Cara Mudah Memanfaatkan Informasi Mendasar dari Data Google Analytics untuk Meningkatkan Traffic Sebuah Blog

Google analytics merupakan sebuah media yang bisa memberi rasa mudah kepada pemilik blog untuk memantau perkembangan traffic blognya.

Lebih jauh lagi, google analytics bisa memberi Anda gambaran tentang rencana kedepan untuk meningkatkan traffic sebuah blog.

Sebenarnya jika Anda pelajari lebih dalam, banyak informasi detail dari google analytics yang mudah untuk dimanfaatkan untuk tujuan bisnis.

Namun demikian, notordinaryblogger tetap konsisten untuk memberikan informasi mendasar yang sifatnya mudah dan sederhana agar Anda bisa dengan mudah juga memahami dan menerapkannya.

Apa saja sih informasi mendasar dari data google analytics?

Traffic Source (asal pengunjung blog Anda)

Sebagai pemilik blog, tentu kita perlu tahu dari mana saja asal pengunjung blog kita. Perlu diketahui bahwa “asal pengunjung” yang saya maksud bukanlah negara atau kota melainkan “organic” atau “referral”. Organic berarti pengunjung Anda berasal dari mesin pencari sedangkan referral berarti pengunjung blog Anda berasal dari situs lain.

Keywords (kata kunci)

Keywords merupakan kata kunci yang digunakan pengguna mesin pencari yang membawa mereka kepada blog Anda.

Landing Page

Landing page merupakan pintu masuk pengunjung blog kepada blog Anda. Untuk memudahkan mari kita lihat ilustrasi di bawah

Bounce Rate

Bounce rate adalah prosentase rata-rata dari durasi waktu yang dihabiskan pengunjung untuk membaca artikel Anda. Saya sendiri tidak begitu paham cara penghitungannya, namun semakin kecil bounce rate Anda, bisa diartikan itu semakin baik.

Average Visit Duration

Average visit duration merupakan waktu rata-rata yang dihabiskan pembaca untuk melihat konten blog Anda. Semakin lama tentu semakin besar peluang Anda untuk bisa menghasilkan uang lewat blog Anda.

Traffic Referral (penghasil pengunjung bagi blog Anda)

Mungkin Anda sedikit bingung di sini. Traffic referal merupakan bagian dari traffic source, hanya saja lebih mendetail. Biasanya data yang tertera dalam traffic source adalah tulisan berupa alamat blog. Ini berarti pengunjung Anda datang dari blog itu.

Dari ilustrasi di atas, bisa dikatakan bahwa pengunjungblog.com berkontribusi sekali dalam memberikan pengunjung untuk blog saya, notordinaryblogger.com

Lalu Bagaimana Cara Mudah Memanfaatkan Informasi Mendasar dari Google Analytics tadi Untuk Rencana Meningkatkan Traffic Blog Anda di Masa Depan?

Traffic tidak kalah penting dari sebuah konten blog. Tanpa pengunjung, kebanyakan blogger menjadi patah semangat untuk terus nge-blog. Traffic juga memperbesar peluang Anda untuk menghasilkan lebih banyak uang dari blog.

Cara termudah untuk meningkatkan traffic adalah dengan menciptakan konten (bisa artikel atau bentuk lainnya) sebanyak mungkin dalam waktu cepat. Namun saya sendiri memilih melakukan pembaharuan artikel blog setidaknya seminggu sekali.

Selain konten, hal lain yang tidak kalah penting adalah Search Engine Optimization atau lebih dikenal dengan sebutan SEO.

Ok, sekarang mari kita lihat cara mudah memanfaatkan informasi mendasar dari google analytics untuk meningkatkan traffic blog. Tidak usah jauh-jauh mari gunakan data google analytics saya, dan akan saya sampaikan juga rencana apa yang saya gunakan untuk meningkatkan traffic bulanan saya.

Tertarik? Baca terus ya ….

Data Organic Traffic

Mari kita lihat kembali data traffic dari laporan bulanan Agustus

Dari data traffic bulan Agustus di atas, bisa dikatakan bahwa notordinaryblogger sangat bergantung pada mesin pencari Google. Hal ini menjadi wajar mengingat saya tidak mengembangkan rencana untuk membangun sebuah daftar email (email lists) untuk pelanggan informasi di notordinaryblogger.

Sepertinya memang saya akan tetap bertahan seperti itu karena terkendala oleh konsep blog ini sendiri yaitu blog dua bahasa. Pelanggan informasi notordinaryblogger tentu tidak nyaman mendapatkan update informasi dalam bahasa yang tidak begitu ia pahami.

Pada akhirnya, mau tidak mau saya harus lebih memantapkan keahlian dalam menciptakan artikel yang ramah dalam hal SEO untuk meningkatkan traffic blog setiap bulannya.

Data traffic referral

Seperti sudah saya bahas sedikit sebelumnya bahwa pengunjungblog.com memiliki kontribusi berarti dalam menambah jumlah pengunjung ke notordinaryblogger.com. Jika Anda melihat tabel di atas, pengunjungblog.com menempati nomor 3 sebagai penghasil traffic untuk notordinaryblogger.com.

Kebetulan saya kenal dengan pemilik blognya dan saya pernah menjadi penulis tamu di sana. Lantas, apa yang seharusnya saya lakukan untuk meningkatkan traffic blog?

Tentu dengan meningkatkan jumlah interaksi di pengunjungblog.com. Trik termudah untuk meningkatkan interaksi adalah dengan berkomentar. Khusus untuk itu, saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai Cara Mudah Meningkatkan Trafik Blog Dengan Komentar untuk edisi artikel bahasa Indonesia bulan Oktober 2012.

Sedangkan untuk pengunjung dari blog asing, tentu amazingbloggers.net menjadi tempat ideal untuk itu. Selain tentunya saya juga berkomentar di blog-blog asing lainnya.

Facebook?

Facebook menempati posisi ke-4 sebagai pemberi trafik untuk notordinaryblogger pada bulan Agustus 2012. Ini merupakan pertanda baik mengingat saya juga meluncurkan produk sendiri yang disebut social signal marketing. (saat ini jasa social signal marketing sudah tidak berlaku)

Untuk kedepannya tentu saya akan lebih fokus ke facebook, twitter dan linkedin sebagai media promosi blog, mempromosikan produk sendiri, sekaligus meningkatkan popularitas artikel blog.

Average visit duration’

Apa yang bisa dipahami dari ‘Average visit duration’? Data ini bisa menunjukkan apakah pembaca menyukai konten blog Anda atau sebaliknya. Bisa juga ini menjadi indikasi pembaca menemukan apa yang mereka cari.

Semakin menjadi ideal jika disandingkan dengan ‘bounce rate’. Jika average visit duration lama dan bounce rate rendah dapat diartikan pembaca benar-benar menyukai konten blog Anda. Jika sudah demikian peluang bisnis akan semakin mudah dijalankan bukan? Anda dapat mulai menawarkan berbagai produk sebagai cara menghasilkan uang lewat blog.

Bagaimana dengan keywords? Lihatlah ilustrasi di bawah ini.

Dari data sederhana di atas, dapat disimpulkan bahwa kata kunci yang mendatangkan traffic (dari mesin pencari) untuk notordinaryblogger adalah seputar mencari uang dari blog atau make money online. Itulah sebabnya lahir beberapa artikel pada bulan September yang berjudul :

  • Are You Making The Right Business Choice? (postingan tamu ini dihapus karena menyalahi aturan)

Tujuannya adalah untuk menjaring lebih banyak traffic blog. Hasilnya? Mari kita lihat perbandingan prosentase kunjungan berikut ini.

Peningkatan Trafik Blog

Analisa sederhana di atas bisa menunjukkan kepada Anda tentang bagaimana respon pengunjung atas konten yang Anda sajikan melalui blog. Respon yang baik tentu berakibat baik pula untuk rencana mengembangkan blog Anda di masa mendatang.

Pada saat Anda memiliki jumlah pengunjung bulanan yang stabil setiap bulannya, tentu semangat Anda untuk tetap meningkatkan performa blog tetap terjaga atau bisa jadi semakin bertambah.

Iklan
Hemat waktu Anda untuk membangun link berkualitas dari blog PR tinggi

Hanya mengandalkan artikel berkualitas saat ini rasanya masih kurang untuk mendapatkan hasil optimal dari sebuah blog khususnya dalam hal mencari uang. Sangat banyak blog bermunculan saat ini dengan kualitas juara, oleh karenanya kita perlu strategi jitu dalam meningkatkan traffic blog diantara persaingan tadi.

Ibarat sebuah toko, sebagus apapun toko itu tidak akan ada artinya jika tidak ada pembeli yang datang

Sekarang bagaimana Anda bisa mendapat hasil maksimal setelah membaca artikel ini?

Cukup mudah, gunakanlah tips yang menurut Anda sesuai, atau modifikasi tips yang saya gunakan dengan trik yang Anda punya. Kapasitas saya di sini hanyalah berbagi pengalaman bukan untuk mengajari Anda.

*Postingan ini telah diperbaharui per tanggal 19 Agustus 2013 berupa penghapusan link yang tidak berlaku lagi dan penambahan screenshot prosentase perbandingan trafik

Iklan
Ingin nyaman Nge-blog dengan upload gambar atau video?
(Pakai kupon “NotOrdinaryBlogger” untuk Diskon 25%)

Apa menurut Anda tentang Cara Mudah Memanfaatkan Informasi Mendasar dari Data Google Analytics untuk Meningkatkan Traffic Sebuah Blog? Jika Anda ingin berbagi tips untuk menambahkannya silahkan tinggalkan pendapat Anda, atau mungkin ada pertanyaan seputar memanfaatkan Google Analytics? Tentu dengan senang hati saya menjelaskan sepanjang saya memahaminya.

Why Failed with AdSense
Comments
  1. Terima kasih untuk mentionnya, mas Okto. You are rock! Btw, artikel Anda di blog saya juga sering banyak dibaca. Tapi dari data Google Analytics saya, kunjungan yang ke sini bukan dari artikel tamu Anda. Tetapi artikel saya yang berjudul 11 Contoh Blog yang Mempunyai Konten Berkualitas. (Yeah, I am tracking my outbond).

    cuma meluruskan, bounce rate adalah persentase kunjungan yang hanya berkunjung di satu halaman, atau tidak lebih dari sekitar 10detik. Jadi jika saya ke blog mas Okto cuma melihat halaman depan, dan tidak melihat halaman lain. Itu masuk perhitungan bounce rate.
    syaiful bahri recently posted..Cara Menggunakan Twitter untuk BisnisMy Profile

    • Okto

      Wah terima kasih sharing info analyticsnya … hehe. Yup, setidaknya begitulah rencana saya melihat data traffic referral, yaitu dengan meningkatkan interaksi dengan blog itu. Cara termudahnya ya dengan menjadi penulis tamu atau berkomentar. Secara teori itulah yang bisa dilakukan, mengenai hasilnya … tentu laporan bulan depan yang akan menjawabnya.

      Dan terima kasih koreksi penjelasan “bounce rate”, sekarang jadi semakin jelas untuk pembaca lainnya. :D

  2. Isnuansa

    Hehehe, iya itu, bounce rate adalah rasio pentalan. Kalau ada pengunjung datang di satu laman, langsung mental lagi. Maka dari itu, kalau angka yang mental makin kecil, makin baik, karena situs kita dianggap kontennya bermanfaat. Pembaca membuka banyak halaman dan bertahan lama, bounce rate makin kecil.

    :)
    Isnuansa recently posted..Paypal Hanya Untuk Blogger Kaya?My Profile

    • Okto

      Semakin jelas, dua blogger senior sudah mengkonfirmasi …. terima kasih koreksinya :D

  3. Terus terang mas, saya tidak begitu paham hal beginian. Tapi membaca artikel di atas, saya tertarik dengan riset keywords yang ada di analytics. Mungkin itu bisa saya praktekkan. Untuk tips yang lain, ngantri dulu :).
    Leo Ari Wibowo recently posted..OmmWriter : Aplikasi Idaman Para PenulisMy Profile

    • Okto

      Siip. Senang bisa membantu :D

      • Oh ya mas. Membaca 2 komentar senior di atas, jadi penasaran. Berapa persenkah minimal nilai bounce rate kita baru bisa dikatakan baik? Kebetulan tadi ngecek analytics, bounce rate saya 44,44%. Termasuk tinggikah angka segitu?
        Leo Ari Wibowo recently posted..Siji Child Theme GenesisMy Profile

        • Okto

          Hi Mas Leo,
          Pada dasarnya semakin kecil persentase dalam data bounce rate semakin baik. Jadi sebenarnya kita bisa saja mematok, kisaran 0 – 25% itu baik, 25 – 50% itu sedang, 50-75% itu cukup, 75-100% itu kurang (ini hanya asumsi saya, kita bebas memiliki asumsi sendiri … )

          Kemudian melihat penjelasan dari Mas Syaiful dan Mbak Nunik, berarti kita juga perlu memperhatikan total traffic yang didapat. Misalkan dari 1000 traffic menghasilkan bounce rate 44% berarti sekitar 400 pengunjung hanya melihat-lihat halaman depan tanpa membaca artikel blog kita.

          Apakah itu pertanda baik? masih terlalu dini menurut saya untuk mengatakan itu baik atau tidak, karena banyak variabel lain yang mempengaruhi, semua bergantung dari target yang kita tetapkan. Misalnya dalam eksperimen saya, saya menetapkan peningkatan jumlah klik iklan adfly dari pembaca.

          Data bounce rate perlu dikombinasikan dengan ‘average time visit’ untuk memberikan gambaran lebih baik bagi pemilik blog tentang manfaat artikel blog di mata pembaca.

  4. buka-buka anlytics ketika blog sudah memiliki trafik yang lumaya inu menyenangkan, menarik mengetahui dari mana pengunjung blog datang, konten apa yang paling laku, berapa lama rata2 pengunjung blog baca postingan dll
    Blogger Indonesia recently posted..Innocence of Muslims Lecehkan Nabi, Bagaimana Menyikapinya?My Profile

    • Okto

      bener sekali mas, info seperti itu juga bisa bermanfaat untuk monetisasi blog

  5. Fakry Naras Wahidi

    kalau dilihat dari hasil google analitic, SEO blog saya itu sangat kacau banget. mungkin dengan informasi seperti itu, blog tidak akan bisa mencapai ranking dibawah 1 juta.

    tetapi mau bagaimana lagi, sudah berusaha menerapkan SEO tetapi malah makin hancur gitu hasilnya #hahah.
    Fakry Naras Wahidi recently posted..Make Money Online Lagi… Wuhuuuw!My Profile

    • Okto

      hi mas fakry,
      menarik situasinya tuh hehe … jika berkenan say ingin membantu memperbaikinya. saya kirim email untuk info lebih lanjut yaa … :)

  6. Terimakasih sobat atas informasinya
    hermanbagus recently posted..Tanya Jawab bloggerMy Profile

  7. abi

    sudah lama meninggalkan google analytics mas.
    saya pake jetpack skr, lebih simpel untuk user personal (trafik, keywords, stats) tapi juga lengkap (subscriber, comment social media etc).

    salam
    abi recently posted..Mengajari anak berbagi, sulitkah?My Profile

    • Okto

      Benar sekali, jetpack memang cocok untuk personal user sedangkan Google Analytics memang condong untuk tujuan bisnis. Oleh karenanya Google Analytics memiliki prestise tersendiri bagi blogger, khususnya dalam memberikan sumber referensi data blog seperti traffic, landing page, dsb.

      Pada akhirnya semua kembali kepada kita sendiri sebagai pemilik blog karena pada intinya data mendasar yang ditampilkan juga sama.

  8. arikaka

    asik dan sengeng kalo liat GA (analytic bukan adsense hehe) lagi bagus statistiknya. emang kalo ngeblog buat nyari duit harus mikirin statistik dan data seperti ini. :D
    arikaka recently posted..Pergerakan Ini Takkan BerhentiMy Profile

    • Okto

      Terima kasih kunjungannya Mas. Memang jika kita menjalankan hobi blog untuk bisnis, pergerakan statistik traffic blog menjadi menarik untuk diperhatikan. Selain itu juga kita bisa membandingkan pertumbuhan traffic dengan penambahan penghasilan. Jika berbanding lurus tentu itu menjadi tanda positif untuk blog kita sendiri. Jika sebaliknya, berarti ada yang perlu diperbaiki. :)

  9. membaca komentar diatas dari bloger senior membuat saya terpacu untuk segera memakai google analyst. jujur GA belum saya pasang diblog saya. terimaksih atas pencerahannya mas okto :)
    Budi Majid recently posted..Pashmina TurbanMy Profile

    • Okto

      Sama-sama Mas Budi. Terima kasih komentarnya

  10. ok saya juga akan membiasakan diri untuk menggunakan fitur google yang satu ini.

    terimakasih mas untuk ilmunya :)
    SEOSKUL[s]BLOG recently posted..Cara Ping Blog Untuk SEOMy Profile

    • Okto

      Sama-sama. Semoga bermanfaat.

  11. Saya sendiri memiliki trafik paling tinggi menurut analytics adalah untuk topik female dan android. kelihatannya harus fokus sama dua topik tersebut.

    • Okto

      Menarik untuk dicoba dan dilihat hasilnya :)
      Terima kasih sharingnya

  12. menggali informasi dari analytics, ternyata penting sekali ya mas

    salam kenal :)
    Belajar Ngeblog recently posted..Daftar Smartphone Samsung Galaxy yang Bisa Upgrade ke Android Jelly Bean 4.1My Profile

    • Okto

      Benar sekali. Itu bisa sangat bermanfaat untuk pemilik blog sendiri

  13. terimakasih sudah mau berbagi artikel yg menarik ini…
    Luhurfatah10 Blogz recently posted..Cara Membuat Page Number Navigation With ColourMy Profile

    • Okto

      Sama-sama. Senang bisa membantu

  14. Bloggerz-Xp7

    Artikel yg sangat bagus dan patut di acungi banyak jempoll…
    Bloggerz-Xp7 recently posted..Agung Xd Dan Jakarta-Cyber4art Blog Berisi Informasi Komputer,Software Dan Info MenarikMy Profile

    • Okto

      Terima kasih dan sukses selalu

  15. Download Buku Kimia

    Jadi dengan hasil analytic yang kita dapat, kita bisa lebih jeli mana yang paling potensial mendatangkan pengunjung.

    Salam Ilmu Kimia
    Download Buku Kimia recently posted..Klasifikasi dalam Tabel Periodik UnsurMy Profile

  16. aku dari blog Inspirasi Sahabat mau tanya nih !! kok susah banget sih naikin trafik, padahal dah blog walking kiri kanan, dan promosi habis2san.. tetap ja belum bisa naik2 tu tafiknya..
    mohon pencerahannya !

    • Okto

      Jika sudah demikian maka ada yang perlu diperbaiki dalam hal SEO artikel dan efektifitas blog walking. Artikel SEO sangat penting karena mesin pencari merupakan sumber traffic abadi bagi blog, jadi jika SEO kita kurang baik maka organic traffic blog kita pasti rendah.

      Selain itu efektifitas blogwalking juga perlu diperhatikan. Jika melihat judul blog “Inspirasi Sahabat” sepintas bayangan saya adalah blog itu bercerita tentang hal-hal umum seputar remaja. Dengan demikian blog walking tidak akan efektif untuk mendatangkan traffik, karena blogger sangatlah sibuk dalam mendatangkan traffik ke blognya masing2. Oleh karena itu, gunakanlah teknik off page untuk mendatangkan pembaca (gunakan facebook, twitter dan media sosial lain), bila serius bisa juga dengan mengirim email untuk mengundang pembaca, menjadi pengisi rubrik di tabloid remaja, atau bahasan khusus remaja di media masa, dan terakhir optimisasi mesin pencari (google).

      Riset menunjukkan bahwa remaja senang berkunjung ke Youtube. Jadi, tidak ada salahnya dicoba membuat video menarik dan beri link ke blog “Inspirasi Sahabat”. Target pembaca “Inspirasi Sahabat” cukup jelas, yaitu kaum muda yang perlu informasi seputar pergaulan bukan kaum muda yang juga blogger, itu sebabnya blogwalking tidak efektif mendatangkan pengunjung. Jika ingin konsultasi lebih jauh, silahkan email melalui contact form.

      Sukses selalu

  17. Nice post..

  18. rental mobil

    terima kasih bermanfaat sekali salam kenal juga

  19. nice artikel, membaca artikel mas jadi menambah wawasan saya mengenai google analytical, thnks …

  20. Saya sendiri jarang utak atik google analytic untuk analisa blog paling cuma lihat sumber traffik dan berapa pengunjungnya ternyata disini dibahas penuh bahwa google analytic bisa meningkatkan traffik blog.
    Abed Nego recently posted..Cara Efektif Mengusir StresMy Profile

  21. Terima kasih Bang Okto sudah berbagi “Google Analytics untuk Meningkatkan Traffic Sebuah Blog” . Dengan post abang ini saya jadi tahu Traffic Source, Bounce-Rate yang sebelumnya saya punya pengertian nggak tepat. Terutama dua hal yang saya sebut diatas. Biasanya hanya satu bulan sekali saya ke GA untuk melihat laporan Analytic, Guna menentukan Action-plan untuk memperbaikinya.
    Terima kasih. Salam kenal Bang Okto.
    MArlon Alamo recently posted..Mengenal Author Rank (AR) GoogleMy Profile

    • Okto

      Sama-sama salam kenal juga. Semoga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik

  22. terima kasih artikel bermanfaat jadi trafik website sendiri

  23. Untuk saat ini kami menggunakan extremetracking dot com, belum pernah pakai google analytics, pernah daftar tapi berhenti ditengahjalan … kesulitan daftar, nanti kalau waktu senggang akan saya cari tutorialnya yang jelas dan mudah!
    Edi – aura ide recently posted..Walaupun ibu telah tiadaMy Profile

  24. Terima kasih atas informasinya ,
    semoga lanjut terus blog nya gan, :D

  25. Pembahasan yang menarik mas Okto! Tentu kita harus berterima kasih dulu kepada Mr G yang sudah menyediakan tools analitik yang begitu keren secara cuma-cuma. Kalau mau dibedah lagi, analitik itu berguna banget untuk meningkatkan pendapatan kita. Misal dari satu sisi saja, average visit duration dapat menentukan penempatan iklan kita. Contoh 0-1 menit kita pasang diatas post, 1-3 menit kita pasang ditengah post, >3 menit kita pasang diakhir post. Saya yakin masih banyak fitur2 analitik yang bisa dibedah :)

  26. 1.artikelnya keren, bahasanya mudah di mengerti ( hanya yang pakai bahasa asing aja yang saya ga mengerti ) mahlum wong ndezo
    2.sebenarnya kata kuncii untuk blog itu bisa di rubah atau di tambahin ga kalau bisa caranya nagaimana melalui apa blog sediri apa lewat google analyics
    3.meningkatkan trafik melalui facebook dan twitter contoh nya seperti apa mas ganteng…..
    4.sebenarnya kalau google adsense itu menargetkan tiap artikel harus berapa kata ga sih / apa bebas jumlah katanya ( kadang kan suatu artikel kan emng katanya sedikit kalau kit apanjangin malah kaya orang ngedongeng dan susah di menerti atau orang yang baca udh ngantuk duluan gtu bos ) aslinya ada patokan jumlah kata tidak
    5.kalau komen disini bisa ninggalin link ga sih mas..
    6.terimakasiiiiiiiiiih dan saya tunggu banget ni jawaban nya ya mas ganteng….
    7. UNTUK TEMPAT KOMEN NYA INI GIMANA CARA BUATNY AMAS.. kok udah ada pilihan postingan kita yang mau di ikutkan
    HEBAT SALUT DEH,,, GO….. hehe
    dewo recently posted..Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari BloggerMy Profile

    • @Dewo :
      1 terima kasih, dukungannya bisa menambah semangat saya memberi informasi berkualitas. Soal bahasa asing, memang ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya, maaf jika ini menyulitkan :)
      2 Kata kunci kita yang tentukan, bisa ditentukan melalui meta-tag blog (saya tidak begitu paham hal teknis), namun secara sederhana kita bisa tentukan sendiri melalui konten yang kita ciptakan (sudah saya bahas di eBook gratis SEO artikel), Google analytics hanya media analisa yang memberi kita gambaran blog kita kuat pada kata kunci apa saja,
      3 Contoh mudahnya ya membuat fanpage/follower yang terkoneksi ke blog kita. Hasilnya bisa dipantau di dashboard blog (statistic) atau melalui google analytics,
      4 Saya tidak punya pengalaman dengan Google Adsense, tapi secara umum sejauh saya tahu, panjang pendek konten tidak ada kaitannya. Google Adsense punya penilaian tersendiri (yang cenderung rahasia tenu saja) dalam menentukan blog-blog mana yang bisa diberi ijin bergabung dalam program mereka,
      5 Tentu bisa, tapi semua komen disini disaring sama akismet, jika berbau spam langsung masuk tong sampah tanpa kompromi,
      6 Terima kasih kesabarannya menunggu,
      7 Fitur ini khusus pengguna wordpress, saya belum tau apakah ada fitur ini di blogger,
      Okto recently posted..Hakim Tolak Gugatan Class Action Sekelompok Remaja kepada FacebookMy Profile

  27. wah, lengkap banget gan penjelasannya^^, keren banget tulisannya dan nggak bosen saya berlama-lama di sini, makasih ilmu menganalisa google analitiknya

ADD YOUR COMMENT

*

CommentLuv badge