Cara Cek Posisi Artikel di Google – Gratis

Cara Cek Posisi Artikel di Google Gimana?

Sebagai blogger terkadang dihinggapi rasa penasaran ingin tahu dimana posisi artikel blog yang sudah Anda buat. Hal tersebut merupakan sesuatu yang lumrah apalagi sudah cukup banyak dibahas pentingnya hal-hal berkaitan dengan SEO. Nah, posisi yang didapatkan artikel di google merupakan hasil kerja keras Anda sebagai blogger dalam menerapkan strategi SEO artikel di dalam blog.

Jika saat ini Anda masih penasaran untuk mengetahui cara cek posisi artikel di google maka postingan ini bisa jadi solusi terbaiknya. Cara yang akan diungkap merupakan sebuah cara gratis, jadi tentu Anda akan senang untuk langsung mencobanya.

Pada dasarnya, terdapat dua cara gratis untuk cek posisi artikel di google yang bisa dilakukan dengan mudah sekalipun Anda masih pemula. Berikut ini caranya:

Cek Posisi Artikel di Google Berdasarkan Judul

Setiap artikel tentu memiliki judul bukan? Judul merupakan bagian terpenting dalam sebuah artikel yaitu untuk memberikan gambaran awal tentang apa yang akan didapatkan pembaca tentang keseluruhan artikel yang dilihatnya.

Ingatlah bahwa saat Anda cek posisi artikel di google berdasarkan judul belum tentu artikel blog Anda akan menjadi yang pertama. Kenapa demikian? karena google mempertimbangkan banyak hal dalam menempatkan artikel-artikel yang beredar di internet dengan menggunakan algoritma google.

Sebagai contoh adalah pengecekan posisi artikel notordinaryblogger yang berjudul 10 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Ngeblog.

Cara Cek Posisi Artikel di Google 1

Seperti bisa dilihat diatas artikel dari notordinaryblogger muncul di halaman pertama posisi teratas. Artikel tersebut pada intinya sudah dioptimisasi secara maksimal agar muncul di posisi yang diinginkan namun tentu saja itu bukan jaminan. Kenapa? Karena algoritma google yang akan menentukan pada akhirnya namun pada umumnya jika blog Anda sudah teroptimisasi SEO dengan baik dan judul secara persis diketikan ke dalam pencarian Google kemungkinan besar artikel blog Anda akan muncul di halaman pertamanya.

Cek Posisi Artikel di Google Berdasarkan Kata Kunci Target

Bagi para penggemar SEO tentu gemar mentarget kata kunci-kata kunci tertentu yang mendatangkan trafik sebanyak mungkin dari Google. Tentu saja jenis kata kunci seperti ini memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Notordinaryblogger sudah merasakan “kerasnya persaingan” di kata kunci ini yang terbukti saat dilakukan cek posisi artikel di google untuk kata kunci spesifik “cara mendapatkan uang di internet”.

Jika pengguna google mengetikan “cara mendapatkan uang di internet” maka artikel notordinaryblogger tidak muncul di halaman pertama melainkan di halaman ke-5 itupun bukan menjadi yang teratas.

Cara Cek Posisi Artikel di Google 2

Siap Cek Posisi Artikel di Google?

Itulah kedua cara gratis untuk cek posisi artikel di google yang mudah dan dapat dicoba oleh blogger pemula sekalipun.

Yang dapat Anda lakukan setelah mengetahui posisi artikel di google adalah untuk mengevaluasi cara yang digunakan. Jika hasilnya positif tentu saja wajib bagi Anda menerapkan cara yang sama saat menulis artikel-artikel selanjutnya di blog Anda. Jika hasilnya negatif tentu Anda harus melakukan suatu perbaikan agar blog Anda tidak terkubur dalam kerasnya persaingan di google.

Kabar baiknya adalah ………………..

Tunggu dulu … hasil yang didapatkan artikel Anda saat Anda melakukan cek posisi artikel di google entah di halaman pertama google, kedua, ketiga, atau bahkan tidak muncul sekalipun bukanlah segalanya. Kenapa demikian? Karena tentu Anda bisa melakukan analisa lanjutan dengan alat analisa lainnya. Misalkan untuk wordpress premium (platform yang digunakan notordinaryblogger) maka bisa menggunakan jetpack.

Informasi jetpack bisa melacak dengan mudah kata kunci-kata kunci yang mendatangkan pengunjung ke blog Anda. Berikut ini contohnya:

Cara Cek Posisi Artikel di Google 3

Bisa dilihat bukan, meskipun artikel notordinaryblogger yang berjudul “10 cara mendapatkan uang dari internet tanpa ngeblog” hanya muncul dihalaman ke-5 google untuk kata kunci “cara mendapatkan uang di internet” setiap harinya sebagian besar pengunjung yang datang ke notordinaryblogger disebabkan oleh kata kunci yang berhubungan dengan “cara mencari uang dari internet atau blog atau website”. Dari 10 kata kunci utama yang mendatangkan pengunjung organik ke notordinaryblogger selama 30 hari terakhir, mayoritas berhubungan dengan “cara mencari uang dari internet”. Hal ini dikonfirmasi oleh artikel “10 cara mendapatkan uang dari internet tanpa ngeblog” yang masuk kedalam salah satu artikel popular di blog ini. Itulah ulasan cara cek posisi artikel di google yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat.

8 Comments

  1. Desain UnNi Juni 4, 2015
  2. Arie Prastyo Juni 4, 2015
    • Okto Juni 5, 2015
  3. Raden muhamad idris Mei 11, 2016
    • Okto Mei 11, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+