Konten Berkualitas Jadi Raja berkat Google Hummingbird

Konten Berkualitas Jadi Raja

Bulan Oktober 2013, Google kembali meningkatkan performa algoritmanya untuk menambah kemampuan dalam menyediakan informasi berkualitas bagi pengguna mesin pencari. Penambahan kapasitas ini adalah bagian dari update algoritma Google yang disebut “hummingbird”. Singkat kata, hummingbird memudahkan Google menyediakan informasi yang pas dengan permintaan pengguna mesin pencari. Ini berarti Google hummingbird memiliki kemampuan pemahaman lebih baik akan setiap konten yang diindeksnya.

Algoritma Google Hummingbird memiliki kemampuan untuk menganalisa pertanyaan panjang secara cepat dan lebih akurat. Kemudian Google akan mencari jawaban dan memberi peringkat atas jawaban yang tersedia dalam data indeksasinya.

Sebelum Google Humingbird?

Sebenarnya ada Google Now Cards sebelum Hummingbird beredar. Namun fitur algoritma ini fokus pada pengguna mobile gadget dengan prioritas informasi seperti cuaca, acara olahraga, lokasi rumah makan, salon dan sebagainya. Google Now mampu menebak saat kita mencari informasi tentang “salon” kita tidak mencari makna sebuah salon melainkan lokasi dimana salon itu berada, jam berapa salon itu mulai buka, apakah ada harga promo di salon itu dan sebagainya. Google berupaya keras meningkatkan efisiensi dan akurasi hasil pencariannya. Inilah ide awal yang membawa kelahiran algoritma Hummingbird.

Perkembangan signifikan yang diberikan Google Now adalah lokasi pencari informasi. Oleh karena itu seting Google Plus Local menjadi krusial untuk eksistensi sebuah bisnis di dunia online. Informasi dari berbagai produk Google akan digunakan untuk pengolahan data di mesin pencarian Google.

Misalnya kembali ke contoh pencarian “salon” tadi. Google akan memberikan hasil pencarian lokal terlebih dahulu sesuai lokasi yang Anda isikan di produk Google lainnya (gmail, g+ sampai youtube). Nah, jika Anda pemilik salon kecantikan di daerah Bogor dan ada pengguna Google (yang tinggal di daerah Bogor) mencari informasi “salon” link salon kecantikan Anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian (selama kualitas konten terjaga).

Google Hummingbird Memberi Hasil Spesifik

Jika Anda membaca postingan tentang ribuan pengunjung nyasar, kita dapat memahami mengapa sebuah konten dapat menerima ribuan pengunjung dari Google dalam suatu waktu. Nah, dengan algoritma Google hummingbird ini, google akan lebih memperhatikan keyword pertanyaan secara spesifik sekali.

Google hummingbird akan mampu melakukan beberapa keunggulan dalam menyediakan hasil pencarian seperti :

  • Memahami konteks pertanyaan;
  • Memahami hubungan antar konteks pertanyaan;
  • Memahami pertanyaan panjang yang kompleks.

Algoritma hummingbird akan meningkatkan pemahaman atas sebuah pertanyaan yang dilontarkan pencari informasi. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi SEO namun tidak separah yang dibayangkan.

Janganlah khawatir Google Hummingbird akan menghancurkan strategi SEO yang sudah diterapkan. Dalam press releasenya, terdapat isyarat bahwa tidak perlu khawatir berlebihan akan update Google Hummingbird. Saran yang diberikan tetap sama dengan update algoritma-algoritma yang sudah-sudah, fokus pada pembuatan konten berkualitas dan orisinil.

Suatu hal yang perlu dikhawatirkan sesungguhnya adalah kemana Google di masa mendatang? Saat pengguna Google mencari informasi, tujuan terbaru Google adalah menampilkan jawaban yang spesifik atas apa yang dicari. Hummingbird akan menghilangkan berbagai hasil pencarian yang tidak berkaitan atau dianggap tidak penting. Perubahan ini akan membuat konten berkualitas yang menjawab permasalahan secara spesifik akan berjaya di dunia pencarian online.

Jika Anda bertanya-tanya kemana Google di masa mendatang, simaklah cuplikan video dari Matt Cutts berikut ini:

Jika strategi marketing blog kita fokus pada menciptakan konten berkualitas dan membangun link dari sumber terpercaya, algoritma Hummingbird akan menempatkan blog kita dalam peringkat yang tinggi di hasil pencarian, karena itulah yang Google mau dari konten blog, jawaban yang bermanfaat atas pertanyaan pengguna mesin pencari.

Setuju Konten Berkualitas Jadi Raja?

Google telah berevolusi menuju teknologi yang bermanfaat untuk manusia melalui penggunaan mesin pencarian online yang sesuai dengan kebutuhan masa kini. Jadi dengan bergulirnya update algoritma Google Humingbird trik SEO utama kita seharusnya selalu sama, fokus pada kualitas. Itulah sebabnya konten berkualitas jadi raja berkat Google Hummingbird.

14 Comments

  1. Muflich Kamil Oktober 16, 2013
    • Okto Oktober 17, 2013
  2. budi majid Oktober 16, 2013
    • Okto Oktober 17, 2013
  3. Edi - Aura Ide Oktober 17, 2013
    • Okto Oktober 19, 2013
  4. dava adelia Oktober 18, 2013
  5. adi Oktober 23, 2013
    • Okto April 23, 2014
  6. syakirurohman Oktober 23, 2013
  7. Pingback: Apa itu Page Rank? April 23, 2014
  8. bambang Februari 12, 2015
  9. tresna Februari 28, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge