Cara Mudah Menambah Traffic Blog dengan Komentar di Blog Lain

Sumber gambar : majalah.hidayatullah.com

Komentar di blog lain, merupakan salah menu wajib untuk seorang blogger. Jika Anda blogger dan suka menulis, tentu Anda pernah meninggalkan komentar di blog lain, meskipun hanya sekali seumur hidup. Namun tahukah Anda jika komentar yang Anda tinggalkan di berbagai blog di internet dapat menjadi cara mudah menambah traffic blog Anda sendiri?

Ingatkah Anda berapa banyak komentar yang sudah Anda tinggalkan di blog lain? Jangan dihitung, saya hanya menggoda Anda, mustahil untuk mengingat berapa jumlah komentar yang Anda tinggalkan di blog lain secara pasti.

Namun, jika Anda melihat lebih dalam lagi … pernahkah Anda berpikir untuk sedikit melakukan evaluasi atas berbagai komentar yang Anda tinggalkan? Saya tidak bermaksud untuk mengajarkan Anda menjadi orang yang “itungan” namun bukankah akan menjadi menarik jika komentar Anda berbuah traffic blog untuk blog Anda sendiri?

Jika sudah berbicara traffic blog, adakah blogger yang tidak membutuhkan traffic blog?

Yah .. memang kata traffic blog sangat menggoda blogger untuk membaca lebih jauh ke dalam artikel ini. Jadi mari kita bahas bersama …

Iklan
Tingkatkan traffic blog dengan mendaftar link ke SEO Web Directory

Menambah traffic blog dengan komentar? Berapa banyak traffic yang bisa didapatkan dari komentar?

Mungkin perlu saya sampaikan terlebih dahulu bahwa, artikel ini merupakan sebuah pemikiran, jadi saya tidak bermaksud untuk menjadi guru dalam hal ini, karena saya sadar rekan pembaca semua merupakan blogger berpengalaman dan komentar di blog lain merupakan menu sehari-hari yang menjadi “bakat sejak lahir”.

Nah, sekarang mari kita bahas bersama tentang cara mudah menambah traffic blog dengan komentar di blog lain.

1. Jadi pemberi komentar yang pertama (atau setidaknya tinggalkanlah sebuah komentar).

Bahasa kerennya adalah “be the first”. Apa iya ini berpengaruh dalam meningkatkan traffic blog Anda? Sebenarnya ini berkaitan dengan psikologi pembaca blog itu sendiri.

Jika artikel yang Anda beri komentar itu sangat menarik, dan Anda berhasil menjadi pemberi komentar yang pertama maka … itu ibarat Anda memasang iklan di blog lain secara gratis. Mengapa demikian? Karena pembaca kedua, ketiga, dan seterusnya akan melihat komentar Anda terlebih dahulu sebelum mereka akhirnya meninggalkan komentar tambahan di blog itu.

Namun itu adalah teori, dalam praktiknya hasilnya bisa berbeda-beda. Karena menjadi pemberi komentar pertama saja tidak serta merta menjamin link komentar Anda akan di klik oleh pengunjung lainnya. Ini terjadi karena persaingan semakin berat dimana kondisi ini membuat pembaca sudah terbiasa dengan berbagai komentar yang biasa-biasa saja.

2. Berikan nilai lebih pada komentar Anda.

Melanjutkan poin sebelumnya, maka ada baiknya Anda menambahkan nilai lebih pada komentar yang Anda tinggalkan agar komentar Anda tidak biasa-biasa saja dan menarik perhatian pembaca lainnya.

Memang cukup sulit untuk menentukan sebuah nilai dalam komentar blog namun tetap ada jalan untuk bisa memberikan sebuah nilai pada komentar Anda. Cara mudah dalam memberi nilai lebih pada komentar Anda adalah melalui pertanyaan ini :

*Apakah Anda menguasai pembahasan dalam artikel blog itu?

*Apakah Anda tertarik dengan topik artikel blog itu?

*Apakah artikel blog itu memberi manfaat kepada Anda sebagai pembaca? Jika iya, ceritakanlah bagaimana opini penulis dapat membantu menyelesaikan masalah Anda.

*Apakah ada beberapa hal yang belum dibahas/kurang dalam artikel itu? Jika  iya berikanlah masukan atas kekurangan itu, jika tidak berikanlah dukungan Anda dan bagikanlah pengalaman sebagai bentuk dukungan Anda.

Jika semua jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan di atas adalah “ya” maka kemungkinan besar komentar Anda memiliki nilai lebih, baik di mata pemilik blog ataupun di mata pembaca lainnya. Dengan nilai lebih itu, tentu Anda akan mendapatkan ekstra traffic blog. Untuk memastikan kerja keras Anda dalam memberi komentar, Anda bisa memeriksanya melalui data google analytics.

3. Tinggalkan komentar di tempat strategis.

Maksud tempat strategis di sini adalah blog atau website tentunya. Namun apakah semua blog adalah tempat strategis? Jawabannya relatif. Bagi saya, yang seorang part-time blogger, waktu sangatlah penting oleh karena itu saya berupaya menghabiskan waktu menulis dan promosi blog semaksimal mungkin.

Bagaimana menentukan tempat strategis untuk meninggalkan komentar ?

Tempat strategis yang saya maksud adalah suatu artikel blog yang berpotensi memiliki traffic tinggi. Mana sajakah itu?

  • Artikel dengan Search Engine Rank Position (SERP) yang baik. Cara mudah untuk menemukan artikel jenis ini adalah dengan memanfaatkan mesin pencari. Ketikan saja kata kunci yang Anda inginkan dan lihat hasilnya. Kunjungi seluruh link hanya pada halaman pertama saja, baca, dan tinggalkan komentar Anda di artikel blog itu. Artikel dengan SERP yang baik memiliki potensi untuk dibaca para pencari informasi yang menggunakan mesin pencari. Bisa dibayangkan bukan bila komentar Anda ada di artikel-artikel dengan SERP yang baik? Itu ibarat promosi gratis untuk link blog Anda. (baca : tips SEO untuk blogger)
  • Recent Posts/Artikel Terbaru. Artikel terbaru sebuah blog memiliki kemungkinan besar untuk dibaca oleh pengunjung blog itu. Jika Anda meninggalkan link komentar di artikel blog itu, tentu saja Anda memiliki peluang juga untuk mendapatkan traffic dari blog itu.
  • Popular Post/Artikel Terpopuler. Artikel paling populer memiliki indikasi bahwa mayoritas pengunjung blog membaca artikel itu, jadi pastikan Anda meninggalkan komentar di sana agar pembaca lain mengenal Anda dan link blog Anda. (baca : cara membuat artikel berpengaruh di internet)
  • Blog yang memberikan traffic referral terbaik bagi blog Anda. Untuk mengetahuinya, Anda perlu memperhatikan data statistik sumber traffic blog Anda. Dari data itu akan tampak blog mana yang memberikan banyak traffic untuk blog Anda, sebagai tanda terima kasih tentu Anda dapat memberikan komentar juga sebagai masukan yang bermanfaat. (baca : cara meningkatkan traffic blog dengan memanfaatkan data google analytics)
  • Blog yang Anda kenal. Jika komentar Anda menunjukkan adanya kedekatan sebagai teman dengan pemilik blog, ini akan memberi keuntungan kepada Anda. Di mata pembaca lainnya Anda memiliki nilai lebih, selain kualitas komentar yang Anda berikan. Dengan demikian Anda memiliki peluang lebih untuk mendapatkan traffic dari pembaca lainnya. (baca : top 10 blog tentang blogging di Indonesia)

Komentar pada sebuah blog merupakan salah satu cara promosi blog yang sangat mudah dilakukan. Dan jika diterapkan dengan tepat tentu komentar pada suatu blog bisa menjadi cara mudah menambah traffic blog Anda sendiri.

Iklan
Ingin nyaman Nge-blog dengan upload gambar atau video?
(Pakai kupon “NotOrdinaryBlogger” untuk Diskon 25%)

Semua orang dapat meninggalkan komentar dengan mudah, namun belum tentu semuanya mendapatkan traffic blog yang maksimal atas komentar-komentar yang telah ditinggalkan di berbagai blog.

Iklan
Hemat waktu Anda untuk membangun link berkualitas dari blog PR tinggi

Ini hanyalah sebuah pendapat Anda tentu sudah terbiasa meninggalkan komentar di blog lain sebagai cara menyebar link selain untuk tujuan menambah traffic blog. Anda pasti punya pendapatkan soal ini? Bagikanlah pendapat Anda agar kekurangan artikel ini dapat disempurnakan. Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di kolom yang tersedia

Panduan Gratis Mendulang Dollar Dari Internet
Comments
  1. sekedar info aja, mungkin ga selamanya komentar pertama berada pada posisi teratas, karena bisa saja pemilik blog mengatur urutan komentarnya dari yang terbaru sehingga komentar terbarulah yang ada di bagian teratas… #heheh
    Fakry Naras Wahidi recently posted..Privasi Bermain Game Dengan Head SetMy Profile

    • Okto

      Hi Mas Fakry,

      Setuju sekali Mas, itu sebabnya saya sampaikan juga bahwa “be the first” hanyalah teori dan yang terpenting adalah meninggalkan sebuah komentar bermanfaat. :)

      • satu lagi mas okto. kalau kita tidak mendapatkan pejwan apalagi pertamax kita bisa membalas komentar pada komentar pertama postingan. tentu bobot komentarnya harus sesuai dengan poin2 di atas. thanks ilmunya :)
        Denggol recently posted..Website Terbaik dan Gratis untuk Belajar Bahasa InggrisMy Profile

        • Okto

          Bener tuh, itu bisa jadi alternatif yang baik. Terima kasih sudah ditambahkan.

          • Aneuk Bangai

            Ikutan komen ah….

    • Yups, komentar yang bermanfaat dan nyambung. Cari dan pasang backlink sah-sah aja tapi harus tetep jaga sopan santun dan etika dalam berkomentar. Emang banyak manfaat komentar di suatu blog, selain dapat backlink kita bisa juga memeperbanyak temen
      Mauizach recently posted..Mars Estimated Having a Life in Millions of Years AgoMy Profile

  2. coba ah..siapa tau ada yg ngunjungi…hehee
    onlapak recently posted..Les Private Matematika untuk SD,SMP,SMAMy Profile

  3. reza

    Pada kenyataanya orang tidak lagi melihat be the first, tp mereka melihat pagerank postingannya. Tujuaannya agar koment yang diapprove nanti mendapatkan pagerank tinggi untuk mendapatkan backlink yang berkualitas bagi blog si pengunjung
    reza recently posted..9 Cara Cepat Memanjangkan Rambut AndaMy Profile

    • Okto

      Ada benarnya juga. Tapi untuk memastikan ada baiknya juga kita melihat data traffic, jadi kita bisa menilai apakah berkomentar di blog lain benar-benar mendatangkan pengunjung atau tidak

  4. arif

    saya sedang berusaha meningkatkan BW, makasih jadi pengingat :D
    arif recently posted..Nine Golden HabitsMy Profile

  5. Okto, I translated this to English and then read it :) And I definitely agree about being the first commentator especially if the blog is a well-known one and that it receives good amount of traffic and engagement. Cheers!

    PS – Check out my giveaway of CommentLuv Premium! Take part :)
    Raaj Trambadia recently posted..(Giveaway) CommentLuv Premium Multi-Site License My Profile

    • Okto

      Hi Raaj,

      So sorry for the inconvenience, I have planned to publish the english version soon. “be the first” some how is the easiest ways to steal some traffic referral but it’s not an absolute things to do, because sometimes the blog owner put our comments way down below though we are the first one to comment.

      Giveaway? I’ll take part my friend. Thanks for letting me know about it and thanks for visiting :D

  6. selain mendapatkan trafik dr berkomentar, jg mendapatkan backlink gratis..:D
    kita hrs pinter2 berkomentar agar pengunjung lain mau klik link kita.

    makasih kawan dah berbagi. salam sukses…
    Nakusan Computer recently posted..Kumpulan Theme Hyperdesk Windows XPMy Profile

    • Okto

      Kreativitas dan manfaat dalam berkomentar tentu akan mendatangkan keuntungan tersendiri. Sebagai bonusnya adalah backlink dan tambahan jumlah pengunjung dari blog lain :D

  7. Thanks gan…. i like it this post

    Check This one

    http://oke-car.blogspot.com/
    Aris Blog recently posted..Mazda CX-5180 Concept (2012)My Profile

  8. rin

    boleh gak minta pendapat tentang blog ku???em…konsultasi gratis..heheh

    http://belajarmembacaalam.blogspot.com

    bagai mana menyusun tataletak yang baik, dan gimana buat blog ga berat walau kita suka post gambar???

    terimakasih.

  9. trimakasih atas ilmunya semoga selalu bermanfaat untuk semua orang

  10. makasih banyak atas ilmunya,,,
    semngaaaaaatttttt

  11. Keren nih ilmunya, makasih banyak ya… saya bukan the first tapi saya coba ah :D siapa tahu dapet traffic.

    Homepage saya: http://www.pricepanda.co.id
    Facebook: http://www.facebook.com/PricePandaIndonesia

    Kira kira bisa lebih banyak nggak ama trafiknya si Onlapak, onlapak kan first ;) dan post saya paling akhir..

  12. mantap gan .
    makasih info.a .
    Maruf recently posted..Pendekatan GeografiMy Profile

  13. wah.. bagus skali contentnya
    akira recently posted..A new and improved Templatic.comMy Profile

  14. wah berguna banget nih, coba ah kali aja trafic nambah

  15. Donny A

    Artikel yang sangat menarik, mengingat saya sedang membangun sebuah toko online. InsyaAllah dalam waktu dekat sudah bisa beroperasi.

  16. nih, saya coba komentar – bakal menjadibe the last gak yaaa? *Trima kasih :)

  17. Calliesta Collection

    terimakasih atas arahan pembagian link ini.
    info yang sangat membatu.
    tq

  18. Koment disini Mudah mudahan trafik aq tinggi

  19. Saya baru giat blogwalking saat ngeblog dengan hosting sendiri. DAri jaman dulu ngeblog, cuma asik nulis. Lupa kalau BW bisa ningkatin traffic blog dan sarana promosi
    Said Rahman | @bangsaid recently posted..30 Hari yang Luar BiasaMy Profile

    • Okto

      Bw bisa dibilang cara termudah untuk dapat trafik (asal dilakukan dengan benar) :)

  20. Ilmunya bagus banget mas, saya juga sedang mencari cara untuk mendapatkan backlink berkualitas. seperti backlink dari blog berPR tinggi. Mungkin bagi saya itu berpengaruh sih mas. Tapi makasih mas atas ilmunya, akan saya coba.

    • Okto

      Semoga bermanfaat :)

  21. Kami selalu membaca artikel blog yang kami kunjungi dan mencoba memahami isinya dan “meninggalkan komentar” …. yaa kalau ingin mendapatkan sesuatu sudah sewajarnya memberi … ini cara favorite saya untuk meningkatkan trafik dan dari sini akhirnya terjalin silaturahmi … hidup jadi lebih berwarna dan tidak merasa hidup sendiri.
    Edi – aura ide recently posted..6 Tips Mengatasi Susah Tidur untuk RemajaMy Profile

    • @Edi : setuju sekali, untuk mendapatkan kita perlu memberi sebuah konsep sederhana meningkatkan trafik melalui komentar. Terima kasih sudah berbagi pendapat
      Okto recently posted..Sejarah Bisnis Coca Cola : Pelajaran dari Perjalanan Bisnis 127 TahunMy Profile

      • Gunawan

        saya setuju kalau mau tinggalkan komentar sebaiknya baca dulu artikelnya,,agar komentarnya nyambung…terkadang komentar hanya diisi dengan link promosi produk saja…

        nice info gan..

  22. artikel nya bagus2 . blog saya baru lahir nich jadi masih men-cari2 supaya blog saya bisa dlihat pengunjung. mksh info nya salam kenal aja.
    Achmad syarifudin. recently posted..RumahMy Profile

  23. terimakasih gan, betul juga jadi lebih tahu dimana tempat blogwalkinhg yang lebih baik

  24. baru kali ini saya berkunjung kesini dan saya baca bebeapa artikel. Sangat luar biasa… TOP BGT.

  25. Sangat menarik, penjelasannya tidak berbelit-belit, pokoknya sangat menarik tulisannya :)

  26. artikelnya bagus buat pemula :) tertarik ,, tertarikk :)
    Antiko recently posted..Jual Fly Ash di Kota MalangMy Profile

  27. makasih, setelah saya baca artikel dan komennya menambah manfaat buat pemula seperti ane… salam kenal… :)
    Akmal Meuble recently posted..Akmal MeubleMy Profile

  28. joe

    wah…wah..benar mas bro, ane lupa neh tips yg satu ini be the first…moga-moga dengan meninggalkan jejak di sini ane bisa lebih banyak ngajak teman-teman untuk forex..makasih tips nya mas bro

    Kemudahan Deposit Forex Dengan Bank Lokal dan ATM Bersama

  29. Rina Rohma Febriana

    terimakasih informasinya :)
    informasinya sangat membantu dan sukses selalu :)
    Rina Rohma Febriana recently posted..GREEN FOR RED WHITE WAPALA ST3 TELKOMMy Profile

  30. aldy

    kunjungi blog ane ya
    blog baru sederhana : http://gadgetmatot.blogspot.com/
    makasih
    aldy recently posted..nokia X, penasaran??My Profile

  31. Inspiratif. Tapi kebanyakan artikel bagian yang dibaca umumnya bullet poinnya aja.
    Btw keren banget di commentnya ada pilihan link blog yang kita buat.
    afna recently posted..Facebook Teman Mengganggu? Jangan Di UnfriendMy Profile

  32. nice blog

  33. boleh dibilang komentar ini karena saran dari tulisan diatas, dan saya telah menjalankannya. lansung praktik, hehe :D
    akbar recently posted..Download Aplikasi Android di Google Play Melalui PCMy Profile

  34. Ditunggu nih min kunjungan baliknya
    Haidar Shalahuddin recently posted..Tutorial Menghilangkan Background Gambar Dengan Photshop (2 warna)My Profile

  35. sangat bermanfaat,.khususnya buat aq newbi..kunbalnya om :)

ADD YOUR COMMENT

*

CommentLuv badge