Seberapa Parahkah Dampak Update Penguin Terbaru?

Banyak tips ngeblog yang sudah menanti-nanti bahasan update Penguin terbaru, dan seperti menjawab pertanyaan banyak orang, Google pun menjawabnya.  Banyak yang bilang, update kali ini yang terbesar, tapi seberapa parahkah dampak google penguin terbaru bagi website/blog kita?

Matt Cutts, menyampaikan bahwa sejak ­update Google Penguin sekitar 2,3 % permainan mesin pencari dengan daftar pertanyaan berbasis bahasa Inggris terkena dampak pada level yang tidak biasa. Dan berlanjut dari hal itu, jangkauan Penguin akan bervariasi berdasarkan bahasa. Misalnya bahasa yang menggunakan banyak spam akan mengalami dampak lebih besar dibandingan bahasa lainnya. Jadi begini, seandainya bahasa Indonesia dinilai Google banyak sekali mengandung spam dalam menyajikan informasi di mesin pencari Google, siap-siaplah bagi blog/website Indonesia menerima efek Penguin.

Dalam wawancara Matt Cutts dengan Leo Laporte pada hari pelepasan update Penguin, disebutkan bahwa ini merupakan generasi terbaru dari algoritma mesin pencari. Penguin terbaru masuk lebih jauh dalam menyapu spam konten dalam halaman hasil pencarian. Jadi jika penguin versi lama hanya melihat pada homepage sebuah website, penguin terbaru masuk sampai halaman-halaman website yang disediakan. Namun sekali lagi ini hanya spekulasi dari para pelaku industri SEO. Meskipun spekulasi, saat kita belajar internet marketing tidak bisa mengabaikannya begitu saja.

Bagaimanapun juga, banyak orang mengeluhkan dirinya terkena efek update Penguin terbaru, di sisi lain banyak juga yang menerima berkah dari update Penguin dimana peringkat websitenya semakin baik.

Searchmetrics bahkan mempublikasikan daftar website yang terkena dampak paling parah dari update Penguin terbaru. Beberapa kategori website tersebut termasuk pornografi, gaming, travelling, sampai beberapa website merk ternama.

Apa Tujuan Update Penguin Terbaru?

Penguin 2.0 berdampak terhadap daftar pertanyaan berbasis bahasa Inggris sebesar 2,3%. Hal ini dinilai lebih besar dibandingan update Penguin sebelumnya (versi 1.0). Seperti sudah disinggung sebelumnya, update Penguin ini juga berdampak kepada basis bahasa lain. Beberapa sumber menyebutkan bahwa dampaknya lebih besar dirasakan oleh daftar pertanyaan berbasis bahasa Jerman.

Tujuan update Penguin 2.0 adalah untuk memberikan penghargaan kepada mereka yang konsisten dalam memberikan konten berkualitas dan bermanfaat untuk pencari informasi dan menghukum mereka yang meraih ranking maksimal dengan cara-cara terlarang (black hat strategy)

Penguin 2.0 menggunakan teknik anti-spam mutakhir yang terus mendeteksi kegiatan mencurigakan terkait link building dan Optimisasi Mesin Pencari seperti meraih backlink dalam jumlah besar dalam waktu singkat, mendapat link dari website yang tidak relevan sampai penggunaan kata kunci anchor text yang berlebihan. Lebih jauh lagi, update ini juga akan mencari iklan teks berbentuk do-follow links.

Bagaimana Kita Tahu Jika Terkena Update Penguin Terbaru?

Secara umum, geliat Penguin 2.0 mudah dicermati. Gejala umumnya adalah turunnya jumlah kunjungan bulanan akibat hilangnya link website kita dari halaman hasil pencarian Google. Nah, jika kita terbiasa mendapat jumlah kunjungan yang besar dari mesin pencari Google dan tiba-tiba menyusut secara drastis, ada kemungkinan kita terkena dampak update Penguin terbaru ini.

Merasa khawatir?

Selama kita selalu membuat konten sendiri dengan mengembangkan kreativitas yang ada maka tidak perlu khawatir akan dampak update Penguin terbaru ini. Karena pada akhirnya konten berkualitas memang layak ditampilkan dalam halaman pertama hasil pencarian Google. Jika kita membuat sendiri konten online kita dengan mengembangkan kreativitas yang ada tentu kualitas adalah milik konten kita.

Image courtesy of FreeDigitalPhotos

6 Comments

  1. budi majid Juni 5, 2013
    • Okto Juni 5, 2013
  2. Joe Juni 13, 2013
    • Okto Juni 13, 2013
  3. Rina Juli 3, 2013
    • Okto Juli 3, 2013

Leave a Reply

CommentLuv badge