Bagaimana Anda Bisa Menghasilkan Uang Lewat Blog?

Menghasilkan uang lewat blog, apa bisa? Pernahkan Anda bertanya-tanya hal seperti itu?

Bermula dari pertanyaan itulah ide artikel ini lahir. Kira-kira bagaimana saya akan menjelaskan cara menghasilkan uang lewat blog tersebut?

Sebelum membaca lebih jauh marilah Anda jawab “menghasilkan uang lewat blog seperti apa yang Anda idam-idamkan?” Sepertinya jawabannya pasti dalam jumlah yang besar atau bisa mencukupi keperluan hidup, kuliah, sekolah atau apapun itu.

Satu hal yang saya yakini dalam konsep “menghasilkan uang lewat blog” sebagai blogger tidak membuat diri kita berbeda dengan mereka yang bekerja menghasilkan uang di kantoran atau mereka yang menghasilkan uang dengan usaha wiraswasta offline.

Cukup banyak tips ngeblog yang membahas hal ini dan memiliki kesamaan. Jika Anda ingin menghasilkan uang lewat blog tentu Anda perlu “kerja” untuk bisa benar-benar menghasilkannya. Sampai bagian ini, bagaimana? Jika Anda kecewa mungkin Anda tidak perlu melanjutkan membaca artikel ini (mengingat artikel ini cukup panjang mencapai kurang lebih 2000 kata), namun jika Anda masih penasaran dengan menghasilkan uang lewat blog silahkan lanjutkan untuk membacanya.

Cara untuk bisa menghasilkan uang lewat blog dan apa tantangannya?

1.Kontes

Tentu saja hal menarik yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti kontes yang diselenggarakan oleh beberapa merchant terkemuka yang ada di Indonesia. Salah satu contohnya adalah kontes motor matic injeksi irit harga murah dari yamaha.

Bagaimana bisa menghasilkan uang? tentu saja jika Anda dinyatakan sebagai pemenang Anda akan mendapat hadiah. Hadiah tersebut bisa berupa uang tunai, voucher,  barang siap pakai atau bentuk lainnya.

Banyak sekali kontes yang tersedia bagi pengguna internet khususnya blogger di Indonesia. Info-info bisa Anda dapatkan dari blogger-blogger lainnya atau melalui beberapa situs media sosial seperti facebook dan twitter.

2.Menghasilkan uang dengan program Pay Per Click Advertisement (PPC)

Saya yakin sudah banyak dari Anda yang cukup mengenal fasilitas ini. Bisa dikatakan cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk diterapkan namun tidak demikian dengan memperoleh hasil yang memuaskan.

Dari riset kecil yang saya laksanakan saya mendapat kesimpulan bahwa metode ini lebih efektif untuk sarana iklan dibandingkan sebagai sarana menghasilkan uang lewat blog. Mengapa demikian? Blog-blog dengan jumlah trafik ribuan bisa jadi hanya menghasilkan tidak lebih dari $200 per bulannya. Hasil yang signifikan akan didapatkan oleh web-web besar media-media elektronik

Mengapa demikian? Website media elektronik memiliki cakupan pembaca yang luas, selalu memuat berita terbaru dengan jumlah update artikel sangat besar karena didukung oleh tim pembuat artikel yang solid.

Jadi ya tidak heran website media elektronik dapat meraup keuntungan besar dari program PPC. Tapi saya tidak mengatakan hal ini percuma jika Anda terapkan di blog, saya hanya ingin menyadarkan bahwa Anda jangan berharap terlalu tinggi dalam menghasilkan uang lewat blog dengan menggunakan fasilitas ini.

Satu-satunya tantangan bagi Anda untuk menghasilkan uang lewat blog secara maksimal dari PPC adalah jumlah pengunjung. Ya, semakin banyak jumlah pengunjung semakin besar kemungkinan uang yang Anda dapatkan.

Namun demikian, seperti saya utarakan di atas, jumlah pengunjung yang besar belum merupakan jaminan Anda akan berhasil dengan PPC, masih banyak variabel lain yang ikut menentukan. Baca : cara monetisasi ideal blog.

3.Menghasilkan Uang Melalui Banner Iklan

Cara berikutnya dalam menghasilkan uang lewat blog adalah dengan menyediakan ruang bagi banner iklan produk tertentu. Anda hanya perlu menyiapkan “page” khusus mengenai tawaran Anda kepada mereka yang ingin menitipkan banner iklan-nya melalui blog Anda.

Atau bisa juga tidak memerlukan “page” khusus tentang itu dan bersikap lebih proaktif lagi dengan menyampaikan proposal iklan Anda ke target-target Anda. Hal-hal yang perlu dijelaskan adalah keuntungan apa yang akan didapatkan pemasang iklan jika memasang iklan di blog Anda, berapa tarif per bulan/per minggu yang Anda minta, dan kenapa Anda pikir iklan mereka harus ada di blog Anda.

Tantangan terbesar dalam menghasilkan uang lewat baner iklan adalah jumlah pengunjung blog Anda. Semakin besar jumlah pengunjung blog Anda semakin besar pula kemungkinan pihak lain tertarik menitipkan iklannya di blog Anda.

4.Marketing Affiliasi

Ini merupakan salah satu upaya menghasilkan uang lewat blog yang banyak diterapkan oleh blogger. Melalui afiliasi Anda dapat menjual barang yang diciptakan orang lain dengan memperoleh komisi yang relatif tinggi.

Keuntungan bagi Anda jika mengikuti marketing afiliasi adalah Anda tidak perlu bersusah payah membuat suatu produk, Anda cukup membantu mencarikan pembeli atas produk yang sudah ada dan jika terjadi transaksi pembelian melalui upaya Anda maka komisi pun akan jatuh ke tangan Anda.

Anda dapat mencari produk-produk yang ingin Anda promosikan melalui internet. Beberapa produk affiliasi di Indonesia yang saya ketahui antara lain produk web hosting, produk herbal, software aplikasi perkantoran, buku, jasa informasi atau pelatihan dan sebagainya.

Anda harus mendaftarkan diri sebagai penjual affilasi jika Anda ingin menghasilkan uang melalui cara ini. Setelah Anda disetujui maka Anda dapat mulai mempromosikan produk ini melalui blog Anda. Tantangan terbesar dari menghasilkan uang lewat marketing affiliasi adalah bagaimana membuat promosi yang baik yang menumbuhkan minat pembaca untuk membeli produk melalui blog Anda.

Baca : Cara Meraih $2,000,- dalam 9 Bulan Melalui Marketing Affiliasi

5.Menghasilkan Uang dengan Menjual Produk Anda Sendiri

Cara yang paling menyenangkan dalam menghasilkan uang lewat blog tentunya menjual produk Anda sendiri. Jangan salah, untuk menjual produk sendiri Anda tidak harus membuat konsep toko online.

Anda masih bisa memanfaatkan blog sederhana sebagai media penjualan online. Yang perlu Anda perhatikan dalam menjual produk Anda lewat blog adalah penjelasan mengenai diri Anda, lokasi Anda, produk yang Anda jual (foto dan penjelasan) , cara pemesanan, bagaimana Anda dapat dihubungi dan layanan apa yang Anda berikan terhadap keluhan konsumen.

Tidak jauh berbeda dengan menjual barang di toko offline bukan? Tantangan terbesar dari menghasilkan uang dengan menjual produk Anda sendiri adalah blog Anda harus memiliki jumlah pengunjung yang besar.

Menghasilkan Uang dengan Mempromosikan Diri Anda Sendiri

Saya pernah melihat beberapa blog yang mencantumkan beberapa nilai mata kuliah pemilik blog tersebut. Menurut saya ini merupakan langkah yang sangat cerdas. Blog dapat dijadikan sarana mempromosikan keahlian Anda dengan begitu peluang Anda untuk menemukan klien yang tertarik untuk membayar keahlian Anda semakin besar.

Pada saat melamar suatu pekerjaan pernahkan Anda ditanya “ Sudah pernah bekerja?” lalu Anda merasa kegagalan Anda dalam mencari pekerjaan adalah karena Anda tidak memiliki pengalaman kerja. “Bagaimana Anda dapat memiliki pengalaman jika Anda sendiri tidak pernah diberi kesempatan?”

Jangan pasif, buatlah kesempatan untuk Anda sendiri. Buatlah kesempatan Anda melalui blog. Bagi Anda yang masih sekolah atau kuliah blog dapat menjadi ajang meningkatkan nilai jual Anda di mata user (pihak yang bersedia membayar Anda atas kepandaian dan keahlian Anda).

Bagaimana caranya? Anda dapat memasukan alamat blog Anda ke dalam setiap lembar lamaran pekerjaan Anda. Melakukan hal demikian peluang Anda untuk bisa memperoleh pekerjaan yang Anda idam-idamkan tentu semakin besar. Lalu bagaimana bagi Anda yang bukan pelajar?

Tulisan Andalah yang menjadi nilai jual Anda. Apa yang Anda tulis mungkin akan menarik perhatian orang lain yang bersedia membayar Anda sebagai penulis. Ya, kemungkinan terburuk dari seorang blogger adalah Anda akan menjadi penulis.

Menjadi penulis adalah pekerjaan yang tidak mengenal batas usia dan waktu, selama Anda masih bisa menulis maka Anda tetap memiliki peluang untuk menghasilkan uang lewat tulisan Anda.

Tantangan terbesar dalam menghasilkan uang dengan mempromosikan diri Anda sendiri adalah bagaimana mempromosikan diri secara tepat dan bagaimana menemukan orang yang mau menerima Anda bekerja.

Nah, sekarang mari kita cari solusi atas tantangan-tantangan tersebut.

1. Bagaimana Meningkatkan Jumlah Pengunjung ke Blog Anda?

Komentar

Saya yakin Anda sudah mengetahui hal ini. Namun demikian apakah Anda bertanya-tanya mengapa jumlah pengunjung Anda tetap sedikit.

Mungkin ada yang salah dari komentar Anda. Berikanlah komentar yang bermanfaat, membangun dan tidak menjelekkan si pembuat artikel. “Jika Anda dapat menghargai orang lain maka orang lain akan menghargai Anda” Inilah yang saya percaya : sejelek apapun artikel dalam suatu blog menurut Anda, Anda harus menghargainya, berikanlah masukan yang bernada sopan, baik dan tidak menggurui.

Komentar seperti ini pasti akan di-publish, dan tentu akan menarik minat pembaca lainnya untuk mengenal Anda lebih dalam. Hasilnya? Kemungkinan besar pengunjung lain akan meng-klik link komentar Anda. JIka jumlah pengunjung meningkat tentu kesempatan menghasilkan uang lewat blog Anda semakin besar. Baca : Cara Meningkatkan Traffic Blog dengan Komentar

Penulis Tamu

Jika Anda memiliki kesempatan menjadi penulis tamu, jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Penulis tamu merupakan media yang efektif untuk membangun eksistensi online Anda.

Perkenalkanlah diri Anda seluas-luasnya agar peluang Anda untuk menghasilkan uang lewat blog semakin besar.

Satu hal yang pasti dalam memperoleh hasil maksimal sebagai penulis tamu adalah berikan “artikel terbaik” Anda kepada blog lain yang Anda inginkan. Ya, Jika Anda memiliki artikel terbaik maka sebarkanlah artikel itu jangan Anda simpan di blog Anda sendiri. Jangan sangka sebuah toko online tidak dapat menjadi penulis tamu, bagi saya penulis tamu cocok untuk segala jenis blog, tidak terkecuali blog personal.

Contoh : Jika Anda memiliki toko online, Anda dapat menulis artikel di blog orang lain tentang “Bagaimana Memulai Sebuah Toko Online”, atau “Bagaimana Meningkatkan Penjualan Toko Online”. Tentu banyak orang ingin membaca artikel seperti itu, apalagi artikel itu dibuat oleh Anda sendiri sebagai pemilik toko online.

Jika Anda memiliki blog personal, Anda dapat menulis artikel di blog orang lain tentang “Bagaimana Blog Bisa Mempengaruhi Hidup Anda secara Positif”. Jumlah blog personal cukup banyak sehingga pasti akan menarik minat blogger lain untuk membacanya.

Intinya adalah apapun blog Anda pasti ada jalan untuk menjadi penulis tamu, Anda hanya perlu mencari ide lebih dalam lagi.

Menjadi penulis tamu merupakan cara yang sangat baik untuk mempromosikan blog Anda. Dengan menjadi penulis tamu maka semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan Anda di dunia blog dan semakin besar pula jumlah pengunjung yang akan datang ke blog Anda. Baca : Panduan Singkat Menjadi Penulis Tamu

2. Bagaimana Membuat Promosi Affiliasi yang Baik yang Menumbuhkan Minat Pembaca untuk Membeli Melalui Blog Anda?

Dari sebagian besar pengalaman blogger lainnya yang sukses dengan affiliasi maka jawabannya adalah Anda harus tahu betul mengenai produk yang Anda promosikan.

Untuk bisa menjadi “tahu betul” tentu Anda harus membelinya, menggunakannya dan memberikan penilaian atas manfaat yang Anda dapatkan dari produk tersebut. Tahukah Anda perusahaan-perusahaan besar menghabiskan banyak uang untuk mengetahui komentar konsumen atas produk yang telah dikeluarkan.

Ya, pendapat konsumen sangatlah berarti untuk orang lain, itulah prinsip dasar agar Anda sukses dalam program affiliasi. Jika Anda dapat menuangkan “apa saja keuntungannya menggunakan suatu produk”, “apa saja kekurangannya”, lalu “menurut Anda untuk siapakah produk ini cocok digunakan” maka optimislah Anda dapat memperoleh penjualan melalui promosi semacam itu.

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan setelah memuat promosi tersebut adalah mendatangkan pengunjung blog sebanyak mungkin.

3. Bagaimana Mempromosikan Diri Secara Tepat?

Halaman “Tentang Saya” (About)

Mungkin Anda pikir bagian “Tentang Saya” adalah hal biasa dan tidak berpengaruh signifikan terhadap blog Anda secara keseluruhan.

Namun dalam bisnis online, bagian ini sangatlah penting, dan jika Anda ingin menghasilkan uang lewat blog Anda untuk jangka panjang maka berilah perhatian lebih pada bagian ini. Bagian ini dinilai sebagai peluang Anda untuk menunjukkan apa keahlian Anda, apa yang bisa Anda lakukan untuk orang lain, dan apa yang ingin Anda tawarkan melalui blog Anda.

Jadi, apakah Anda memiliki halaman (khusus) ini pada blog Anda? Jika belum maka buatlah dengan baik, halaman ini dapat memperbesar peluang Anda untuk menghasilkan uang lewat blog. Ini adalah kesan pertama yang bisa Anda jual kepada pembaca.

Artikel Blog Anda

Setelah mempersiapkan bagian “Tentang Saya” maka artikel blog dapat mencerminkan keahlian yang ingin Anda tawarkan kepada pembaca.

Mungkin Anda penasaran bagaimana sebuah blog personal dapat menjadi media promosi pemiliknya.

Buatlah artikel yang baik dengan bahasa yang baik, meskipun blog Anda hanya berisi curhatan pribadi.

Bukan tidak mungkin akan ada yang tertarik dengan cerita Anda terutama dalam hal “bagaimana Anda mencari jalan keluar atas masalah yang Anda hadapi”.

Jika Anda mengetahui dooce.com, blog ini tumbuh besar bermula dari curhatan pemilik blog terhadap perilaku bos dan rekan kerja dikantornya.

Mengapa bisa demikian? Jalan keluar atas suatu masalah merupakan hal yang dicari banyak orang, jadi jika Anda tahu bagaimana keluar dari suatu permasalahan buatlah cerita sebaik mungkin mengenai hal itu dalam blog Anda, lambat laun pasti banyak yang ingin membacanya. Ini semua merupakan bagian dari konten marketing.

Jika Anda berhasil menerapkan konten marketing dengan baik, bukan tidak mungkin Anda akan ditawari suatu pekerjaan yang berhubungan dengan blog curhatan Anda. Katakanlah Anda menjadi kontributor rutin pengisi rubrik tertentu di sebuah media atau tabloid. Menarik bukan?

4. Bagaimana Menemukan Orang yang Mau Menerima Anda Bekerja?

Jika Anda berhasil mempromosikan blog Anda sehingga blog Anda cukup popular di dunia maya tentu tawaran pekerjaan dapat datang dengan sendirinya.

Namun demikian Anda juga dapat menjadi pro-aktif dalam mencari orang yang mau menerima Anda bekerja.

Salah satu caranya adalah dengan mencantumkan alamat blog Anda dalam CV lamaran pekerjaan.

Bagi seorang pelamar kerja yang belum memiliki pengalaman, mengelola sebuah blog dapat menjadi nilai lebih, apalagi jika Anda dengan keahlian yang Anda miliki dapat memberikan solusi tertentu melalui postingan-postingan blog Anda.

Contoh : Anda seorang mahasiswa perguruan tinggi dengan jurusan peternakan. Anda dapat mengulas teknik-teknik khusus untuk mengatasi penyakit pada hewan, cara praktis merawat hewan ternak dan sebagainya.

Atau Anda seorang sarjana pertanian, Anda bisa membahas mengenai teknik pengolahan tanah agar tanaman tumbuh subur, menciptakan tanaman yang berkualitas, dan sebagainya.

Setelah Anda mempersiapkan blog dengan beberapa artikel langkah selanjutnya adalah melaksanakan konten marketing (lewat komentar di blog, guest blogger, kontes artikel blog, atau bahkan menghubungi target Anda secara langsung).

Semakin baik konten marketing yang Anda lakukan, semakin besar kesempatan Anda untuk memperoleh pekerjaan melalui blog Anda.

Siap Lakukan Perubahan ?

Kerja” yang perlu Anda lakukan dalam mencari uang lewat blog mencakup konten marketing yang terdiri dari SEO, membuat artikel, promosi blog, promosi artikel hingga pengajuan proposal bisnis secara langsung. Sehingga blog berfungsi sebagai media promosi keahlian Anda untuk memperoleh keuntungan materi bagi Anda.

Apapun cara menghasilkan uang lewat blog yang Anda pilih, lakukanlah cara-cara yang menurut Anda cocok dan benar-benar menghasilkan sesuatu untuk Anda karena cara yang bekerja pada suatu blog belum tentu juga bekerja pada blog lainnya.

Nah, sekarang bagaimana dengan blog Anda? Apakah Anda pernah berpikir untuk menghasilkan uang lewat blog Anda? Cara-cara apa yang Anda terapkan lantas bagaimana hasilnya? Bagilah pengalaman Anda kepada pembaca lainnya, silahkan tinggalkan komentar melalui kolom yang tersedia.

Baca Juga:

Melipatgandakan Dollar Tanpa Investasi Uang? Bisa Kok
Cara Meningkatkan Traffic Blog dengan Google Analytics
eBook Gratis SEO Artikel

218 Comments

  1. KD April 2, 2012
    • Okto April 2, 2012
      • Paul Oktober 7, 2013
    • Nakhsanoba Januari 25, 2014
      • ibnu April 3, 2015
    • sidik April 15, 2015
    • yasirudin September 1, 2015
  2. Andi Kata April 2, 2012
    • Okto April 2, 2012
  3. Andank April 3, 2012
    • Okto April 3, 2012
  4. isnuansa April 3, 2012
    • Okto April 3, 2012
  5. Erna April 4, 2012
    • Okto April 4, 2012
  6. Hanif Mahaldi April 4, 2012
    • Okto April 4, 2012
  7. niee April 6, 2012
  8. Bung SanJAYA April 6, 2012
  9. s y a m April 14, 2012
  10. helgaindra April 14, 2012
  11. archer April 22, 2012
  12. irmarahadian April 23, 2012
    • Okto April 24, 2012
  13. Faisal April 24, 2012
  14. widyan April 24, 2012
  15. Mr. Tempoy Mei 27, 2012
  16. Pingback: Tren Media Sosial Indonesia Juni 21, 2012
  17. da nang Juni 24, 2012
  18. Bahyudin Nor Juni 25, 2012
    • Okto Juni 26, 2012
  19. Reza Juli 1, 2012
  20. radiva Juli 1, 2012
  21. shevt insomh Juli 1, 2012
  22. sammy semut Juli 11, 2012
  23. Agussalim Juli 28, 2012
  24. wanda widyatama Agustus 10, 2012
  25. lestiani Agustus 14, 2012
  26. trio susanto September 5, 2012
  27. Denny fk September 17, 2012
  28. Denny fk September 17, 2012
  29. fauzi busra September 18, 2012
  30. rianto September 19, 2012
    • Okto September 19, 2012
  31. hady Oktober 3, 2012
  32. penulis content Oktober 11, 2012
  33. Cesc Priyanto Oktober 11, 2012
    • Okto Oktober 11, 2012
  34. Pingback: YULINAR TIKASARI Pengalaman Pertama yang Menghasilkan Emas | inspirasi.me Oktober 13, 2012
  35. istiyantokudusan Oktober 21, 2012
  36. Pingback: Panduan Singkat Menjadi Penulis Tamu November 6, 2012
  37. wulung sari November 13, 2012
  38. JONI November 27, 2012
  39. Anjar Desember 6, 2012
  40. andit Desember 10, 2012
  41. IKHSAN Desember 10, 2012
    • Okto Desember 11, 2012
  42. ovhyc Desember 12, 2012
  43. e-k Desember 16, 2012
  44. rin Desember 19, 2012
    • Okto Desember 19, 2012
  45. belajar forex Desember 19, 2012
  46. Rodif Hafidz Januari 9, 2013
  47. TRIMO PRIYANTO Januari 17, 2013
  48. bisnis online Januari 18, 2013
  49. hazainfo Januari 19, 2013
  50. tamam Januari 24, 2013
    • Okto Januari 24, 2013
  51. aryanto hadi wicaksono Januari 27, 2013
  52. retnohastuti Februari 5, 2013
    • Okto Februari 5, 2013
    • Okto Februari 8, 2013
  53. yoganso Februari 14, 2013
  54. Dwi sugiarto Februari 23, 2013
    • Okto Februari 23, 2013
  55. Gayuh Merry Februari 27, 2013
  56. Imam Maret 10, 2013
    • Okto Maret 10, 2013
  57. juragan granat Maret 13, 2013
  58. Ikhsan Maret 14, 2013
  59. Berbagai Info Maret 16, 2013
  60. Bagus Surochman Maret 26, 2013
  61. Fajri April 1, 2013
  62. Vicky April 2, 2013
  63. amrul April 8, 2013
  64. adied April 8, 2013
    • Okto April 9, 2013
  65. gasyah April 10, 2013
  66. Azyz April 16, 2013
  67. agus susilo April 16, 2013
    • Okto April 19, 2013
  68. Netipli April 17, 2013
    • Okto April 17, 2013
  69. kabib1996 April 17, 2013
  70. andrey April 19, 2013
  71. Arbi April 24, 2013
  72. Panduan Blogger dan Desain Grafis Mei 6, 2013
  73. Putra Junior Mei 7, 2013
  74. Ochen Mei 8, 2013
  75. Anak SMA pengen sukses Mei 13, 2013
  76. hendy Mei 13, 2013
  77. manz Mei 14, 2013
  78. fikri syahfalaq Mei 24, 2013
  79. Chairilazam Mei 26, 2013
  80. dwi prasetyo Mei 31, 2013
    • Okto Juni 1, 2013
  81. NESLYA Juni 10, 2013
  82. azkarrizal Juli 7, 2013
  83. aura pelupa Juli 14, 2013
  84. Wen September 20, 2013
    • Okto September 22, 2013
  85. Ahyad rosyad September 26, 2013
    • Okto September 26, 2013
  86. Pendar Bintang September 27, 2013
  87. Okto September 27, 2013
  88. sugeng p September 27, 2013
  89. Gita Oktober 1, 2013
    • Okto Oktober 1, 2013
  90. Kharis Oktober 5, 2013
  91. Okto Oktober 5, 2013
  92. jiko Oktober 7, 2013
  93. Ahyad Rosyad November 13, 2013
  94. Riza November 23, 2013
  95. kukuh Desember 12, 2013
    • yudi suranto April 3, 2014
  96. agung Januari 26, 2014
  97. Irul Januari 26, 2014
  98. Jannete Februari 27, 2014
  99. sofyan nikahers.com Maret 4, 2014
  100. Naz Cules Maret 9, 2014
  101. pramarda Maret 18, 2014
  102. Marlon Alamo April 7, 2014
  103. imambonjol April 11, 2014
  104. Triyan April 25, 2014
  105. mufidin Juli 13, 2014
  106. Nupi nupi Agustus 2, 2014
    • Okto Agustus 2, 2014
  107. M.Haris Agustus 23, 2014
    • Okto Agustus 23, 2014
  108. arief September 1, 2014
  109. Taufik Al Mubarak September 8, 2014
  110. Ebects Oktober 2, 2014
  111. tommy Oktober 16, 2014
  112. zainki Oktober 19, 2014
  113. Ryan M. Oktober 21, 2014
  114. Agung Oktober 26, 2014
  115. nita Oktober 26, 2014
  116. nanang kosim efendy Oktober 28, 2014
  117. Pingback: Belajar Bisnis Online Untuk Pemula I November 5, 2014
  118. nyssawey November 7, 2014
  119. amrul November 23, 2014
  120. libertymeivert November 29, 2014
    • Okto Desember 4, 2014
  121. pristian Desember 9, 2014
  122. erman Desember 12, 2014
  123. tuan pitt Desember 25, 2014
  124. putu Desember 28, 2014
  125. ayik Januari 12, 2015
  126. ronny Januari 16, 2015
  127. rachmad rifaldi Januari 23, 2015
  128. Dang Januari 24, 2015
  129. WARDIAH DJAUHAR Januari 26, 2015
    • Okto Januari 27, 2015
  130. mawar Januari 29, 2015
  131. Endro Februari 2, 2015
  132. Noer rakhman Februari 5, 2015
  133. Juragan Februari 6, 2015
  134. luqmanior Februari 7, 2015
  135. Sagus Yudistira Februari 10, 2015
  136. dyah wulandari Februari 19, 2015
  137. rina Februari 21, 2015
  138. odiv Maret 2, 2015
  139. Dede Muchtar Maret 4, 2015
  140. Pingback: Cara Membuat Blog Yang Ramai Pengunjung April 1, 2015
  141. Suparmin April 4, 2015
  142. Pingback: Cara Dapat Uang Dari Internet April 15, 2015
  143. Penablog April 16, 2015
  144. Joeska soplantila April 17, 2015
  145. Tyo April 25, 2015
  146. irwand April 26, 2015
  147. dhidhiwidy Mei 2, 2015
  148. Nyamenusa Mei 5, 2015
  149. ilhamsazili Mei 12, 2015
  150. ella Mei 26, 2015
  151. Astawa Krishna Mei 29, 2015
  152. Okto Juni 16, 2015
  153. Sugiyanto mendung Juli 7, 2015
  154. Hendy Pradana Juli 23, 2015
  155. hans Agustus 18, 2015
  156. Ehpedia Agustus 25, 2015
    • Okto Agustus 25, 2015
  157. Abeng Agustus 30, 2015
  158. saparudin September 2, 2015
  159. Achmad Fazri September 16, 2015
  160. adi pradana September 17, 2015
  161. jamhur jamil Oktober 9, 2015
  162. deva Oktober 21, 2015
  163. kreatifs Januari 12, 2016
  164. yuntoro Februari 12, 2016
  165. fahmi ridho Februari 12, 2016
  166. feniaswita Februari 23, 2016
  167. Arvans94.blogspot.com Februari 26, 2016
  168. rahmat Maret 2, 2016
    • Okto Maret 2, 2016
  169. khurnia Maret 14, 2016
  170. Pingback: » Dapat Duit Lewat Hp Maret 30, 2016
  171. Pingback: » Dapat Uang Dari Blog Gratisan Maret 30, 2016
  172. Pingback: » Cara Dapat Duit Lewat Hp Maret 31, 2016
  173. Pingback: » Dapat Uang Dari Internet Lewat Hp Maret 31, 2016
  174. Pingback: » Dapet Duit Lewat Android Maret 31, 2016
  175. Pingback: » Dapat Duit Lewat Android Maret 31, 2016
  176. Pingback: » Dapat Duit Dari Ngeblog April 1, 2016
  177. Al April 9, 2016
  178. KUNCORO April 30, 2016
  179. Dede K Juli 10, 2016
  180. mr wu Juli 13, 2016
    • Okto Juli 13, 2016
  181. Al Juli 23, 2016
    • Okto Juli 23, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge