Tips SEO untuk Blogger : Maksimalkan Mencari Uang di Internet

SEO (singkatan dari Search Engine Optimization) sudah menjadi hal yang perlu diketahui oleh pelaku bisnis internet termasuk blogger.

Tips SEO untuk blogger akan menjadi sangat penting bagi semua pengguna blog untuk tujuan bisnis atau blogger yang bertujuan menghasilkan uang sebagai tambahan pendapatan alternatif bulanan. Memiliki blog SEO yang baik pada atas search engine bagaikan papan iklan yang terpasang di sisi jalan raya yang sedang macet.

Banyak orang akan memperhatikan papan iklan Anda. Banyak orang akan menyadari bisnis Anda “ada”.

Artinya kesempatan mendapatkan uang semakin besar. Menarik bukan? jika sudah membicarakan bagaimana bisa menghasilkan uang dari sebuah blog tentunya Anda akan lebih bersemangat untuk mempelajari tips SEO untuk blogger lebih dalam lagi. Namun demikian tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang masih kesulitan mempelajari tips SEO untuk blogger.

Hal ini dapat dimengerti karena banyak tips SEO untuk blogger di internet menggunakan bahasa dan istilah teknis yang terkadang bisa menyulitkan blogger pemula. Untuk itulah saya tertarik untuk membuat tips SEO untuk blogger ini pemahaman yang lebih baik lagi terhadap SEO.

Untuk diketahui, saya termasuk salah satu dari blogger yang kesulitan tersebut. Oleh karena itu ingin sekali saya membuat hal rumit ini menjadi mudah, meskipun banyak ahli yang mengatakan SEO sebenarnya tidaklah sulit.

Tips SEO untuk blogger yang akan saya berikan ini telah membuat blog yang lahir bulan Januari 2012 ini bertengger di urutan keempat halaman pertama mesin pencari Google dari belasan juta pesaing lainnya. (pada saat artikel ini dibuat) Untuk memulai mari cari tahu apa SEO itu.

Apa yang Anda ketahui tentang tips SEO untuk blogger?

Sebelum melangkah lebih jauh Anda perlu tahu lebih dahulu tahu sampai sejauh mana pemahaman Anda terhadap SEO itu sendiri. Saya yakin Anda pasti sebenarnya sudah memahami ini.

Saya memahami SEO sebagai berbagai cara yang dilakukan untuk membuat blog secara keseluruhan atau sebagian disukai oleh mesin pencari dimulai dari nama blog, tema blog, dan konten blog.

Nama blog yang baik, tema yang berkaitan dengan setiap konten blog akan mendapatkan apresiasi tinggi dari mesin pencari karena blog Anda akan dinilai dapat memberikan jawaban dari setiap pertanyaan terkait yang diajukan oleh pengguna mesin pencari.

Blog secara keseluruhan” dapat diartikan sebagai blog itu sendiri yaitu mulai dari nama , tema, dan konten. “Blog secara sebagian” dapat diartikan bagian dari blog yang terindeks dengan baik di mesin pencari. Biasanya adalah gambar-gambar atau artikel-artikel yang terdapat dalam blog Anda.

Seperti saya bahas di atas bahwa SEO dapat dilakukan dalam “berbagai cara”. Namun secara umum dapat dibagi menjadi 2, yaitu : On-page SEO dan Off-page SEO. Apa bedanya ? sesuai dengan pengertiannya On-page SEO berarti upaya SEO yang dilakukan melalui optimalisasi konten dalam blog itu sendiri. Sedangkan Off-page SEO berarti sebaliknya yaitu dilakukan tidak melalui blog.

Bagaimana sudah cukup paham dengan tips SEO untuk blogger pada bagian ini? Untuk mengetahui seberapa baik SEO “Blog secara keseluruhan” Anda, cobalah ketik nama blog Anda di mesin pencari (baik yahoo, google, bing, dan sebagainya).

Ikutilah panduan berikut : Ketik “Nama Blog Anda”  di Google. Lalu klik Search. Misal : Ketik “not ordinary blogger” di mesin pencari Google lalu klik search. Lalu lihatlah hasilnya. Results 1 – 10 of about 17,200,000 for not ordinary blogger!

(pada saat artikel ini dibuat) Not ordinary blogger menempati urutan keempat bersaing dengan noordinarybloghop.blogspot.com.

Indeks nama blog yang berada di halaman pertama Google di antara 17 juta link lainnya akan memperbesar peluang bisnis internet Anda, menarik bukan? Tips Apa Yang Saya Gunakan untuk Menemukan Nama NotOrdinaryBlogger ? Berikut adalah 3 cara praktis menentukan nama blog yang baik yang saya gunakan, yaitu :

1.    Buatlah nama yang mudah diingat

2.    Maksimal terdiri dari 3 kata

3.    Berkaitan erat dengan konten blog

Apa hasilnya? Dengan terbitnya artikel pertama di NotOrdinaryBlogger Influential Colors That Bring Traffic Into Your Blog” blog ini menempati urutan pertama mesin pencari Google dengan results 1 – 10 of about 1000 (saya tidak ingat nilai pastinya, yang jelas hanya berada di antara 1000 link lainnya).

Jelas sekali hal ini sangat menyedihkan.

Apa Yang Saya Lakukan Untuk Bangkit dari Kondisi “Sangat Menyedihkan” ?

Saya mulai mencari tahu bagaimana “cara mudah dan cerdas” untuk mengatasi masalah ini. Pemahaman awal saya terhadap tips SEO blogger adalah dari konten blog.

Semakin banyak konten blog akan semakin baik SEO blog Anda di mata mesin pencari. Namun saya sadar membuat banyak konten dalam waktu singkat bukanlah hal yang mudah.

Lalu saya mulai mendapat pemahaman baru yaitu cara membuat artikel yang berkualitas juga dapat meningkatkan SEO blog. Bagaimana Membuat Artikel Untuk Blog Yang Dapat Memaksimalkan SEO Blog Anda?

#Artikel Harus Buatan Anda Sendiri

Mesin pencari memiliki kecanggihan dalam mencari tahu apakah artikel Anda orisinil atau tidak. Artikel yang tidak orisinil tidak akan diindeks, akibatnya SEO blog Anda tidak menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Saya sering menyebut hal ini sebagai write your own voice dalam NotOrdinaryBlogger. Hal ini memerlukan latihan, namun tips termudah adalah tulislah apa yang menjadi kesenangan Anda. Dengan begitu akan semakin banyak inspirasi bagi Anda untuk menyelesaikan artikel itu.

# Tulislah Artikel Secara Konsisten

Untuk menjadi blogger sukses Anda harus siap dengan rencana, deadline, manajemen waktu, dan hal-hal lain yang akan Anda jumpai pada dunia kerja pada umumnya.

Salah satu hal mendasar adalah konsistentsi terutama konsistensi Anda dalam menulis artikel. Mesin pencari menyukai blog yang melakukan update (banyak) konten setiap hari. Hal ini tidaklah mudah, apalagi Anda harus memperhatikan keaslian dan keunikan dari setiap artikel yang Anda publish.

Tetapkanlah dan ukur kemampuan Anda sendiri dalam membuat artikel, kuncinya adalah konsistensi.

Jika Anda mampu untuk membuat 3 artikel baru setiap hari, itu bagus, dalam setahun Anda akan memiliki 1000 artikel. Tapi hal ini sulit bagi saya. Jika  Anda hanya mampu untuk membuat artikel baru 3 kali dalam satu minggu, atau 1 kali dalam seminggu maka tetaplah pada rentang waktu itu. Jika Anda konsisten, performa SEO blog Anda akan semakin baik di mata search engine.

#Buatlah Judul Artikel Yang Unik

Artikel yang unik dapat menarik minak pembaca untuk meng-klik dan membaca tulisan Anda. Semakin banyak pembaca maka semakin banyak traffic blog Anda. Semakin baik traffic blog Anda semakin baik SEOblog Anda. Lalu bagaimana cara membuat judul yang menarik minat pembaca?

*Awali Dengan Kalimat Tanya , misal “ Bagaimana Cara …. “

*Awali Dengan Angka, misal “ 3 Tips Sederhana Untuk … “

*Tunjukkan Inti Artikel Dalam Judul, misalnya adalah judul artikel ini, Pembaca diarahkan untuk mengetahui Teknik SEO untuk blogger yang ingin menjalankan bisnis mencari uang di internet.

*Buatlah Point dan Format Tertentu

Seperti Anda lihat dalam artikel ini, banyak poin dan format yang saya gunakan. Saya menggunakan “bullet point”, “angka”, serta “penebalan/bold”.

Tips SEO inilah yang saya terapkan sebagai salah satu tips SEO untuk blogger dalam penulisan artikel di NotOrdinaryBlogger.

Dan teknik inilah yang pada akhirnya membawa blog ini berada di halaman pertama Google bersaing dengan jutaan link lainnya. Penggunaan statistik juga dipercaya dapat memperbaiki peringkat SEO blog (Namun saya tidak menerapkan hal ini).

Selain itu, saya juga menggunakan tips SEO dengan menetapkan banyak kata dalam setiap artikel minimal 1000 kata. Kenapa dengan 1000 kata? Tentu saja untuk nilai informasi yang saya berikan untuk pembaca.

Nilai apa yang akan Anda dapat dari artikel sepanjang 300 kata? Selain itu dengan minimal 1000 kata dalam satu artikel, kemungkinan banyaknya keywords yang akan terindeks di search engine semakin besar. Hal seperti ini dapat berakibat positif untuk SEOblog.

#Teknik Kata Kunci (Keywords)

Keywords dalam artikel ini adalah SEO Blogger dan Mencari Uang Internet. Saya sisipkan di semua bagian dalam artikel mulai dari Judul, Sub Judul dan Isi.

Perbanyak penggunaan keywords tersebut dalam satu artikel maka bukan tidak mungkin artikel Anda akan berada di puncak halaman mesin pencari Google dalam waktu singkat diantara jutaan link lainnya.

Berhati-hatilah dalam menerapkan teknik ini. Mesin pencari dapat menilai apakah suatu keywords baik atau tidak. Keywords yang baik harus terlihat alami. Jika Anda menerapkan keywords secara tidak cermat, Google dapat mengetahui keanehan tersebut, akibatnya artikel Anda tidak memiliki peringkat yang baik di Google.

#Buatlah link antar artikel Anda sendiri (interlinking) dan link ke artikel terkait di blog lain

Saya yakin Anda sudah mengetahui cara ini juga. Tips SEO ini juga yang saya terapkan di blog ini dan dapat membawa blog ini ke halaman pertama mesin pencari Google.

Interlinking yang saya gunakan dalam artikel ini adalah pada Influential Colors That Bring Traffic Into Your Blog. Interlinking disukai oleh mesin pencari, oleh karenanya terapkanlah secara cerdas.

Sedangkan link keluar dalam artikel ini yaitu google, yahoo, dan bing. Link jenis ini juga disukai mesin pencari karena memberi nilai lebih atas artikel itu sendiri. Seperti saya ungkapkan di atas, terapkanlah secara cerdas.

Jika Anda tidak cermat, mesin pencari tidak akan memberikan apresiasi atas link yang ada di artikel Anda. Gunakan link yang berkaitan erat dengan tema yang sedang dibicarakan.

#(Sebisa mungkin) Gunakan Gambar (sendiri) Dalam setiap Artikel

Tips SEO ini tidak wajib tapi jika Anda dapat melakukannya SEO blog Anda akan semakin baik. Mengapa? Anda dapat mneyisipkan link pada setiap gambar yang Anda gunakan.

Gambar tersebut hampir pasti akan terindeks sesuai keywords di Google Images. Ini merupakan salah satu teknik off-page SEO yang patut untuk di coba. Cukup mudah membuat gambar untuk artikel sendiri, Anda hanya perlu kreatifitas.

Gambar utama yang saya gunakan untuk artikel ini saya buat dengan menggunakan Microsoft Excel dan PhotoScape. Lalu saya edit di Microsoft Paint, dan semua saya lakukan sendiri.

Jika saya bisa mengapa Anda tidak? Menarik bukan? Teknik-teknik yang telah saya jabarkan di atas masuk kategori On-page SEO. Lalu mungkin Anda bertanya apakah saya melakukan teknik Off-page SEO? Ya, saya melakukan hal tersebut.

Teknik Off-page SEO apa yang saya lakukan?

#Social Media Optimization (SMO)

SMO merupakan salah satu upaya efektif untuk menyebarluaskan link blog Anda. Sisipkan link dari setiap artikel Anda untuk sebuah update post melalui akun social media Anda. Social Media yang saya gunakan adalah Google+, Facebook, Twitter dan Linkedin. Pahamilah bahwa setiap social media memiliki cara kerja masing-masing, jika Anda dapat memahami hal ini, maka optimisasi SEO blog Anda melalui SMO akan semakin baik.

#Komentar di Blog Lain

Memberikan komentar Anda di blog lain merupakan salah satu teknik Off-page SEO sederhana yang dapat meningkatkan peringkat blog Anda secara tidak langsung.

Mengapa demikian? Anda dapat menyisipkan link blog Anda pada saat Anda meninggalkan komentar di blog lain. Hal ini membuat blog Anda semakin mudah dijangkau oleh pengunjung. Tinggalkanlah komentar yang baik dan membangun, jangan mengandung promosi, atau komentar Anda akan berakhir menjadi spam.

#Mencoba menjadi Guest Blogger

Teknik Guest Blogger dipercaya sebagai cara ampuh untuk meningkatkan peringkat blog Anda. Jadi jika memang Anda ingin SEO blog Anda semakin baik, jangan sia-siakan kesempatan untuk menjadi guest blogger.

Mengapa demikian? Guest blogger merupakan salah satu bentuk content marketing dan hal ini dapat menunjang bisnis internet Anda.

Melalui teknik ini Anda dapat menyampaikan pendapat Anda dalam bentuk postingan artikel di blog lain secara lebih “sehat”. Lebih sehat karena Anda akan mendapat persetujuan untuk memberikan link Anda ke blog tersebut.

Dan biasanya blog-blog yang menerima guest blogger adalah blog-blog dengan peringkat tinggi. Artinya jika artikel guest blogger diterima itu dapat mendongkrak SEO  blog Anda juga.

Jadi manfaatkanlah kesempatan ini sebaik-baiknya. Saya tentu tidak mau ketinggalan dalam memanfaatkan peluang ini, saya bersyukur salah satu upaya saya dalam menggunakan teknik guest blogger mulai membuahkan hasil dengan diterimanya artikel The Advantages Of Writing Online Blog Interviews di onlineincometeacher.com.

Pesan Penulis

Tips SEO untuk blogger yang saya sampaikan di atas merupakan teknik yang sudah saya terapkan. Semuanya melalui proses belajar oleh karena itu saya yakin Anda juga dapat mencobanya.

Perlu saya sampaikan juga bahwa banyak hal yang perlu kita perhatikan untuk membuat sebuah blog yang baik yang dapat menunjang kehidupan Anda melalui bisnis internet, dan tips SEO untuk blogger hanya salah satunya.

Memiliki SEO yang baik akan menambah motivasi Anda dalam menjalankan blog dan tentu saja dapat memberikan lebih banyak peluang untuk memperoleh penghasilan melalui blog Anda.

(Saya mengilustrasikan mesin pencari dengan Google hanya untuk memberikan contoh) Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga Anda dapat mengambil manfaatnya.

Tentang Penulis : Oktorian S. Hakim adalah blogger dari Indonesia (lebih lengkapnya silahkan lihat About me). Temukan saya di facebook@okto.hakim/notordinaryblogger dan twitter@OktorianHakimBagaimana menurut Anda? Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa di share ya baik lewat facebook, twitter, linkedin, atau stumbleupon, jadi orang lain juga bisa mengambil manfaatnya. Kemudian bagaimana pengalaman Anda terhadap tips SEO untuk blogger ini, jika Anda ingin menyampaikan sesuatu, atau bertanya, saya akan dengan senang hati menjawabnya, Silahkan tinggalkan komentar Andadi kolom yang disediakan.

Baca Juga :
Bagaimana Anda Bisa Menghasilkan Uang Lewat Blog?
Tren Media Sosial Indonesia : Pelajaran Penting dari Media Tradisional
Teka Teki Tambah Uang dengan Banner Iklan Pay Per Click
Top 10 Blog tentang Blogging di Indonesia

Real Money Online
Comments
  1. Artikelnya menarik, Cuma terlalu panjang. Jadinya cuma baca yang kalimay yang di tebalin aja, he he he. Ketahuan dech saya malas membaca. Met blogging.

    • Okto

      @ Mull : :) … maap ya keasikan nulis ….

  2. BloggerAddict

    Cukup panjang artikelnya tapi tetap menarik untuk dibaca sampai titik terkahir :-)
    Info atau tema artikel yang diangkat sudah biasa dan cukup banyak info seperti ini di blog lain namun gaya penulisan yg naratif menjadikan tetap enjoy mbacanya.

    • Okto

      @BloggerAddict : terima kasih atas masukan dan waktu yang diluangkan untuk membaca :)

  3. wadu,, panjang banget ,,
    capek bacnya,, hihi,,
    brkunjung balik mas,, :D
    maap kmarin komen mas dianggap spam diblog saya,,

    • Okto

      Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca … :)

  4. Makin semangat belajar SEO. Thanks sob!.

    • Okto

      @ Zainudin : semoga sukses belajarnya …. semangat!

  5. mantap nih infonya.Izin baca-abca disini..

    • Okto

      @ Abed : monggo silahkan ..

  6. orangtua

    Artikelnya menambah wawasan saya mas, tapi saya sendiri masih bingung gimana cara menghasilkan uang lewat blog itu….

    • Okto

      @ orangtua : terima kasih sudah membaca ya. Menurut saya langkah awal yang baik dalam mencari uang lewat blog itu mencakup rencana (apa yang Anda ingin hasilkan dari blog Anda?) dan pemahaman terhadap SEO dulu. Karena SEO merupakan bagian dari marketing online dan menghasilkan uang lewat blog sulit berkembang jika tidak disandingkan dengan strategi marketing online.

      Apa maksudnya “apa yang ingin Anda hasilkan dari blog?” Misal : apa sih yang Anda cari dari blog Anda? Apa target Anda 6 bulan ke depan? Apa target Anda tahun depan?. Jika Anda bisa menjawab itu tentu Anda bisa menghasilkan uang lewat blog. Ingat uang akan datang dengan sendirinya jika Anda dapat memberikan nilai lebih kepada orang lain melalui blog Anda.

      Kalo masih bingung itu bertanda baik lhoo .. berarti Anda tertarik dan berpikir …iya kan.

      Bocoran : saya sedang menanti hasil wawancara dari salah satu blogger mancanegara berkaitan dengan “Apa yang bisa dilakukan blogger tanpa pengalaman untuk menghasilkan uang online” (tapi format-nya masih bahasa inggris). Jika semuanya lancar akan saya publish di minggu ke-4 bulan ini. (mungkin Anda tertarik)

      Dan tentunya akan ada edisi selanjutnya dari edisi spesial berbahasa Indonesia di blog ini. Untuk sementara saya baru bisa memberikan postingan edisi bahasa indonesia sebulan sekali. :)

  7. iskandaria

    Saya cuma ingin memberi saran agar pada sub judul per poin diberi ukuran yang lebih besar dari teks utama yang merupakan penjelasannya. Gunanya untuk mempermudah scanning saja dan juga biar ada variasi. Selebihnya, sudah bagus mas. Oya, satu lagi saran. Apa tidak sebaiknya konten berbahasa Inggris ditulis/dipisahkan saja pada blog lain? Jadi, tidak dicampur dengan konten berbahasa Indonesia. Cuma saran.

    Satu lagi, saya terpaksa tidak memasukkan url di kolom isian url. Sepertinya untuk komentator pertama tidak diizinkan oleh sistem.

    • Okto

      @ Mas Iskandaria : maaf lama Mas (weekend tidak ada blogging … hehe). Terima kasih sarannya Mas. Kalo mengenai pencampuran konten … itu sebenarnya memang bagian dari rencana, saya ingin mempromosikan bahasa Indonesia lewat blog ini. Saya sedang mempersiapkan “page tambahan” untuk itu. :)

      • Mas okto,memangnya kalo post bahasa indonesia dengan english tidak terdapat duplicate content mas ?

        • Okto

          Hi Verde,
          Tidak, Soalnya saya ngga mentah-mentah menterjemahkan postingan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia tetapi ada penyesuaian. Sebagian besar juga memiliki topik bahasan yang berbeda. :)

  8. Tina Latief

    suatu ketika di acara kumpul blogger saya dengar kata SEO, awalnya hanya tau artinya saja, setelah membaca tulisan ini saya jadi tau keseluruhannya. Sayangnya saya sempat dengar dari seorang blog writer juga, disana disebutkan bahwa mengikuti kontes akan membahayakan…benarkah seperti itu?.

    • Okto

      @Tina Latief : Semoga bermanfaat artikel ini. Membahayakan, mungkin benar apalagi sejak adanya google panda. Kenapa bisa membahayakan? Karena search engine dapat menilai kualitas artikel di suatu blog sekarang. Artinya jika artikel dalam suatu blog sama sekali tidak berkaitan dengan tema blog search engine dapat menilai blog kita dengan peringkat yang tidak baik. Misal blog tentang “berkebun” tiba-tiba membahas jual-beli mobil, hal seperti ini bisa berakibat fatal terhadap SEO blog itu sendiri misalnya turun “page rank”, atau bahkan di black list oleh search engine.

      Oleh karena itu untuk ikut kontes SEO ya pintar-pintar pemilik blog untuk mengemasnya agar tetap sejalan dengan tema blog itu sendiri. :)

      Contoh : Kontes SEO Alfamart. Kenapa saya ikut? Saya yakin banyak blogger yang ingin tahu gimana sih biar bisa menang, lahirlah salah satu post di blog ini “Tips Sukses Mengikuti Kontes SEO Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia”. Lalu bagaimana mengemasnya?

      Tema notordinaryblogger adalah tips cerdas dan mudah menghasilkan uang lewat blog. Salah satu cara menghasilkan uang online adalah kontes SEO. Jadi saya tetap mengemas promosi dalam bentuk tips nge-blog. Apa yang saya cari? Memenangkan kontes SEO adalah bonus (jika memang saya bisa) tapi tujuan utama saya adalah menciptakan “update post” untuk perkembangan blog jangka panjang. Tips ini tidak hanya bermanfaat untuk kontes SEO alfamart saja tapi bisa juga untuk kontes SEO segala macam produk secara umum, jadi ya pasti banyak orang ingin membacanya :) (setidaknya itulah analisa saya yang menyebabkan lahirnya artikel “Tips Sukses Mengikuti Kontes SEO “Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia”). :)

      Artikel yang bermanfaat tentunya akan bersahabat dengan search engine. Semoga bermanfaat ya, thanks sudah membaca :)

  9. nuryan ayu

    wah artikelnya menarik sekali, bisa buat wawasan bertambah :D.

  10. Waah artikelnya bagus banget mas..
    Saya beberapa kali ikut kontes SEO, tapi cuma pernah sekali dapat juara..hehe
    Itu sebelum saya baca artikel ini..bisa diterapkan ilmunya buat kontes SEO selanjutnya..
    Trima kasih ya mas mau berbagi ilmu..
    Salam sukses! :)
    Lila Wardani recently posted..Transaksi BCA, Mendekatkan ImpianmuMy Profile

    • Okto

      Terima kasih dukungannya Lila,

      Sudah pernah juara kontes SEO? Wah selamat ya. Ok, semoga informasi yang diberikan lewat blog ini bermanfaat.

      Sukses juga.

  11. sangat menarik ne infonya untuk di baca membuat tambah pengalaman dan juga bertambah ilmu juga..
    pulsa elektrik recently posted..PULSA ELEKTRIK MURAH SEMARANGMy Profile

  12. saya msh bingung gmn cara biar bs menghasilkan uang lwt ngebog…:D
    makasih ya kawan dah berbagi artikel yg sangat bermanfaat…
    Nakusan Computer recently posted..Mengenal Sejarah ComputerMy Profile

    • Okto

      @Nakusan komputer : bingung itu bagus lhoo .. hehe. Berarti kita berpikir sesuatu. Sebenarnya yang menghasilkan uang tetaplah kita “si empunya blog”. Blog hanya media perantara saja. Jadi sukses tidaknya sebuah blog ada ditangan pemiliknya. Menghasilkan atau tidak ya ada ditangan pemiliknya. :D

      Terima kasih kunjungannya

  13. Terima kasih mas Tips SEO nya,,, sangat membantu blog saya. Sekarang visitornya lumayan…..
    Belajar Cara Bisnis Online recently posted..11 Fakta Unik Shahrukh Khan yang Tidak Anda KetahuiMy Profile

    • Okto

      Senang bisa membantu :)

  14. tapi tetap harus terus konsisten untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat buat pengunjung.. ^_^

    Nice posting kawan..
    Kumpulan Desain Grafis | Blog Dofollow recently posted..Cara Menggunakan Magic Wand Tool Untuk Menghilangkan Background | Tutorial PhotoshopMy Profile

  15. mantab gan, mksih artikelnya sangat bermanfaat, mampir di blogku juga ya..trik internet gratis terbaru

  16. bener banget,kata google content is the king.tapi memang gak mudah menerapkan apalagi punya segudang aktifitas lain yang gak bs ditinggalin,klo saya mah mending nulis satu artikel tapi berkualitas daripada seribu artikel tapi gak bermutu.setuju gak ?
    bloggertube recently posted..Tablet PC Acer Iconia Terbaik Di Tahun 2012 ?My Profile

  17. iya ni awal-awal saya cape promosi habis mengerti SEO, sekarang ga ngoyo lagi
    A 605 S com recently posted..KISAH IBLIS BERTEMU DENGAN RASULULLAHMy Profile

  18. Fullgameload

    ow begitu ya caranya, nice tips to make more visitorr

  19. Artikelnya panjang sekali..tapi semua isinya informative.
    Tips ini bisa menambah pengetahuan saya yang masih sedikit tentang SEO.
    Terima kasih,
    Nanda Rahmanius recently posted..How To Get Noticed In The World Of SEOMy Profile

  20. artikelnya panjang ya,, tapi tetap saya baca lho sampe habis, soalnya isi nya menarik. karena kebetulan saya blogger newbie dan masih belajar juga tentang seo ini. thanks udah dibahas, jd nambah pengetahuan saya tentang seo.
    VerLova recently posted..The DreamsMy Profile

    • Okto

      Semoga bermanfaat :)

  21. maksih infonya, sangat bermanfaat

  22. tpi matt cuts pernah berkata jangan terlalu mementingkan seo fokuslah ke konten. bagaimana menurut mas?
    fikri syahfalaq recently posted..Game HD the sims 3My Profile

    • Okto

      SEO secara positif sebenarnya bisa membantu blog bertahan. Karena sumber terbesar tanpa batas pengunjung sebenarnya adalah mesin pencari. Seiring dengan bergulirnya algoritma google, kualitas menjadi prioritas. Jadi SEO saat ini tidak bisa dipisahkan dengan kualitas konten, keduanya merupakan kesatuan. Pemahaman SEO yang baik akan membantu konten berkualitas meraih hasil maksimal.

      Misal : Cara kerja mesin pencari adalah menemukan sumber informasi yang paling cocok dengan kata yang diketikan pencari informasi (kata kunci). Dan kata kunci merupakan bagian kecil dari SEO. Jadi mau tidak mau SEO tidak bisa dipisahkan begitu saja dengan konten blog, jika kita ingin meraih hasil maksimal dari blog kita sendiri.

      Maka dari itu fokus SEO jangan terlalu berlebihan, harus diimbangi dengan kulitas informasi yang kita berikan. Jika kita terlalu berlebihan dalam menerapkan SEO tentu kita akan mengabaikan kualitas konten, jadi pada akhirnya perlu ada keseimbangan.

  23. Tulisannya menginspirasi nih,.. terima kasih ya mas :)

  24. Makasih atas wawasannya tentang SEO, cukup berguna sekali. Salam blogging

  25. Mas Oktorian S. Hakim. SEO benar-benar buat kepala saya pusing tujuh keliling, enath harus mulai dari mana. Baiklah saya akan coba latihan 1000 kata dalam tiap tulisan berikutnya. ini menurut saya penting, memberi tulisan yang berkualitas, sisanya serahkan pada mbah google, makasi ya
    Kharis recently posted..TEH MAROKO RAMUAN TANGANMUMy Profile

  26. Wah penjelasan yang sangat kumplit. Saya suka artikel penjelasan SEO nya simpel dan mudah dimengerti. Saya juga salut dengan cara penulisan artikelnya..
    arie recently posted..teknik seo untuk blogMy Profile

  27. esp

    tulisan yang menarik, memberi gambaran yang lengkap terutama bagi saya yang masih awam.

  28. Ini artikel yang bermanfaat, membuat saya terus bersemangat ngeblog
    Taufik Al Mubarak recently posted..Camry Mobil Hybrid Terbaik IndonesiaMy Profile

ADD YOUR COMMENT

*

CommentLuv badge