6, 2012
  5. Pingback: FOTO: Busana Cerah Trio WAGs | gilabola.biz Juli 6, 2012
  6. SMS Ramadhan 2012 Juli 19, 2012
  7. gasyah April 10, 2013
  8. Lutfie Wardi Mei 14, 2013
    • Okto Mei 14, 2013
      • lutfie wardi Mei 23, 2013
        • Okto Mei 23, 2013
  9. Ahmad Syaifudin April 23, 2014
  10. Okto November 13, 2014
  11. rumiysha November 16, 2014
  12. hyden Oktober 15, 2015
  13. Pingback: Belajar Bisnis Online Untuk Pemula Oktober 15, 2015
  14. Muhamad Ilyas Oktober 28, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge