Memanfaatkan Facebook untuk Usaha Kecil

Memanfaatkan facebook untuk usaha kecil sudah cukup populer sebagai media promosi saat ini selain membuat blog. Apalagi untuk usaha kecil, media sosial jembatan penghubung kalangan pelaku usaha dengan konsumen. Faktor pemikat paling utama media sosial bagi usaha kecil adalah sifatnya yang masif dan gratis.

Namun, tetap saja pelaku usaha kecil perlu memahami berbagai tips untuk mengoptimalkan media sosial bagi usaha mereka. Apa saja tips itu?

Promo

Berbagai bentuk promo baik diskon atau gratis merupakan daya pikat utama untuk menarik minat konsumen.

Buatlah sebuah gambar yang menunjukan promo produk usaha kecil Anda dan upload di facebook. Beri perintah sederhana kepada pengguna facebook yang tertarik atas promo itu melalui pembuatan fanpage atau status update  sebelum mereka bisa mengklaim promo produk yang ditawarkan.

Bagi mereka yang tertarik tentu akan melakukannya. Jika sudah demikian, secara tidak langsung usaha kecil Anda akan ikut tersebar seiring dengan bertambahnya “like” para peminat promo itu.

Ledakan share yang terjadi bisa tak terbendung karena sifat personal media sosial itu sendiri. Metode ini akan membuat promosi usaha kecil Anda menembus berbagai komunitas dengan mudah karena direkomendasikan oleh komunitas itu sendiri.

Dalam kurun waktu tertentu jumlah pengikut yang sudah memberi “like” atas promo itu akan bertambah. Dengan sendirinya promosi berikutnya melalui facebook akan selalu terbagi ke dalam komunitas itu. Hasilnya? Iklan gratis bukan?

Foto

Setelah beberapa saat melakukan launching usaha kecil di media sosial, ajaklah beberapa konsumen setia untuk mengupload foto mereka saat menggunakan produk Anda. Anda bisa meminta mereka melakukannya atau Anda yang mengupload foto mereka di fanpage Anda.

Orang suka dengan publisitas, jadi konsumen Anda pasti senang jika foto mereka dengan produk Anda dipamerkan di fanpage itu. Lebih jauh lagi, pengguna facebook lainnya akan mulai tertarik akan produk Anda karena melihat orang lain sudah menggunakannya.

Bonus Ulasan

Tawarkan potongan harga kepada konsumen yang memberi ulasan singkat atas produk Anda dan memuatnya di wall facebook mereka. Komunitas konsumen yang memiliki koneksi dengan pembuat ulasan tentu akan merasa penasaran tentang produk yang dibicarakan, mereka inilah calon konsumen potensial berikutnya atas usaha kecil Anda.

Untuk menumbuhkan ketertarikan yang lebih besar, Anda dapat mengadakan kontes atas hasil ulasan yang diberikan konsumen, dan pemenangnya mendapatkan diskon lebih besar atas produk yang Anda tawarkan. Orang akan merasa senang saat mengetahui dirinya memenangkan hadiah.

Bertanya

Cara ampuh terakhir adalah bertanya langsung kepada konsumen Anda. Jangan sungkan untuk bertanya apa yang kurang dari produk Anda dan apa yang mereka suka dari produk Anda.

Konsumen lebih senang menghabiskan uangnya kepada usaha kecil yang mau mendengar apa yang mereka sampaikan untuk menjawab kebutuhan suatu produk.

Coba Memanfaatkan Facebook untuk Usaha Kecil

Pahami masukan yang diberikan konsumen, ambil positifnya dan terapkan sebanyak mungkin di pengembangan produk Anda selanjutnya. Jika semakin banyak konsumen berpikir bahwa Anda benar-benar mendengarkan apa yang mereka mau, dalam hitungan waktu mereka akan lebih memilih usaha kecil Anda dibandingkan bisnis pesaing yang tidak terlalu memikirkan keinginan mereka.

Siap melakukan perubahan dalam memanfaatkan facebook untuk usaha kecil?

9 Comments

  1. Zippy Maret 3, 2013
    • Okto Maret 4, 2013
  2. Kucing Dolby Maret 4, 2013
  3. Nakusan Bali Maret 4, 2013
  4. Jefry Maret 5, 2013
  5. afdil Maret 10, 2013
  6. adied April 8, 2013
    • Okto April 9, 2013
  7. Sydney Computer Repair Mei 15, 2013
  8. Pingback: 9 Keuntungan Facebook Fanpage I Agustus 6, 2013
  9. Pingback: Beberapa Keuntungan Mempunya Fan Page Facebook Mei 13, 2014
  10. Pingback: 5 Tips Jitu Dan Sukses Berbisnis Online Agustus 8, 2014
  11. Pingback: Psikologi Bisnis dalam Usaha Online November 2, 2015
  12. Pingback: Fakta Penting Corporate Blog Desember 18, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge