Cara Meningkatkan Trafik Blog Untuk Pemula

Cara meningkatkan trafik blog untuk pemula bisa menjadi jalan pintas Anda meraih sukses bersama blog. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa jumlah trafik sangatlah penting untuk pertumbuhan blog itu sendiri. Semakin besar jumlah trafik blog yang Anda dapatkan semakin banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan.

Postingan ini akan membahas satu cara yang sudah banyak diterapkan namun kerap “kurang dianggap”. Padahal jika cara ini diterapkan dengan baik, waktu, tenaga dan pikiran Anda akan lebih efisien.

Sebelum melangkah lebih lanjut, inilah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika menerapkan cara meningkatkan trafik blog untuk pemula ini :

  1. Trafik blog akan meningkat perlahan dan meyakinkan
  2. Peringkat alexa juga akan semakin ramping

Setidaknya itulah 2 manfaat utama jika Anda menerapkan strategi yang akan diungkap dalam postingan ini. Seperti apa starteginya?

Media sosial, forum dan SEO sudah pasti masuk sebagai menu wajib Anda untuk meningkatkan trafik blog. Jika Anda sudah melakukan promosi dengan kedua cara sebelumnya itu sudah tepat.

Selanjutnya adalah menambahkan komentar. Ya, mungkin Anda berpikir, ini merupakan cara kuno yang sudah ketinggalan. Menurut pengalaman notordinaryblogger, melakukan komentar di blog merupakan salah satu cara berkualitas untuk mempromosikan blog. Bagaimana kualitasnya? Tentu saja jumlah trafik dan bonusnya adalah “membaiknya” peringkat alexa blog Anda.

Cara Meningkatkan Trafik Blog untuk Pemula dengan Komentar

Apapun tema blog Anda bukanlah masalah. Ini triknya:

  • Buat daftar blog yang bertema mirip atau sama
  • Jika tidak ada buat daftar blog yang menarik perhatian Anda

Segera setelah Anda memiliki daftar ini, lakukanlah komentar blog sebagaimana biasanya Anda lakukan.

Aktivitas ini akan bermanfaat membangun network online Anda. Gimana cara melakukannya?

Misalkan saya memiliki blog bertema travelling. Saya akan manfaatkan google dan ketik: “pengalaman ke jogja” (lihatlah ilustrasi di bawah)

Cara Meningkatkan Trafik Blog untuk Pemula 1

Dengan cara mudah ini saya sudah bisa mendapatkan daftar alamat blog-blog bertema mirip untuk berkenalan. Ingatlah utamakan perkenalan ketimbang promosi.

Jika Anda melakukan ini jangan terlalu bersemangat, lakukanlah perlahan seperti 20 daftar blog dalam sehari kemudian lakukan evaluasi mingguan.

Setelah memegang daftar blog tersebut, apa yang perlu dievaluasi?

  1. Komentar Anda dan link blog Anda muncul sesuai harapan
  2. Menghasilkan kunjungan balik
  3. Perhatikan peringkat alexa blog itu (jika Anda punya perhatian terhadap peringkat alexa)

Tiga komponen penting diatas sangatlah berguna untuk kemajuan blog Anda. Jika diterapkan, tidak hanya blog Anda bertambah trafiknya tapi juga angka alexa ranknya semakin baik apapun tema blog Anda.

Tahap 2 Cara Meningkatkan Trafik Blog untuk Pemula

Tahap selanjutnya setelah Anda mengetahui secara pasti blog-blog mana saja yang menampilkan komentar dan link blog Anda kemudian menghasilkan kunjungan juga adalah:

  1. Pastikan komentar Anda ada di postingan popular blog itu. Kenapa? Postingan popular akan menarik minat pembaca. Jika ada link blog Anda disana, kemungkinan pembaca akan mampir ke blog Anda.
  2. Postingan terbaru. Bukan rahasia lagi, blog yang sudah mandiri akan menarik minat pembaca setia khususnya untuk postingan terbaru mereka. Inilah lokasi strategis untuk Anda blogger pemula yang baru merintis di dunia blog.

Seperti sudah diungkap sebelumnya, strategi ini merupakan trik yang sudah lama ada namun kerap terabaikan oleh banyak blogger pemula sehingga “merasa” gagal dan memutuskan untuk berhenti. Strategi meningkatkan trafik merupakan bagian tidak terpisahkan dalam belajar SEO. Terapkanlah cara meningkatkan trafik blog untuk pemula ini, pantau hasilnya dan nikmati pertumbuhan blog Anda. Selamat mencoba.

3 Comments

  1. Raafi - Plaza Bisnis Juni 21, 2016
    • Okto Juni 21, 2016
  2. Patrick Prasetyo Juni 22, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+