Kenapa Blog Ini Mendapatkan Bounce Rate 10 Persen

Mendapatkan Bounce Rate 10 Persen? Mau?

Jika Anda sudah tahu cara instal Google Analytics atau baru belajar media gratis dari google tersebut mungkin Anda mengenal istilah bounce rate. Istilah ini dianggap sebagai indikator untuk mencerminkan kondisi sebuah blog apakah baik atau tidak.

Notordinaryblogger sendiri sudah pernah mengulas tips ampuh dan teruji untuk menurunkan bounce rate blog. Dalam postingan kali ini kita akan melihat lebih jauh cara mendapatkan bounce rate 10 persen. Atau kenapa bisa blog ini meraih bounce rate 10 persen. Sebelum mengetahui alasannya mari kita simak apa keuntungan blog dengan bounce rate rendah.

Keuntungan Blog dengan Bounce Rate Rendah

Jika Anda bertanya-tanya bounce rate ideal itu berapa, jawabannya tidak ada standar untuk itu. Tapi jika kita menyimak bahwa banyak blogger ingin meraih bounce rate rendah itu berarti semakin mendekati angka “0” maka sebuah bounce rate semakin baik.

Kemudian, apa yang membuat blog dengan bounce rate rendah itu menguntungkan? Alasannya cukup sederhana. Peluang bisnis semakin besar.

Tidak percaya? Misalnya begini. Kita membuat blog yang sangat baik kemudian seorang pengunjung datang dari mesin pencari google setelah mengetikan kata kunci tertentu. Pengunjung membaca konten yang disediakan di blog kita.

Sebagai bentuk monetisasi, kita mencari peluang bisnis dengan meletakan berbagai iklan di blog kita, bisa berupa banner PPC atau banner afiliasi. Jika pengunjung hanya fokus kepada konten  kemudian pergi meninggalkan blog kita maka kita telah kehilangan peluang bisnis, jika pengunjung melihat konten kemudian dia tertarik dengan beberapa konten lain yang ditawarkan bisa jadi dia akan berlama-lama dengan setidaknya membaca 2 sampai 3 konten sekali berkunjung.

Saat pengunjung membaca lebih dari satu postingan itu berarti sudah muncul rasa percaya atas informasi yang diberikan. Jika sudah demikian rasa percaya itu pun diberikan atas setiap informasi yang disediakan termasuk informasi iklan yang disajikan. Dengan demikian peluang terjadinya klik atas iklan PPC yang dipasang, pembelian atas produk afiliasi yang ditawarkan, atau cara monetisasi lain yang ditawarkan semakin besar pula.

Di sisi lain, bounce rate rendah juga bisa menarik pihak ketiga untuk menjadi sponsor langsung di blog kita. Jika sudah begitu tentu jumlah penghasilan yang bisa didapatkan dari sebuah blog semakin meningkat.

Apa yang sudah dilakukan untuk mendapatkan bounce rate 10 persen? Jawaban sederhananya sudah dijelaskan di postingan terdahulu, silahkan baca tips menurunkan bounce rate blog (disana juga sudah diupdate dengan screenshot Google Analytics).

Sekarang Anda sudah tahu manfaat bounce rate blog yang rendah dan bagaimana cara mendapatkannya. Sekarang mari kita simak kenapa bisa begitu?

Ini hanyalah analisa dan dibagikan agar rekan pembaca bisa mengambil manfaatnya untuk diterapkan diblog masing-masing. Mari kita lanjutkan …

Kombinasi Artikel Panjang dan Pendek

Pandai-pandailah dalam menyajikan konten kepada pengunjung. Tidak semua pengunjung menyukai artikel panjang demikian juga tidak semua menyukai artikel pendek. Jika kita bertindak tepat kita dapat mengambil hati semua jenis pengunjung (penyuka artikel panjang maupun pendek) untuk berlama-lama di blog kita.

Jalan tengahnya adalah kombinasikan keduanya. Menulislah sepanjang mungkin saat mood menulis sedang baik. Menulislah secukupnya jika memang diperlukan.

Judul Sangat Berpengaruh

Apa yang membuat pengunjung tertarik membaca? Tentu saja judul konten. Buatlah percobaan atas judul-judul yang ditawarkan. Semakin menarik dan menggoda judul yang ditawarkan tentu minat pengunjung untuk terus membaca konten selanjutnya semakin besar.

Gunakan Plugin yang Tepat

Kehadiran plugin dalam blog dapat banyak membantu menurunkan bounce rate. Karena blog ini dibawah wordpress jadi istilah plugin lebih dekat di telinga pengguna. Plugin yang dibutuhkan adalah “related articles/content”. Pelajarilah berbagai alat yang bisa digunakan untuk menampilkan fitur “related articles/content” di blog Anda.

Jumlah Konten

Jumlah konten mau tidak mau sangat berpengaruh terhadap tinggi atau rendahnya bounce rate sebuah blog. Semakin banyak konten tersedia tentu saja peluang menurunkan bounce rate semakin besar karena banyak pilihan untuk dilihat pengunjung blog. Untuk contoh mudah total konten blog ini tahun 2013 adalah 293 konten. Dengan berbagai topik spesifik yang ditawarkan tentu sulit bagi pengunjung untuk tidak membaca konten lainnya.

Jangan khawatir, jika blog masih tergolong baru bersabarlah. Jaga konsistensi update konten secara teratur dan kualitasnya. Jika memang Anda sangat menyenangi tema yang dipilih lambat laun Anda dapat menulis banyak konten berkualitas dalam waktu singkat.

Buat Beberapa Konten untuk Satu Tema

Jika seorang pengunjung datang karena mencari informasi “cari uang dari facebook”, kemudian Anda memiliki pembahasan menarik terkait “cari uang dari twitter” dan “cari uang dari youtube” kemungkinan besar pembaca tersebut juga sangat tertarik untuk membacanya. Jika ini terjadi sudah pasti bounce rate blog Anda akan rendah.

Semua konten tersebut adalah satu tema yaitu cari uang online namun dipecah dalam berbagai pilihan bisa lewat facebook, twitter atau youtube. Biarkan pembaca memilih mana yang disukainya.

Image courtesy of freedigitalphotos.net

Itulah 5 Alasan Blog ini Mendapatkan Bounce Rate 10 Persen

Sepertinya cukup sekian. Itulah 5 alasan hasil analisa penulis untuk menjawab kenapa blog ini mendapatkan bounce rate 10 persen. Jika Anda ingin menurunkan bounce rate blog Anda sampai 10 persen ikutilah tips yang diberikan ini. Selamat mencoba.

6 Comments

  1. lutfie wardi Maret 17, 2014
  2. jeane Maret 20, 2014
  3. Marlon Alamo April 7, 2014
  4. Pingback: Portal Property Indonesia Terbaik Mei 15, 2014
  5. tebegaya Juni 25, 2014
  6. Pingback: Belajar Bisnis Online Untuk Pemula I November 5, 2014
  7. Krisna Candra September 20, 2015
    • Okto September 20, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

Promo Hari Buruh. Sepatu Untuk Pengendara Motor, All Bike Ap Boots Hanya Rp42.000,- Bayar DitempatBeli Sekarang