Kenapa Komentar Tidak Muncul ?

Komentar di blog merupakan cara termudah dalam mempromosikan blog. Namun perlu diingat bahwa mudah bukan berarti kita bisa seenaknya meninggalkan komentar di banyak blog. Inilah yang menjadi banyak kekesalan blogger. Komentar yang terkesan “nyampah” dan hanya ditujukan untuk mendapatkan backlink.

Link komentar memang benar bisa menjadi daya dongkrak posisi blog di mesin pencari google, atau dengan kata lain link blog bisa mendongkrak SEO. Inilah penyebab utama orang melakukan komentar nyampah demi mendapatkan link yang banyak.

Blog sebagai media sosial tetap memiliki unsur “sosial” yang tidak bisa terlepas begitu saja. Jadi jika kita masih saja bertanya kenapa komentar tidak muncul di blog-blog yang saya beri komentar kemungkinan besar komentar kita mengandung unsur nyampah.

Apa aja sih unsur nyampah komentar itu? Dan kenapa komentar sampah muncul?

Secara mudah unsur nyampah sebuah komentar blog adalah komentar yang ditujukan kepada keuntungan pribadi yaitu backlink pemberi komentar.

Untuk contoh mudahnya adalah dari “nama” si pemberi komentar. Jika komentar itu nyampah sudah pasti nama pemberi komentar bukanlah sebuah nama orang yang lazim atau terlihat aneh untuk suatu nama.

Mereka melakukan komentar nyampah itu untuk mendapatkan backlink dan memperbaiki SEO atas kata-kata tertentu. Misalnya begini :

Setelah membaca artikel “Tips Membuka Usaha Cuci Motor di Depok” saya meninggalkan komentar : “Wah terima kasih atas tipsnya bermanfaat sekali. Mantab gan” dengan nama “Tempat Cuci Mobil Cikampek” dan alamat blog “cucimobilcikampek.blogspot.com”.

Tujuan saya meninggalkan komentar sampah seperti itu adalah dengan harapan bahwa jika pengguna Google mengetikanTempat Cuci Mobil Cikampek” alamat blog saya dapat muncul di halaman pertamanya. Dengan demikian kemungkinan jumlah pengguna Google yang mengklik link blog saya semakin besar. Itulah kenapa banyak sekali komentar sampah bermunculan, tujuannya jelas sekali untuk keuntungan pribadi pemberi komentar.

Bagaimana blogger bersikap atas komentar seperti itu?

Setiap blogger punya pendirian masing-masing artinya ada yang membiarkan komentar-komentar seperti ini ada juga yang bersikap tegas dan yang bersikap agak tegas.

Bagi mereka yang membiarkan tentu akan diserbu oleh berbagai komentar nyampah lainnya. Di satu sisi mungkin kita senang kedatangan banyak pengunjung tapi pengunjung itu hanya mengejar backlink dan SEO bukan karena tertarik dengan tulisan kita.

Bagi yang bersikap tegas tentu saja tidak akan memberi ampun. Langusng hapus atau lebih ekstrim langsung memblokir alamat IP pemberi komentar.

Bagi yang bersikap agak tegas. Akan menerima tapi dengan syarat “link blog akan dihapus”.

Komentar adalah Investasi Persahabatan

Komentar tidak muncul hanya gara-gara kita mengejar backlink adalah sebuah kerugian besar. Di jaman Algoritma Google sekarang cara-cara tidak sehat dalam membangun link tidak lagi diberi nilai tinggi oleh mesin pencari.

Algoritma mesin pencari sudah mulai mengarah kepada penyediaan informasi yang berbobot, berkualitas, dan bermanfaat untuk menjawab berbagai persoalan yang dialami pencari informasi. Bisa Anda bayangkan jika sebuah kata kunci “jalan terbaik ke desa A” berisi informasi kurang berbobot namun karena teknik komentar sampah berhasil menduduki peringkat atas Google? Berapa banyak pencari informasi dirugikan oleh cara negatif seperti itu.

Tidak peduli seberapa bagus informasi yang kita sediakan di blog kita, jika kita menerapkan komentar sampah untuk tujuan SEO kita kehilangan investasi persahabatan. Komentar yang baik adalah gerbang menuju persahabatan baru antara pemberi komentar dan penulis. Semakin banyak ruang persahabatan yang Anda bentuk semakin banyak peluang datang kepada Anda. Jadi apakah komentar tidak muncul masih menghinggapi promosi blog Anda? Ingatlah bahwa komentar adalah bentuk paling mudah (dan murah) dari promosi blog.

Tips Menghindari Komentar Tidak Muncul

Untuk menjamin komentar Anda dimunculkan oleh pemilik blog dan waktu Anda tidak terbuang percuma setidaknya Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti berikut:

  • Jangan coba-coba meninggalkan komentar sampah saat kunjungan pertama. Komentar tidak muncul akan menjadi sahabat terbaik Anda dengan cara ini.
  • Jika Anda tidak tahan untuk meninggalkan komentar sampah, perhatikan komentar-komentar lainnya? Apakah ada yang seperti itu? Jika ada, kemungkinan komentar sampah Anda bisa muncul.
  • Perhatikan aturan berkomentar yang diberikan. Pada umumnya pemilik blog akan memberikan aturan berkomentar di atas kolom komentar untuk mencegah munculnya komentar sampah.
  • Dan yang PALING PENTING : Sekalipun sebuah blog tidak memiliki aturan berkomentar, jangan jangan buat spam. Ingatlah bahwa tidak ada blogger yang suka komentar sampah. Jadi sebisa mungkin jangan Anda terapkan.

Image courtesy of FreeDigitalPhotos

Komentar spam masih Anda lakukan? Sebaiknya hentikan. Melakukan komentar di blog merupakan ilmu penting dalam belajar SEO khususnya membangun link. Jika Anda sudah menyalahgunakan hal ini maka Anda kehilangan manfaat sesungguhnya dari aktivitas ini. Efek nyata dari nyepam adalah komentar tidak muncul, trafik referal tidak dapat, atau IP Anda dianggap spam dan diblokir. Terapkan tips di atas dan lihat perubahan positif yang didapatkan. Selamat berkomentar untuk menjalin persahabatan. Sukses selalu

18 Comments

  1. aura Oktober 9, 2013
    • Okto Oktober 23, 2013
    • Abdul Ghofur Oktober 6, 2016
  2. Rina Oktober 22, 2013
  3. Ana Sriwahyuni Februari 13, 2014
  4. Eddy Mei 16, 2014
  5. HUSSEIN September 26, 2014
    • Okto September 26, 2014
  6. sahil Oktober 7, 2014
  7. winar November 25, 2014
  8. sahil Februari 16, 2015
  9. M. Ansyori Februari 24, 2015
    • Okto Februari 25, 2015
  10. Pingback: Moderasi Komentar Blog, Perlukah dilakukan? Februari 10, 2016
  11. praveen Juli 5, 2016
  12. Yudha Juli 6, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge