Cara Membuat Blog Yang Ramai Pengunjung

Cara membuat blog yang ramai pengunjung banyak menarik perhatian para blogger. Sebuah blog bukanlah melulu ditujukan untuk menghasilkan uang, banyak hal bisa dilakukan orang dengan blog selain mencari uang, misalkan sebuah catatan pribadi. Kabar baiknya adalah sekarang ini sangatlah mudah membuat blog tanpa ada kesulitan yang berarti.

Sekalipun ngeblog tidak melulu soal uang, jika Anda menyiapkan blog untuk “bisa menghasilkan” maka keuntungan akan dating dengan sendirinya tanpa perlu upaya keras seiring berjalannya waktu Anda merawat blog yang sudah dimulai.

Saat Anda akan membuat blog peluang bisnis dari blog sudah ada didepan mata sekalipun tidak ada niatan bisnis dari Anda sebagai pemilik blog. Mungkin saja saat ini Anda sudah memiliki banyak ide untuk membuat blog idaman pertama Anda, apa yang akan Anda tampilkan melalui blog itu, dan banyak hal menarik lainnya. Jika Anda mengalami tahap ini, sebaiknya Anda jangan terlalu tergesa-gesa, tenanglah karena membuat blog sekarang sangatlah mudah ketimbang memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog itu.

Cara Membuat Blog yang Ramai Pengunjung

Cara Membuat Blog yang Ramai Pengunjung

Membuat blog pertama Anda dan masuk ke dalam halaman admin merupakan hal yang mudah dan dapat diselesaikan dalam hitungan 1 atau 2 jam saja. Jika Anda sudah berpengalaman proses ini bisa selesai dalam hitungan menit saja. Dua platform blog yang utama adalah blogger dan wordpress. Kedua platform ini tersedia dalam versi gratis ataupun premium. Sebagai contoh misalnya, notordinaryblogger menggunakan versi premium dari wordpress. Untuk member gambaran betapa mudahnya membuat blog, itu bisa melihat postingan terdahulu notordinaryblogger : cara membuat blog gratis blogger.

Blogger dan wordpress sangatlah populer karena kedua platform ini memiliki struktur yang disukai Google (pemain utama industri mesin pencari alias sumber pengunjung blog yang sangat dibutuhkan para blogger di dunia). Bukan rahasia lagi jika pengunjung blog merupakan “darah”-nya blog nah maka dari itu jika Anda menggunakan blogger atau wordpress sangat besar kemungkinan banyak konten blog Anda akan diindeks oleh Google yang berujung pada tingkat kunjungan yang blog Anda dapatkan.

Membuat blog dengan blogger atau wordpress tidaklah serumit membuat website. Tanpa pengetahuan sedikitpun tentang web design Anda dapat dengan mudah memiliki blog hasil karya Anda sendiri untuk pertama kalinya. Membuat blog sekarang ini hanyalah sebatas memilih apa yang Anda suka dan tidak suka atas template blog, aksesoris blog yang ada dan konten-konten yang Anda ciptakan sendiri.

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam membuat blog adalah penentuan nama blog dan niche blog Anda (Baca: apa itu niche blog).
Dalam memilih nama blog atau niche ada baiknya jika Anda menggunakan Google keyword planner dimana media digital ini bisa membantu Anda menemukan nama sekaligus niche yang “menguntungkan” (baca: Google keyword planner gantikan keyword tool).
Media ini dapat memudahkan Anda menemukan topik yang banyak dicari para pengguna internet, dengan demikian blog Anda akan semakin cepat menarik dan ramai pengunjung. Misalkan Anda memulai sebuah blog tentang “jasa bikin skripsi” gunakanlah google keyword planner untuk mendapatkan informasi jumlah orang yang tertarik dengan topic itu di internet setiap bulannya. Info ini akan memberi Anda informasi utama tentang topik dan bagaimana memanfaatkan topik untuk menciptakan konten blog yang banyak dicari pembaca. Informasi itu juga bisa menjadi masukan untuk nama blog, nama kategori konten blog, dan sebagainya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Saat memilih subjek blog Anda, kebanyakan blogger akan memilih apa yang disukainya. Alasan dibalik perilaku ini adalah karena cara ini yang paling manjur untuk mendapatkan sukses dari blog yang Anda ciptakan. Jika Anda menyukai subjek blog sendiri, tentu saja Anda akan mengetahui apa yang Anda tulis melalui konten. Dengan demikian pembaca akan tertarik untuk selalu membaca blog Anda setiap hari.

Seiring berjalannya waktu maka keahlian Anda akan meningkat. Saat inilah Anda dapat mulai menambah subjek baru untuk blog yang bisa mendatangkan keuntungan finansial untuk Anda. Jika Anda sudah cukup mahir ngeblog tentu membahas subjek baru dalam blog bukanlah hal sesulit dulu saat pertama kali Anda ngeblog bukan? Jika pembaca blog melihat Anda seperti ahli dalam mengungkap suatu masalah, mereka akan selalu ingin kembali dan mengajak orang lain ikut membaca. Inilah apa yang dinginkan banyak blogger. Tanpa disadari keuntungan finansial akan datang dengan sendirinya karena “uang” akan dating jika orang mempercayai Anda.

Menulis blog bisa jadi aktivitas yang menyenangkan atau menyusahkan apalagi saat Anda baru sekitar 3 atau 6 bulan ngeblog. Untungnya dengan bantuan teknologi saat ini Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah umum para blogger pemula ini. Perhatikanlah blog-blog yang menurut Anda layak diperhitungkan. Lihatlah hal-hal mendasar dalam ngeblog seperti panjang pendeknya postingan di blog tersebut. Cara apa yang digunakan blog itu untuk menghasilkan uang dari blognya, dan bagaimana mereka mempromosikan blog mereka.

Baca juga: 10 cara dapat uang dari internet tanpa ngeblog

Hal paling umum dilakukan banyak blogger dalam mencari uang dari blog mereka adalah dengan bergabung di Google Adsense (baca: apa itu Google Adsense). Hanya dengan copy-paste kode Adsense ke blog kita, Anda bisa memiliki penghasilan stabil dari program Adsense itu. Hal selanjutnya adalah marketing afiliasi. Banyak toko online terpercaya membuka program marketing afiliasi. Ini memberi blogger kesempatan menghasilkan “komisi” atas setiap penjualan. Cari uang dari blog dengan afiliasi dapat dilakukan dengan menulis review produk yang dijual kepada pembaca.

Hal paling efektif dalam mencari uang dari blog dengan marketing afiliasi adalah dengan mencoba sendiri produk yang akan Anda tawarkan. Cara ini akan membantu Anda membuat artikel review layaknya seorang ahli. Ujung positif dari cara ini adalah terciptanya rasa percaya dari pembaca yang akan membantu terciptanya penjualan. Selain itu, rasa percaya itu juga akan membuat pembaca selalu kembali ke blog Anda. Semakin jujur review yang Anda berikan, semakin besar loyalitas pembaca yang akan Anda dapatkan. Itulah yang akan menyebabkan Anda berhasil membuat blog yang ramai pengunjung.

Siap Membuat Blog Yang Ramai Pengunjung?

Ketahuilah bahwa tidak ada yang instan dalam meraih sukses. Itulah sebabnya jika Anda bercita-cita memiliki blog yang ramai pengunjung, buatlah rencana sendiri untuk mewujudkannya. Jika Anda ingin berhasil menghasilkan uang dari blog milik Anda janganlah terlalu terobsesi untuk menghasilkan uang. Terobsesilah untuk memberikan manfaat dari blog Anda maka uang akan datang tanpa Anda sadari. Inilah sebenarnya kunci utama menuju sukses dalam membuat blog yang ramai pengunjung sekaligus memberikan sumber pendapatan yang lumayan bagi pemiliknya.

Masih bingung bagaimana cara membuat blog yang ramai pengunjung? Atau apa yang harus dilakukan selanjutnya? Tidak usah khawatir, silahkan bookmark postingan ini. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah kembali untuk memahami lebih dalam panduan membuat blog yang ramai pengunjung ini.

14 Comments

  1. Salman Faris April 1, 2015
  2. Okto April 3, 2015
  3. Ardian yuliansyah April 4, 2015
  4. Lutfi Wardi April 8, 2015
  5. zein sakti April 12, 2015
  6. Buku Ikhwan April 13, 2015
  7. Ehpedia April 23, 2015
  8. Tyo April 25, 2015
  9. Bisnis Online Furniture Juni 30, 2016
    • Okto Juni 30, 2016
  10. tertatacom Juli 21, 2016
  11. Khanjadi November 19, 2016
    • Okto November 20, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

Buat Tabungan dapat Secure Credit CardTabungan Online Bank Sinarmas
+