Cara Membuat Email Mudah dan Gratis

Anda penasaran bagaimana cara membuat email? Ribuan email dikirim setiap harinya di seluruh dunia bahkan banyak berbagai fasilitas website di internet mulai dari facebook, youtube, sampai layanan internet banking memerlukan email untuk bisa digunakan. Jadi, email cukup penting bukan? Jika Anda memutuskan untuk membuat email, maka itu adalah langkah yang tepat. Untuk memudahkan inilah panduannya

3 Langkah Mudah Cara Membuat Email

1. Cara Membuat Email Bagian Pertama : Menemukan Jasa Penyedia Email

Penyedia jasa email cukup banyak tersedia saat ini, bahkan kesemua jasa penyedia email itu tidak memungut biaya alias gratis.

Beberapa jasa penyedia email itu antara lain Google, Yahoo, Hotmail, RocketMail, dan sebagainya. Anda bisa mengunjungi website mereka untuk tahap pertama cara membuat email ini.

2. Cara Membuat Email Bagian Kedua : Membuat Akun Email Gmail

Setiap jasa penyedia email yang sudah disebutkan sebelumnya memiliki kelebihan masing-masing. Sebagai contoh email dari Google atau lebih dikenal sebagai gmail memiliki keunggulan akses ke seluruh produk Google dengan satu email. Ini berarti jika Anda memiliki akun email Google Anda bisa mengakses seluruh fitur buatan Google seperti, media sosial G+, Youtube, Blogger.com, dan sebagainya.

Untuk membuat akun email yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi website-website penyedia jasa email yang Anda sukai. Pada umumnya akan ada tanda “Create an Account”, “Sign Up” atau “Register” yang berarti tombol pendaftaran bagi mereka yang ingin membuat email baru. Di beberapa website jasa penyedia email bahkan sudah tersedia layanan berbahasa Indonesia sehingga lebih mudah untuk diikuti pentunjuknya.

Untuk memudahkan berikut ini ilustrasi pelaksanaan cara membuat email Google (gmail). Kunjungi gmail.com maka Anda akan melihat tampilan berikut ini:

Tampilan Depan Gmail

Di bagian kanan atas ada tombol berwarna jingga bertuliskan “Create an Account”. Bagi Anda yang ingin membuat email baru gmail, klik tombol tersebut.

Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman selanjutnya seperti ilustrasi di bawah ini

Halaman Dua Buat Email 1

Halaman Dua Buat Email 2

Di halaman kedua ini, Anda diminta mengisikan beberapa informasi seperti :

  1. Keterangan Nama (terdiri dari Nama Depan dan Belakang),
  2. Username (nama yang akan muncul di alamat email Anda),
  3. Password (ketikan password yang tidak mudah namun gampang diingat),
  4. Tanggal lahir ( ini untuk konfirmasi batas usia minimal),
  5. jenis kelamin,
  6. nomor handphone (untuk konfirmasi password seandainya Anda kelupaan. Akan lebih baik jika Anda mengisikannya),
  7. current email address (untuk jaga-jaga jika lupa password. Ini tidak harus di isi),
  8. Kode Captcha (ini merupakan kode identifikasi permintaan pembuatan email. Jika Anda tidak mengisikan nomor handphone Anda harus mengisi kode ini secara benar)
  9. Location (lokasi negara tempat Anda tinggal)
  10. Tos and Privacy Policy (Pernyataan setuju untuk tunduk pada peraturan Google tentang penggunaan email. Harus dicentang)
  11. Personalization (Persetujuan untuk penggunaan data akun untuk kepentingan Google. Tidak harus di centang)

Jika sudah klik “Next Step”.

3. Cara Membuat Email Bagian Ketiga : Setup Profile

Di bagian ini Anda bisa melakukan update foto dan pengaturan tampilan profil yang akan dimunculkan di akun gmail dan produk google lainnya.

Membuat Email Setup Profile

Jika sudah klik “next step

Email Anda sudah jadi!

Selanjutnya Anda bisa langsung klik “Continue to Gmail” untuk langsung masuk ke akun gmail Anda. Untuk ilustrasi bagian dalam akun gmail lihatlah ilustrasi dibawah ini

Dashboard Email Baru Gmail

Selamat Anda baru saja memahami cara membuat email sendiri. Jangan lupa untuk klik “sign out” atau “keluar” bila Anda sudah selesai menggunakan email Anda. Hal ini untuk mencegah terbukanya browser akun email saat orang lain menggunakan komputer yang sama untuk mengakses email dengan provider yang sama dengan milik Anda.

Jika Anda ingin melihat email baru cukup kunjungi gmail.com dan masukan username beserta password yang sudah Anda tentukan di pendaftaran email tadi.

Siap Coba Cara Memuat Email yang Mudah dan Gratis ini?

Dalam ilustrasi ini digunakan jasa penyedia email gmail karena akun email ini cukup banyak digunakan orang di dunia. Tentu jika Anda memiliki akun gmail akan memudahkan dalam berkomunikasi dengan teman, kerabat, keluarga dan relasi nantinya.

Tips Penting lainnya:

Selamat mencoba panduan cara membuat email ini sesuai keperluan Anda sendiri.

6 Comments

  1. Megi Tristisan September 14, 2013
    • Okto September 15, 2013
  2. Sylviane Nuccio September 15, 2013
    • Okto September 15, 2013
  3. Pingback: Monthly Reports : September 2013 I Oktober 1, 2013
  4. iwan April 28, 2014
  5. Hendry Mei 14, 2014
  6. Pingback: Cara Membuat Form Berlangganan Artikel September 4, 2014
  7. Pingback: Cari Uang Online Pakai HP atau Tablet Juli 22, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge