Cara Submit Blog ke Search Engine

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh bagaimana cara submit blog ke search engine sekarang ini mungkin tidak serumit beberapa tahun lalu. Anda bisa dengan mudah ketikan alamat blog ke search engine dan dalam hitungan detik hasilnya akan diketahui. Jika Google sudah kenal blog Anda maka search engine itu akan menampilkan blog Anda di hasil pencariannya. Jika Google tidak menampilkan blog Anda maka Anda perlu submit blog ke Google.

Blog Tidak Muncul di Search Engine

Search Engine seperti Google perlu menemukan blog Anda lebih dulu sebelum menjelajah, menyimpan, menilai dan menampilkan dalam daftar hasil pencariannya (SERPs). Bot akan masuk ke blog Anda jika algoritma Google tahu blog Anda memang ada. Kemungkinan besar penyebab blog tidak muncul di search engine adalah blog Anda tidak dikenal.

Salah satu cara mudah memastikan kesuksesan submit blog ke search engine adalah menggunakan template blog SEO friendly. Template semacam ini akan mengundang bot untuk mendeteksi kehadiran blog dan konten-konten baru yang dihasilkan blog Anda.

Apakah Perlu Bayar untuk Submit ke Google, Bing, Yahoo?

Saat ini tidak perlu membayar untuk submit ke search engine utama tersebut.

Gimana Cara Submit Blog ke Search Engine?

Untuk melakukan ini tidak perlu trik SEO. Bahkan seperti sudah dijelaskan sebelumnya Anda tidak wajib membayar untuk bisa masuk ke laman hasil pencarian Google, Yahoo atau Bing

Bahkan Anda tidak perlu submit blog ke search engine! Caranya cukup membuat bot mesin pencari menemukan blog Anda melalui link-link yang Anda tinggalkan di tempat lain, misalkan link komentar blog. Link dari sumber lain akan lebih dari cukup untuk mengundang bot searcg engine ke blog Anda.

Link Seperti Apa Yang Dibutuhkan?

Saat Anda berpikir tentang menambah jumlah link pertimbangkan relevansi sumber link dan otoritas sumbernya. Jika link blog Anda berada di sebuah blog dengan tingkat kepercayaan dan kualitas konten yang baik tentu kepercayaan search engine kepada blog Anda akan meningkat.

Di tahun 2015 ini, Anda bahkan tidak membutuhkan link khusus agar search engine seperti Google menemukan blog Anda. Pada umumnya Google akan menemukan blog Anda dalam hitungan hari dan jika konten blog Anda dianggap unik dan berkualitas maka Google akan menemukannya dalam hitungan detik atau jam.

Bisakah Saya Submit Langsung Blog ke Google?

Layanan search engine modern saat ini menawarkan pengguna untuk langsung submit blog ke daftar yang mereka miliki. Untuk bisa memulainya Anda tinggal mengunjungi link submit berikut ini:

Apa Benar Media Sosial Bisa Mempercepat Proses Indeksasi?

Mungkin saja. Jika Anda suka menggunakan media sosial, Google sudah pasti menjelajah media sosial seperti Facebook, Twitter dan GooglePlus. Ada kabar bahwa link media sosial bersifat “nofollow” sehingga tidak dihitung sebagai “voting” untuk blog Anda.

Cara Submit Blog ke Search Engine Otomatis? Bisakah?

Cara mudahnya adalah dengan “ping” ke search engine yang ada. Pembuatan “sitemap” blog juga akan mempercepat proses ini. Indeksasi oleh mesin pencari dapat terjadi dengan mudah jika Anda terkoneksi dengan cukup baik. Misalkan bagi para pengguna wordpress yang akan secara otomatis “ping” Google setiap konten baru tercipta.

Hindari Jasa Search Engine Submission (Gratis/Berbayar)

Jika Anda perhatikan maka jasa-jasa seperti itu kebanyakan hanyalah tipuan belaka yang bisa membahayakan blog Anda pada akhirnya dimata search engine. Banyak yang tidak tersadar bahwa jasa seperti itu hanyalah kedok marketing online yang akan membuat Anda sebagai target pembeli.

Anda terdorong dengan keinginan berhasil melakukan submit blog ke search engine dan sukarela menyerahkan email untuk bisa menggunakan media gratisnya. Sang penyedia jasa gratis search engine submission sadar bahwa Anda perlu jasa semacam itu. Jika Anda beruntung, dalam waktu dekat mungkin Anda akan menerima beberapa email penawaran terkait jasa marketing online. Jika Anda tidak beruntung, email Anda akan dipenuhi dengan tawaran-tawaran asing terkait online marketing.

Jika Anda masih penasaran, ada baiknya jangan arahkan blog utama Anda untuk hasil jasa submission yang dipilih. Hal ini karena kebanyakan jasa seperti itu tidak bertahan lama dan search engine seperti Google bukan tidak mungkin akan menghukum blog Anda karena ketahuan menggunakan media semacam itu.

Yakinlah bahwa jasa search engine submission sudah tidak relevan lagi saat ini karena dengan kecanggihan algoritma search engine yang ada saat ini blog Anda hamper dipastikan akan ditemukan mesin pencari besar seperti Google, Yahoo, Bing dsb. Anda tidak perlu repot-repot membayar jasa pihak ketiga untuk bisa submit blog ke search engine.

Anda bisa submit blog sendiri ke search engine secara gratis kapanpun Anda mau. Jangan submit blog Anda ke suatu situs yang Anda tidak kenal karena itu malah akan membahayakan blog Anda.

Mau Terapkan Cara Submit Blog ke Search Engine?

Janganlah pusing memikirkan untuk submit blog Anda ke search engine karena selama blog Anda dipenuhi dengan konten unik, asli dan berkualitas Anda tidak perlu repot-repot submit ke search engine tapi search engine lah yang akan menemukan blog Anda. Trik belajar SEO akan semakin lengkap dengan informasi ini.

Fokuslah kepada penciptaan konten berkualitas dan biarkan search engine bekerja untuk memasukan blog Anda ke dalam daftar halaman pencarian mereka.

2 Comments

  1. Muzzi Juli 2, 2015
  2. Padamu Nyai Agustus 24, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+