Kenapa Penghasilan Iklan Forum Online Sangat Minim?

Kenapa penghasilan iklan forum online sangat minim? apa penjelasannya?

Sebelumnya saya ingin berterima kasih kepada pengunjung yang menanyakan hal ini. Seperti sudah diketahui oleh banyak blogger, penghasilan iklan yang bisa didapatkan dari sebuah website merupakan satu hal yang sangat menggiurkan. Sebelum masuk ke dalam pembahasan lebih dalam, mari simak bersama pertanyaan asli yang disampaikan berikut ini:

“maaf mas okto, saya punya forum kecil – kecilan, rank alexanya sekarang baru 2 juta 3 ratus ribuan. tapi kok ya penghasilan iklannya belum kelihatan. kira – kira setelah alexa berapa baru dapat hasilnya?”

Kira-kira apa jawabannya?

Jawaban singkat saya adalah alexa tidak ada sangkut pautnya dengan penghasilan iklan sebuah website atau forum online. Besar kecilnya penghasilan iklan sebuah forum online ditentukan oleh beberapa hal seperti topik forum online, ketersediaan produk yang dijual untuk mendapatkan keuntungan (apakah produk/jasa sendiri atau berupa marketing afiliasi?), jumlah unique visitor tiap hari, dan (jika forum) maka jelas sekali jumlah member aktif.

Sekarang mari fokus kepada forum online, karena itulah yang menjadi pertanyaan utama.

Jenis Iklan Online

Tahukah pembaca bahwa ada beberapa macam iklan dalam dunia bisnis online? Pertama adalah iklan pihak lain, kedua adalah iklan sendiri, dan ketiga adalah iklan langsung. Apa bedanya?

Iklan Pihak Lain

Merupakan iklan dari pihak lain yang ditampilkan di sebuah website untuk memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak (pemilik website) dan (pemasang iklan). Bentuk iklan ini dapat berupa banyak hal seperti banner script, kode html, link, dan sebagainya. Untuk bisa memasangkan iklan itu satu pihak (pemasang iklan) harus membayar sejumlah uang tertentu kepada pihak lain (pemilik website).

Salah satu bentuk paling lazim dari iklan ini adalah iklan dengan sistem PPC atau pay per click. Iklan semacam ini dipasang oleh pemilik website di sejumlah tempat dengan harapan mendapat “klik” pengunjung yang datang. Semakin banyak “klik” atas iklan itu ya semakin banyak penghasilan pemilik website dan sebaliknya. Pemilik website tidak memiliki kendali atas iklan yang ditampilkan tersebut.

Terakhir adalah iklan afiliasi. Iklan jenis ini hanya member keuntungan pemilik website jika pengunjung mengambil langkah lanjutan setelah ngeklik iklan yang ditampilkan. Langkah lanjutan itu biasanya berupa transaksi pembelian atau pendaftaran sebagai anggota di program yang ditawarkan. Jika tidak ada “langkah lanjutan tadi” ya tidak ada keuntungan yang didapatkan.

Iklan Sendiri

Iklan jenis ini merupakan iklan yang menampilkan produk pemilik website agar dapat dilihat oleh seluruh pengunjung website yang datang. Bentuk iklan bisa berupa banner, atau teks, atau kombinasi teks dan link atau banner dan link.

Iklan Langsung

Iklan jenis ini pada dasarnya sama dengan iklan pihak ketiga hanya saja pemilik website memiliki kendali penuh atas iklan yang ditampilkan. Biasanya iklan langsung dilaksanakan setelah pemilik website mendapatkan pembayaran penuh dari pemasang iklan. Iklan yang dipasang hanya berlaku untuk periode waktu tertentu (umumnya 30 hari). Bentuk iklan langsung bisa berupa banner, atau teks, atau kombinasi teks dan link atau banner dan link. Iklan langsung merupakan transaksi secara langsung antara pemasang iklan dan pemilik website tanpa melibatkan peran pihak ketiga (jaringan periklanan online misalkan Google Adsense dan sebagainya).

Kunci Sukses Penghasilan Besar Forum Online

Iklan yang mahal adalah iklan yang dilihat banyak orang, itulah filosofi sebuah iklan yang mahal. Jika iklan tersebut dilihat jutaan orang setiap harinya, maka bisa dipastikan tarif iklan tersebut sangatlah mahal. Setidaknya itulah yang akan terjadi pada sebuah tarif “iklan langsung”

Jika iklan yang ditampilkan adalah iklan PPC atau iklan afiliasi maka jumlah kunjungan (atau jumlah trafik website) tidak berpengaruh besar kepada besar kecilnya penghasilan iklan jika tidak ada yang ngeklik (iklan PPC) atau mengambil langkah lanjutan (iklan afiliasi).

Sekarang tentu pemahaman kita terhadap iklan menjadi lebih baik bukan? Nah waktunya kembali kepada pembahasan “penghasilan iklan forum online”. Kenapa Penghasilan Iklan Forum Online Sangat Minim

Kembali ke bagian awal tadi, bahwa kunci sukses utama forum adalah jumlah member aktifnya. Semakin besar jumlah member aktif sebuah forum online maka semakin besar potensi keuntungan iklan yang bisa didapatkan. Kenapa “potensi”? Karena semuanya bergantung dari jenis iklan yang digunakan dan topik forum online itu sendiri.

Jenis iklan yang digunakan tentu saja memiliki peran besar dalam menentukan penghasilan iklan. Jika jumlah kunjungan rutin sangat besar, misalkan kaskus yang mencapai 22 juta pengunjung per bulan, maka penghasilan dari iklan langsung akan sangat menguntungkan. Para pemasang iklan tentu akan tertarik untuk mempromosikan tawaran mereka melalui iklan di forum itu.

Selain jumlah member aktif, topik forum online memegang peranan tidak kalah penting dalam mempengaruhi penghasilan iklan sebuah forum online.

Topik umum merupakan hal biasa dan akibatnya persaingan untuk mendapatkan member sangatlah ketat. Banyak orang akan teringat kaskus jika berbicara soal forum online dengan topik umum. Jika kita ingin hadir dan mendapatkan penghasilan dari forum online bertopik umum, kita harus siap bekerja keras mengalahkan brand identity yang sudah mapan dari kaskus tentunya.

Di sisi lain, forum online sudah terkenal di kalangan blogger sebagai sumber mendapatkan trafik dan backlink. Berkaitan dengan hal ini, menurut pengalaman saya, blogger sangat jarang “ngeklik” iklan kecuali iklan tersebut sangat unik dan menawarkan informasi baru.

Jadi pada dasarnya topik sebuah forum online dapat mempengaruhi besar kecilnya penghasilan pemilik forum. Untuk mereka yang baru memiliki ketertarikan untuk memulai sebuah forum online, saran pribadi saya ada baiknya membuat forum dengan topik khusus dengan beberapa pertimbangan berikut ini sebagai persiapan “monetisasinya”;

  • Adakah produk ternama yang dijual di pasaran sesuai topik forum yang digunakan? Misalkan forum online tentang sepeda gunung maka member potensialnya adalah penggila sepeda gunung dan pengiklan potensialnya adalah toko sepeda gunung, bengkel sepeda, minuman kesehatan, atau produsen sepeda.
  • Adakah minat kita atas produk-produk potensial yang akan menjadi topik forum. Misalkan kita tahu sepeda gunung memiliki potensi keuntungan, tapi kita sendiri tidak begitu berminat dengan sepeda gunung maka ada baiknya cari topik lain yang paling sesuai dengan minat.

Pada akhirnya peringkat alexa akan semakin menyusut seiring dengan pertumbuhan jumlah pengunjung forum online yang diciptakan. Meskipun hal ini tidak selalu benar, karena bisa saja website yang mendapatkan ribuan pengunjung unik dari mesin pencari setiap hari memiliki peringkat alexa jutaan.

Potensi penghasilan sebenarnya yang dimiliki sebuah forum online dapat dilihat dari jumlah member aktif dan aktivitas harian para member di forum online tersebut. Sebagai gambaran, kaskus memiliki sekitar 408 juta postingan forum yang dihasilkan dari para member aktifnya. Jumlah postingan forum itu menghasilkan 20 juta kunjungan per bulan dengan konten jual beli “forum jual beli” dan “lounge” menjadi yang paling populer.

Bookmark Kenapa Penghasilan Iklan Forum Online Sangat Minim

Tentu saja menjadi kebebasan semua orang untuk menciptakan forum online seperti kaskus, namun tentu memulai hal itu akan membutuhkan kerja super ekstra terlebih jika kita ingin mendapat hasil memuaskan. Aternatif terbaiknya adalah melalui pembentukan forum online dengan topik yang lebih spesifik dengan dua pertimbangan yang sudah disebutkan di atas tadi.

Semakin aktif para member sebuah forum maka semakin besar potensinya dalam hal bisnis. Untuk membesarkan sebuah forum online, fokuslah pada “kepuasan” member karena member yang puas akan selalu kembali ke forum dan mengajak teman-temannya untuk bergabung dengan sukarela. Jumlah member aktif dan aktivitas harian para member yang akan menentukan nasib sebuah forum online jangka panjang. Masih ada pertanyaan seputar “Kenapa Penghasilan Iklan Forum Online Sangat Minim ?”

Tips Penting lainnya:

11 Comments

  1. Lutfi wardi Oktober 31, 2014
  2. Marlon Alamo Oktober 31, 2014
  3. Alvie November 1, 2014
  4. wildan Juni 3, 2015
  5. nak belog Agustus 25, 2015
  6. Suryo Eko Sudarsono Maret 21, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+