Tips Menemukan Topik Menarik Niche Blog untuk Promosi Bisnis

Topik menarik niche blog bisa menjadi rasa penasaran banyak blogger. Tahukah Anda bahwa tantangan terbesar dalam membuat blog adalah menemukan topik menarik untuk blog pertama mereka? Inilah kenyataan yang seringkali terlupa oleh banyak orang ketika mereka terjun ke dunia online dengan sebuah blog.

Mungkin Anda juga sudah seringkali membaca tips ngeblog bahwa untuk memulai sebuah blog yang menguntungkan kita perlu menciptakan banyak sekali konten. Saya sependapat tentang itu tapi tidak 100% mendukung pernyataan tersebut.

Kenapa demikian?

Karena menemukan topik menarik niche blog dapat dilakukan jika kita melalui proses yang tepat dan baik. Proses tersebut mencakup tujuan dan minat, riset keywords , rencana promosi blog, evaluasi niche blog . Tiga proses pertama akan memudahkan upaya Anda dalam menemukan topik menarik niche blog yang akan Anda mulai. Sedangkan proses evaluasi akan memantapkan niat Anda apakah akan meneruskan niche blog itu atau tidak.

Sebelum kita mulai pembahasan mungkin ada beberapa dari Anda yang masih belum paham apa itu niche blog? Jika ya, silahkan baca postingan tentang niche blog ini.

Tujuan dan Minat Niche Blog

Tujuan sebuah niche blog bisa sangat beragam mulai dari membangun komunitas, pengenalan produk, memperluas pasar, saluran pemasaran, pencitraan pribadi dan sebagainya. Sebelum Anda memutuskan sebuah topik untuk niche itu menarik atau tidak pastikan dulu apa tujuan yang ingin Anda capai dari niche blog Anda itu.

Tujuan niche blog yang Anda tentukan akan mempermudah upaya Anda dalam menggali minat jangka panjang. Untuk mempermudah saya akan memberikan sebuah contoh seperti berikut :

Katakanlah Anda sedang menjalankan usaha cuci mobil di kawasan Semarang. Dari usaha cuci mobil itu Anda juga berusaha merintis bengkel dengan berbekal pengalaman dan pengetahuan tentang otomotif. Dengan latar belakang seperti itu bisa kita tentukan tujuan niche blog adalah untuk memasarkan bisnis cuci mobil dan bengkel kepada konsumen lokal.

Dari penjabaran tujuan niche blog itu saja kita sudah bisa mendapatkan beberapa topik menarik niche blog Anda. Misalkan :

  • Bengkelpluscucimobil.com
  • Bengkelcucimobil.com
  • Cucidanbengkelmobil.com
  • Dan sebagainya.

Itulah pentingya memahami tujuan niche blog yang akan Anda mulai. Anda akan merasa yakin dan nyaman dengan topik menarik niche blog yang Anda buat untuk dapat mendukung bisnis Anda jangka panjang. Dari ilustrasi di atas, Anda dapat membangun saluran pemasaran atas usaha cuci mobil dan bengkel melalui sebuah niche blog.

Tingkat Kompetisi

Saya ingin berbagi cara mudah melihat tingkat kompetisi atas sebuah topik niche blog yang baru akan dimulai. Mari kita tetap ambil contoh usaha cuci mobil dan bengkel. Tiga media gratis yang bisa Anda manfaatkan adalah Google Search, Google Keyword dan Google Trends. Mari kita lihat satu persatu bagaimana cara kerjanya.

Google Search

niche cuci mobil

niche cuci mobil 2

Dari kedua ilustrasi google search di atas dengan kata kunci tempat cuci mobil bisa diketahui bahwa permintaan informasi akan tempat cuci mobil dari konsumen cukup potensial dengan kisaran 5 juta hasil pencarian (meskipun ini belum tentu menggambarkan hasil sebenarnya namun setidaknya dapat memberi gambaran awal)

Inilah tujuan niche blog yang tepat untuk topik cuci mobil dan bengkel yaitu menjadikan niche blog sebagai media promosi kepada konsumen agar konsumen mengetahui dengan baik akan keberadaan usaha cuci mobil dan bengkel yang sedang Anda jalankan.

Google Keywords

Google keyword 1

competition

Perhatikan tanda merah yang diberikan untuk memastikan Anda mendapatkan informasi tingkat kompetisi untuk kata kunci “tempat cuci mobil” khususnya untuk kategori “local monthly search

Kategori “low” menunjukkan tingkat kompetisi yang rendah atas kata kunci itu. Artinya Anda tidak memerlukan usaha ekstra untuk bisa menampilkan link niche blog Anda di halaman pertama Google Search setiap kata kunci “tempat cuci mobil” diketikan oleh pencari informasi.

Anda hanya perlu menciptakan konten blog yang berkualitas (bisa artikel, foto atau video yang berhubungan dengan tema niche blog). Jangan takut bila Anda tidak dapat menulis, banyak blogger yang bisa Anda tawarkan pekerjaan menulis konten untuk niche blog Anda.

Google Trends

Setelah Anda mengetahui tingkat kompetisi kata kunci yang berhubungan dengan usaha Anda maka selanjutnya adalah untuk melihat tren yang ada melalui Google Trends.

Google Trends

Grafik yang stabil menunjukkan permintaan informasi atas kata kunci itu cukup potensial. Mulai tahun 2011 permintaan informasi seputar temat cuci mobil relatif meningkat.

Rencana Pemasaran Blog

Dari tujuan, minat dan tingkat kompetisi Anda dapat segera memperhitungkan pemasaran seperti apa yang Anda inginkan (atau perlukan) untuk niche blog Anda. Pengunjung yang berasal dari mesin pencari (misalnya Google) tentu menjadi sasaran utama niche blog Anda oleh karenanya tingkatkanlah pemahaman Anda tentang SEO.

Anda bisa membaca postingan tentang SEO berikut ini atau mendownload ebook gratis SEO artikel ini.

Semakin tinggi tingkat persaingan semakin berat usaha SEO yang harus Anda lakukan. Anda bisa saja belajar SEO sendiri atau menyewa jasa SEO professional tapi tentu itu ada biayanya. Ini sebabnya “rencana” mengambil peran penting dalam menentukan sejauh apa niche blog Anda ingin dikembangkan.

Evaluasi Niche Blog

Jika Anda sudah menentukan pilihan dan menjalankan blog beberapa bulan. Maka saatnya Anda melakukan evaluasi niche blog. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan media Google Analytics.

Google analytics dapat memberikan informasi jumlah pengunjung yang datang ke sebuah blog secara spesifik dalam hal lokasi dalam suatu negara. Masih bingung? Berikut saya tampilkan cuplikan rekaman Google Analytics blog ini.

Data Lokasi Pengunjung Google Analaytics

Bisa dilihat dari total 1031 pengunjung Indonesia terbagi kedalam 25 kawasan di Indonesia. Dengan 5 wilayah terbanyak yang berkunjung ke blog ini (dalam kurun waktu tertentu) adalah Jakarta, Depok, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta.

Google analytics dapat memberi gambaran yang baik atas keberhasilan niche blog dalam memasarkan sebuah usaha. Katakanlah usaha cuci mobil Anda di wilayah Semarang, maka jika pengunjung Indonesia tertinggi dari wilayah Semarang (berdasarkan data Google Analytics) bisa diprediksi konsumen Anda akan meningkat tentunya. Belum cara gunakannya? Baca cara instal google analytics.

Tambahan Tips

Perlu diketahui bahwa tips ini dapat memberi Anda gambaran tentang nasib niche blog Anda setidaknya dalam setahun kedepan. Keuntungan sebuah niche blog dalam contoh postingan ini adalah Anda tidak perlu khawatir menciptakan konten blog dalam jumlah besar.

Dalam kasus niche blog cuci mobil dan bengkel ini, Anda bisa saja menciptakan hanya 50 artikel berkualitas seputar hal mendasar dalam mencuci mobil dan memperbaiki kerusakan mesin atau perawatan mesin. Itu sebabnya di awal postingan ini saya menyatakan tidak 100% sependapat bahwa jumlah konten sama dengan jumlah pengunjung. Konten yang dipromosikan dengan baik (on-page dan off-page) pada akhirnya yang akan  mendatangkan banyak pengunjung. Selebihnya Anda hanya perlu mempromosikan alamat blog itu ke konsumen baik melalui kartu nama, facebook, twitter, pinterest atau media lain yang memungkinkan.

Tips selanjutnya adalah menjual ebook atas keahlian dan pengalaman Anda menjalankan usaha bengkel dan cuci mobil. Anda bisa saja membuat ebook tentang memulai usaha cuci mobil dan menawarkannya kepada pembaca yang tertarik melalui blog Anda. Jika konten blog Anda menarik tentu pembaca akan tertarik untuk melihat tawaran Anda. Jangan khawatir jika Anda tidak percaya diri dalam menulis, Anda bisa menggunakan jasa penulis yang Anda percaya. Harga ebook Anda sendiri yang tentukan. Ingatlah bahwa informasi dari praktisi bisa menjadi sumber pengetahuan berharga bagi pembacanya. Jika memang pembaca mencari informasi yang ditawarkan ebook Anda bukan tidak mungkin mereka akan membelinya.

Siap Coba Sendiri?

Menarik bukan? Dari satu ide peluang usaha bisa memunculkan ide baru lainnya yang bisa mendatangkan keuntungan tambahan. Ide ini hanyalah sebuah pendekatan, masih banyak pendekatan lainnya tergantung dari tujuan niche blog Anda, jenis produk atau jasa yang ditawarkan dan siapa target pasar Anda.

Dalam kasus niche blog bengkel dan cuci mobil tentu saja tujuan Anda adalah pemasaran dengan berupaya menyampaikan informasi kebutuhan “bengkel dan cuci mobil” pengunjung blog. Jika mereka tertarik mereka bisa datang langsung ke tempat usaha Anda.

Lain halnya jika Anda menawarkan produk pakaian yang cakupan konsumennya lebih luas. Dalam hal ini Anda perlu meyakinkan pengunjung untuk mau berbelanja melalui niche blog yang Anda sajikan. Jika pengunjung hanya sekedar mencari informasi tren busana yang ada tentu penjualan Anda tidak akan meningkat.

Hal terpenting adalah buatlah prediksi bisnis terbaik Anda akan target pasar yang ditentukan, evaluasi perkembangannya, dan terakhir jangan sungkan bertanya kepada konsumen tentang apa yang mereka inginkan dari blog Anda.

Siap memulai topik menarik niche blog? Tetap semangat dan berikan konten terbaik kepada pengunjung niche blog Anda.

3 Comments

  1. software komputer Agustus 16, 2013
  2. Zona Android Agustus 20, 2013
    • Okto Agustus 21, 2013
  3. Pingback: Monthly Report August 2013 I September 2, 2013
  4. Pingback: Perlukah Moderasi Komentar Blog? I September 23, 2013
  5. Pingback: Tips Ngeblog untuk Pemula Cari Uang Online September 20, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge