Apa Yang Harus Saya Lakukan Setelah Adanya Peraturan Bisnis Online di Indonesia?

Harus diakui bahwa di Indonesia belum memiliki peraturan bisnis online sebagaimana dimiliki oleh negara lain seperti Amerika Serikat. Bisnis online sendiri di Indonesia memiliki dua dampak bagi konsumen yaitu positif dan negatif.

Bisnis online di Indonesia memang memiliki manfaat positif dalam hal menciptakan peluang penghasilan tambahan bagi peminatnya. Ini berarti dalam skala luas, bisnis online juga bisa menjadi solusi atas tingkat pengangguran yang cukup tinggi.

Selain itu, dalam bisnis skala besar maka mempersiapkan keterhubungan antara bisnis dengan dunia online bisa sangat menguntungkan khususnya dalam memperluas jangkauan pasar, meningkatan penjualan dan mempermudah pertemuan penjual dan pembeli produk yang ditawarkan.

Dari sisi negatif tentu perlindungan konsumen menjadi alasan terdepan. Banyak produk online yang ditawarkan dalam bisnis online berkaitan erat dengan unsur penipuan dimana hal ini sangat merugikan konsumen.

Menurut perkembangan informasi yang dimuat dalam beberapa media online nasional disebutkan bahwa peraturan bisnis online di Indonesia akan mulai diberlakukan pada akhir tahun 2013.

Sepertinya sudah mulai banyak pertanyaan sebagai blogger terkait apa yang harus dilakukan setelah adanya peraturan bisnis online di Indonesia?

Tujuan Diberlakukannya Peraturan Bisnis Online di Indonesia

Jika kembali melihat informasi yang disediakan oleh beberapa media massa online tadi maka beberapa tujuan diberlakukannya peraturan bisnis online di Indonesia adalah sebagai berikut :

*Melindungi konsumen

*Bisnis online berpeluang menjadi salah sumber pendapatan negara (pajak) yang belum dikelola dengan baik

Itulah 2 alasan utama yang melatar belakangi lahirnya peraturan bisnis online di Indonesia. Menurut Anda ada alasan lainnya? (silahkan berbagi di kolom komentar)

Di sisi lain jika kita sedikit melirik ke Amerika Serikat, sebenarnya hal penting apa sajakah yang perlu diatur dalam sebuah peraturan bisnis online itu?

Peraturan bisnis online di Amerika Serikat menjelaskan bahwa pada dasarnya bisnis offline maupun online adalah jenis usaha yang sejenis hanya saja dirasa perlu adanya aturan tambahan yang sifatnya khusus dalam bisnis online yang perlu ditetapkan dalam sebuah peraturan tertulis yang sifatnya mengikat.

Apa sajakah aturan yang bersifat khusus itu?

Hal yang bersifat khusus itu adalah privasi, hak cipta, pajak, dan transparansi.

Privasi

Jika Anda amati model bisnis online maka data pribadi merupakan faktor penting. Entah itu pendaftaran untuk suatu program menghasilkan uang, menjadi member suatu website, dan sebagainya. Data Anda sudah menyebar di internet.

Peraturan bisnis online Amerika Serikat sudah mengatur secara ketat mengenai hal ini.

Hak Cipta

Jika Anda suka melakukan marketing afiliasi produk luar pasti sudah familiar dengan hak cipta digital atau disebut sebagai Digilat Millenium Copyright Act (DMCA). Semua hal berkaitan dengan hak cipta produk digital di atur dalam DMCA.

Pajak

Pajak memang sumber pendapatan negara tidak terkecuali Amerika Serikat. Dan potensi bisnis online tampaknya sudah mulai tercium untuk berkembang pesat di Indonesia. Perhatikan saja bagaimana pasar digital versi Indonesia mulai bermunculan bahkan dengan skala cukup besar.

Transparansi dalam Affiliate Marketing

Lebih dikenal dengan istilah “disclosure policy”. Pada dasarnya mengharuskan blogger atau siapapun yang menjadi affiliates dalam marketing afiliasi secara online untuk menyampaikan kepada calon konsumen bahwa Anda (penyedia informasi) akan mendapatkan komisi jika calon konsumen membeli melalui rekomendasi Anda. Pemantauan kebijakan ini biasanya dilakukan oleh penyedia produk dan konsekuensi bila Anda melanggar adalah tidak diberikannya komisi yang menjadi hak Anda.

Sulit rasanya untuk menerka suatu hal yang baru, saya sendiri belum pernah mendengar keresahan dari para pelaku bisnis online terkait rencana pemberlakuan peraturan bisnis online di Indonesia pada akhir tahun 2013.

Namun demikian untuk menjawab pertanyaan “sebagai blogger apa yang harus saya lakukan jika peraturan bisnis online di Indonesia sudah berlaku?”

Jawaban singkat saya tidak perlu khawatir. Anda harus persiapkan segala kemungkinan khususnya terkait pajak. Pastikan Anda sudah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Selain NPWP pada dasarnya tidak perlu terlalu khawatir.

Mengapa demikian?

Sebab mayoritas blogger dapat terlibat dalam aktifitas bisnis online sebagai penjual perantara, bisa itu publisher maupun affiliate. Meskipun demikian, Jika melihat arah peraturan ini maka yang akan terkena dampak signifikan adalah penyedia barang dan jasa online.

Jika keterlibatan seorang blogger hanyalah sebatas publisher sebuah program iklan pay per click (PPC) maupun sebagai penjual perantara produk afiliasi maka kewajiban Anda hanya muncul kepada penyedia program.

Masih bingung? Ini juga yang menjadi sedikit kesalahan sebagian besar blogger dalam mencari uang online. Tidak pernah membaca persyaratan dan ketentuan dengan seksama.

Jika Anda perhatikan maka setiap program penyedia jasa marketing afiliasi maupun PPC mereka menyediakan halaman khusus persyaratan dan ketentuan yang akan berfungsi sebagai peraturan antara mereka dan blogger sebagai publisher.

Dengan kata lain, inilah perjanjian digital yang menjadi pegangan Anda.

Inilah contoh peraturan pembuka yang terdapat di kliksaya.com dan Sitti.co.id :

Dengan mengunjungi dan mengakses layanan-layanan yang disediakan oleh KlikSaya.Com, maka Anda (selanjutnya disebut Pengguna) secara otomatis menyetujui syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku dan/atau perubahannya dari waktu ke waktu.

HARAP MEMBACA PERSYARATAN DAN KETENTUAN INI DENGAN SEKSAMA SEBELUM MENDAFTAR DALAM PROGRAM JARINGAN SITTIZEN. PARTISIPASI ANDA DALAM PROGRAM JARINGAN SITTIZEN INI BERARTI ANDA TELAH MENYATAKAN UNTUK MENYETUJUI PERSYARATAN DAN KETENTUAN INI.

Hal menarik yang ada di sini adalah istilah kontraktor independen yang digunakan dalam peraturan di sitti.co.id.

Dari pemahaman berbagai sumber di internet maka bisa diartikan hubungan kontraktor independen adalah hubungan kerja yang menimbulkan hak dan kewajiban spesifik sesuai dalam ketentuan yang disepakati. Artinya masing-masing pihak hanya melaksanakan hak dan kewajibannya berdasarkan apa yang sudah diatur secara tertulis.

Kesimpulan

Sebagai (publisher) blogger Anda wajib memiliki NPWP nantinya, karena pengaturan tentang pajak akan masuk dalam peraturan bisnis online di Indonesia. Sedangkan untuk kewajiban yang lebih besar, sebagai publisher yang perlu Anda perhatikan adalah syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh masing-masing pihak penyedia jasa yang Anda ikuti.

Selama Anda tidak menjadi penyedia jasa langsung kepada konsumen (hanya menjadi pihak ketiga/perantara dalam hubungan produsen dan konsumen bisnis online melalui bentuk pay per click publisher atau pun marketing afiliasi) maka peraturan masing-masing penyedia jasa adalah patokan yang dapat menjadi pedoman Anda dalam menghasilkan uang lewat blog.

Nah, apakah Anda memberikan perhatian pada peraturan bisnis online di Indonesia yang akan segera diterapkan? Apa pendapat Anda? Jangan sungkan untuk berbagi dengan pembaca lainnya ya :)


Sumber ilustrasi : mediabanten.com

Baca artikel lainnya :
Trend Media Sosial Indonesia : Pelajaran dari Media Tradisional
Alasan Kenapa Anda Tidak Menghasilkan Uang dari Blog
Cara Membuat Artikel Berpengaruh di Internet
7 Strategi Menambah Traffic Blog

Nah, apakah Anda memberikan memperhatikan peraturan bisnis online di Indonesia yang akan segera diterapkan? Apa pendapat Anda? Jangan sungkan untuk berbagi dengan pembaca lainnya ya J

Panduan Gratis Mendulang Dollar Dari Internet
Comments
  1. Bener ini akan diberlakukan akhir tahun depan?
    Sepertinya memang perlu, namun yang jadi masalah adalah siapa yang berwenang untuk mengatur ini. Selain itu banyak publisher yang hanya hidup online dan tak dikenal di ranah offline.
    giewahyudi recently posted..Mencicipi Citarasa Kopi Lokal IndonesiaMy Profile

    • Okto

      Menurut perkembangan informasi memang ditargetkan akhir 2013 diberlakukan.

ADD YOUR COMMENT

*

CommentLuv badge