Tips SEO untuk Toko Online

Tips SEO untuk toko online penting agar potensi bisnis semakin maksimal. Toko online memang memiliki karakteristik tersendiri dalam persiapannya. Memang tidak bisa dibilang mudah untuk mempersiapkan toko online dibandingkan menyiapkan sebuah blog. Di sisi lain mendatangkan pengunjung ke toko online yang sudah dipersiapkan dan menciptakan penjualan dari pengunjung bahkan lebih sulit lagi. Oleh karena itu, jika Anda belajar SEO dan memiliki toko online Anda perlu memahami beberapa tips SEO untuk toko online berikut ini.

Optimisasi URLs

Suka tidak suka, struktur URLs berpengaruh pada baik tidaknya indeks link toko online di mesin pencari, jadi pastikan Anda mempersiapkan URL toko online dengan baik. Anda bisa gunakan beberapa kata kunci deskriptif ke dalam URLs, namun hindarilah URLs yang terlalu panjang. Gunakan tanda hubung untuk memisahkan beberapa kata kunci, hindari penggunaan underscore atau simbol lain yang tidak perlu.

Contoh :

Jika saya ingin menawarkan produk berupa baju untuk wanita maka saya bisa menyiapkan URL untuk satu halaman khusus di toko online dengan URL http://www.notordinaryblogger.com/baju-khusus-wanita.htm

Anda akan memerlukan beberapa pengetahuan praktis tentang penerapan URLs. Namun software CMS modern dan software toko online dewasa ini sudah dilengkapi dengan fasilitas ini dimana Anda dapat menggunakannya saat melakukan penyetelan toko online. (sebaiknya Anda tanyakan kepada penyedia jasa pembuatan toko online untuk memastikan hal ini)

Kecepatan Upload Sebuah Website Toko Online

Sebuah website toko online yang memakan waktu terlalu lama dalam menampilkan sebuah halaman merupakan salah satu alasan utama menurunnya penjualan. Tidak ada yang suka menunggu upload sebuah halaman website terlalu lama. Oleh karena itu pastikanlah bahwa server toko online Anda terpercaya dalam menangani besarnya jumlah pengunjung dan kebutuhan lainnya.

Di sisi lain, waktu yang dibutuhkan sebuah halaman website untuk menampilkan informasi yang diminta pengunjung juga berpengaruh pada performa website itu sendiri di mesin pencari.

Berikan Lebih Banyak Teks

Persaingan toko online sangatlah sengit Anda harus menjadi unik untuk bisa memenangi kompetisi ini. Gunakanlah kombinasi gambar dan teks kontekstual yang dapat mencuri perhatian mesin pencari dan pembeli. Dengan menambahkan teks kepada kategori produk maupun halaman penjualan produk, Anda tidak hanya memberi mesin pencari lebih banyak teks untuk diindeks tapi juga memberi lebih banyak informasi kepada calon pembeli.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk menambahkan blog sebagai bagian toko online. Blog bisa berperan lebih baik dalam indeksasi konten di mesin pencari. Saat ini sudah banyak toko online yang mengadopsi strategi ini jadi pastikan Anda juga melakukannya untuk tetap dalam persaingan.

Manfaatkan Link Internal

Tidak hanya link eksternal, link internal juga berpengaruh untuk optimisasi mesin pencari. Bagaimana caranya? Cukup sederhana ….

Jika Anda memiliki kesempatan untuk memberikan link kepada produk Anda, jangan melewatkannya. Gunakanlah kewajaran dalam memberi link internal yang mengarah ke halaman produk dan perlu diingat jangan berlebihan dalam melakukannya atau pengunjung hanya akan berpikir bahwa tidak ada manfaat dari informasi yang Anda berikan selain mengharapkan terjadinya penjualan. Terapkan strategi ini secara cerdas dan bijak.

Terapkan Tips SEO untuk Toko Online

Buatlah variasi dalam penerapan link anchor text ke beberapa halaman dan buatlah itu tampak natural. Penggunaan blog sebagai bagian dari toko online merupakan cara yang baik untuk menerapkan strategi ini khususnya dalam hal pengumuman produk baru, mempromosikan produk paling banyak dibeli pengunjung, atau menawarkan produk khusus.

 

7 Comments

  1. Budi Majid April 21, 2013
    • Okto April 21, 2013
  2. Alexandra B. Barr April 26, 2013
  3. nizhie Januari 27, 2014
  4. Okto Januari 27, 2014
  5. Pingback: Tren Multi Channel Marketing di Tahun 2014 Februari 1, 2014
  6. Batterycity Desember 20, 2014
    • Okto Desember 21, 2014

Leave a Reply

CommentLuv badge