7 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Yang Berkualitas


Jumlah pengunjung blog dalam satu hari atau satu bulan memang bisa membuat blogger pusing tujuh keliling atau sebaliknya semangat bukan main.

Blogger dibuat pusing karena segala tips mendatangkan pengunjung blog sudah dicoba namun hasilnya tetap saja tidak maksimal. Tidak sedikit blogger kecewa melihat data trafik blognya sekalipun berbagai cara mendatangkan pengunjung blog sudah ditempuh.

Blogger dibuat semangat bukan main karena jumlah pengunjung blog yang tinggi tentu memberi semangat untuk terus memberikan konten berkualitas melalui blog yang dikelolanya.

Terlepas dari banyaknya ulasan cara meningkatkan pengunjung blog yang sudah beredar di internet, tetap saja banyak blogger yang berburu jawaban memuaskan atas permasalahan ini.

Setidaknya latar belakang itulah yang membuat notordinaryblogger ingin berbagi cara meningkatkan pengunjung blog, sebuah cara mudah dari perjalanan 3 tahun blog ini berdiri. Yuk kita bahas bersama.

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Meningkatkan Pengunjung Blog, Jumlah atau Kualitas?

Menurut pandangan penulis, banyak blogger yang terbuai dengan jumlah pengunjung blog yang diterimanya. Jumlah pengunjung blog yang besar berarti “uang” (unsur uang membuat banyak blogger berlomba berebut popularitas di mesin pencari). Mungkin tidak sepenuhnya salah bahwa pengunjung blog yang banyak berarti potensi “uang” pun besar. Namun demikian, bukan berarti blog dengan jumlah pengunjung minim tidak dapat berbuat “sesuatu” yang menguntungkan.

Pengunjung blog dalam jumlah besar belum tentu memberikan keuntungan kepada pemilik blog.

Jangan lupa bahwa blog merupakan media personal yang memiliki kekhususan atau dikenal dengan istilah niche blog. Dengan kekhususan itulah sebuah blog bisa mendapatkan tempat tersendiri di hati pengunjungnya.

Jangan terkecoh dengan cara meningkatkan pengunjung blog melalui pembahasan berbagai topik “hot” yang banyak dicari. Mungkin benar cara ini bisa mendatangkan banyak pengunjung blog dari mesin pencari, tapi setelah itu lantas apa?

Kecuali jika kita ngeblog hanyalah sekedar menulis dan berbagi maka, ngebloglah tentang berbagai hal sesuai kata hati (yang selalu berubah setiap waktu).

Mungkin kita juga terinpirasi dari portal berita yang kebanjiran pengunjung sampai jutaan setiap harinya dengan tarif iklan online yang membuat blogger baru ingin bisa seperti itu. Ketahuilah bahwa portal berita bisa seperti itu karena mereka didukung oleh sumber daya yang mumpuni, atau bahasa lainnya ada “biaya” yang tidak sedikit yang dikeluarkan untuk bisa mencapai hasil itu.

Banyak blogger tidak ingin mengeluarkan biaya namun ingin meraih hasil maksimal. Dalam meraih sukses tentu ada konsekuensi. Jika kita tidak ingin menghadapi konsekuensinya, ya, lebih baik tidak usah dilakukan bukan?

Jadi …. Sampai sini …. Mana yang lebih penting, kualitas pengunjung blog atau jumlahnya? (mungkin ada yang nyeletuk kalo kata ane gan, dua-duanya penting).

Saat kita ingin tahu cara meningkatkan pengunjung blog, pastikan kita terfokus pada kualitas pengunjung blog.

Pengunjung blog yang berkualitas adalah pengunjung yang akan memberikan apa yang kita mau dengan senang hati tanpa ada rasa terpaksa. Salah satu bukti nyatanya dapat dilihat dari ada tidaknya pengunjung blog yang melakukan klik atas banner PPC yang kita pasang di blog baik itu adsense atau program lainnya.

Lalu … bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog yang berkualitas?

#1 Meningkatkan pengunjung blog dengan konten blog

Dengan adanya tren Google update yang mengarah kepada “kualitas” maka jika kita ingin mendapatkan pengunjung blog yang berkualitas kita harus memberikan kualitas juga. Sebuah analogi yang sederhana bukan?

Cara paling cepat untuk bisa memberikan “kualitas” kepada pengunjung blog yang datang adalah dengan tampilan blog dan konten blog.

Kurangi jumlah banner iklan yang dipasang di blog kita. Blog yang terlalu banyak banner iklan tentu bertujuan untuk meraup keuntungan daripada membantu pengunjung memberikan solusi. Jika blog kita terlalu banyak banner iklan, kurangilah agar fokus pengunjung tidak buyar akibat kelap-kelip iklan yang bertebaran di blog kita.

Jangan takut untuk kehilangan “pemasukan” dari pengurangan jumlah banner iklan yang dipasang.

Misalkan begini:

Jika blog kita mengulas tips wisata tentu akan menjadi aneh jika ada banner iklan tips cepat hamil atau iklan khusus pasutri berkeliaran. Mungkin satu diantara satu juta pengunjung akan melakukan klik tapi apakah akan melakukan pembelian yang membawa keuntungan? Tentu tidak karena “target” pengunjung yang datang adalah “informasi wisata” bukan informasi di luar itu.

Jika kita ingin mendapat masukan dari iklan, buatlah halaman khusus tentang penawaran itu. Seiring dengan kualitas konten blog yang terus berkembang kita bisa melakukan penawaran pasang iklan langsung ke pihak-pihak terkait seperti agen perjalanan, hotel, dan sebagainya. Cara seperti ini tentu lebih berkualitas di mata pengunjung blog.

 

Kemudian, bagaimana cara membuat konten berkualitas? Agak sulit memang untuk mencari rumus pasti konten berkualitas, namun pada dasarnya konten berkualitas adalah konten yang mudah diikuti dan memberikan bukti serta hasil yang nyata. Selebihnya, biarkan pengunjung blog yang menilai apakah konten yang kita berikan berkualitas atau tidak.

Selain kualitas konten hal lain yang tidak kalah penting adalah tentang SEO. Mau tidak mau, pemahaman kita tentang SEO bisa membantu sekali sebagai cara meningkatkan pengunjung blog. SEO bisa membantu kita menemukan pengunjung blog yang tertarget. Untuk memahami SEO secara mudah silahkan baca:

Tips SEO untuk blogger

Ebook Gratis SEO Artikel

#2 Meningkatkan pengunjung blog dengan facebook atau twitter

Tidak bisa dipungkiri bahwa facebook dan twitter bisa menjadi sumber potensial meningkatkan pengunjung blog. Kenapa demikian? Tentu dari jumlah pengguna aktif di dua media sosial tersebut.

Pengguna Facebook Aktif di Indonesia Mencapai 69 juta per bulannya

Facebook Users in Indonesia

Sumber: http://blogs.wsj.com/digits/2014/06/27/facebook-users-in-indonesia-rise-to-69-million/

 

Pengguna Twitter Aktif di Indonesia Mencapai 15 juta per bulannya

Pengguna Twitter Indonesia 2014

Sumber : http://www.pcworld.com/article/2159420/twitter-users-to-grow-244-percent-in-2014-us-still-largest-market.html

Puluhan juta pengguna media sosial tersebut tentu bisa dimanfaatkan sebagai sumber pengunjung blog yang berkualitas. Bagaimana caranya?

Membuat facebook fanpage. Buatlah facebook fanpage yang terintegrasi dengan blog kita. Dengan kode yang disediakan facebook, kita bisa copy paste fanpage ke blog. Dengan demikian pengunjung blog dapat dengan mudah bergabung di fanpage kita. Bagi mereka yang tergabung di fanpage tersebut tentu dapat dengan mudah mengikuti update postingan atas status fanpage yang kita bagikan. Hasilnya? Tentu saja blog kita bisa kecipratan kunjungan dari para pengguna facebook.

Menambah jumlah twitter follower. Jumlah follower yang banyak tentu member keuntungan tersendiri dalam meningkatkan pengunjung blog karena setiap tweet akan dilihat di wall follower kita. Maka dari itu, jika kita berhasil menambah jumlah follower yang mau follow akun twitter kita dengan sukarela, itu berarti kita mendapatkan pengunjung setia untuk blog.

Beri tombol share media sosial di blog. Saat ini cukup mudah menambahkan tombol media sosial. Keuntungan atas kehadiran tombol ini di blog adalah menimbulkan efek berantai promosi blog. Katakanlah seorang pengunjung blog datang dan terkesan dengan konten yang dilihatnya. Ia kemudian melihat ada tombol facebook di konten tersebut. Jika pengunjung itu ngeklik tombol facebook dan membagikan link konten ke teman-temannya, tentu teman-temannya akan tertarik melihatnya juga karena yang member rekomendasi adalah seseorang yang sudah mereka kenal. Hasilnya? Blog kita semakin dikenal para pengguna facebook. Hal serupa juga bisa terjadi jika kita member tombol twitter. Pastikan kedua tombol (facebook dan twitter) ini ada di konten blog kita sehingga pembaca dapat dengan mudah berbagi dengan pengguna media sosial lainnya.

#3 Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Email Newsletter

Email newsletter merupakan cara yang jitu untuk menjaga jumlah pengunjung blog karena mereka yang menerima email newsletter adalah orang yang memang ingin menerima informasi dari blog kita.

Jadi, para penerima newsletter merupakan pengunjung blog yang tertarget dan berkualitas.

Bagaimana cara menggunakan email newsletter? Silahkan baca cara membuat form berlangganan artikel pada blog ini.

Pengunjung blog yang secara sukarela memberikan email mereka untuk mendapatkan informasi terkini dari sebuah blog tentu akan memberi trafik rutin yang sangat bermanfaat bagi blog itu sendiri. Jika konten blog yang disajikan sangat berkesan, bukan tidak mungkin pengunjung rutin dari newsletter akan berbagi konten melalui akun media sosialnya.

#4 Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Komentar di Blog

Komentar di blog lain bisa dibilang cara paling klasik dan masih terbukti keampuhannya. Seorang blogger tentu sudah terbiasa melakukan komentar di blog lain.

Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk menambah jejaring online tapi juga menambah backlink ke blog kita untuk menambah popularitas blog.

Popularitas notordinaryblogger sangat terbantu dengan adanya media komentar di blog-blog lain. Sejauh ini popularitas notordinaryblogger bisa dilihat sebagai berikut:

Domain Authority NoB

Ingin coba ? Baca tips mudah meningkatkan pengunjung blog dengan komentar di blog lain

#5 Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Gabung di Forum

Forum online merupakan salah satu cara meningkatkan pengunjung blog yang berkualitas. Pengunjung blog dari forum berkualitas karena biasanya pembahasan forum sangat spesifik sesuai kategori yang tersedia, jadi jika ada kategori yang sesuai dengan blog kita, kita bisa membangun “awareness” kepada para pengguna forum lainnya. Dengan begitu blog kita makin dikenal di dunia maya.

 

Beberapa forum memungkinkan kita untuk memberikan kontennya yang disertai dengan backlink. Tautan backlink dari forum kepada blog kita dapat bermanfaat untuk mendatangkan pengunjung blog. Kaskus sebagai forum terbesar di Indonesia merupakan salah satu tempat yang cocok untuk membangun “awareness” sebuah blog.

Forum lain menawarkan fitur “signature” dimana kita bisa memberikan backlink secara instan setiap kita memberi komentar atas thread di forum tersebut. Salah satu forum yang menawarkan fitur ini adalah bersosial.com

Jika bergabung di sebuah forum, pastikan kita mematuhi peraturan yang diberikan. Jangan terlalu bernafsu untuk menambahkan link sejak bergabung di sebuah forum. Bersabarlah, berikan banyak manfaat agar pengguna forum lain mulai memperhatikan kita dan kemudian sebarkan link sesuai aturan forum agar hasilnya maksimal.

#6 Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Iklan

Media iklan pada dasarnya adalah sarana untuk mendapatkan pengunjung yang tertarget. Baik iklan media digital maupun tradisional tujuan akhirnya adalah sama yaitu untuk membuat “awareness” atas keberadaan penjual atau produknya.

Dengan bantuan iklan baik adwords, banner iklan, iklan media cetak, email marketing dan sebagainya, kita bisa dengan mudah meningkatkan pengunjung blog. Resikonya adalah biaya. Cara ini harus dilalui dengan pertimbangan yang sangat matang sehingga hasil yang diraih sepadan dengan pengeluaran biaya yang dilakukan.

#7 Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Menjadi Penulis Tamu

Tidak tahu istilah penulis tamu? Intinya kita menulis untuk blog milik orang lain. Keuntungannya adalah “awareness” dan backlink.

 

Dengan menjadi penulis tamu, kita akan berkenalan dengan pembaca setia di blog lain. Melalui cara ini, kita akan lebih dikenal. Selain itu, kita juga bisa mendapat backlink yang berkualitas yang bermanfaat untuk meningkatkan pengunjung blog sekaligus popularitas blog di dunia maya.

Ingin coba? Silahkan ikuti panduan singkat menjadi penulis tamu

Cara Mana Yang Paling Ampuh?

Pada dasarnya kita perlu mencoba semua cara kemudian melakukan evaluasi untuk melihat cara mana yang paling baik memberikan hasil yang kita cari. Untuk mengetahui cara mana yang paling ampuh untuk meningkatkan pengunjung blog, tentu kita harus menjalani sendiri dalam mencari hasil terbaiknya.

Mungkin masih banyak cara lainnya yang belum dibahas di postingan ini, namun cara diatas sudah ditempuh penulis dan dirasakan ada manfaatnya. Jika rekan pembaca merasa ada cara lain yang juga bermanfaat dan belum dibahas, silahkan berbagi di kolom komentar.

Tips Penting lainnya:

Semoga menginspirasi, Selamat mencoba

 


11 Comments

  1. Taufik Al Mubarak September 14, 2014
    • Okto September 14, 2014
  2. Toni September 18, 2014
  3. Robby November 11, 2014
  4. Sisada Desember 29, 2014
  5. oyong ilham September 19, 2015
  6. Jesica November 25, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+