Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

  • 9
    Shares

Belajar bisnis online masuk agenda kegiatan Anda?

Aktivitas ini pada dasarnya sama dengan bisnis pada umumnya. Sebut saja apapun bisnisnya, bisnis online memiliki kesamaan dalam pelaksanaannya. Mulai dari perencanaan, pendanaan, pemasaran dan sebagainya. Satu hal yang menjadi pembeda utama dalam bisnis online adalah pemanfaatan teknologi internet dalam aktivitas bisnis.

Nah, di postingan kali ini notordinaryblogger akan mengulas secara tuntas semua aspek dalam belajar bisnis online sehingga rekan pembaca menjadi paham dengan baik apa itu bisnis online, bagaimana menjalankannya, dan bagaimana agar bisnis online itu bisa berhasil.

Yang pasti postingan ini akan panjang, jadi pastikan rekan pembaca membacanya dengan perlahan :). Bookmark jika memang diperlukan sehingga tidak ada manfaat yang terlewat dari postingan ini.

Langkah Pertama : Kenali Minat Bisnis

Saat kita ingin memulai bisnis online tentu kita perlu memikirkan “wajah” bisnis online yang akan kita gunakan. Jika sudah berbicara “wajah” tentu saja terkait erat dengan tampilan. Untuk bisa memulai bisnis online kita harus membuat orang lain melihat kehadiran kita di dunia online, cukup sederhana bukan?

Mungkin ada yang sudah berpikir soal “nama bisnis” di sini, namun sebelum sampai kesana, notordinaryblogger punya tips sederhana dalam memulai sebuah bisnis online. Pada dasarnya sebuah bisnis online memiliki dua macam dilihat dari “asal-usul” bisnisnya.

Bisnis Online Yang Berasal Dari Bisnis Offline

Tren bisnis online ini mulai marak saat sekarang. Maksud dari sub judul ini adalah kita menambahkan jaringan bisnis offline ke dalam jaringan bisnis online untuk mengembangkan bisnis itu secara keseluruhan.

Banyak jenis bisnis bisa dilakukan dengan cara ini mulai dari penjualan kerajinan khas, jasa sedot wc, jasa mengajar bahasa inggris, dan apapun jenis produk dan jasa yang ditawarkan bisa beralih atau dikembangkan ke dalam bisnis online.

Misalkan begini:

Saya adalah pengrajin rotan dari Tasikmalaya. Beragam produk seperti kursi, meja dengan desain menarik bisa diproduksi dalam jumlah tertentu setiap bulannya. Selama ini saya memajang kerajinan rotan tadi di toko yang berada di Tasikmalaya juga.

Penjualan selama ini cukup lumayan dan konsumen bertambah dari rekomendasi sesama konsumen yang sudah tahu akan kualitas kerajinan rotan itu.

Suatu ketika saya memiliki keinginan untuk memperluas jaringan bisnis produk rotan ini agar semakin dikenal oleh masyarakat di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Irian Jaya bahkan sampai negara tetangga atau Eropa.

Jika saya harus memasang iklan di koran atau televisi berapa kira-kira uang yang harus saya keluarkan untuk biaya iklan? Kemudian saya mulai terpikir untuk membuat sebuah blog agar semakin banyak orang mengetahui produk kerajinan rotan saya ini.

Dengan hadirnya blog yang memuat informasi kerajinan rotan ini maka hadirlah sebuah bisnis online yang berasal dari bisnis offline.

Murni Bisnis Online

Kebalikan dari “asal-usul” bisnis online sebelumnya, bisnis online yang satu ini lahir dari dunia online. Inilah para blogger yang berusaha menghasilkan uang lewat blog.

Blogger yang memulai sebuah blog untuk menghasilkan uang tentu memulai semuanya dari nol di dunia online. Mulai dari membuat blog, gabung di forum sana-sini, dan sebagainya. Pada intinya berbagai aktivitas bisnis dimulai di dunia online.

Mana yang lebih baik dilakukan?

Tentu saja kembali kepada kita yang menentukan.

Pikirkanlah lebih dulu, apakah kita sudah memiliki minat terhadap suatu bisnis tertentu misalkan kita sudah memiliki minat, pengalaman dan keahlian dalam memasarkan aksesoris handphone bahkan memiliki counter hp sendiri di suatu tempat. Tidak ada salahnya kita memperdalam beragam modal yang sudah dimiliki (minat, pengalaman, dan keahlian) dengan membuat blog tentang itu. Tentu saja hal ini lebih mudah dilakukan ketimbang mencari “ide baru” untuk sebuah bisnis online.

Jika kita sama sekali belum memiliki minat, pengalaman atau keahlian dalam suatu bidang bisnis tertentu, ada baiknya kita belajar bisnis online dengan memahami niche blog, niche mana yang menguntungkan, sampai peluang bisnis dari rumah untuk pemula.

Langkah Kedua : Tentukan Nama Sekaligus Brand




Katakanlah kita sudah berhasil melewati langkah awal tadi dalam menemukan minat kita dalam melakukan bisnis.

Kita sudah memantapkan diri untuk menghadirkan bisnis ke dunia online maka kini saatnya memikirkan nama domain. Jika kita sudah memiliki bisnis offline mungkin akan lebih baik kita menggunakan nama tersebut kedalam bisnis online.

Misalkan kita sudah memiliki bisnis rotan dengan nama toko “Rotaji” maka nama domain yang mudah adalah rotaji.com.

Nah bagi rekan pembaca yang ingin memulai bisnis online murni dan sedang memikirkan sebuah nama domain yang menguntungkan.

Nama domain yang dipilih secara otomatis akan menjadi sebuah “brand”. Orang akan mengingat bisnis yang kita jalankan dari alamat blog kita. Semakin mudah diingat tentu semakin baik. Untuk itu, ketahuilah tips mudah menemukan nama domain blog dan website ini

Langkah Ketiga : Tentukan Produk

Bagi rekan pembaca yang mengembangkan bisnis offline kedalam bisnis online, tentu produk yang ditawarkan sangatlah jelas.

Nah bagi rekan pembaca yang murni melakukan bisnis online dan tidak memiliki produk sendiri, tentu perlu memahami lebih lanjut bagaimana kita bisa membuat bisnis online berjalan. Pada dasarnya bisnis akan berjalan jika ada perputaran uang bukan? Atau kata lainnya kita berhasil mendapatkan keuntungan dari bisnis online yang dijalankan sehingga berbagai biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas bisnis dapat dipenuhi dengan baik.

Menjalankan Bisnis Online Tanpa Produk

Jika rekan pembaca hanya bermodalkan sebuah blog, tidak memiliki produk untuk dijual dan ingin menjalankan bisnis online dari blog itu ada beberapa cara menjalankan bisnis online dari blog misalnya:

Menawarkan produk afiliasi marketing dari lazada. Dengan mendaftar secara gratis sebagai pemasar afiliasi lazada, kita bisa mendapatkan komisi dengan membantu penjualan produk-produk yang ada di lazada.

Nah, tunggu apalagi, segera daftar menjadi pemasar afiliasi lazada dan dapatkan komisi atas setiap penjualan yang berhasil dilakukan. Menawarkan produk afiliasi dari clickbank. Pasar online clickbank cocok untuk rekan pembaca yang mengelola blog berbahasa inggris, karena mayoritas produk digital yang ada di clickbank berbahasa inggris.

Sama seperti lazada, mendaftar di clickbank gratis dan mudah. Nah, jadi tunggu apalagi, silahkan mendaftar di clickbank.

Menjadi “publisher” di program iklan pay per click (PPC). Dengan menyediakan sedikit ruang di blog kita untuk banner iklan PPC kita bisa mendapatkan uang jika ada pengunjung blog yang ngeklik iklan tersebut. Beberapa program PPC yang sangat familiar adalah adsense, infolinks, adsitti, dan sebagainya.

Menyediakan ruang iklan di blog kita untuk pihak lain. Kita juga bisa menjalani bisnis online dengan meyediakan ruang iklan kepada pemasang iklan yang tertarik untuk memasang iklan di blog kita. Untuk harga pasang iklan tentu kita bisa menentukan sendiri karena kitalah pemilik blog tersebut. Tawarkanlah harga yang sepadan dalam arti tidak terlalu mahal dan jangan terlalu murah, pertimbangkan jumlah trafik blog bulanan dan popularitas blog dalam menentukan harga iklan yang ditawarkan.

Belajar bisnis online tanpa produk juga bisa dilakukan dengan bergabung di program khusus yang memungkinkan anggota bisa menghasilkan uang dari program itu sendiri secara online. Untuk lebih jelasnya bisa dipahami di postingan cara mendapatkan uang dari internet tanpa ngeblog.

Langkah Keempat : Marketing

Marketing atau pemasaran memang satu hal yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Tidak peduli seberapa baiknya sebuah postingan yang kita buat, seberapa menariknya desain blog yang kita buat, semuanya kurang bermakna jika tidak ada orang yang datang berkunjung.

Semua masalah trafik blog bisa disiasati dengan strategi marketing blog yang baik. Apa saja strateginya? Notordinaryblogger sudah membahasnya secara lebih rinci di dalam postingan-postingan berikut ini:

Langkah Kelima : Eksekusi

Nah, jika rekan pembaca telah melalui langkah satu sampai empat, tentu saat ini banyak sekali yang terpikirkan bukan? Di langkah kelima belajar bisnis online inilah saatnya untuk menerapkan semua yang sudah dipelajari.

Semua ide akan menjadi besar karena ide tersebut tidak hanya disimpan tapi diterapkan.

Sekarang saatnya bagi rekan pembaca untuk menerapkan semua pemahaman yang sudah didapatkan setelah membaca postingan ini.

Langkah Terakhir  Belajar Bisnis Online : Terus Belajar

Looh kok, belajar terus sih? Kapan berhentinya?




Ketahuilah bahwa bisnis online itu sangatlah dinamis. Bisnis online akan terus berkembang sesuai kemajuan teknologi dan kebutuhan manusia. Jika kita tidak mengikuti perubahan tersebut dengan terus belajar maka bisa dipastikan kita akan tertinggal cepat atau lambat. Itulah fakta belajar bisnis online untuk pemula, jangan pernah bosan untuk terus belajar.


  • 9
    Shares
  • 9
    Shares

No Responses

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+