Cara Mendapatkan Halaman Awal Google dengan Mudah

Mendapatkan Halaman Awal GoogleMendapatkan halaman awal google merupakan PR kebanyakan blogger. Jika sudah membaca postingan sebelumnya tentang 3 makna komersial dibalik halaman pertama Google untuk sebuah blog maka tentu Anda juga penasaran bagaimana cara mendapatkannya. Postingan kali ini akan mengupas secara singkat tapi padat tentang cara mendapatkan halaman awal Google dengan mudah.

Mari kita simak ……

Pastikan kata kunci yang di inginkan ada dalam Judul dan URL. Jika blog kita ingin ada di halaman awal Google untuk kata kunci “makanan kucing” maka buatlah konten blog tentang itu. Pastikan “makanan kucing” masuk ke dalam judul dan URL blog. Dengan demikian, Google akan mudah menangkap konten blog kita atas kata kunci yang dipilih.

Pahami aturan dasar SEO. SEO itu penting tapi bukan segalanya, nah untuk mendapatkan halaman awal Google mau tidak mau kita harus tahu tentang SEO. Anda bisa mendapatkan ebook gratis SEO artikel atau membaca postingan Tips SEO untuk blogger. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan berlebihan dalam menerapkan tips SEO untuk mendapatkan halaman awal yang Anda idam-idamkan. Utamakanlah kualitas konten dan manfaat yang ditawarkan melalui konten itu.

Gunakan template yang SEO friendly. Saya bukanlah blogger yang mengerti betul soal hal teknis terkait template. Tapi pada dasarnya sebuah template yang SEO friendly itu adalah sebuah template yang simple. Anda bisa mencari melalui Google dengan mengetikan “template SEO friendly” untuk menemukan beberapa rekomendasi. Jika menemukan satu, pelajarilah terlebih dulu bagaimana cara menggunakannya. Template jenis ini dapat memudahkan kita meraih halaman awal Google dengan mudah.

Jangan terlalu banyak banner iklan. Ingat bahwa Google menyukai blog yang penuh dengan konten bermanfaat. Jika blog kita penuh dengan banner iklan, Google akan curiga bahwa kita tidak memberi manfaat kecuali ingin mendapatkan uang atas setiap pengunjung yang datang. Alhasil, link blog kita tidak muncul di halaman awal Google dan terlempar di halaman-halaman berikutnya.

Berikan link terkait ke artikel lain yang berkaitan. Google menyukai blog yang memberi link ke artikel lain untuk menjelaskan topik secara lebih detil. Namun perlu diingat untuk tidak melakukan ini secara berlebihan. Pastikan dalam sebuah paragraph tidak terdapat banyak link terkait. Google bisa mencurigai hal ini sebagai sebuah keyword stuffing atau manipulasi keyword.

Hindari persaingan sengit. Pernah berpikir kenapa kita sudah menerapkan berbagai trik SEO yang ada namun tetap sulit untuk muncul di halaman awal Google? Mungkin kita berada di persaingan yang sengit. Akan lebih mudah bagi kita untuk mendapatkan halaman awal Google jika kata kunci yang dikejar tidak banyak yang mengejar. Semua link blog yang ada dihalaman awal Google tidak hanya berkualitas tapi juga berhasil di optimisasi dengan baik dan benar. Jika ingin mengalahkan mereka tentu kita harus menerapkan trik SEO yang lebih baik dan lebih benar. Itu akan memakan waktu. Untuk memudahkan pilihlah kata kunci yang rendah persaingannya. Gunakan kreatifitas untuk menemukan kata kunci itu.

Nah itulah kesemua cara mudah mendapatkan halaman awal Google. Tunggu dulu …. Jika ada cara mudah tentu ada cara sulitnya kan? Apa saja cara sulitnya?

Dapatkan link dari blog lain dengan rank tinggi. Mendapatkan link dengan teks “kata kunci” yang diinginkan dapat mendongkrak posisi link blog kita dari halaman antah berantah ke halaman awal google. Cara ini masuk kategori sulit karena memang tidak mudah mendapatkannya. Banyak orang menghabiskan banyak uang, tenaga dan waktu untuk mendapatkannya.

Gunakan struktur SEO dengan baik. Struktur SEO yang baik mulai dari nama blog, penyusunan kategori postingan, meta tag description, gambar yang sudah dioptimisasi, sampai URL blog. Anda perlu waktu cukup memahami SEO dengan baik tapi jangan terlalu khawatir untuk itu. Pastikanlah konten yang disediakan berkualitas. Pemahaman SEO akan memudahkan Google untuk menemukan pembaca bagi blog kita.

Beradu persaingan. Kata kunci yang masuk kategori sengit merupakan kata kunci yang “ekstra hot” karena banyak dicari orang atau banyak blogger yang mengejarnya. Di sinilah letak tantangannya. Jika kita berhasil memimpin halaman awal Google atas sebuah kata kunci bukan berarti kita akan kebanjiran pengunjung secara otomatis. Bisa saja persaingan terjadi karena banyak blogger yang mengincar kata itu bukan pencari informasi yang menginginkan kata kunci tersebut.

Apa Cara Anda Mendapatkan Halaman Awal Google?

Mencapai halaman awal Google bukan berarti banjir pengunjung. Yang terpenting adalah menemukan pembaca yang benar-benar menginginkan informasi yang kita sajikan, dengan begitu tujuan blog akan tercapai. Lantas bagaimana dengan Anda? Cara apa yang Anda coba untuk mendapatkan halaman awal Google?

15 Comments

  1. Paul Oktober 10, 2013
    • Okto Oktober 10, 2013
      • Paul Oktober 10, 2013
  2. Neulabs Oktober 10, 2013
  3. Kangmas Hejis Oktober 11, 2013
  4. Zaenal Abis Oktober 11, 2013
  5. Ardi Harahap Oktober 15, 2013
    • Okto Oktober 16, 2013
  6. Catcilku Oktober 16, 2013
    • Okto Oktober 16, 2013
  7. Blog Health Tips Desember 13, 2014
  8. Pingback: Yuk Ukur Kekuatan SEO Blog Sendiri Februari 5, 2015
  9. Mario Teguh Februari 6, 2015
  10. Pingback: Belajar Bisnis Online Untuk Pemula Oktober 15, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge