Alasan Kenapa Saya Tidak Bisa Menghasilkan Uang Dari Blog

Kenapa saya tidak bisa menghasilkan uang dari blog? Pernahkah Anda bertanya seperti itu?

Dengan banyaknya peluang yang tersedia untuk menghasilkan uang dari blog, banyak juga orang yang bertanya kenapa saya tidak menghasilkan uang dari blog.

Sebagian dari rekan pembaca pasti ada yang sudah lama mencoba menghasilkan uang dari blog atau ada juga yang baru akan mencoba menghasilkan uang dari blog. Di artikel ini, saya ingin berbagi beberapa alasan kenapa Anda tidak menghasilkan uang dari blog.

Anda Tidak Mau Berusaha Ekstra

Ini merupakan masalah klasik. Banyak orang percaya menghasilkan uang dari blog sangat mudah dan mereka berpikir yang Anda butuhkan untuk menghasilkan uang dari blog adalah memiliki sebuah blog, ikut program pay per click (PPC) , marketing afiliasi, pasang iklan dan selesai. Uang akan datang dengan sendirinya ke rekening Anda.

Sayangnya itu salah. Anda tetap perlu bekerja ekstra untuk mengejar apa yang Anda impikan dari blog Anda. Beberapa hal mendasar dalam memulai sebuah blog adalah memilih topik dan bentuk blog, cara menghasilkan uang yang Anda mau, dan jenis konten blog Anda nantinya.

Anda Membeli Semua Yang Anda Lihat

Apakah Anda termasuk dalam orang yang menghabiskan banyak uang untuk membeli semua informasi tentang menghasilkan uang dari blog? Padahal informasi itu hanya berisikan tawaran-tawaran yang ujung-ujungnya membuat uang Anda habis tanpa meraih hasil apapun.

Menghasilkan uang dari blog bukan sekedar belajar secara masif dengan berguru kepada banyak sumber dengan embel-embel investasi uang Anda. Ingatlah, metode yang berhasil pada suatu blog belum tentu berfungsi sama pada blog lain. Cara terbaik adalah dengan belajar dari keberhasilan blogger lain, berdiskusi dan hanya membeli jika Anda benar-benar membutuhkan dan yakin akan produk yang ditawarkan.

Anda Tidak Mengambil Tindakan

Segera ambil tindakan atas apa yang sudah Anda pelajari. Sebanyak apapun informasi tentang menghasilkan uang dari blog yang Anda ketahui, Anda tidak menghasilkan uang satu sen pun jika tidak menerapkan pengetahuan Anda.

Anda Tidak Mau Keluar Uang

Berkaitan dengan “Anda membeli semua yang Anda lihat”, di sini Anda kebalikannya. Anda sama sekali tidak mau berinvestasi untuk kegiatan mencari uang dari blog Anda. Ketahuilah bahwa mencari uang dari blog itu sama halnya dengan membuka toko kecil di dunia offline. Setidaknya Anda butuh modal untuk membeli barang agar bisa berjualan bukan? Yang Anda perlukan adalah selektif dalam menggunakan uang sebagai modal mencari uang dari blog.

Anda Tahu Segalanya

Ini merupakan masalah umum kebanyakan blogger dalam mencari uang dari blog. Anda sudah membaca berbagai macam buku tentang bagaimana mencari uang dari blog, yang menyebabkan Anda jenuh akan informasi ini dan akhirnya tidak tahu harus melakukan apa. Jika sudah demikian, tetapkan satu tujuan dan fokus pada tujuan itu sampai membuahkan hasil.

Untuk contoh, saya pribadi menghasilkan uang dari blog dengan berbagai macam cara, hingga pada akhirnya saya memutuskan untuk lebih fokus pada tiga hal. Tiga hal itu adalah marketing affiliasi, menjual produk sendiri dan menggunakan jasa adfly. Khusus untuk menjual produk sendiri dan penggunaan adfly saya memuatnya dalam laporan bulanan di blog ini.

Kurang Kesabaran

Kesabaran merupakan masalah besar dalam mencari uang dari blog. Kebanyakan blogger mengharapkan hasil yang cepat tanpa ada usaha keras untuk mencapainya. Setelah mencoba beberapa hari dan tidak merasakan hasilnya kebanyakan mereka menyerah dan berhenti. Tidak ada hal yang aneh atau ajaib dalam mencari uang online. Yang Anda perlukan adalah bekerja keras , fokus pada beberapa hal tertentu dan sabar sampai Anda benar-benar menghasilkan sesuatu.

Tidak Konsisten

Banyak orang percaya bahwa menghasilkan uang dari blog memang bisa namun mereka selalu berubah pikiran. Hari ini mereka mencoba A besok mencoba B tanpa kesabaran untuk menunggu hasil dari usaha menghasilkan uang dari blognya sendiri. Ketidak konsistenan merupakan benalu bagi blogger yang harus diberantas jika ingin benar-benar menghasilkan uang dari blog.

Anda Tidak Siap Mendengarkan

Ini tidak hanya terjadi di kelas, ini juga terjadi dalam mencari uang dari blog. Banyak yang berargumen tentang cara menghasilkan uang dari blog namun mereka sendiri sebenarnya tidak siap untuk menerapkan pemikiran mereka. Mereka memang sangat pandai dalam berkomentar soal menghasilkan uang dari blog namun situasi seperti ini tidak akan membawa perubahan.

“Guru” bisa bercerita kepada Anda karena ia sudah pernah mencobanya dan bisa membuktikannya, yang perlu Anda lakukan hanyalah mendengarkan, memperhatikan, melakukan apa yang Anda pelajari dan mulailah melihat hasilnya.

Anda Mencoba Melakukan Semuanya

Sebelumnya saya sudah menyebutkan tentang inkonsistensi. Kali ini ada beberapa orang yang mencoba menguasai atau melakukan semuanya sekaligus.

akan mulai mencoba pekerjaan data entry, MLM, online survey dan sebagainya sekaligus dengan harapan uang akan terkumpul dari berbagai program yang diikutinya.

Pilihan seperti itu hanya membuat Anda diam ditempat tanpa menghasilkan uang dari blog. Dengan begitu Anda menghabiskan waktu sia-sia. Tetapkan tujuan Anda, fokuslah dan mulai berusaha menghasilkan uang dari blog.

Kurang Fokus

Dalam menghasilkan uang dari blog memang banyak pilihannya. Ini bisa menyebabkan Anda tidak fokus pada satu atau beberapa pilihan. Bisa jadi Anda akan mencoba segala peluang tanpa fokus kepada beberapa hal saja.

Fokuskan semua kemampuan Anda pada beberapa cara sebagai prioritas dan Anda akan mulai menghasilkan uang dari blog.

Terlalu Banyak Mendengar atau Membaca

Jangan salah sangka, membaca memang baik namun jika berlebihan malah akan kontra produktif bagi Anda. Banyak yang menghabiskan waktu seharian membaca puluhan bahkan ratusan blog, buku dan semua informasi yang berkaitan dengan menghasilkan uang dari blog. Pada akhirnya mereka akan kelelahan dan tidak punya waktu untuk berbuat sesuatu.

Jika Anda akan menulis artikel blog, atau membangun blog Anda, jangan hiraukan apakah Anda sudah membaca atau berkomentar di blog lain pada hari itu. Blog Anda harus jadi prioritas. Jika sudah selesai barulah Anda bisa membangun networking Anda untuk mendukung usaha menghasilkan uang dari blog.

Pola Pikir Anda

Banyak orang berpikir menghasilkan uang dari blog tidak berkaitan dengan pola pikir, padahal ini sangat berkaitan.

Tahukah Anda kenapa seseorang bisa menjadi CEO sebuah perusahaan padahal awalnya dia hanyalah seorang staf biasa? Karena dia percaya dia bisa meraihnya dan berusaha untuk itu. Jadi apakah pola pikir Anda percaya Anda akan menghasilkan uang dari blog Anda?

Anda Terlalu Menikmati Kehidupan Offline

Banyak blogger kesulitan untuk mendapatkan inspirasi menulis atau bahkan menemukan waktu untuk blogging. Ketahuilah jika Anda memang ingin menghasilkan uang dari blog, Anda harus meninggalkan zona nyaman Anda sendiri.

Ditengah sibuknya aktivitas offline Anda, acara televisi favorit Anda, pertandingan sepakbola yang Anda tunggu-tunggu, teman yang mengajak bermain, bagaimana cara Anda untuk tetap fokus kepada menghasilkan uang dari blog? Anda harus berani mengambil keputusan untuk merubah pola pikir meninggalkan zona nyaman Anda karena itulah satu-satunya jalan Anda dapat suskes menghasilkan uang dari blog.

Anda Tidak Memiliki Rencana

Tahukah Anda, rencana merupakan panduan Anda. Bisa dibayangkan jika Anda menghasilkan uang dari blog tanpa sebuah perencanaan? Anda akan kehilangan arah, Anda akan menghabiskan uang untuk produk yang sebenarnya tidak Anda perlukan, Anda kesulitan untuk menentukan apakah yang sudah Anda lakukan adalah benar atau salah.

Jika Anda belum punya rencana dalam menghasilkan uang dari blog, konsultasikan dengan orang yang Anda percaya.

Segeralah buat rencana tertulis, buat dalam dua bagian, rencana jangka pendek dan jangka panjang. Lakukan evaluasi secara rutin. Dengan begitu Anda akan tahu apa yang harus dilakukan untuk masa depan blog Anda.

Kesimpulan   

Sebenarnya masih banyak alasan mengapa Anda masih saja tidak bisa  menghasilkan uang dari blog, namun jika Anda berhasil mengatasi beberapa sebab yang disebutkan diatas, bisa dipastikan Anda akan segera menghasilkan uang dari blog.

Ingat, jangan mengukur keberhasilan Anda dari jumlah uang yang Anda hasilkan, tapi dari “apakah Anda menghasilkan uang dari blog atau tidak”, lantas pantaulah perkembangannya. Memahami itu lebih penting dan berdampak positif daripada berkutat pada berapa banyak uang yang bisa Anda hasilkan dari blog.

Jika masih ada yang kurang, jangan sungkan untuk menambahkan pendapat Anda atas hal-hal yang membuat Anda tidak bisa menghasilkan uang dari blog …. :)

Sumber gambar : pixelhunt.com.au

Artikel lainnya :
Trend Media Sosial Indonesia
Apakah Unique Selling Proposition itu?
Panduang Singkat Menjadi Penulis Tamu
Tambah Trafik Blog dengan Berkomentar di Blog Lain
Tips SEO untuk Blogger

Kisah Sukses Merintis Bisnis Online Tanpa Modal
Comments
  1. saya masih baru di dunia Blogging. dan saya belum sempat terfikir tuk cari penghasilan dari Blog. dengan membaca artikel di atas, mungkin saya sedikit ngerti dimana cara menghasilkan uang dari Blog.

    terimakasih ya kawan atas infonya yang bermanfaat.
    Susie Yanti recently posted..Tanyakan 13 Hal Sebelum Menerbitkan ArtikelMy Profile

  2. Kalo saya keknya karena kurang tekun aja ya :-D
    Tujuan saya ngeblog sih bukan pengen menghasilkan uang, tapi lebih dari itu… pengennya uang ngalir sendiri ke rekening :)) *ngaco

    • Okto

      Sama aja dong Bang tujuannya … terima kasih sudah berbagi pendapat ya :D

  3. Makasih atas masukannya, Aduh….kalau saya sih sama sekali pengen, hanya solusi yang tepat gimana ya….bisa kah ada yang membantu beri solusi buat saya…

  4. kalau saya karena kebanyakan nonton TV. he he…, apa hubungannya yah mas. he he
    afrid fransisco recently posted..AK-12 Kalashnikov Senapan Serbu Rusia Terbaru 2013My Profile

  5. artikelnya bagus memberikan pelajaran untuk saya
    misiane recently posted..Jenis Air yang Dilarang Di MinumMy Profile

    • Okto

      Sama-sama. Semoga bermanfaat, terima kasih komentarnya

  6. Hemm..
    Tks sangat bermanfaat..:)
    Arif recently posted..Membuat Blog yang Mobile FriendlyMy Profile

ADD YOUR COMMENT

*

CommentLuv badge