Cara Dapat Trafik Blog Gratis Melalui Komentar di Blog Lain

  • 1
    Share

Cara Dapat Trafik Blog Gratis ? Siapa yang tidak mau …

Sebenarnya postingan ini terinspirasi dari postingan blogger ahli luar negeri Neil Patel yang berjudul “How I Generated $25,000 with 249 Comments”. Dari judul postingan tersebut kita sudah bisa menebak betapa “hebatnya” seseorang bisa menghasilkan uang sebanyak $25,000 dari sebuah komentar blog. Satu hal yang menarik adalah bahwa komentar di blog sekarang bukan ditujukan untuk mencari backlink tetapi trafik blog gratis dan awareness.

Dalam hal ini saya sependapat. Yang saya agak belum sependapat adalah pada kesimpulan postingan tersebut yang menyatakan : “Whether you guest-post or not, you should consider commenting on blogs within your industry. You don’t have to do it at the volume I did, but doing it even on a smaller scale can help you with branding.”

Kenapa saya tidak sependapat?

Dari pengalaman saya ngeblog dan membaca berbagai blog yang bertebaran di internet sepertinya kesimpulan Neil Patel di atas cocok untuk blogger yang sudah “mapan”. Mapan dalam artian blogger-blogger yang sudah memiliki nama, keahlian yang terbukti, dan produk sendiri. Nah, bagi kebanyakan blogger pemula kesimpulan tersebut agak sulit diterjemahkan.

Menurut pengalaman saya, dalam berkomentar di blog lain kita tidak harus terpaku pada “kekhususan” (within your industry) tapi dimanapun bukanlah masalah. Kebanyakan blog dan website saat ini sudah sadar betul akan potensi penalti dari google akibat banyaknya update algoritma google. Dampaknya, banyak yang membuat link-link komentar mereka menjadi “no-follow”, artinya komentar-komentar di blog lain tidak akan berpengaruh pada posisi SERPs di mesin pencari.

Akhirnya keuntungan utama yang bisa didapatkan blogger pemula dari komentar di blog lain adalah trafik gratis dan awareness. Itulah dua manfaat praktis yang akan diterima blogger setelah meninggalkan komentar di berbagai tempat di internet. Apakah trafik hasil komentar tadi menghasilkan uang atau tidak tentu banyak faktor yang mempengaruhi seperti tiga hal tadi (sudah memiliki nama, keahlian yang terbukti, dan produk sendiri) atau cara hasilkan uang dari blog yang diterapkan, misalkan menggunakan Banner PPC maka pahamilah kenapa tidak ada yang klik banner PPC di blog saya.

Lalu jika kita sudah tahu keuntungan praktis yang didapat dari komentar di blog lain adalah trafik dan awareness, bagaimana cara mendapatkannya? Di posting terdahulu sudah pernah dibahas mengenai hal ini. Silahkan periksa lagi cara mudah menambah trafik dengan komentar di blog lain. Saya sendiri menerapkan apa yang disampaikan di postingan tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, saya tersadar bahwa :

  • Komentar di blog lain memakan waktu;
  • Selalu ada ratusan blog baru yang saya jumpai setiap harinya untuk bisa dapat trafik blog gratis melalui komentar di blog lain.

Bagaimana caranya?

Dengan dua kondisi tersebut di atas kita perlu cara yang lebih efisien dalam melakukan komentar di blog lain untuk mendapakan trafik blog gratis.

3 Tips Cepat Dapat Trafik Blog Gratis dengan Komentar di Blog Lain

  • Pertama buatlah daftar blog-blog yang sudah dikunjungi, dan menampilkan komentar kita;
  • Kedua, periksa statistic trafik blog. Bisa media statistic bawaan atau google analytics. Saya lebih suka memakai media bawaan (mengingat saya wordpress jadi menggunakan site stat dari jetpack wordpress);
  • Ketiga, terus lakukan komentar di blog lain sambil evaluasi hasilnya.

Cara Lakukan Evaluasi Dapat Trafik Gratis dari Komentar di Blog Lain

Seperti sudah disampaikan di atas bahwa jika kita punya daftar blog yang kita kunjungi dan beri komentar tadi kita bisa tahu pasti. Kemudian dari evaluasi menggunakan media statistik bawaan kita bisa tahu dengan mudah blog-blog mana saja yang benar-benar memberikan apa yang kita cari, dalam hal ini trafik gratis.

Persempit daftar blog yang dipegang sampai jumlah sesuai keinginan kita. Untuk awal saya lebih memilih 30 blog saja yang memiliki trafik minimal 1000 pengunjung perhari atau 30 ribu per bulan. Saya bisa dengan mudah melihat hal ini dengan bantuan similarweb. Belum tahu similarweb? Ini cuplikan hasil ngintip trafik blog lain di similarweb

Similar Web

Dengan mengincar blog-blog dengan trafik tinggi, kita hanya tinggal mengevaluasi mana yang benar-benar menghasilkan trafik gratis ke blog kita atas komentar-komentar yang kita lakukan. Ganti blog-blog yang tidak perform dengan blog-blog baru yang didapatkan saat browsing. Cara ini sangat menguntungkan dan akan menghemat waktu blogger yang memang sudah sedikit dalam mempromosikan blog melalui komentar di blog lain.

Hasil evaluasi yang baik adalah komentar-komentar kita yang mendatangkan pengunjung. Dari sebuah blog yang memiliki trafik bulanan 30.000 maka mendapatkan 0,1% total trafik per hari saja sudah sangat menguntungkan karena trafik didapatkan dengan cara gratis. Itu baru dari 1 blog. Jika kita sudah memiliki daftar 50 blog yang “benar-benar mendatangkan trafik” maka kita menghemat waktu bukan?

Jika sudah ketahuan mana saja blog-blog itu, lakukanlah kunjungan rutin dan berkomentarlah di postingan terbarunya secara rutin. Dengan begini, kemungkinan blog kita terus mendapatkan bantuan trafik gratis semakin besar. Selain itu, waktu yang digunakan untuk mengembangkan blog pun semakin efektif dan efisien. Untuk sekedar meningkatkan jumlah trafik, cara dapat trafik blog gratis ini sudah teruji. Nah, jika trafik blog dan SEO masih masalah untuk kita tidak ada salahnya mencoba tips ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


  • 1
    Share
  • 1
    Share

11 Comments

  1. sehat sangat Desember 13, 2014
  2. Tyo April 25, 2015
  3. Cinta April 28, 2015
  4. Putri Vega April 30, 2015
  5. fandy Juli 12, 2015
  6. jemy Maret 31, 2016
  7. moch murtiman Agustus 27, 2016
  8. Fauzi Desember 19, 2016
    • Okto Desember 20, 2016
  9. Rival Daniago Maret 22, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+