7 Strategi Menambah Traffic Blog

Strategi menambah traffic blog tentu menjadi tips ngeblog menarik bagi seorang blogger atau pemilik blog, baik itu suatu blog untuk tujuan pribadi ataupun blog untuk tujuan bisnis. Khusus dalam artikel ini saya ingin berbagi mengenai strategi yang saya terapkan dalam mengembangkan notordinaryblogger khususnya strategi dalam menambah jumlah traffic blog.

Blog bisa menjadi investasi jangka panjang, katakanlah blog yang baru Anda mulai saat ini … setelah jangka waktu tertentu mungkin blog Anda akan memiliki harga tersendiri. Kegiatan jual-beli blog sudah biasa dipraktikan di kalangan blogger dan harga jual sebuah blog bisa sangat menggiurkan.

Salah satu faktor penting yang menentukan harga jual sebuah blog antara lain adalah intensitas jumlah traffic blog Anda.

Jumlah traffic blog notordinaryblogger tidak terlalu besar. Hal yang mempenagruhi penambahan traffic blog adalah frekuensi pembaharuan artikel yang masih jarang, yaitu hanya seminggu sekali dan jarangnya meninggalkan komentar di blog lain karena keterbatasan waktu.

Frekuensi pembaharuan artikel dan komentar di blog lain … hmmm, jika Anda bisa melakukan kedua hal ini lebih baik dari saya … bisa jadi peringkat traffic blog Anda lebih baik dari blog ini. Namun, praktiknya bisa berbeda-beda. Itulah sebabnya saya ingin berbagi strategi ini.

Mungkin Anda berpikir beberapa strategi menambah traffic blog yang saya gunakan ini sudah biasa dan bukan hal baru lagi, namun setidaknya strategi inilah yang saya gunakan dan rasakan manfaatnya. Jadi Anda bisa menggunakannya juga atau justru melakukan modifikasi atas strategi yang saya gunakan untuk mendapatkan hasil maksimal bagi Anda.

7 Strategi Menambah Traffic Blog Pemula Harus Tahu

1. Berkomentar Dengan Baik

Sebenarnya saya lebih suka berkomentar di blog yang menggunakan “comment luv”, namun belum begitu banyak blog di Indonesia yang menggunakan plugins ini.

Jadi, berkomentarlah dengan baik di blog-blog yang Anda kunjungi. Bagaimana Anda akan mendapatkan traffic dengan cara ini? Sederhana, konsepnya hampir sama dengan traffic exchange (pertukaran kunjungan blog).

Pernah lihat kalimat “…. kunjungan balik gan …” ? itulah konsep awal peningkatan traffic blog.

Setidaknya pemilik blog akan memberikan kunjungan balik ke blog Anda, dan jika komentar Anda berkesan, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan ekstra puluhan traffic lainnya yang membaca komentar Anda di blog lain. (pembahasan khusus tentang mendapatkan traffic blog dengan komentar akan dipublish bulan Oktober). Ketahui penyebab komentar tidak muncul.

2. Dapatkan Traffic Blog dari Media Sosial

Jika konten blog Anda tersebar di facebook, twitter dan sebagainya maka peluang untuk mendapatkan traffic blog yang lebih banyak lagi semakin besar.

Jangan lupa untuk melakukan hal ini, katakan saja apa yang Anda inginkan.

Apakah ingin artikel Anda mendapat share di facebook, atau tweet, atau + di google, atau tambahan komentar, berilah petunjuk itu kepada traffic blog. (baca : Trend media sosial Indonesia)

3. Berikan Konten Terbaik Anda Kepada Orang Lain (Penulis Tamu)

Dengan kata lain adalah menjadi penulis tamu. Jika Anda berniat menjadi penulis tamu, maka berikanlah konten terbaik Anda.

Mungkin Anda akan berpikir sebaliknya, namun sebenarnya peluang menjadi penulis tamu merupakan kesempatan untuk unjuk gigi agar semakin banyak pembaca di blog lain yang menjadi traffic blog Anda. (baca : Panduan singkat menjadi penulis tamu)

Jika mereka terkesan dengan apa yang Anda tulis di artikel tamu, tentu mereka akan menambahkan blog Anda ke dalam daftar kunjungan rutin mereka.

4. Berikan Apa Yang Anda Mau

Konsepnya sederhana saja. Berikan apa yang Anda inginkan kepada blogger lain. Misalnya? Berkomentar atau berbagi konten (share atau tweet)

Saya yakin banyak blogger menginginkan kontennya mendapatkan komentar dari blogger lain, atau pembaca, atau kontennya mendapatkan tambahan share atau tweet. Tapi kenyataannya … ? cukup sulit untuk mewujudkan itu.

Nah, cara awal yang paling mudah adalah dengan memberikan apa yang kita inginkan kepada blog lain. Dengan begitu, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan apa yang selama ini Anda inginkan juga.

5. Cek Mesin Pencari Setelah Anda Menerbitkan Konten Terbaru

Apa tujuannya? Sederhana …. untuk melihat berapa banyak topik sejenis yang sudah ada di internet. Jika ada, maka kunjungi … dan tinggalkan komentar di sana. Tentu Anda akan berkomentar dengan baik karena Anda cukup menguasai topik itu bukan?

Jika Anda meninggalkan komentar yang baik, tentu itu akan memberikan kesan pembaca lain dan ujung-ujungnya? Bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan traffic blog tambahan. (baca : Tips SEO untuk blogger)

6. Tunjukkan Bukti

Bukti atas apa yang Anda tulis dalam blog bisa menjadi daya tarik bagi pembaca. Bila Anda dapat menunjukkan bukti, pembaca akan mulai mempercayai apa yang Anda bicarakan, lebih jauh lagi mereka bisa menjadikan tulisan Anda sebagai sumber referensi yang terpercaya.

Jika sudah demikian, bisa jadi tulisan Anda mendapatkan jumlah share yang lumayan di facebook, twitter, google + dsb. Artikel yang menyebar di berbagai media sosial akan mendapatkan perhatian lebih dari komunitas pembaca secara luas, efeknya, mereka akan mengunjungi blog Anda jika mereka tertarik melihat link artikel Anda. Pada akhirnya, traffic blog Anda akan bertambah. (baca : Laporan bulanan)

7. Riset Sebelum Membuat Konten

Tujuannya adalah untuk memberikan konten yang baik kepada pembaca blog. Memang sulit mengukur seberapa baik konten blog Anda di mata pengunjung, namun dengan melakukan riset maka Anda sudah menunjukkan upaya maksimal dalam memberikan yang terbaik kepada pengunjung. (baca : Cara membuat artikel berpengaruh di internet)

Jika konten Anda dinilai baik oleh pembaca, kemungkinan besar ia akan kembali lagi untuk membaca tulisan Anda yang terbaru. Hasilnya … ? tentu saja traffic blog untuk Anda.

Image : rishadt.wordpress.com

Siap Terapkan Strategi Menambah Traffic Blog?

Itulah strategi menambah blog yang saya terapkan untuk mendapatkan jumlah traffic bulanan di NotOrdinaryBlogger. Saya yakin Anda memiliki strategi juga dalam meningkatkan traffic blog Anda. Oleh karenanya saya harap Anda mau berbagi strategi menambah traffic blog itu dengan pembaca lainnya. Untuk memantapkan pemahaman Anda dapatkan panduan belajar internet marketing gratis ini. Semoga bermanfaat.

17 Comments

  1. arikaka September 30, 2012
  2. Pingback: Menurunkan Peringkat Alexa Blog November 5, 2012
  3. Afy Khan November 9, 2012
    • Okto November 10, 2012
  4. bayu prasetyo Desember 24, 2012
    • Okto Desember 25, 2012
      • bayu prasetyo Desember 25, 2012
        • Okto Desember 27, 2012
  5. bayu prasetyo Desember 27, 2012
  6. kupunyailmu Januari 19, 2013
  7. fikri Februari 9, 2013
    • Okto Februari 10, 2013
  8. Ibrahim Vatih Agustus 23, 2014
    • Okto Agustus 23, 2014
  9. Pingback: 1001 Cara Meningkatkan Pageviews Blog November 16, 2014
  10. Sisada Desember 28, 2014
  11. Flowers Plants Juni 18, 2016
  12. Beni Subianto Juni 20, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge