Cara Menemukan Konsumen Potensial


Bagian 1 Belajar Internet Marketing

Setiap detik semua jenis usaha memiliki ratusan peluang menjalankan internet marketing berlomba menemukan konsumen potensial. Dan peluang itu akan maksimal jika kita tahu cara menemukan konsumen potensial.

Percayalah bahwa pernyataan diatas tidaklah berlebihan.

Anda bisa menjalani internet marketing dengan membuat postingan blog, menghabiskan biaya iklan menggunakan sistem PPC (Pay Per Click), mengirim newsletter, promosi di media sosial dan sebagainya. Opsi semua itu baru bersifat umum saja. Untuk lebih detil banyak hal kecil lainnya yang bisa dilakukan. Misalkan target apa yang harus ditetapkan jika kita menggunakan media iklan facebook? Apakah Anda harus membuat postingan blog sendiri atau bekerjasama dengan pihak lain? Bagaimana Anda memilih subjek email yang tepat?

Pertanyaan-pertanyaan internet marketing sederhana itu bisa menghantui Anda. Akan mudah bagi Anda menjadi bosan dan merasa seperti ikan dalam akuarium. Seiring dengan langkah maju Anda dalam mempelajari internet marketing, Anda akan menemukan saran ahli guna menemukan konsumen potensial untuk segera uji coba.

Abaikan saran seperti itu.

Marketing merupakan suatu strategi. Untuk bisa sukses internet marketing Anda perlu target yang sangat jelas. Anda perlu kerangka yang bisa diukur dan ditiru. Bukanlah ukuran jika Anda pemula atau ahli, fakta tentang target yang jelas sangatlah ampuh untuk dunia internet marketing. Jika Anda berlari tanpa arah, maka Anda akan bergerak menghabiskan dua hal penting dalam usaha dengan sia-sia yaitu waktu dan uang.

Langkah paling awal untuk sukses internet marketing adalah dengan memahami apa kebutuhan nyata usaha Anda dan tujuannya. Anda harus bisa menjadi disiplin tingkat tinggi dan sangat fokus.

Postingan ini mencoba untuk membawa Anda memahami dua pendekatan berbeda dari panduan internet marketing pada umumnya yang pernah Anda baca. Kita akan memulai dengan pelajaran yang membuat para ahli butuh waktu bertahun-tahun menguasainya. Cara ini diharapkan akan membuat Anda mampu membuat usaha Anda maju secara positif, menghemat waktu dan menghemat uang.

Inilah yang perlu Anda pahami. Sebelum Anda memulai sebuah internet marketing.

Kebanyakan marketer akan berpikir tentang suatu rangkaian kegiatan marketing. Mereka bekerja keras setiap minggu, dan mulai lagi dari awal minggu berikutnya. Upaya itu hanya akan membawa Anda melangkah jauh. Untuk bisa meningkat, Anda perlu berpikir dalam sebuah sistem dan membangun mesin marketing. Inilah satu-satunya cara mendapatkan hasil 10 kali lipat dan melipatgandakannya 10 kali lebih banyak.

Internet Marketing mulai Dari Menemukan Konsumen

Sebuah internet marketing perlu dimulai berdasarkan konsumen. Siapa konsumen pengguna produk Anda? Apa yang mereka rasakan akan produk Anda? Produk sejenis apa yang mereka gunakan? Apa yang harus dilakukan agar mereka mau membayar produk Anda?

Sebelum melangkah ke strategi internet marketing cobalah bangun percakapan dengan konsumen Anda.

Bagaimana mereka menemukan produk Anda? Proses apa yang harus dilalui konsumen hingga akhirnya memilih produk Anda? Apa penilaian konsumen Anda tentang produk itu?

Kemungkinan dari jawaban pertanyaan tersebut memiliki keterkaitan kecil untuk memahami apakah konsumen menemukan usaha Anda secara online atau langsung. Apa yang mungkin Anda dengar adalah cerita tentang bagaimana produk Anda memecahkan masalah para konsumen tersebut.

Marketing pada dasarnya adalah hubungan antar manusia dan terjadi melalui media online maupun offline. Pada akhirnya konsumen Anda mungkin tidak pernah ingat kenapa bisa menemukan usaha Anda apakah melalui iklan facebook atau rekomendasi teman.

Pernahkah Anda menemukan perusahaan favorit, produk atau layanan paling berkesan?

Mari kita simak sebuah kisah dua perusahaan yang inspirasional ini:

Pertama adalah ModCloth. Sebuah butik online untuk wanita. Seorang konsumen ModCloth yang telah menghabiskan uang sekitar $1000 berbelanja online di situs itu berbagi pengalaman kenapa ia bisa sangat terkesan.

Konsumen ini mendeskripsikan dirinya sebagai seorang wanita karir yang super sibuk namun suka berbelanja. Karena kesibukannya ia kurang senang dengan toko atau butik yang terlalu ramai pembeli hingga akhirnya ia merindukan suasana butik yang eksklusif dan sepi pengunjung. Pada akhirnya seorang teman menyarankan dia memeriksa sebuah situs ModCloth.

Kunjungan pertama dirinya ke ModCloth langsung berkesan dan selalu mengunjungi situs itu untuk memeriksa apakah ada barang yang baru. Akhirnya sang wanita karir ini menyadari bahwa kehadiran ModCloth di dunia online sangatlah kuat. Situs ini sangat aktif di media sosial, cerdas melalui newsletter, dan secara konstan mentarget konsumen melalui iklan facebook merekomendasikan barang-barang yang mungkin disukai.

Hal yang paling diingat wanita karir tadi akan ModCloth adalah bukan bagusnya tampilan iklan online ModCloth melainkan bagaimana ModCloth membantu mengatasi masalah dirinya yaitu menemukan barang yang keren dan unik. Situs ini membuat pengalaman berbelanja menjadi menyenangkan.

Kedua adalah Eagle Rock Brewery dari Los Angeles. Berlokasi di kawasan industri Los Angeles, usaha bir jenis khusus ini (craft beer / microbrewery) telah menjadi idola komunitas konsumen penyuka minuman tersebut. Tempat ini terkenal sebagai tempat nongkrong yang nyaman untuk kumpul bareng teman.

Seorang konsumen berbagi cerita bagaimana ia menemukan tempat ini melalui Yelp yang diberi skor 4,5 bintang.

Menyadari kehadiran eagle rock di Yelp banyak orang berpikiran usaha itu mengeluarkan banyak uang untuk memantapkan eksistensinya di internet. Ternyata asumsi itu salah. Kekuatan utama marketing eagle rock adalah “cerita orang” yang sudah mengalami sendiri. Pemilik usaha telah mendedikasikan hidupnya untuk membuat sebuah tempat yang dicari banyak komunitas penikmat bir di lokasi itu.

Eagle Rock secara cepat mengembangkan reputasi untuk tempat yang khas, komunitas konsumen yang penuh dedikasi, dan produk berkualitas tinggi. Reputasi yang baik itu dikembangkan dengan internet marketing untuk semakin memperluas efek positif yang sudah didapatkannya.

Pentingnya Membangun Profil Konsumen

Profil konsumen mencakup berbagai informasi terkait karakter, pekerjaan, jabatan pekerjaan, tanggung jawab, tempat tinggal sampai perilaku.

Marketing hampir sama dengan berbicara di depan umum. Meskipun Anda berbicara kepada banyak orang, Anda perlu menemukan cara terbaik untuk terhubung dengan pendengar secara individu. Ini berarti penting untuk memahami siapa pendengar Anda dan apa yang membawa mereka ke hadapan Anda.

Saat menyusun profil konsumen, bayangkan mereka sebagai individu ketimbang kelompok. Tinggalkan cara riset pasar tradisional.Mulailah dengan pembicaraan tentang konsumen Anda. Bergerak maju dengan pikiran terbuka dan jangan membuat asumsi. Hasil yang akan Anda dapatkan bisa sangat mengejutkan dan secar dramatis merubah jalur strategi marketing Anda.

Contoh inspiratif manfaat profil konsumen adalah seperti berikut:

Fan Bi mendirikan sebuah usaha online Blank Label pada tahun 2009 setelah menemukan 2 masalah utama di bidang fashion yaitu pertama, baju yang dibeli dari deprtment store belum tentu sesuai ukuran tubuh, dan kedua, penjahit khusus belum tentu cocok dalam hal harga bagi kebanyakan konsumen. Akhirnya Blank Label diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan itu bagi kaum pria.

Awal mulanya, target Blank Label adalah menemukan konsumen kaum pria muda yang mengedepankan gaya dalam cara berpakaiannya. Setelah berbulan-bulan riset profil pengguna melalui email, komunikasi online, dan bantuan software marketing baru disadari bahwa konsumen paling menguntungkan adalah kakek-kakek yang berprofesi sebagai dokter, akuntan dan pengacara.

Di tahun 2011, usaha itu merubah tampilan websitenya menyesuaikan profil konsumen tadi.

Sang pemilik berbagi kepada Internet Retailer mengakui bahwa perubahan tampilan website itu membawa peningkatan penjualan sekitar 25% sampai 30% dalam satu bulan.

Mulai akhir tahun 2012, usaha itu mulai melebarkan pangsa pasar kepada kaum hawa.

Pahami Jalur Pembelian Konsumen

Memahami profil konsumen belumlah cukup. Anda juga akan memerlukan pemahaman yang baik akan nilai hidup mereka, karakter, perlakukan dan kepribadian untuk diubah menjadi penjualan. Kunci utama untuk sukses dalam hal ini adalah dengan mengidentifikasi kekuatan upaya koneksi dengan konsumen yang sudah dilakukan. Untuk panduan, inilah tahapan pertanyaannya:

Apa Cara Paling Umum Menemukan Konsumen untuk Usaha Anda?

Pilihlah inisiatif marketing yang memperkuat suatu hal yang sudah berfungsi dengan baik. Jika Anda meyakini pertumbuhan usaha diakibatkan rekomendasi dari satu konsumen ke konsumen baru maka sebuah program komisi bagi mereka yang membawa konsumen dan menciptakan penjualan akan menumbuhkembangkan usaha Anda.

Apa Pertanyaan Awal yang Kerap Ditanyakan Konsumen?

Gabungkan jawaban atas pertanyaan yang kerap ditanyakan dan masukan ke dalam pesan marketing Anda sampai penawaran penjualan. Antisipasi apa yang prospek inginkan dari Anda. Strategi ini akan membantu Anda memperkuat hubungan personal yang menguntungkan antara Anda dan konsumen.

Apa Pertanyaan Lanjutan Yang Muncul? Bagaimana Proses Keputusan Membeli akan Terjadi?

Tahap ini akan terjadi secara berkelanjutan. Materi marketing Anda seharusnya menjadi panduan bagi konsumen Anda.

Alasan Umum Apa yang Menyebabkan Gagalnya Penjualan?

Batalnya penjualan dapat terjadi pada setiap proses pembelian. Dengan memahami penyebabnya, usaha Anda akan mampu mempertahankan hubungan dengan konsumen.

Evaluasi Jalur Penjualan Usaha Anda

Jalur penjualan merupakan salah satu konsep penting dalam internet marketing. Ini merupakan jalur yang membawa konsumen ke jalur pembelian. Jalur ini sangatlah penting sehingga perlu ada pembahasan khusus nantinya.

Pahamilah bahwa jalur penjualan berbeda antar bidang usaha dan segmen konsumen. Dan bukan tidak mungkin usaha Anda akan memiliki lebih dari satu jalur penjualan.

Media ini akan membantu Anda melihat dan memahami perilaku konsumen di setiap tahapan marketing. Sebagian dari pengunjung website Anda akan terus bertahan sampai tujuan marketing selesai dan bahkan lebih banyak lainnya tidak melakukan hal itu.

Pembatalan pembelian dalam setiap proses penjualan adalah normal. Kuncinya adalah untuk memahami kenapa itu terjadi dan meminimalisirnya.

Jadi buatlah ilutrasi jalur penjualan Anda sendiri. Jangan meniru jalur penjualan usaha lainnya.

Satu hal penting perlu diingat adalah untuk berorientasi pada hubungan saling menguntungkan. Jalur penjualan akan menjadi lensa hubungan antar manusia yang Anda bangun dengan konsumen.

Pahami Lokasi Terbaik untuk Internet Marketing

Pelaku usaha memanfaatkan internet marketing untuk meraih beberapa jenis tujuan antara lain:

  1. Membangun brand awareness suatu produk atau layanan
  2. Berinteraksi dengan prospek dari semua arah
  3. Mengembangkan usaha dengan konsumen yang sudah ada

Kesemua tujuan diatas memiliki tujuan akhir yang sama yaitu meningkatkan pendapatan.

Menggunakan ilustrasi ModCloth tadi berikut ini adalah gambaran lebih detilnya:

ModCloth menjalankan program “jadi pembeli” untuk mendidik konsumen tentang produk baru yang akan diluncurkan. Cara ini sangatlah kuat untuk membangun interaksi dan informasi kepada konsumen tentang suatu hal baru dengan cara yang menarik perhatian. Itu merupakan suatu cara yang dahsyat untuk memberi kesempatan konsumen mengartikan brand bisnis Anda.

ModCloth melakukan target lanjutan kepada konsumen melalui “Facebook Feed”. Cara itu terus menarik minat konsumen untuk membeli.

Setelah penjualan, ModCloth mengirimkan pesan kepada konsumen untuk mengulas produknya. Mereka juga mengirimkan pengingat bahwa konsumen yang mengundang temanya akan mendapat diskon untuk pembelian selanjutnya. Diskon itu merupakan dorongan ampuh untuk membuat brand bisnis semakin tumbuh besar.

Rencana marketing Anda idealnya mencakup kesemua tahap ModCloth tersebut. Anda mungkin ingin menterjemahkan inisiatif semacam ini ke posisi bisnis Anda. Misalnya, jika Anda baru saja meluncurkan sebuah bisnis, maka prioritas utamanya adalah brand awareness. Saat bisnis Anda sudah cukup matang, langkah selanjutnya adalah fokus menumbuhkan bisnis dengan konsumen yang sudah ada atau meningkatkan interaksi dengan prospek.

Setiap usaha marketing sudah sepantasnya memiliki keterkaitan dengan pendapatan. Seringkali para pemasar tidak yakin dari mana harus mulai dalam proses menemukan konsumen. Dengan banyaknya pilihan dan strategi untuk dipertimbangkan bagaimana Anda bisa tahu mana yang terbaik untuk bisnis Anda?

Jawabannya tidak sesulit yang dibayangkan

Dimanakah inisiatif marketing akan cocok dengan biaya yang Anda keluarkan untuk mendatangkan konsumen?

Jika Anda tidak dapat menjawab pertanyaan diatas, mungkin sebaiknya Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk inisiatif semacam itu.

Ingatlah bahwa dalam bisnis, waktu adalah uang. Dalam marketing, sejatinya tidak ada yang gratis. Setiap strategi, inisiatif, dan upaya marketing memiliki dampak biaya.

Setiap jenis tujuan marketing akan memiliki hasil akhir dan takaran sukses berbeda untuk diukur. Kita akan menggali lebih dalam tentang ini dalam pembahasan selanjutnya. Sekarang, marilah kita perkuat pemahaman dasar bagaimana internet marketing membangun koneksi dengan konsumen potensial Anda.

Tujuan yang akan dijelaskan berfungsi untuk semua media atau jalur marketing. Pada tahap ini mungkin ada yang berpikir bahwa cara PPC merupakan opsi terbaik untuk membangun brand awareness dan email marketing merupakan cara terbaik membangun kembali hubungan dengan konsumen potensial.

Kenyataannya adalah Anda tidak dapat berpikir tentang jalur marketing sebagai satu hal mutlak. Akan ada beberapa pilihan yang menghasilkan capaian lebih baik ketimbang pilihan lainnya, namun hal ini bukan karena satu strategi lebih baik dari strategi lainnya dalam menemukan konsumen potensial. Apa yang penting adalah bagaimana setiap strategi saling melengkapi dan menjelma menjadi hasil untuk model bisnis Anda. Tujuan Anda lebih besar dari media marketing yang akan Anda pilih.

Beberapa opsi akan bekerja lebih baik dibandingkan opsi lainnya. Belum yakin untuk mulai dari mana?

Lihatlah konsumen atau prospek Anda untuk mendapatkan jawabannya. Apakah mereka merupakan tipe konsumen yang akan berinteraksi dengan iklan PPC? Apakah mereka merespon konten marketing Anda atau mereka memiliki waktu menjawab email marketing Anda? Saat mencari strategi marketing yang tepat untuk meraih tujuan marketing Anda, kunci utamanya adalah dengan melihat bagaimana konsumen menanggapi Anda dan bekerja secara kebalikannya.

Kunci Penting Terapkan Cara Menemukan Konsumen Potensial

  • Marketing diawali dengan konsumen Anda. Sebelum memulai sebuah upaya marketing, pastikan Anda mempelajari apa yang konsumen inginkan dan butuhkan. Ingatlah bahwa konsumen merupakan prioritas utama. Karena merekalah bisnis Anda lahir.
  • Saat menentukan apa yang konsumen Anda inginkan, pastikan Anda memahami jalur yang mereka lalui untuk mencapai pembelian. Ini berarti memperhatikan media marketing yang bisnis Anda gunakan.
  • Abaikan para ahli marketing yang menyarankan Anda untuk segera terjun dan coba sendiri. Ini merupakan sebuah langkah menyepelekan yang akan berakibat pada bengkaknya biaya marketing dan habisnya waktu sia-sia. Yang Anda perlukan adalah melakukan uji coba atas rencana yang sudah dibuat. Dan rencana itu sudah seharusnya berkutat pada konsumen tanpa kecuali. Pada akhirnya Anda akan mulai memahami cara menemukan konsumen potensial untuk bisnis Anda.

2 Comments

  1. hyden November 27, 2015
  2. Pingback: Strategi Beli Trafik untuk Bisnis Online I Februari 4, 2016
  3. Pingback: Iklan Gratis Untuk Tambah Trafik Februari 10, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+