Cara Membuat Artikel Yang Berpengaruh di Internet

4000 a month

Membuat artikel yang berpengaruh di internet memiliki makna bahwa artikel kita sangat berkesan di mata pembaca.

Melalui artikel berpengaruh tersebut pembaca seperti terbius dan memberi persetujuan atas apa yang kita tuliskan.

Jika kita sudah memiliki artikel berpengaruh seperti itu, tentu pembaca akan selalu kembali untuk mendapatkan segala artikel terbaru dari blog kita. Lebih jauh lagi kepercayaan pembaca atas informasi yang kita berikan semakin meningkat.

Kepercayaan dalam dunia bisnis sangatlah krusial, apalagi dalam dunia bisnis online dimana praktik penipuan sangat mudah terjadi. Itulah perlunya kita bangun kepercayaan dan kredibilitas mulai dari penyajian informasi di blog kita.

Bagaimana sih membuat artikel yang berpengaruh itu?

Mungkin Anda sudah lebih menguasai ini daripada saya, mungkin juga Anda belum mengetahui tips ini. Namun dari pengalaman saya ada 3 hal utama yang membuat sebuah artikel berpengaruh di internet.

Riset

Sepertinya memang hal yang satu ini sudah menjadi standar, entah itu dalam pembuatan eBook atau artikel blog. Jika konten blog Anda berupa tulisan maka Anda akan membutuhkan pembaca bukan?

Jika blog Anda masih dalam tahap berkembang, tentu artikel yang bisa mempengaruhi pembaca akan mempercepat perkembangan blog Anda. Pembaca sangat suka dengan sebuah informasi yang memberi nilai lebih.

Cara paling awal untuk dapat memberikan nilai lebih dalam setiap artikel blog adalah melalui riset data.

Anda perlu meyakinkan pembaca mengenai informasi yang Anda sampaikan. Dan keunggulan sebuah dunia internet adalah Anda tidak perlu menjadi ahli untuk bisa menjadi “berpengaruh” di dunia online, yang Anda perlukan hanyalah memberikan informasi yang masuk akal dan di dukung data riset yang mumpuni.

“Keahlian” akan datang dan melekat pada diri Anda seiring dengan jumlah artikel yang telah Anda terbitkan dan respon dari pembaca.

Jadi pastikanlah proses riset masuk dalam siklus pembuatan artikel blog Anda. Pembaca menyukai artikel yang memberi manfaat, mereka tidak suka membuang waktu percuma membaca sebuah artikel dan riset data bisa menjadi gerbang Anda memberikan nilai lebih kepada pengunjung blog Anda.

Kutip Pendapat Blogger (Orang) Lain

Jika Anda ingin mengatakan sebuah ide yang sangat besar, namun Anda merasa kurang “percaya diri” gunakanlah pendapat blogger lain untuk mendukung ide Anda.

Keberadaan blogger lain pasti ada maknanya bukan? Salah satunya ya untuk mendukung sebuah pendapat atas artikel dari blogger lain.

Dengan mengutip pendapat blogger lain, sebenarnya Anda menunjukkan kejujuran dan transparansi dalam artikel Anda sendiri yang akan berujung pada meningkatnya kualitas blog di mata pengunjung blog. Pengunjung blog Anda akan semakin yakin bahwa Anda tidak asal bicara, karena blogger lain mendukung pendapat Anda.

Jangan Bosan Melakukan Eksperimen dan Gunakan Hasilnya sebagai Bukti

Jika kita mengulas kembali salah satu artikel saya yang berjudul “Panduan Singkat Menjadi Penulis Tamu’, sebenarnya saya sudah menyelesaikan artikel ini beberapa bulan yang lalu, namun saya menahan diri untuk menerbitkannya.

Sebagai blogger, tentu saya memiliki ide untuk memberi tips bagaimana menjadi penulis tamu di blog lain. Namun saya sadar sudah banyak tips-tips seperti itu di internet, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Itulah sebabnya saya menunda sampai pada waktu yang tepat.

Apa alasan saya melakukan penundaan penerbitan artikel tersebut?

Alasannya hanya satu … saya memiliki teori, saya sudah melakukan eksperimen namun saya belum memiliki bukti. Ya …. bukti yang saya tunggu-tunggu.

Akan sulit bagi pembaca untuk menyangkal informasi yang kita berikan jika kita memiliki bukti yang baik. Jika kita memiliki bukti atas apa yang kita sampaikan tentu pembaca akan mulai menaruh perhatian kepada Anda, pengaruh Anda akan mulai masuk di dunia maya secara perlahan.

Bukti tersebut akan semakin tidak terbantahkan jika Anda sendiri yang melakukannya.

Kembali lagi bahwa sebuah penundaan saya tersebut hanya untuk menantikan hasil atas teori yang saya pegang. Hasil itulah yang pada akhirnya saya gunakan sebagai bukti untuk memperkuat pendapat saya dalam artikel blog.

Giliran Anda

Pengalaman pribadi saya sebagai blogger mengajarkan bahwa riset, kutip pendapat orang lain, dan eksperimen untuk mendapatkan bukti merupakan kombinasi mematikan dalam suatu cara membuat artikel yang berpengaruh di internet.

Sumber Gambar : newagepolitics

Iklan
Ingin nyaman Nge-blog dengan upload gambar atau video?
(Pakai kupon “NotOrdinaryBlogger” untuk Diskon 25%)

Saya yakin, Anda pasti memiliki pengalaman sendiri atau mungkin persepsi yang berbeda mengenai hal ini. Itulah sebabnya saya ingin mendengar pendapat Anda tentang Cara Membuat Artikel Yang Berpengaruh di Internet. Bagikan saran dan pendapatnya ya :D

Baca Juga :
Tips SEO untuk Blogger : Maksimalkan Mencari Uang di Internet
Bagaimana Anda Bisa Menghasilkan Uang Lewat Blog?
Tren Media Sosial Indonesia : Pelajaran Penting dari Media Tradisional
Teka Teki Tambah Uang dengan Banner Iklan Pay Per Click
Apakah Unique Selling Proposition itu? Apakah Semua Sependapat?

Real Money Online
Comments
  1. Saya Ƭΐđάк>:/ memikirkan sampai sejauh itu, yang terpenting artikel yang dibuat informatif. :)
    adi pradana recently posted..Service Center Berbagai Merk Laptop, Notebook dan PC Tablet di YogyakartaMy Profile

    • Okto

      Informatif dan berpengaruh bisa menjadi jalan pintas untuk popularitas blog :)

ADD YOUR COMMENT

*

CommentLuv badge