Cara Ideal Monetisasi Blog Untuk Sumber Penghasilan

Jika berbicara monetisasi blog sepertinya akan banyak tips ngeblog terpaku pada jumlah trafik sebuah blog. Apakah Anda salah satu blogger yang berpikiran demikian? Pernahkah terpikir seberapa banyakkah “trafik masif” itu? Berapa banyak jumlah trafik blog, jumlah fanpage, jumlah follower, dan jumlah komentar yang dibutuhkan blog Anda untuk bisa berhasil dalam hal monetisasi blog untuk sumber penghasilan?

Tentu saja akan beragam tujuan sebuah blog lahir ke dunia online namun mayoritas blogger setidaknya memiliki sebuah kesamaan. Banyak blogger terinspirasi (baik secara diam-diam ataupun terang-terangan) untuk bisa memiliki sumber penghasilan dari blog atau website yang dikelolanya sehingga blog atau website itu bukanlah sekedar hobi menulis atau berbagi konten online bentuk lainnya.

Jika Anda berencana melakukan monetisasi blog untuk sumber penghasilan mungkin Anda akan bertanya-tanya apa yang harus dilakukan untuk bisa mencapai posisi tersebut. Pertanyaan paling umum adalah berapa banyak tenaga dan waktu yang dihabiskan dan berapa banyak trafik blog dibutuhkan untuk bisa melakukan monetisasi blog untuk sumber penghasilan. Rasa penasaran akan hal tersebut sangatlah manusiawi.

Kabar gembira akan hal ini adalah bahwa sesungguhnya Andalah yang menentukan berapa banyak trafik blog yang dibutuhkan untuk meraih mimpi monetisasi blog untuk sumber penghasilan. Inilah sedikit pembahasan dari notordinaryblogger untuk bisa mewujudkannya.

Jika Anda sudah mengikuti blog ini cukup lama (blog ini sudah berumur 3 tahunan) maka Anda akan tersadar bahwa cukup banyak model monetisasi yang bisa dipilih untuk diterapkan dalam sebuah blog. Jenis monetisasi yang dipilih akan sangat mempengaruhi berapa jumlah trafik yang dibutuhkan blog Anda untuk bisa meraih hasilnya, dan berapa banyak penghasilan yang Anda coba raih dari cara tersebut.

Untuk bisa mengetahui berapa banyak trafik blog yang diperlukan blog Anda untuk bisa monetisasi Anda perlu memahami berapa banyak penghasilan yang Anda inginkan dari setiap pengunjung yang datang, berapa banyak pengunjung blog yang menjadi pelanggan dan berapa banyak penghasilan yang diinginkan.

Beragam Pendekatan Dalam Monetisasi Blog untuk Sumber Penghasilan

Pendekatan Pertama : blog dimanfaatkan untuk menarik audiens dalam jumlah besar agar pemasang iklan tertarik.

Saat pemula memulai sebuah blog untuk tujuan mencari uang umumnya iklan merupakan sumber yang pertama kali diminati. “Saya hanya perlu membuat blog yang terkenal dan masukan beberapa iklan ke dalamnya”, merupakan sebuah pemikiran yang cukup lazim dibenak pemula.

Fakta akan iklan online adalah bahwa perusahaan iklan tidak akan memberikan Anda uang kecuali blog Anda mendatangkan banyak sekali trafik blog. Bahkan sekalipun Anda memiliki trafik blog dalam jumlah besar, jumlah pembayaran mungkin lebih rendah ketimbang cara monetisasi lainnya.

Jenis iklan CPM (jumlah yang akan dibayar pemasang iklan per 1000 pageviews) mungkin sekitar $5 atau kurang bergantung dari ukuran blog, topik blog dan demografi pengunjung blog.

Itu berarti jika Anda mencoba menghasilkan 50 juta per bulan, Anda akan membutuhkan lebih dari 1 juta pageviews. Apakah Anda sanggup membangun trafik blog sampai ke tingkat itu? Tentu saja Anda sanggup namun dengan kerja yang luar biasa dan biasanya 50 juta per bulan dari blog tidak sebanding dengan kerja keras yang harus Anda lakukan.

Hal penting lain terkait periklanan online yang perlu dipahami adalah hal tersebut bukan pilihan bagus untuk blog skala kecil. Pemasang iklan ingin meraih audiens dalam jumlah besar sehingga jarang sekali mereka menghiraukan blog yang memiliki pageviews dibawah 100.000 per bulannya. Google Adsense dan alternatif google adsense mungkin bisa dimanfaatkan untuk blog skala kecil namun dengan skema CPM yang rendah.

Pendekatan Kedua: lupakan iklan dan maksimalkan nilai komersial blog per pengunjungnya.

Jika sebelumnya sudah dibahas ilustrasi penghasilan 50 juta per bulan dari iklan online mari kita bandingkan dengan jenis monetisasi blog lainnya. 3 Jenis monetisasi lain yang lazim digunakan adalah menjual produk, menjual jasa dan marketing afiliasi. Sebagian besar dari Anda pasti sudah paham akan konsep menjual produk atau jasa, namun mungkin masih ada yang baru terhadap konsep marketing afiliasi. Pada dasarnya, marketing afiliasi terjadi saat pihak lain membayar Anda komisi atas jasa Anda membawa pembeli kepadanya.

Jika target penghasilan Anda sebesar 50 juta per bulan, Anda perlu memahami berapa banyak penghasilan yang diperlukan dari setiap pengunjung blog yang datang, dan berapa banyak pengunjung yang akan menjadi pelanggan Anda.

Ilustrasi mudah akan marketing afiliasi dalam hal ini adalah Anda mewakili perusahaan yang sangat berhubungan dengan tema blog Anda. Dengan komisi sebesar 50% atas setiap penjualan yang terjadi atas produk seharga Rp 500.000,- maka itu berarti Rp 250.000,- untuk setiap satu pelanggan yang Anda rekomendasikan.

Jadi untuk mencapai 50 juta per bulan Anda perlu mencapai 50.000.000 / 250.000 = 200 penjualan per bulannya.

Langkah selanjutnya adalah untuk mendeteksi berapa banyak pembeli yang membeli produk yang ditawarkan oleh Anda melalui model marketing afiliasi. Ini akan sangat bergantung dari bagaimana cara Anda menawarkan produk tersebut dan seberapa baik produk itu bisa menolong masalah yang dihadapi pengunjung blog.

Ilustrasi lanjutannya adalah jika Anda memasang banner iklan ukuran 125×125 di bagian samping blog maka Anda tidak akan mendapatkan penjualan dari setiap pengunjung. Jika Anda menulis postingan blog tentang tawaran tersebut dan memasukan informasi bermanfaat kedalam postingan termasuk alasan menarik kenapa pembaca harus membelinya, kemungkinan Anda menciptakan penjualan akan semakin besar.

Nah jadi misalkan Anda membuat sebuah postingan blog tentang produk afiliasi dan sebanyak 25%dari pembaca melanjutkan kunjungan ke halaman penjualan (inilah pengunjung tertarget) dari link postingan Anda kemudian sebanyak 1% dari pengunjung itu membeli produk yang Anda tawarkan.

Maaf jika Anda sedikit pusing dengan angka hitung-hitungan yang disampaikan disini namun ini sangatlah penting saat Anda berusaha mencari cara ideal monetisasi blog untuk sumber penghasilan.

Mari dilanjut 1 / (1% x 25%) = 400. Ini berarti bahwa 1 dari 400 pengunjung tertargetakan membeli produk yang berarti komisi Rp 250.000,- untuk Anda. Untuk mencapai target 200 penjualan berarti Anda membutuhkan 200 penjualan x 400 pengunjung tertarget per penjualan atau setidaknya 80.000 pengunjung tertarget setiap bulannya.

Dibandingkan dengan model CPM (atau penghasilan per 1000 pengunjung) adalah 250000/400×1000 = 6.250.000 dihasilkan dari setiap 1000 pengunjung. Jika rata-rata setiap pengunjung melihat 2 laman blog maka penghasilan CPM bisa berkurang setengahnya menjadi 3.125.000 karena CPM dihitung berdasarkan pageviews bukan pengunjung.

Gambaran diatas hanyalah hitungan sederhana dari potensi penghasilans ebuah cara monetisasi blog, hasil sebenarnya tentu bisa jauh lebih baik atau lebih buruk. Sebuah cara monetisasi blog yang baik bukan tidak mungkin bisa menghasilkan Rp 5 juta per 1000 pengunjung tertarget.

Cara Monetisasi Blog vs Kenyataan

Saat Anda sudah sampai tahap mencoba sebuah cara monetisasi blog, mungkin Anda akan menghadapi kombinasi dari sekedar menawarkan sebuah produk afiliasi. Anda bisa saja menawarkan produk sendiri dikombinasikan dengan produk lainnya yang sangat berkaitan dengan tawaran tersebut.

Jika cara kombinasi itu ditempuh, Anda bisa saja meraih hasil jauh lebih besar dari ilustrasi marketing afiliasi yang sudah dijelaskan dalam cara monetisasi tadi. Seorang freelance bisa saja menghasilkan 50 juta per bulan dari cara ini dengan hanya mengandalkan 10.000 pengunjung blog per bulannya.

Target Merupakan Kunci Keberhasilan

Kunci penting disini adalah seberapa besar ketertarikan pengunjung blog atas tawaran yang diberikan. Pada intinya, semakin menarik seorang pengunjung blog tentang topik bahasan yang diberikan, semakin besar kemungkinan pengunjung itu membeli produk yang ditawarkan atau tawaran lain yang Anda berikan.

Ternyata cara termudah untuk bisa menemukan minat tersebut adalah melalui “penulis tamu”. Jika topik blog Anda sangat berkaitan dengan blog lain tempat Anda menjadi penulis tamu, Anda akan mendapatkan bahwa pengunjung dari blog lain kemungkinan besar akan membuat blog Anda menjadi tujuan baru akan sumber informasi yang diminatinya. Pengunjung seperti ini bisa dikategorikan sebagai pengunjung tertarget. Jika blog Anda tentang “jalan-jalan” dan Anda menjadi penulis tamu di blog tentang politik tentu kemungkinan besar pengunjung yang datang tidak terlalu peduli dengan blog Anda.

Hentikan Fokus Pemikiran Akan “Pengunjung” dan “Trafik”

Apapun pendekatan yang Anda pilih untuk mencari cara ideal monetisasi blog untuk sumber penghasilan, cara yang dibahas di postingan ini hanyalah untuk member gambaran mudah mengenai berapa banyak pengunjung tertarget yang perlu Anda raih. Di luar itu semua sebenarnya pemikiran berlebihan akan “pengunjung” dan “trafik” hanya akan membebani diri Anda sendiri.

Lebih penting dari itu Anda perlu memikirkan “pembaca” dan “hubungan baik”.

Pengunjung blog tidak akan mau mengeluarkan uangnya untuk Anda membeli sesuatu yang ditawarkan kecuali Anda menawarkan sesuatu yang menolong, sesuatu yang bermanfaat untuk solusi permasalahan yang dihadapi pembaca. Untuk memaksimalkan penghasilan ngeblog dari setiap pengunjung yang datang, Anda perlu fokus ada manfaat yang diberikan atas setiap konten blog, produk ataupun jasa yang ditawarkan.

Sebagai bahan inspirasi bagaimana para pemilik blog atau website melakukan monetisasi blog untuk sumber penghasilan, berikut inilah penjelasannya:

Bike198.com

Tema: Bersepada Gunung (Olahraga dan Hiburan)
Cara Monetisasi:
Google Adsense, Marketing Afiliasi.
Gaya Ngeblog:
Model Blog Majalah.
Kunci Sukses:
Layout Menawan, Gaya Penulisan Blog yang Kuat dan Bercirikhas.
Alamat situs: www.bike198.com

Bagi para penggemar sepeda gunung aktivitas berakhir saat sepeda mereka telah dibersihkan dengan seksama untuk persiapan bersepeda esok hari, namun demikian untuk blogger Robb Sutton ini bukanlah kebiasaan yang dilakukannya. Rob telah berhasil membangun popularitas dirinya melalui situs bike198.com. Melalui gaya penulisan yang kuat dan kecintaannya pada olahraga sepeda gunung, Robb berhasil meraih minat dan ketertarikan para penggemar sepeda gunung lainnya dari seluruh dunia. Lantas, bagaimana cara monetisasi blog yang dilakukan Robb melalui blognya? Langkah awal yang dilakukannya adalah dengan meletakan banner iklan di blognya untuk menarik perhatian pengunjung yang baru pertama kali datang, jenis iklan yang dipilihnya memiliki kualitas sangat tinggi sehingga tidak merusak “nilai asli” blog tersebut. Selain itu, Robb juga berhasil melakukan monetisasi ruang iklan melalui Google Adsense memanfaatkan gambar berkualitas ketimbang teks. Dengan kualitas iklan dan keahlian ngeblog yang dimiliki Robb, banyak pengunjung yang tidak menyadari adanya iklan di situs tersebut.

Psd.TutsPlus.com

Tema: Kreatif dan Mendidik
Cara Monetisasi:
Google Adsense, Marketing Afiliasi.
Gaya Ngeblog:
Model Blog Majalah.
Kunci Sukses:
Desain Unik, Grafis Luar Biasa, Panduan Yang Jenius
Lihat situs: www.psd.tutsplus.com

Sebagian dari Anda mungkin sudah mengenal psd.tutsplus.com dan sebagian dari Anda yang belum tahu mungkin akan dihinggapi rasa penasaran untuk mengintip situs ini. Situs tersebut diciptakan oleh Collis Ta’eed setelah membeli domain tersebut seharga $1200. Jumlah tersebut mungkin murah bagi Collis namun pada waktu pembelian itu, uang sejumlah itu untuk sebuah domain sangatlah tinggi. Collis memutuskan untuk merombak tampilan website yang dibelinya dan menampilkan brand sesuai karakteristiknya. Situs itu sekarang terkenal dan menjadi sumber yang terpercaya bagi mereka yang ingin belajar tips dan trik menggunakan Photoshop. Sejak situs itu dirombak oleh Collis dan timnya dari Evanto yang sangat paham akan konten yang diberikan dan berhasil menggabungkan program afiliasi untuk menjaga kepercayaan pembaca dengan brand yang diusung ThemeForest dan VectorTuts. Ini merupakan bukti nyata akan cara ideal monetisasi blog.

TimothySykes.com

Tema: Bursa Saham
Cara Monetisasi:
Google Adsense, Konten Premium.
Gaya Ngeblog:
Blog ala Bursa Saham
Kunci Sukses:
Cara Dia Mengajari Mudah Dipahami dan Kontennya Luar Biasa.
Lihat Situs: www.timothysykes.com

Timothy Sykes adalah seorang pengusaha yang suka berbagi tentang bagaimana dia menghasilkan uang dan ingin membantu orang lain untuk bisa melakukan hal yang sama. Melalui blognya ia berbagi artikel dan produk yang akan memudahkan pembaca menjalani usaha untuk bisa sukses online bermain saham. Dengan blognya, Timothy berhasil membuat konten yang berkualitas sehingga pembacanya terus kembali berkunjung. Lalu bagaimana cara monetisasi blog yang dilakukan? Dalam melakukan monetisasi blognya, Timothy membuat konten premium yang dijual melalui area khusus member di blognya. Selain itu dia juga menjual pelatihan dalam bentuk DVD untuk membantu pemula. Tidak lupa dia juga menambahkan ragam iklan melalui media Google Adsense.

CarAdvice.com.au

Tema: Otomotif (mobil)
Cara Monetisasi:
Google Adsense, Banner Iklan.
Gaya Ngeblog:
Artikel dan Review Mobil.
Kunci Sukses:
Kontennya Update dan Seimbang Dalam Beropini.
Lihat Situs: www.caradvice.com.au

CarAdvice.com.au merupakan contoh yang baik untuk melihat bagaimana sebuah blog dimonetisasi. Situs itu tampak sangat sederhana yang sempurna untuk monetisasi karena semuanya tampak pas dilihat. Situs itu menggunakan penempatan iklan yang baik dengan kualitas gambar dan teks yang tidak menggangu. Jika melihat ke berbagai laman yang disediakan akan tampak bahwa tim desain situs itu sangat memperhatikan detil yang membuatnya tampak elegan.

CoolestGadgets.com

Tema: Gadgets dan Alat Elektronik.
Cara Monetisasi:
Banner Iklan, Marketing Afiliasi.
Gaya Ngeblog:
Artikel dan Review.
Kunci Sukses:
Update Cepat dan Tidak Bias.
Lihat Situs: www.coolestgadgets.com

Membicarakan Coolest-Gadgets.com khususnya dalam hal desain dan layout tidak ada yang istimewa dibandingkan situs sejenisnya. Namun saat berbicara kombinasi warna yang digunakan untuk situs itu dan bagaimana navigasi diberikan untuk kepuasan pengunjung situs ini sepertinya memiliki nilai lebih.

Pemilihan kombinasi warna sangat memukau yang membuat situs bertema gadget itu tampak natural tanpa warna gelap atau abu yang cukup marak digunakan di website tema sejenis. Berbicara monetisasi blog, banner iklan yang ditampilkan berupa flash yang siap memukau pembacanya. Kualitas gambar yang digunakan sangat tinggi dan tidak menggangu kenyamanan mata pengunjung apalagi iklan jenis pop-up yang dipercaya sangat menggangu.

Situs ini juga memanfaatkan link afiliasi, sebuah langkah cerdas untuk website bertema gadgets dimana tentu saja banyak sekali program afiliasi yang tersedia untuk dimanfaatkan sebagai cara monetisasi blog.

KickBackLife.com

Tema: Kebugaran dan Kesehatan
Cara Monetisasi:
Konten Premium dan Banner Iklan
Gaya Ngeblog:
Artikel Kebugaran dan Saran
Kunci Sukses:
Pemilik Blog Berpengalaman di Bidangnya dan Jujur Dalam Beropini
Lihat situs: www.kickbacklife.com

Chris McCombs pada mulanya terlihat sebagai seorang “biker” yang tampak sangar. Di sisi lain dia sebenarnya seorang pengusaha inspirasional yang sempat menghabiskan waktu dipenjara akibat ulahnya sendiri yang menjadi semangat hidupnya. Situsnya berkembang tidak hanya karena desain professional yang digunakan tapi juga cara dia menyampaikan sesuatu yang “apa adanya”. Chris berhasil melakukan monetisasi blognya dengan menjual konten premium yang tersedia hanya bagi member berbayar. Baner Iklan juga ditawarkan untuk memberikan pemasukan tambahan .

SmashingMagazine.com

Tema: Desain dan Seni Kreatif
Cara Monetisasi:
Banner Iklan dan Marketing Afiliasi
Gaya Ngeblog:
Artikel dan Review
Kunci Sukses:
Update Harian, Artikel Berkualitas dan Panduan Bermanfaat
Lihat Situs: www.SmashingMagazine.com

SmashingMagazine.com merupakan situs yang menawarkan konten unik dalam beragam bentuk mulai dari artikel pada umumnya di tema itu sampai panduan teknis yang inspiratif. Iklan dalam bentuk banner banyak ditampilkan di situs tersebut dan inilah cara monetisasi utama yang dilakukan situs ini. Situs ini juga menawarkan banyak sekali konten gratis yang tentunya mendatangkan banyak pengunjung setiap hari. Situs ini bisa sangat bermanfaat untuk membangkitkan inspirasi pembaca.

Mixergy.com

Tema: Kewirausahaan dan Bisnis
Cara Monetisasi:
Google Adsense dan Marketing Afiliasi
Gaya Ngeblog:
Artikel dan Wawancara.
Kunci Sukses:
Update Harian, Cara Penulisan Yang Baik dan Banyak Interview Penting.
Lihat Situs: www.mixergy.com

Mixergy merupakan situs yang bagus untuk dilihat apalagi bagi mereka yang berkecimpung di dunia kewirausahaan dan bisnis start-up. Situs ini dipenuhi dengan artikel yang erat kaitannya dengan kehidupan dan dunia kewirausahaan saat ini. Dengan gaya minimalis situs ini melakukan cara monetisasi dengan trik rahasia. Di bagian homepage hanya akan terlihat beberapa banner iklan. Setiap kali artikel mengandung link afiliasi mereka menambahkan bagian khusus di bagian bahwa keterangan tentang hal tersebut. Mereka melakukan cara itu secara terbuka dan hal tersebut sangatlah sukses untuk menghasilkan keuntungan.

WineLibrary.tv

Tema: Spesialis Minuman Anggur
Cara Monetisasi:
Banner Iklan dan Marketing Afiliasi.
Gaya Ngeblog:
Konten Video dan Review.
Kunci Sukses:
Tampilan Maksimal, Konten Yang Baik dan Review Seimbang.
Lihat Situs: www.winelibrary.tv

Sang pemilik, Gary Vaynerchuck merupakan blogger ahli dengan hobi minum anggur mahal (wine). Situs diberikan dengan tampilan minimalis dan klasik yang sepertinya difokuskan untuk kalangan pembaca kelas atas. Cara monetisasi yang diterapkan cukup sederhana dengan beberapa banner iklan dan menjual wine melalui afiliasi sekaligus konten premium melalui program member.

TuckerMax.com

Tema: Autobiografi.
Cara Monetisasi:
Shopping Chart dan Marketing Afiliasi Amazon .
Gaya Ngeblog:
Artikel Bertema Hedonistik.
Kunci Sukses:
Desain Sederhana, Opini yang Vulgar Kejujurannya.
Lihat Situs: www.tuckermax.com

TuckerMax.com adalah situs tentang Tucker. Jika Anda sempat mampir ke situs ini Anda bisa melihat bahwa pada dasarnya sang empunya membangun citra negative sebagai brand untuk diri sendiri. Status Tucker sebagai sosok anti pahlawan telah mendapat perhatian banyak pembaca sampai penggemar setia sampai salah satu bukunya di visualisasikan ke dalam film. Dia berhasil melakukan monetisasi blognya dengan menjual brand produk sendiri melalui shopping chart ataupun amazon. Bukunya yang bertema “menjadi Hedonis mandiri” diterima banyak pembaca dan membuat pembaca selalu kembali ke situsnya dan menjadi pelanggan setia. Sebuah cara yang cerdas memonetisasi blog untuk sumber penghasilan.

BasketballRenegades.com

Tema: Olahraga Basket
Cara Monetisasi:
Program Referal, Iklan Squeze Box
Gaya Ngeblog:
Saran Bermanfaat, Tutorial dan Artikel Berkualitas
Kunci Sukses:
Desain Menawan, Konten Informatif
Lihat Situs: www.BasketballRenegades.com

Taylor Allan merupakan salah satu pelatih basket berkeahlian tinggi dan hal ini ditunjukkan melalui blognya. Dia telah membantu banyak pemain basket berangkat dari keterpurukan ke puncak kesuksesan. Secara rutin dia mempublikasikan artikel dan video untuk memuaskan pengunjung blog. Agak berbeda dengan blog sejenisnya, situs ini memanfaatkan iklan jenis squeeze box untuk menghibur pengunjung. Cara monetisasi utamanya hadir dari cara self-branding dengan menjual produk secara online maupun offline. Ini merupakan cara yang luar biasa memanfaatkan blog untuk marketing usaha sekaligus keahlian.

VandelayDesign.com

Tema: Seni Kreatif dan Desain
Cara Monetisasi:
Kotak Banner, Konten Premium dan Jasa.
Gaya Ngeblog:
Artikel, Panduan dan Produk Gratis.
Kunci Sukses:
Artikel, Panduan Bermanfaat dan Produk Gratis Berkualitas
Lihat Situs: www.VandelayDesign.com

VandelayDesign.com merupakan sebuah situs kaya fitur yang sangat ramah di mata pengunjung. Dalam hal desain dan tampilan situs ini sebenarnya cukup umum namun artikel yang dipublikasikan sangat berkualitas. Banyak sekali konten jenis panduan dan produk gratis yang sudah pasti menarik semakin banyak trafik ke situs itu setiap harinya. Cara monetisasi blog yang diterapkan berupa kotak iklan berkualitas tinggi dengan konten iklan yang sangat berkaitan dengan tema situs tersebut. Vandelay juga menawarkan bagian premium khusus member berbayar yang memberikan ruang untuk konsultasi. Situs ini cukup lengkap dari sisi informasi, kualitas dan monetisasi yang dikombinasikan dengan cara sangat baik.

13 Dooce.com

Tema: Kehidupan
Cara Monetisasi:
Banner Iklan, Iklan PPC
Gaya Ngeblog:
Humor, Serius dan Gambar.
Kunci Sukses:
Konten Berisi Opini Yang Jujur, Desain Menarik, Personalitas Penulis Sangat Kuat.
Lihat Situs: www.dooce.com

Dooce merupakan situs tempat berbagi cerita hidup sang empunya blog Heather Amstrong, seorang yang humoris namun serius dalam mendidik anaknya. Keahliannya dalam menulis mampu menarik minat pembaca atas beragam topik kehidupan yang dibahas yang bisa menjadi sumber inspirasi pembaca. Cara monetisasi yang dilakukan situs itu adalah dengan iklan PPC dengan cara yang sangat tepat sehingga tidak menggangu kualitas konten blog yang disampaikan kepada pembaca.

TalkingPointsMemo.com

Tema: Berita
Cara Monetisasi:
Banner Iklan, Iklan PPC
Gaya Ngeblog:
Surat Kabar yang menawarkan update berita dan reportase khusus
Kunci Sukses:
Banyak Konten Berkualitas dan Update Rutin
Lihat Situs: www.TalkingPointsMemo.com

TalkingPointsMemo.com merupakan situs berita dan reportase yang terus melebarkan jangkauan audiensnya. Secara umum tampilan situs ini tampak biasa sebagaimana tampilan surat kabar dengan sudut pandang yang menarik. Sumber monetisasi utama situs itu adalah iklan PPC yang melebur ke dalam konten. Selain iklan PPC situs itu juga menggunakan banner iklan langsung.

Lifehacker.com

Tema: Gaya Hidup
Cara Monetisasi:
Banner Iklan, Marketing Afiliasi
Gaya Ngeblog:
Tampilan ala Majalah dengan konten bertema gaya hidup dan review
Kunci Sukses:
Konten Bermanfaat, Konten Berkualitas dan Desain Menawan.
Lihat Situs: www.lifehacker.com

LifeHacker.com merupakan sebuah website dengan tema gaya hidup yang menawarkan beragam tema terkait mulai dari panduan untuk rumah tangga, panduan praktis bersifat personal, panduan memasak, gadget dan komputer. Konten baru dan kesan minimalis yang ditawarkan memiliki daya tarik tersendiri selain konten yang ditulis dengan penuh karakteristik oleh tim penulis website tersebut. Cara monetisasi blog yang diterapkan adalah banner iklan dan marketing afiliasi yang melebur jadi satu dalam konten. Marketing afiliasi dikemas dalam sebuah konten berbentuk ulasan sehingga tampak sangat alami. Hal seperti ini tentu sangat bermanfaat untuk membuat blog semakin menghasilkan keuntungan finansial bagi pemiliknya.

VentureBeat.com

Tema: Berita Umum dan Review
Cara Monetisasi:
Banner Iklan, Marketing Afiliasi
Gaya Ngeblog:
Blog Profesional yang Mencakup Banyak Topik Bahasan
Kunci Sukses:
Topik Beragam yang Berkualitas Sehingga Menarik Trafik dalam Jumlah Besar.
Lihat Situs: www.venturebeat.com

VentureBeat.com merupakan sebuah website dengan pilihan artikel yang sangat luas layaknya sebuah website berita karena hampir setiap hari diupdate. Sang pemilik, Matthew Marshall memang memiliki kapasitas untuk itu karena memiliki pengalaman mumpuni di bidang jurnalistik. Buktinyata akan keahliannya adalah diterimanya penghargaan “Journalist of the Year” dari Asosiasi Jurnalis California Utara. Situs venturebeat memiliki banyak ragam monetisasi yang utamanya berupa banner iklan dan marketing afiliasi.

Mashable.com

Tema: Berita Teknologi dan Review
Cara Monetisasi:
Banner Iklan dan Kotak Iklan
Gaya Ngeblog:
Blog ala Tabloid dengan Banyak Konten Bertema Teknologi Terkini.
Kunci Sukses:
Sering Memuat Berita Terkini Teknologi yang Menjadi Perhatian Publik
Lihat Situs: www.mashable.com

Mashable.com merupakan salah satu situs yang menjadi perhatian karena keuntungan finansial yang diraih dari website tersebut. Selain konten berkualitas, website itu terkenal dengan berita terkini di bidangnya. Ragam monetisasi yang dilakukan mencakup banner iklan dan kotak iklan dalam jumlah yang cukup banyak namun karena popularitasnya sudah terbangun dengan baik, jumlah iklan sepertinya bukan masalah bagi pembaca setia mashable.

Temukan Cara Ideal Monetisasi Blog Anda

Banyak hal bisa dipelajari dari blog-blog atau website-website yang telah diberikan diatas. Setelah menyimak postingan ini sampai bagian ini, mungkin Anda mulai berpikir lalu apa yang harus saya lakukan sekarang? Apa yang bisa saya lakukan untuk memperbaiki monetisasi blog saya untuk meraih hasil yang maksimal?

Sebelum menerapkan monetisasi blog ada baiknya Anda belajar SEO lebih dahulu. Baiknya pemahaman SEO Anda akan membantu memaksimalkan cara monetisasi blog Anda sendiri.

Postingan ini diharapkan memainkan perannya untuk membuka pemikiran Anda untuk lebih kreatif dalam melakukan monetisasi blog berdasarkan cara-cara yang diterapkan blog-blog besar tadi sebagai contoh. Monetisasi blog sama halnya dengan memulai usaha, apa yang berhasil di website lain belum tentu berhasil juga jika langsung ditiru untuk website lainnya.

Perhatikanlah bagaimana blog-blog lain menerapkan monetisasi apakah menggunakan banner iklan, link afiliasi, survey berbayar atau apa bentuknya. Pikirkanlah bagaimana Anda bisa mengkombinasikan beragam cara monetisasi itu kedalam blog milik sendiri, dan mana yang menurut Anda paling baik. Terkadang meraih sukses dalam monetisasi blog adalah sekedar uji coba dan Anda hanya perlu melihat bagaimana hasilnya. Dari hasil uji coba bukan tidak mungkin Anda akan menemukan cara ideal monetisasi blog untuk sumber penghasilan yang bisa merubah hobi ngeblog Anda. Siap melangkah lebih jauh? Silahkan ikuti panduan belajar internet marketing gratis ini.

9 Comments

  1. joni September 15, 2015
  2. Suhandri Simanullang September 24, 2015
    • Okto September 24, 2015
  3. Fahmi September 25, 2015
    • Okto September 26, 2015
  4. Novansyah nurfajar Oktober 7, 2015
  5. Okto Oktober 7, 2015
  6. Rosanna Simanjuntak Oktober 28, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+