Teka Teki Tambah Uang dengan Banner Iklan Pay Per Click

Tambah uang dengan banner iklan pay per click secara teori merupakan cara paling mudah dalam upaya menghasilkan uang lewat blog.

Anda hanya perlu membuat blog, mengisi blog dengan beberapa artikel (pada umumnya minimal harus sudah ada 10 artikel), dan daftarkan diri Anda sebagai publisher (penerbit iklan pihak ketiga).

Jika Anda memenuhi persyaratan yang ditentukan dan disetujui Anda sudah bisa memasang kode banner iklan untuk bisa menampilkannya di blog Anda. Cukup mudah bukan?

Mendaftar Banner Iklan

Untuk mendaftar sebagai publisher (pemasang banner iklan) secara umum biasanya Anda akan diminta menjelaskan berapa jumlah traffic blog Anda dalam satu bulan.

Kemudian ada beberapa persyaratan lain seperti berapa usia blog Anda dan berapa banyak artikel yang sudah Anda buat. Mengapa penyedia banner iklan perlu data itu?

Tentu masih menjadi teka-teki, namun jika kita pikir secara sederhana, penyedia banner iklan perlu informasi itu untuk memperkirakan berapa besar kemungkinan pendapatan uang yang bisa Anda dapatkan jika terdaftar sebagai pemasang banner iklan .

Jadi jika Anda melakukan hal-hal yang dilarang (meng-klik sendiri banner iklan Anda atau menciptakan sistem otomatis tertentu yang dilarang) biasanya pemilik program banner iklan dapat mengetahuinya

Penyedia Jasa Banner Iklan Pay Per Click

Pemerhati tips ngeblog tentu sudah mengenal/pernah mendengar adsense dan rasanya sudah cukup banyak yang menggunakan iklan mereka, dan saya yakin sudah banyak juga yang berhasil menghasilkan uang yang cukup banyak dengan banner iklan adsense.

Sebenarnya banyak penyedia jasa banner iklan yang khusus untuk pasar Indonesia. Namun di sini saya tidak ingin membahas apalagi menilai mana penyedia banner iklan internet terbaik dengan harga murah berkualitas di Indonesia bagi blogger.

Saya ingin mengajak Anda membahas bagaimana performa banner iklan pay per click itu bagi pemilik blog.

Apa yang saya percaya adalah jumlah pengunjung yang datang bukan berarti uang yang didapat semakin banyak melainkan memperbesar peluang untuk menghasilkan uang melalui banner iklan pay per click.

Apa saja sebenarnya yang mempengaruhi, itulah yang menurut saya masih menjadi teka teki tambah uang dengan banner iklan pay per click ? Mari kita bahas bersama.

1. Teka Teki Traffic Blog dan Pendapatan Banner Iklan

Sepertinya kita memang tidak mempunyai pilihan lain selain berusaha mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin ke blog kita guna mengoptimalkan pendapatan melalui banner iklan pay per click. Semakin banyak jumlah pengunjung blog, semakin besar kemungkinan kita memperbesar pendapatan melalui banner iklan pay per click.

2. Teka Teki Ranking dan Pendapatan Banner Iklan

Page Rank suatu blog dapat mempengaruhi penghasilan blogger melalui banner iklan pay per click yang dimilikinya.

Secara umum, sebuah blog dengan page rank tinggi akan menarik perhatian pengunjung yang memiliki page rank lebih rendah. Mengapa?

Tentu untuk meninggalkan komentar dan menyebarkan link blog mereka. Jadi secara tidak langsung page rank dapat mempengaruhi traffic blog demikian pula dengan penghasilan seorang blogger yang memasang banner iklan pay per click.

Selain rangking blog, perubahan status no-follow menjadi do-follow pada sebuah blog bisa menjadi daya tarik pengunjung untuk selalu datang. Mengapa demikian? karena kemungkinan besar pengunjung sebuah blog adalah blogger juga πŸ™‚

3. Teka Teki Tema Banner Iklan Pay Per Click

Penyebab paling sering rendahnya pendapatan blogger dari pay per click adalah isi iklan yang seringkali tidak sesuai dengan tema blog.

Memasang banner iklan pay per click sama halnya dengan berjualan. Artinya pengunjung blog hanya akan melakukan click jika banner iklan itu menawarkan informasi yang dibutuhkan pengunjung blog.

Jadi jika konteks iklan yang ditampilkan tidak sesuai, secara logika pengunjung tidak akan ngeklik. Pilihan mudah untuk meminimalisir masalah ini adalah mendaftar sebagai penyedia banner iklan teks kontekstual.

Iklan teks jenis ini dapat menampilkan pilihan iklan yang dapat disesuaikan pada saat pendaftaran. Sehingga Anda dapat menentukan sendiri jenis teks iklan apa yang ingin Anda tampilkan di blog Anda.

4. Teka Teki Blogger sebagai Pengunjung Mayoritas

Di sisi lain kita tentu tahu mayoritas pengunjung blog adalah teman-teman blogger juga kan?

Sebenarnya pihak penyedia iklan pay per click sudah memberikan terobosan agar tema bisa disesuaikan, namun bagaimana jika pengunjung blog (yang menyaksikan banner iklan) adalah sesama blogger?

Pengunjung blog yang mayoritas ya … blogger juga, bukankah begitu?” Tentu rekan-rekan sesama blogger sudah tau benar mana banner iklan pay per click dan karena sudah tahu, ada kecenderungan dilewat saja.

5. Teka Teki Penempatan Banner Iklan Pay Per Click

Tempat dimana kita meletakan banner iklan dipercaya memiliki pengaruh kepada tingkat pendapatan blogger. Ada yang berpendapat banner iklan di sebelah kiri akan mendatangkan keuntungan besar, di sisi lain ada juga yang berpendapat sebaliknya.

Perubahan yang Bisa Dilakukan

Besar kecilnya pendapatan blogger atas banner iklan pay per click yang dipasang memang tidak akan sama antara satu blogger dengan lainnya.

Dan kelima hal di atas merupakan faktor yang sangat mempengaruhi pendapatan blogger melalui banner iklan ini. Kelima faktor ini sulit untuk dipisahkan karena saling berkaitan satu dan lainnya.

Jadi jika Anda serius ingin meningkatkan pendapatan dari banner iklan, tidak ada salahnya belajar SEO, melakukan eksperimen atas sumber trafik, tema banner iklan, penayangan rangking blog (atau tidak), penempatan banner iklan, termasuk diskusi dengan sesama blogger.

Artikel ditulis oleh Oktorian S Hakim sebagai pendiri notordinaryblogger. Tambahkan juga fanpage di facebook/notordinaryblogger atau follow twitter@OktorianHakim πŸ™‚ ” *Sumber gambar : http://blog.kw.com/author/csylvester Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat …. tolong di share ya :), jadi rekan-rekan lain bisa mengambil manfaatnya juga.

Baca juga: Panduan Lengkap Belajar Internet Marketing Gratis.

Sekarang apa pendapat Anda tentang teka teki tambah uang dengan banner iklan pay per click? Anda pasti punya pengalaman (atau minat mencoba) dengan banner iklan jenis ini, jadi bagilah pengalaman, saran dan komentar Anda dengan pembaca lainnya πŸ™‚

 

22 Comments

  1. Syaiful Mei 30, 2012
    • Okto Mei 30, 2012
  2. isnuansa Juni 1, 2012
    • Okto Juni 1, 2012
      • faizal Mei 15, 2014
  3. Zainil Juni 1, 2012
    • Okto Juni 1, 2012
  4. nainay Juni 6, 2012
  5. bungsanjaya Juni 11, 2012
  6. max52x Juli 1, 2012
    • Okto Juli 1, 2012
  7. Pingback: Tren Media Sosial Indonesia Agustus 6, 2012
  8. andy September 25, 2012
  9. wahyu Oktober 2, 2012
    • Okto Oktober 3, 2012
  10. eljohn-us Oktober 6, 2012
  11. Pingback: Panduan Singkat Menjadi Penulis Tamu November 6, 2012
  12. dwi prasetyo Mei 31, 2013
    • Okto Juni 1, 2013
  13. Adek November 1, 2013
  14. Amin Yusuf November 9, 2014
  15. beauty water indonesia Desember 26, 2014
  16. pratama Januari 6, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge