Bagaimana Cara Mendatangkan Profit Menggunakan Blog Anda?

Bagaimana cara mendatangkan profit menggunakan blog yang kita buat? Kenapa pertanyaan ini muncul? Setidaknya pertanyaan ini paling banyak saya dapatkan melalui email pribadi dari pembaca yang datang ke blog ini.

Untuk memudahkan rekan pembaca lain baik yang sudah kenal maupun yang baru tiba melalui berbagai cara (mesin pencari dan link komentar) maka ada baiknya saya memuat tulisan ini. Ya, bagaimana mendatangkan profit menggunakan blog Anda.

Apa yang akan Anda dapatkan dari pembahasan ini? Saya akan membahas dulu konsep mendatangkan profit menggunakan blog, kemudian hal-hal penting untuk mendatangkan profit menggunakan blog, cara-cara mendatangkan profit menggunakan blog yang memungkinkan dan menjaga profit dalam blog Anda.

Tertarik dengan tips ngeblog yang satu ini?

Mari kita bahas bersama …..

Konsep Mendatangkan Profit Menggunakan Blog

Bagaimana sebuah blog bisa mendatangkan profit bagi pemiliknya? Jika Anda sudah membaca artikel terdahulu tentang bagaimana Anda bisa menghasilkan uang lewat blog, maka Anda pasti sudah memiliki gambaran singkat tentang bagaimana kira-kira blog bisa mendatangkan profit.

Jika belum ada baiknya Anda membaca juga Bagaimana Anda Bisa Menghasilkan Uang Lewat Blog

Profit dapat datang kepada sebuah blog (tentu saja pemiliknya) dikarenakan sebab tertentu. Dalam hal mendatangkan profit, blog ibarat sebuah toko bukan? Jika sebuah toko ramai pembeli tentu pemilik toko akan mendapatkan profit atas usahanya. Sama halnya dengan blog.

Hanya saja ada satu hal yang membedakan toko dengan blog. Sebuah toko ada batasan waktu beroperasi, sebuah blog? Tidak ada batasannya. Artinya blog Anda akan bekerja secara terus menerus selama 24 jam sehari untuk 7 hari dalam seminggu. Jadi potensi profitnya sangat besar.

Lantas kenapa banyak yang tidak berhasil?

Kebanyakan blogger mengukur keberhasilan atau suatu profit berdasarkan nilai finansial. Jadi saat Anda menjalankan sebuah blog dan tidak menghasilkan satu sen pun, Anda akan merasa gagal. Pada akhirnya, blog Anda tidak terurus dan berada entah dimana dalam dunia internet.

Pahami konsepnya.

Cara mendatangkan profit menggunakan blog ibarat sebuah investasi (saya pun menjalani hobi blog sebagai sebuah investasi). Dalam investasi tentu kita tidak bisa hanya bicara profit bukan? Tentu ada cost yang harus dikeluarkan. Dan ingat cost tidak hanya diukur dengan uang (banyak blogger salah kaprah dalam hal ini, mengira cost selalu berkaitan dengan uang).

Kenapa cost tidak selalu soal uang? Dalam hal blog, Anda bisa kehilangan banyak hal seperti waktu, perhatian, konsentrasi, tenaga dan pikiran (jika diuangkan nilainya bisa sangat besar). Jadi meskipun Anda memilih blog dalam platform gratisan tetap saja ada cost yang Anda habiskan.

Jadi Anda harus bagaimana?

Jika Anda memang ingin mendatangkan profit menggunakan blog, maka Anda harus melihat blog sebagai sebuah investasi. Perhatikanlah hal-hal berikut :

#Persiapan matang (topik blog, penyediaan konten blog, siapa saja pesaingnya, bagaimana reaksi pasar atas topik itu, tingkat pencarian keywords atas topik Anda). Blog tanpa perencanaan berarti akan memerlukan waktu lebih lama untuk bisa mendatangkan profit.

#Siapkan diri untuk bekerja keras tanpa hasil di 1 sampai 3 tahun pertama. Kenapa ini penting? Banyak orang memulai blog dan mengharapkan hasil maksimal secara instan. Bahkan dengan persiapan sangat matang sekalipun, Anda tetap harus mempersiapkan diri untuk bekerja keras tanpa hasil. Mempunyai sikap seperti ini akan memberi keuntungan dalam perjalanan blogging Anda jangka panjang.

#Tentukan pilihan cara mendatangkan profit yang Anda mau dan fokus. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendatangkan profit menggunakan blog mulai dari penampilan banner/teks iklan pay per click, marketing afiliasi, iklan pihak ketiga secara langsung, ulasan blog atau produk, dan sebagainya. Tentukanlah pilihan pada beberapa opsi saja dan fokus untuk jangka waktu 6 bulan minimal sebelum Anda memutuskan menggunakan cara lainnya.

#Pahami bahwa blog populer tidak tumbuh dengan sendirinya. Selalu ada sebab jika ada akibat. Jika Anda berpikir sebuah blog bisa begitu hebatnya, pasti ada sebab kenapa blog itu bisa seperti itu. Tanamkan pemahaman ini dalam hobi blogging Anda. Setidaknya blog akan selalu butuh network, promosi, dan dukungan moral maupun materi untuk bisa tumbuh besar.

#Mendatangkan profit menggunakan blog akan terwujud jika Anda menerapkannya dengan baik dan benar. Baik dan benar disini mencakup kesabaran tentunya.

#Yakinlah. Terakhir adalah keyakinan Anda atas apa yang Anda lakukan. Jika Anda tidak memiliki keyakinan niscaya Anda akan mengalami kegagalan. Jadi yakinlah Anda akan berhasil dengan blog untuk mendatangkan profit yang Anda inginkan.

Untuk memberi Anda semangat, saya ingin berbagi sedikit tentang konsep blog ini.

Notordinaryblogger di buat untuk menjadi sumber terpercaya dalam penyediaan informasi menarik seputar blogging dan dunia internet terkait tujuan bisnis dengan target pembaca lokal dan internasional. Dari situ, blog ini ditargetkan menjadi sumber profit yang lumayan di masa mendatang. Jadi tujuannya jelas, investasi.

Saat ini blog ini mendatangkan profit setidaknya $1 – 5$ dalam sebulan secara otomatis menggunakan satu program iklan PPC yang diterapkan (ada lebih dari satu program PPC yang saya terapkan disini dengan cara beragam). Hasil seperti ini baru bisa diraih setelah blog beroperasi setidaknya 1 tahun dengan penuh kerja keras membangun network, menulis konten secara teratur dan promosi online.

Lewat satu program saja sebuah blog berpotensi menghasilkan $12 – $60 dalam setahun. Ini pun hanya dengan rata-rata kunjungan 100 – 200 pengunjung harian. Dan yang terpenting, itu semua berjalan secara otomatis, jadi Anda hanya perlu melihat hasil atas kerja keras Anda.

Bisa dibayangkan jika Anda memadukan beberapa program dalam satu blog?

Atau membuat banyak blog dengan satu program itu?

Jangan heran jika ada blogger yang mengelola 1000 blog dengan target penghasilan $1 setiap blognya, tentu jika ia berhasil ia akan meraih profit setidaknya $1,000 secara otomatis.

Jangan dilihat dari besar kecilnya profit yang bisa Anda raih, melainkan bagaimana proses kerja keras yang Anda lakukan! Jika Anda berkomitmen bekerja keras memberikan yang terbaik dan memiliki keyakinan atas apa yang Anda lakukan, profit akan meningkat dengan sendirinya.

Cara-Cara Mendatangkan Profit Menggunakan Blog

Setelah Anda memahami konsepnya, sekarang saatnya Anda mengetahui cara-cara mendatangkan profit menggunakan blog.

Pada dasarnya untuk mendatangkan profit Anda harus bisa memberikan manfaat. Dalam sebuah blog manfaat dapat dilihat dari kualitas. Kedepankanlah kualitas dalam upaya Anda mendatangkan profit menggunakan blog. Pengunjung tidak akan berpikir panjang jika yakin dengan kualitas yang Anda berikan.

Khusus dalam mendatangkan profit, secara umum hanya ada dua cara yang bisa Anda lakukan :

*Pertama, Anda sebagai penjual langsung. Artinya Anda menjual sesuatu (barang atau jasa) melalui blog Anda. Blog menjadi media perantara menemukan pembeli.

*Kedua, Anda menjadi perantara. Yaitu, Anda menjadi perantara penjual dan pembeli. Jika Anda berhasil memenuhi keinginan mereka Anda akan mendapatkan komisi atas usaha Anda.

Kebanyakan blogger memilih cara kedua karena memang cara ini yang termudah untuk dicoba namun sangat sulit meraih hasil terbaik.

Masing-masing cara memiliki tantangan tersendiri dalam meraih hasil terbaik. Sebagai penjual langsung mungkin lebih menguntungkan karena Anda hanya perlu fokus kepada bagaimana cara mendatangkan pembeli yang tertarget.

Untuk cara kedua (yang mudah diterapkan) lebih sulit karena Anda harus memikirkan cara meningkatkan trafik blog.

Selain itu Anda juga perlu memikirkan resiko bisnis yang ada. Cara mendatangkan profit dengan cara kedua relatif memiliki resiko lebih kecil dibandingkan yang pertama. Hal ini karena Anda hanya berfungsi sebagai perantara dan tidak bertanggung jawab setelah pengunjung melakukan klik atas iklan-iklan yang ditampilkan.

Namun untuk menjaga kualitas, Anda harus pandai dalam menjaga tanggung jawab Anda sebagai pemilik blog. Jika pengunjung blog Anda merasa dihargai, blog Anda akan tumbuh dan berkembang semakin cepat.

Nah, jika Anda baru mulai tertarik terapkan cara mendatangkan profit menggunakan blog pikirkanlah cara seperti apa yang menarik bagi Anda. Ketahuilah bahwa membuat blog untuk tujuan profit tanpa arah sama saja dengan kegagalan sejak awal, jadi pastikan Anda menghindari hal tersebut.

Untuk memudahkan Anda mengevaluasi blog impian Anda untuk mendatangkan profit, berikut ini tips sederhana yang dapat saya berikan :

  • Tetapkanlah minat Anda pada suatu topik.
  • Kunjungilah ezine dan lihat berapa banyak artikel tersedia untuk topik yang Anda minati.
  • Bagaimana akses Anda kepada internet? Apakah ke warnet atau menggunakan koneksi pribadi?
  • Berapa banyak waktu yang Anda bisa luangkan untuk blog?
  • Bagaimana kebiasaan menulis Anda?

Kenapa kelima hal di atas penting? Berikut alasannya.

Minat pada topik merupakan ujung tombak karena minatlah yang membuat blog Anda bisa bertahan.

Ezine merupakan gambaran paling mudah untuk menebak apakah minat topik Anda menguntungkan atau tidak. Setidaknya jika Anda malas menulis, Anda bisa copy paste artikel Ezine (atau article directory lainnya).

Jika Anda berminat memulai blog copy paste pastikan Anda mengetahui aturan mainnya. Secara umum, article directory membatasi pengambilan artikel sebanyak 25 artikel dalam satu tahun. Itupun Anda harus memberi tahu penulis atas setiap artikel yang di copy paste. Melanggar hal ini Anda bisa kena tuntutan atau blog Anda ditutup. Yang lebih menyakitkan, profit Anda tidak diberikan. (apapun bisa terjadi).

Akses kepada internet? Menentukan tingkat kesulitan Anda mengelola blog. Jika Anda memiliki koneksi pribadi tentu lebih menguntungkan tapi tentu perlu perhitungkan biaya rutin yang perlu Anda keluarkan untuk itu.

Pertimbangkan juga waktu yang siap Anda luangkan untuk pengembangan blog. Anda sudah tahu bukan, butuh waktu untuk sebuah blog bisa mendatangkan profit? Jadi seberapa besar komitmen Anda untuk itu? tanyakanlah diri Anda sendiri.

Kebiasaan menulis sangat penting jika Anda berambisi memberikan konten blog yang berkualitas. Konten blog yang berupa tulisan tentu memiliki peluang untuk terindeks dengan baik di mesin pencari seperti Google. Hasilnya, ekstra pengunjung secara otomatis. Contohnya? Ketikan saja kata kunci “menghasilkan uang lewat blog”, dan lihatlah apakah ada salah satu artikel blog ini pada halaman pertama hasil pencarian Google di komputer Anda?

Kunjungan pengunjung terjadi tanpa henti tanpa perlu diawasi. Itulah bagaimana pengelolaan blog yang baik dan benar bisa sangat menguntungkan.

Sekarang, Anda sudah memahami cara mendatangkan profit menggunakan blog yang bisa dilakukan. Sudah saatnya memahami bagaimana Anda memberikan fokus untuk mendatangkan profit menggunakan blog Anda.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mendatangkan Profit Menggunakan Blog

Sebuah blog untuk bisa berkembang tentu memerlukan dukungan. Baik itu dukungan pengunjung blog yang datang setiap harinya ataupun dukungan dari komunitas blogger-blogger yang ada. Secara mendasar itulah fokus yang perlu Anda kejar.

Jika sudah demikian setidaknya Anda perlu memahami beberapa hal seperti :

 

Kemudian, jika Anda sudah merasa siap untuk melangkah ke tahap selanjutnya untuk mendatangkan profit menggunakan blog Anda perlu memperluas networking internal dan eksternal dengan beberapa cara seperti :

 

Dengan tips-tips di atas, Anda akan memperlakukan setiap pengunjung yang datang (baik melalui mesin pencari, langsung, atau cara lainnya) secara istimewa. Mereka akan selalu menemukan hal menarik dan manfaat setiap datang ke blog Anda. Hasilnya ? Blog Anda akan semakin berkembang secara otomatis.

Ya, blog berkualitas akan membuat pengunjung membagikan apa yang dilihat/dibaca kepada komunitas mereka (facebook, twitter dan sebagainya) secara sukarela. Hal ini menyebabkan blog Anda akan mendapatkan komunitas pengunjung yang baru hampir setiap harinya.

Namun hal ini tidak menyebabkan Anda dapat santai begitu saja. Tetap luangkan waktu untuk mempromosikan blog Anda sesekali, hanya saja Anda tidak perlu lagi bekerja terlalu keras untuk membesarkan blog Anda.

Untuk blog ini …. karena sudah terbiasa bekerja keras, pada akhirnya kerja keras membuat konten dan mempromosikan blog sudah menjadi kebiasaan ….. Hal ini pula yang coba saya terapkan pada blog-blog percobaan lain yang sedang dalam pengembangan.

Lantas Bagaimana Menjaga Profit itu Agar Tetap Berkembang? Atau setidaknya stabil ….

Seperti sudah saya sampaikan di atas, ada banyak cara mendatangkan profit menggunakan blog.

Yang pertama ….

Tentu saja, coba terapkan berbagai cara menghasilkan uang yang Anda inginkan namun tidak secara sekaligus dan berlebihan.

Misalnya :

Penerapan adf.ly. Saya menggunakan adf.ly di blog ini yang dipandang beberapa blogger dapat mengancam kredibilitas dan profesionalisme blogger. Jujur saya sependapat, namun disisi lain saya juga menyadari bahwa sangat mudah menghasilkan uang dengan program ini (meskipun hasilnya sangat minim dan butuh waktu lama. Namun, saya tidak hanya menerapkan adf.ly tapi juga melakukan pembahasan dan memberikan laporan berkala hasilnya dalam laporan bulanan. Kenapa? Karena saya yakin banyak pengguna adf.ly yang bertanya-tanya bagaimana bisa mengambil profit dari program itu …. ada nilai jual atas topik itu jangka panjang ….. mengerti?)

Kemudian penerapan marketing afiliasi. Saat ini bisnis afiliasi sudah menjamur sehingga semakin sulit bagi blogger untuk meraup keuntungan. Alhasil, pemilik blog harus pandai memutar otak dalam meraup profit dari program marketing afiliasi yang dijalankannya. Jangan berlebihan menerapkan banner affiliasi lakukanlah secara bervariasi baik itu dalam konten blog atau berupa link artikel. Yang terpenting adalah jangan ada kesan memaksa pengunjung untuk membeli melalui link afiliasi Anda.

Lantas penerapan PPC dalam blog. Jangan menerapkan iklan PPC terlalu berlebihan dengan harapan semakin banyak pengunjung akan melakuka klik atas penempatan iklan PPC Anda. Pengunjung akan merasa tertipu … atau lebih parah terjebak dalam sebuah blog seperti itu. Pada akhirnya, blog Anda akan kehilangan kepercayaan pengunjung.

Terapkan Cara Mendatangkan Profit Menggunakan Blog

Ingat, lakukan variasi, jangan berhenti evaluasi hasilnya, dan jangan berlebihan.

Dan yang tidak kalah penting adalah cerdaslah dalam berinvestasi. Karena kunci profit ada di sini. Profit terjadi jika penghasilan Anda lebih besar dari pengeluaran bukan? Namun ini tidak berarti Anda tidak mengeluarkan uang sedikit pun.

Jangan takut untuk mengeluarkan uang dalam mengembangkan blog Anda jika Anda yakin bahwa upaya itu akan mendatangkan kebaikan dimasa mendatang.

Kemudian, pandai-pandailah dalam menghabiskan uang Anda untuk keperluan blog. Sebelum membayar, pelajari dulu manfaat yang bisa Anda dapatkan secara seksama, kualitas yang ditawarkan dan berbagai informasi penting lainnya. Pelajari dulu baru habiskan ….

Dan, yakinlah atas usaha Anda menggunakan blog untuk mendatangkan profit akan berhasil suatu saat nanti selama Anda berusaha dengan sungguh-sungguh dan tulus memberi manfaat melalui informasi blog yang Anda berikan.

Siap coba cara mendatangkan profit menggunakan blog? Jangan lupa juga untuk belajar SEO.

16 Comments

  1. adi pradana April 20, 2013
  2. Alid Abdul April 20, 2013
  3. aircross April 20, 2013
  4. Kang Jum April 20, 2013
    • Okto April 20, 2013
  5. Budi Majid April 20, 2013
  6. Yunar April 21, 2013
  7. dava adelia September 18, 2013
    • Okto September 18, 2013
  8. Ian Synyster Oktober 13, 2013
  9. Michelle Juni 24, 2016
    • Okto Juni 24, 2016
  10. edi sugianto Juni 24, 2016
    • Okto Juni 24, 2016
  11. Rangga dinansa Juni 26, 2016
    • Okto Juni 27, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge