Kenapa Tidak Ada Yang Klik Banner PPC di Blog Saya?

  • 7
    Shares

Tidak Ada Yang Klik Banner PPC? Jangan Panik!

Pertanyaan paling mendasar bagi seorang blogger yang mencoba peruntungan lewat blog adalah kenapa tidak ada yang klik banner PPC saya. Kenapa banner PPC? Hal ini karena menjadi publisher merupakan cara termudah mencari uang dari blog. Kita cukup membuat blog kemudian mendaftarkan diri dalam sebuah program iklan dan jika sudah disetujui kita siap menampilkan iklan di blog dengan copy paste code HTML yang diberikan.

Semua tips sudah dilakukan, namun kenapa tetap saja tidak ada yang klik banner PPC di blog saya? Inilah sebabnya ….

Kita Berada di Niche yang Kompetitif

Niche kompetitif berarti banyak pesaingnya. Dengan demikian publisher untuk niche ini pun banyak. Akibatnya jika kita kalah bersaing jumlah pendapatan dari iklan PPC pun cenderung kecil atau nihil.

Beberapa niche kompetitif seperti cari uang online, bisnis online, elektronik, video game dan sebagainya. Nah, jika kita berada dalam niche yang kompetitif tentu kita harus berusaha ekstra setidaknya dalam update konten berkualitas.

Salah Meletakan Iklan

Sebenarnya cukup sulit menentukan letak ideal sebuah iklan PPC di blog. Namun secara sederhana kita dapat melihat bagian mana yang sering terlihat.

Jika kita membuka sebuah browser internet bagian pertama yang akan terlihat dalam sebuah homepage adalah judul bukan? Atau kata lainnya bagian atas sebuah website. Nah, jika banner iklan PPC diletakan di sini tentu peluang mendapatkan klik semakin besar.

Kemudian bagian sebelah kiri dalam konten. Iklan PPC dalam konten sangat baik karena pada intinya kontenlah yang dicari pengunjung. Jika iklan PPC ada di dalam konten tentu iklan tersebut akan terlihat dan peluang mendapat klik semakin baik. Kemudian kenapa di bagian kiri? Cukup sederhana. Sudah menjadi kebiasaan kita membaca dari kiri ke kanan bukan? Jika iklan ada di kiri, iklan akan terlihat lebih dulu sebelum konten (atau sebelum membaca).

Ingatlah jangan terlalu berlebihan dalam menempatkan banner iklan PPC dalam sebuah blog. Di sini gunakanlah insting bisnis Anda. Sebuah blog yang terlampau padat dengan iklan malah akan kontraproduktif di mata pengunjung. Hasilnya pengunjung akan pergi dengan cepat.

Jenis Iklan

Beberapa jenis iklan ada yang hanya menyediakan iklan teks, ada yang iklan banner, dan ada yang kombinasi keduanya.

Gunakanlah kombinasi antara iklan tersebut dan pelajari mana yang memberi hasil terbaik.

Pahami Pengunjung Blog

Jika Anda tidak menggunakan Google Analytic sebaiknya gunakanlah segera. Sebuah fitur dalam google analytics dapat mengatakan minat pengunjung blog Anda dalam kurun waktu tertentu. Jika kita memasang iklan yang sesuai dengan minat pengunjung tentu minat pengunjung melihat iklan tersebut semakin besar.

Inilah fitur google analytics tersebut :

Minat Pengunjung Blog Notordinaryblogger

Tidak tahu cara instal google analytics? Silahkan baca panduan instal google analytics

Jumlah Pengunjung Minim

Tidak dapat dipungkiri pengunjung sangat berarti bagi sebuah blog. Bagi publisher iklan PPC, semakin besar jumlah pengunjung yang didapatkan semakin besar peluang penghasilan dari iklan PPC. Jadi pastikan Anda memahami tips tambah trafik blog. Namun ingat trafik besar belum tentu klik pun banyak. Lihatlah cuplikan dashboard program iklan PPC berikut ini :

Klik di Banner Iklan PPC

Kenapa Tidak Ada Yang Klik Banner Iklan PPC di Blog Anda?

Itulah tips yang dapat dibagikan dalam postingan kali ini dan sudah diterapkan di blog ini. Jika sebuah  blog dalam niche yang sangat kompetitif berarti setiap klik yang didapatkan merupakan hasil jerih payah Anda sendiri sebagai pengelola blog..

Ini juga berarti Anda perlu kreatifitas dalam mengembangkan tips yang dibagikan blog ini untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tips Penting lainnya:

Image courtesy of freedigitalphotos

Masih penasaran kenapa tidak ada yang klik banner iklan PPC di blog Anda? Punya tips bermanfaat yang bisa dibagikan dengan pembaca lainnya? Silahkan berbagi.


  • 7
    Shares
  • 7
    Shares

9 Comments

  1. Pingback: Monthly Report January 2014 Februari 1, 2014
  2. irul Februari 8, 2014
  3. Nursyam Septiadi Februari 12, 2014
  4. sugeng Februari 15, 2014
  5. Pingback: Mendapatkan Bounce Rate 10 Persen Maret 10, 2014
  6. Tonysan November 3, 2014
  7. Novian Hanu Maret 30, 2015
    • Okto Maret 31, 2015
  8. mazkit April 7, 2015
  9. Harianja Juni 9, 2015
  10. yono April 19, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+