Cara Membuat Form Berlangganan Artikel pada Blog Via Email Secara Gratis


Dalam hal ngeblog memang selalu ada yang gratis dan berbayar. Setiap fitur yang ditawarkan tentu saja berbeda dengan keunggulan lebih banyak bagi mereka yang mau mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkannya. Tidak terkecuali dalam membuat form berlangganan blog via email, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Salah satu dari banyak penyedia layanan berlangganan via email yang gratis adalah mailchimp. Bagaimana cara membuatnya? Ikuti panduan mudahnya berikut ini ….

Panduan Lengkap Membuat Form Berlangganan Artikel pada Blog Via Email

Baik blog dengan fitur wordpress ataupun blogger dapat membuat form berlangganan artikel dengan mudah. Nggak percaya ? Yuk lihat sendiri

Form Berlangganan Artikel pada Blog via Email dari Mailchimp

Langkah pertama tentu saja kita harus terdaftar di layanan penyedia jasa ini yaitu, mailchimp. Jika sudah mendaftarkan diri dan melakukan aktivasi pendaftaran maka sudah siap untuk membuat form berlangganan artikel yang pertama.

Tahap 1

Tampilan Awal Mailchimp 1

Gambar di atas adalah tampilan beranda jika kita sudah login ke mailchimp.

Tahap 2

Tampilan Awal Mailchimp 2

Untuk mulai membuat form berlangganan, pilih “list” kemudian klik “create list”. Jika sudah ada beberapa “list” sebelumnya maka aka nada tawaran apakah akan mebuat “list” baru atau tidak? Jika baru pertama maka tidak akan ada notifikasi tersebut.

Tahap 3

Tampilan Awal Mailchimp 3

Di bagian “Create list” ini, kita diminta untuk mengisikan hal mendasar seperti “Nama Form Langganan/List Name”, “default from email/email admin”, kemudian nama entitas usaha, alamat, dan pengingat/reminder yang berfungsi mengingatkan penerima informasi bahwa mereka menerima kiriman email dari kita karena sudah dengan sukarela mendaftarkan diri untuk berlangganan artikel pada blog kita. Jika semua setelan sudah dilakukan klik “Save”. Untuk memudahkan, List Name saya isi “Cara Membuat Form Berlangganan Artikel

Tahap 4

Tampilan Awal Mailchimp 4

Nah, sekarang “list” email sudah tercipta, saatnya membuat form berlangganan artikel untuk diletakan di blog kita.

Seperti bisa dilihat di ilustrasi di atas, klik “Signup Forms”.

Tampilan Awal Mailchimp 5

Jika sudah, klik yang tengah (Embedded Form)

Di dalam menu “Embedded Form” ada beberapa pilihan yang bisa dicoba, namun yang paling mudah dan sederhana adalah “Classic Form”. Untuk postingan ini, form berlangganan artikel yang akan dicoba adalah “Classic Form”.

Tampilan Awal Mailchimp 6

Pada bagian “Form Options” kita bisa memberi judul form berlangganan sesuai selera. Untuk contoh saya akan memberi judul Ikuti Terus Update Notordinaryblogger Via Email.

Pada dasarnya Anda sudah selesai mengikuti panduan membuat form berlangganan artikel pada blog ini. Langkah terakhir adalah copy paste kode yang tersedia.

Tampilan Awal Mailchimp 7

Berikut ini hasilnya :

Ikuti Terus Update Notordinaryblogger Via Email

* indicates required



———————————————————————————————————————————————————————

Tips Tambahan

Beri sentuhan “Indonesia” di Form Berlangganan Artikel”.

Saat saya melihat hasil akhir form berlangganan dari mailchimp ada satu hal yang mengganggu yaitu penggunaan bahasa Inggris dalam “First Name”, “Last Name”, “indicates required”, “email address” dan “subscribe”. Gimana cara modifikasinya?

Copy Paste kode hasil akhir tadi ke sebuah “MS Word”. Jika sudah klik “Ctrl+F” untuk mencari lokasi kata “First Name” temukan dan ganti menjadi “Nama Depan” kemudian lakukan hal yang sama pada “Last Name” dan “Email Address”, semua unsur bahasa inggris dapat diubah ke bahasa Indonesia

Hasilnya? Lihat perubahan form berlangganan artikel pada blog yang dbuat berdasarkan panduan diatas berikut ini:

———————————————————————————————————————————————————————–

Ikuti Terus Update Notordinaryblogger Via Email

* Wajib Diisi



————————————————————————————————————————————————————————

Nah cukup mudah bukan?

Terapkan Cara Membuat Form Berlangganan Artikel pada Blog Via Email

Jika sebuah blog memiliki form berlangganan artikel, maka kesempatan blog tersebut untuk mendapatkan pengunjung setia semakin besar. Mengapa demikian? Karena setiap pengunjung yang tertarik dengan informasi yang diberikan dapat dengan mudah menerima info terbaru selanjutnya hanya dengan mengisi form berlangganan, jika sudah, pendaftar akan menerima update melalui email mereka.

Jika kita memiliki pengunjung setia yang berlangganan artikel pada blog dalam jumlah yang lumayan, maka bisa dipastikan tingkat kunjungan blog tidak akan sepi bukan?

Tips Penting lainnya:

Selamat mencoba


4 Comments

  1. Zippy September 9, 2014
    • Okto September 9, 2014
  2. Pingback: Tips Ngeblog untuk Pemula Cari Uang Online September 20, 2015
  3. Nandatrio November 8, 2017
    • Okto November 8, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+