6 Penyebab Jumlah Pengunjung Blog Turun Drastis

Bingung dengan laporan data pengunjung blog turun drastis? Banyak blogger bertanya-tanya apa penyebab pengunjung blog turun drastis. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, postingan ini akan berbagi informasi terkait dengan penyebab jumlah pengunjung blog turun drastis dan apa yang bisa dilakukan untuk memperbakinya.

Penyebab Jumlah Pengunjung Blog Turun Drastis

Waktu Tertentu

Saat waktu-waktu tertentu seperti lebaran, akhir pekan atau libur panjang, aktivitas pengguna internet akan berkurang. Jika sudah demikian tentu jumlah pengunjung blog akan turun drastis. Apa yang harus blogger lakukan? Tentu saja jangan panik.

Akan lebih baik jika kita memiliki data pada waktu-waktu kapan jumlah pengunjung blog turun drastis. Sebagai persiapan, buatlah konten-konten khusus menyambut waktu-waktu tersebut atau gunakan waktu tersebut untuk beristirahat.

Topik yang sedang Hot

Pada saat-saat tertentu pasti ada sesuatu yang sedang “panas-panasnya” menjadi topik pembicaraan. Jika blog kita kebetulan tidak memiliki pembahasan atas topik yang sedang hot itu, bisa jadi jumlah pengunjung blog turun drastis.

Tips sederhana untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengikuti perkembangan terkini berkaitan dengan topik utama blog kita. Misalkan jika kita mengelola blog tentang tips blogging berita terkini terkait SEO tentu menjadi incaran banyak pencari informasi, jika kita tidak mengantisipasi hal ini tentu blog kita akan kehilangan momen lonjakan pengunjung.

Jadwal Postingan

Menjadi hal yang biasa jika pengunjung setia yang datang ke sebuah blog ingin ada informasi baru yang ditampilkan. Jika tidak ada tentu mereka tidak akan kembali lagi. Untuk menghindari hal ini, jadwalkan postingan blog dengan baik, dengan demikian pengunjung tahu kapan mereka akan mendapatkan informasi baru dari blog kita.

Tips sederhana mengatasi masalah jadwal postingan adalah bukan menambah jumlah postingan. Banyak sedikitnya postingan tidak akan mempengaruhi jumlah pengunjung blog. Identifikasi topik tren yang menjadi pembahasan banyak orang, dengan demikian blog kita akan terhindar dari penurunan jumlah pengunjung.

Perubahan Peringkat Hasil Pencarian

Sebuah blog yang menduduki peringkat teratas di hasil pencarian tentu akan menjadi rujukan utama pencari informasi. Alhasil, jumlah pengunjung blog tersebut akan terus meningkat.

Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa sebuah link mungkin tidak selamanya berada di peringkat teratas hasil pencarian atau bahkan bisa saja hilang dari hasil pencarian. Jika sudah demikian, tentu saja jumlah pengunjung blog turun drastis.

Apa yang harus blogger lakukan? Jangan panik, selama kita tidak melakukan hal-hal terlarang menurut aturan Google peringkat itu akan kembali dengan sendirinya sekalipun mungkin tidak akan sebaik peringkat sebelumnya.

Postingan Kurang Berkualitas

Kualitas postingan sangatlah relatif yang berarti semua bergantung dari penilaian pembaca dan mesin pencari. Selama postingan itu buatan sendiri maka bisa dibilang postingan itu sudah 50% berkualitas.

50% kualitas lainnya dinilai dari manfaat yang diberikan. Untuk bermain aman, pastikan konten blog informatif untuk pembaca. Karena pembaca akan bertahan cukup lama membaca sebuah postingan yang informatif.

Merasa sulit untuk menulis postingan berkualitas? Baca tips mudah menulis banyak artikel berkualitas dengan cepat ini.

Kurang Promosi

Bisa jadi jumlah pengunjung blog yang turun drastis disebabkan karena kurangnya promosi. Jika kita jarang melakukan promosi blog sedangkan blog-blog pesaing gencar berpromosi maka sudah dapat dipastikan blog kita akan kalah bersaing mendapatkan pembaca.

Oleh karena itu, jangan lupakan promosi blog. Banyak hal bisa dilakukan untuk promosi blog mulai dari membuat fanpage, nge-tweet, komentar di blog lain, menjadi penulis tamu, email marketing dan sebagainya.

Bagaimana Jika Jumlah Pengunjung Blog Tetap Turun Drastis?

Jangan mudah menyerah. Tren algoritma google menunjukkan pada pentingnya konten berkualitas. Jadi, luangkanlah waktu lebih untuk menciptakan konten dan promosi blog. Jika rutinitas ini dapat terjaga lambat laut masalah jumlah pengunjung blog turun drastis akan segera teratasi.

 

2 Comments

  1. rahmiaziza Agustus 18, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+