Cara Membuat Blog Gratis Blogger.com

Cara membuat blog gratis merupakan informasi awal yang diperlukan seorang blogger pemula. Blog dapat menjadi tempat menyalurkan hobi menulis bagi Anda yang memang suka menulis tentang suatu topik tertentu. Mengingat cukup banyak pertanyaan tips ngeblog yang datang kepada notordinaryblogger terkait cara membuat blog gratis, maka lahirlah postingan kali ini. Bagi teman pembaca yang sudah berpengalaman mungkin tidak akan tertarik dengan hal ini, namun bagi yang baru ingin memulai membuat blog gratis, ini bisa sangat menarik.

Sebelum kita memulai pembahasan cara membuat blog gratis ada baiknya kita sedikit mengingat kembali apa sih nilai positif jika Anda membuat blog sendiri? Meskipun blog gratis sekalipun.

Jika Anda masih belum yakin kenapa harus memulai sebuah blog berikut inilah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan.

1. Blog sebagai tempat menyampaikan pendapat secara bebas
Jika Anda memiliki suatu pemikiran (besar) tentang sebuah isu, blog bisa menjadi tempat paling bebas bagi Anda bersuara.

2. Blog sebagai tempat memasarkan atau mempromosikan sesuatu
Blog bisa menjadi tempat yang pas untuk menawarkan produk/jasa.

3. Blog sebagai tempat menolong orang lain
Banyak blog berisikan curhatan pribadi pemilik blog yang penuh dengan solusi atas permasalahan personal yang dihadapi. Hal ini secara langsung atau tidak bisa menjadi solusi bagi pengunjung blog yang menikmati konten yang diberikan pemilik blog.

4. Blog sebagai ajang uji keahlian khusus pemiliknya
Sudah banyak yang menggunakan blog untuk memantapkan keahliannya di suatu bidang khusus. Misalnya jika Anda adalah pengamat politik yang handal, Anda dapat menulis berbagai pendapat politik di blog Anda. Jika bagus, tentu tulisan Anda akan menjadi rujukan banyak pihak.

5. Blog sebagai tempat sosialisai dengan orang lain yang berminat sama
Blog bisa mendekatkan orang-orang yang berminat sama. Misalnya, Anda mengelola blog tentang cara merawat hamster, dengan demikian, besar kemungkinan Anda akan memiliki banyak teman pecinta hamster.

6. Blog sebagai sarana pembentuk opini publik
Dalam hal ini, blog dimanfaatkan untuk membawa opini publik atas suatu isu yang sedang hangat dibicarakan.

7. Blog sebagai sarana memelihara intelektualitas
Sebagian besar blogger selalu memuat konten blog terkait dengan isu terhangat. Pada akhirnya intelektualitas Anda akan terus terjaga bahkan mungkin terasah karena selalu update dengan permasalahan yang menjadi minat Anda.

8. Blog sebagai sarana komunikasi keluarga
Blog sama halnya dengan media sosial seperti facebook merupakan tempat ideal untuk berbagi kabar, cerita dan foto dengan anggota keluarga.

9. Blog sebagai tempat santai dan penunjang kreativitas
Banyak yang membuat blog karena alasan sederhana, untuk bersenang-senang. Mungkin blogger itu salah satu penggemar salah satu klub sepakbola lokal atau internasional, jadi melalui blognya ia memuat berbagai suka dan duka klub kesayangannya.

10. Blog sebagai sarana mencari uang
Perlu diingat bahwa tidak sedikit blogger yang gagal menghasilkan uang dari blog, namun potensi blog sebagai sarana mencari uang sangatlah besar. Dengan ketekunan dan kesabaran Anda akan bisa menghasilkan uang dari blog Anda.

Nah, menarik bukan? Banyak manfaat yang menguatkan alasan Anda untuk membuat blog baik itu membuat blog gratis atau berbayar.

Mungkin sekarang minat Anda untuk mengetahui cara membuat blog gratis semakin besar, jadi saya tidak akan menunda-nunda lagi mari kita bahas bersama.

Untuk memudahkan pembahasan, artikel ini hanya akan fokus kepada blogger.com. Mari kita lihat dalam pembahasan.

Cara Membuat Blog Gratis Blogger.com

Blogger.com sudah cukup terkenal dikalangan blogger di seluruh dunia. Pertama kali dipopulerkan oleh PyraLabs sebelum akhirnya diambil alih oleh Google. Sejak itu, banyak aplikasi gratis yang tersedia bagi pengguna blogger di seluruh dunia.

Ciri utama blog buatan blogger terlihat dari nama blog tersebut dimana selalu terdapat “.blogspot.com” dibagian akhir alamat blog. Jadi jika Anda menemukan sebuah blog (atau ada yang menyebutnya website) dan terdapat “.blogspot.com” sudah pasti itu adalah produk blogger.com (alias blog gratis)

Nah, bagaimana cara membuat blog gratis blogger.com?

Pertama Anda perlu memiliki akun gmail. Ingat, blogger.com sudah diambil alih oleh Google bukan? Jadi wajar jika para pengguna blogger.com diwajibkan menggunakan email keluaran Google juga.

Membuat akun gmail tidak terlalu sulit Anda hanya perlu mengunjungi alamat http://www.gmail.com. Lihat tanda bulat merah yang ada pada gambar? Klik create account jika Anda belum memiliki akun email gmail. Untuk mempersingkat kita tidak perlu membahas bagaimana membuat akun gmail bukan? Saya yakin Anda bisa melakukannya sendiri.

Website Gmail

Nah, saya anggap Anda sudah memiliki akun gmail. Kini saatnya Anda mengetahui cara membuat blog gratis blogger.com.

Kunjungi http://www.blogger.com

Membuat Blog Gratis Blogger

Kemudian masukan email username dan password di kolom yang tersedia.

Sekarang Anda sudah masuk di blogger.com

Halaman Awal Blogger

Jika Anda ingin mengubah bahasa, lakukan perubahan pada bagian kanan atas (lihat panah pada gambar di atas).

Jika sudah, klik “lanjutkan ke blogger” (lihat lingkaran pada gambar di atas)

Sekarang Anda sudah berada di Dashboard Blogger.com

Halaman Depan Blogger

Untuk membuat blog klik kotak “blog baru” (lihat lingkaran pada gambar di atas)

Jika sudah, akan keluar menu floating buat blog baru sebagaimana dapat Anda lihat di ilustrasi di bawah.

Buat Blog Blogger Menu Floating

Anda perlu mengisi Judul, Alamat Blog Anda nantinya (ingat … “.blogspot.com” tidak bisa dihilangkan) dan pilihan template yang ingin digunakan.

Untuk contoh pada gambar di atas:

Blog saya beri judulHelikopter Remote Control

Alamat blog saya isi “helikopterremotecontrol

Jika tanda “checklist” berwarna biru dan terdapat keterangan “alamat blog ini tersedia” maka Anda bisa mendaftarkan nama itu sebagai blog milik Anda. Jika tidak, Anda harus memikirkan nama lain untuk bisa digunakan. Pikirkanlah baik-baik nama blog Anda karena ini akan mempengaruhi perkembangan blog Anda di masa mendatang. Sekali Anda memilih nama blog, Anda tidak dapat menggantinya!

Jika sudah, Anda bisa memilih 7 template gratis yang sudah disediakan. Pilihlah sesuai selera Anda. Untuk contoh saya memilih template “Sederhana”. (Jangan takut memilih template, ini bisa diganti-ganti nantinya)

Jika sudah, klik buat blog!

Nah SELAMAT! ….. sekarang Anda sudah memiliki sebuah blog. Tidak susah bukan?

Apa saja hal penting dalam cara membuat blog gratis blogger.com?

Beberapa hal penting untuk pemula adalah cara membuat postingan dan cara merubah tampilan template.

Cara Membuat Postingan Pertama di Blogger.com

Nah sekarang Anda memasuki halaman dashboard blogger.com. Untuk membuat postingan pertama, klik “Pos” (lihat gambar dibawah)

Menu Dashboard Blogger

Kemudian klik “Entri Baru” (lihat gambar dibawah)

Membuat Postingan Pertama

Kemudian, mari kita lihat kegunaan simbol-simbol yang ada di tempat pembuatan postingan tersebut.

Simbol di Blogger Entri Baru

A Tempat Anda memasukan kode HTML atau script. (Catatan : jika Anda memasukan kode HTML di bagian “Compose”, hasil yang Anda inginkan tidak akan muncul)

B Undo dan Repeat

C Font huruf

D Menentukan besar kecilnya huruf

E Menentukan Heading dan Subheading (untuk judul paragraf)

F Menentukan Bold, Italic, Underline dan Strikethrough

G Memberi warna pada konten blog

H Untuk memberi link

I Untuk menambahkan gambar

J Untuk menambahkan video

K Untuk menambahkan jump break

L Untuk menyesuaikan artikel (rata kanan, rata kiri, dsb)

M Untuk Menambahkan poin berupa pointers atau angka

N Untuk memberi Tanda Petik

O Untuk menghilangkan perubahan yang sudah dilakukan

P Untuk melakukan proof read

*Tips mudah membuat postingan : untuk menyingkat waktu, ketiklah konten Anda di ms word. Lakukan semua penyesuaian (bold, italic, underline,menambah link, dsb) di ms word. Jika sudah selesai lakukan copy paste ke “Compose” di “Entri baru” blogger di atas. Dengan cara ini Anda akan mengemat banyak waktu.

Jika sudah, saatnya mengisi postingan pertama Anda.

Pastikan Anda mengisi Judul dan Isinya.

Lihatlah contoh tampilan yang sudah terisi artikel berikut ini :

Isi Postingan Pertama

Dari contoh gambar di atas bisa dilihat bukan? Untuk tulisan berwarna biru itu berarti saya memberi link di kata-kata itu. Anda bebas memberi link dimana Anda suka, bahkan Anda juga bisa memberi link di sebuah gambar.

Sekarang, mari kita menambahkan gambar, link, jumpbreak, label dan jadwal.

Cara Menambahkan Gambar ke Artikel Blog pada Blogger.com

Klik bagian “menambahkan gambar” sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya. Jika sudah Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini :

menambahkan gambar1

Cara termudah menambahkan gambar adalah jika Anda sudah memiliki file gambar itu di komputer Anda. Jadi Anda hanya perlu klik “Upload” kemudian “Pilih file”. Jika sudah akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

menambahkan gambar2

Dalam contoh di atas, saya memilih file gambar helikopter remote control yang diberi nama raptor. Klik gambar kemudian klik “open”. Jika sudah akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

menambahkan gambar3

Klik gambar yang sudah ter-upload, kemudian klik “Add selected”. Jika sudah gambar tersebut akan masuk di halaman “Entri baru” blogger. Lihat gambar di bawah ini :

menambahkan gambar4

Nah, sekarang gambar Anda sudah masuk. Anda bisa menyesuaikan ukurannya (besar, sedang, kecil) dan tata letaknya (tengah, samping kiri, atau samping kanan). Untuk menghargai pencipta gambar ada baiknya Anda menambahkan “Add caption” dan tuliskan sumber gambar tersebut. Atau apapun caranya dengan menyampaikan sumber gambar secara terbuka.

(untuk contoh saya memilih gambar ukuran kecil dan ditempatkan di samping kiri. Lihatlah gambar di bawah)

menambahkan gambar5

Menambahkan Link di Blogger.com

Menambahkan link ke dalam blog sangat bermanfaat untuk memberi informasi lebih lanjut kepada pembaca. Link bisa ditujukan kepada konten blog Anda yang lain atau kepada konten blog lain yang menurut Anda relevan. Bagaimana cara menambah link tersebut? Lihat ilustrasi di bawah:

Menambahkan Link

Pertama tentu Anda perlu blok kalimat yang ingin diberi link, kemudian klik “Link”. Jika sudah akan muncul menu seperti gambar di atas. “Text to display” akan terisi sesuai kalimat yang Anda blok. Yang perlu Anda isi adalah “Web address”. Lakukanlah copy paste web address yang Anda mau.

Contoh web address seperti http://www.helikopterremotecontrol.blogspot.com/tips-membeli-helikopter-rc-murah-jakarta.html. Dengan menerapkan hal ini pembaca yang melakukan klik ke link tersebut akan melihat web address yang Anda masukan.

Menambahkan Jumpbreak di Blogger.com

Jump break bermanfaat jika Anda sudah menulis cukup banyak konten di blog. Untuk membuat blog Anda menarik tampilkan cuplikan beberapa paragraf dari artikel Anda, dan jika pengunjung tertarik membaca lebih jauh, mereka dapat meng-klik “read more”. Cara melakukan ini adalah dengan menambahkan “jump break”. Lihatlah gambar di bawah :

memberi jump break

Menambahkan Label dan Jadwal di Blogger.com

Label bisa memudahkan pengunjung untuk menemukan berbagai konten yang sudah Anda buat. Misalnya Anda sudah membuat 100 konten helikopter remote control, kemudian Anda bisa memberi label untuk mengelompokan konten-konten tersebut ke dalam helikopter rc kamera, helikopter rc rakitan, helikopter rc sederhana, helikopter rc super canggih, dsb. Lihatlah gambar di bawah :

memberi label

Selanjutnya Anda dapat mengatur kapan konten itu dapat dinikmati pengunjung blog Anda. Caranya dengan mengatur “Jadwal” yang berada di bawah “Label”. Jika Anda tidak mengaturnya, maka konten akan terbit saat Anda klik “Publikasikan”.

beri jadwal tayang konten

Secara sederhana blog Anda dan konten pertama Anda sudah jadi. Anda hanya perlu klik “Publikasikan” jika sudah klik “Lihat Blog” untuk melihat seperti apa blog Anda. Jika ingin melakukan perubahan bisa dilakukan di bagian “Pos” dan arahkan kursor mouse ke judul konten akan muncul menu “edit

publikasikan konten1

Jika sudah cukup, Anda bisa klik “lihat blog” dan blog Anda sudah siap.

Selamat! Anda sudah memiliki blog dan konten pertamanya!

Lalu apa selanjutnya?

Beberapa hal bisa Anda rubah atau sesuaikan sesuai selera, mulai dari gambar latar, sampai penggunaan video di bagian side bar. Tertarik? Mari kita lanjutkan.

Cara Menyesuaikan Layout Blog

Menambahkan Deskripsi Blog

Di bagian ini Anda bisa menambahkan foto dan menambahkan deskripsi blog pada bagian header atau judul. Lihatlah gambar di bawah:

Edit Header

Menambahkan halaman blog

Halaman Final2

Klik bagian laman

Kemudian Anda akan melihat tampilan di atas. Klik laman baru, kemudian pilih “laman kosong”.

Membuat Halaman3

Untuk contoh saya membuat beberapa halaman seperti Tentang Saya, dsb. Anda leluasa menentukan berapa banyak halaman yang Anda mau, namun pastikan jumlah halaman proporsional dengan tampilan blog Anda nantinya agar pengunjung nyaman dalam melihat blog Anda.

Membuat Halaman4

Menyesuaikan Postingan Blog

Di bagian ini Anda bisa mengatur berapa banyak artikel yang akan disajikan di halaman pertama blog Anda. Kemudian mengatur opsi lain seperti menampilkan waktu penerbitan, siapa penulisnya, label, tombol berbagi dan sebagainya. Jangan lupa klik “Simpan” di bagian bawah menu konfigurasi tersebut untuk memastikan perubahan Anda dicatat oleh blogger.com.

Tata LEtak Konfigurasi Postingan Blog2

Menyesuaikan Gadget

Gadget yang terdapat pada “Tata Letak” dapat Anda sesuaikan (tambah atau kurang)

Tambah Gadget FINAL

 

Seperti Anda lihat di contoh gambar di atas, ada cukup banyak label “Tambahkan Gadget”. Artinya, pada setiap label itu Anda bisa melakukan edit seperlunya seperti misalnya menambahkan gambar, video, kode iklan script, blog roll, atau info-info dan gadget-gadget yang tersedia untuk Anda. Untuk contoh saya akan menambahkan file video dari YouTube terkait helikopter remote control.

Pertama, Anda perlu simpan dulu alamat URL video YoTube yang Anda mau. Kemudian klik “Tambahkan Gadget” dan pilih “HTML/Javascript“.  Anda akan melihat tampilan seperti berikut :

Edit Video HTML

Kemudian masukan kode HTML video YouTube. Pastikan Anda merubah width dan height yang disesuaikan dengan lebar sidebar blog Anda. Misalkan ganti info tersebut menjadi width=”250” height=”250” kemudian simpan.

Nah, Anda sudah memahami bagaimana melakukan penyesuaian di bagian layout blogger.com milik Anda.

Sekarang, Anda sudah siap melangkah ke tahap yang lebih mahir lagi, menyesuaikan “Template” blog Anda. Jangan khawatir, tidak terlalu sulit, lihatlah panduan ilustrasi berikut ini :

Ubah Layout

Setelah Anda klik “Template” akan muncul menu di atas, kemudian klik “Sesuaikan” dan akan muncul menu di bawah ini :

Ubah Template1

Di menu bagian kiri atas terdapat “Template”, “Latar Belakang” “Sesuaikan lebar” , “Tata Letak” dan “Tingkat Lanjut”.

Blog yang sudah dibuat dengan tahap sebelumnya menggunakan template sederhana. Di template sederhana sendiri terdapat beberapa pilihan sebagaimana Anda lihat di gambar atas. Anda bebas pilih template yang sesuai selera.

Tampilan “Preview” akan langsung menyesuaikan perubahan yang Anda pilih.

Anda bebas memilih, jadi pilihlah yang sesuai selera Anda.

Kemudian, Latar Belakang

Dibagian ini Anda bisa menyesuaikan tampilan warna latar belakang yang akan tampil di blog atau menampilkan foto pilihan sendiri dengan meng-upload nya dari file komputer Anda.

Ubah Template Warna Latar Belakang

 

Selanjutnya, perubahan “tata letak template

Ubah Layout Tata Letak menjadi 2 Kolom

Bisa dilihat di atas saya merubah tata letak isi menjadi 2 kolom sidebar kiri dan kanan dan mempertahankan tata letak kaki (footer)

Lalu Anda bisa melakukan penyesuaian lebar blog.

Sesuaikan Lebar Template

Gambar di atas menunjukkan saya sudah mengubah layout dengan 2 side bar dengan penyesuaian lebar seluruh blog 1200px, sidebar kiri 310px dan sidebar kanan 310px.

Kemudian Anda bisa masuk ke “Tingkat Lanjut

Banyak hal yang bisa Anda rubah di sini. Mulai dari Judul Blog, Deskripsi Blog, Latar, Link, dsb. Jangan takut untuk bereksperimen dengan kreativitas Anda.

Ubah Template Tingkat Lanjut

Jika Anda merasa semua penyesuaian sudah selesai, jangan lupa klik “Terapkan di blog” tunggu sesaat sampai ada pemberitahuan perubahan sudah tersimpan. Anda bisa “kembali ke blogger” atau langsung “lihat blog”. Atas perubahan yang dijabarkan maka blog yang dijadikan contoh akan terlihat seperti ini :

blog final

Bisa dilihat bukan,

Judul blog berwarna biru “Helikopter Remote Control

Deskripsi blog berwarna merah “tempat diskusi Helicopter RC

Halaman blog yang terdiri dari “Beranda”, “Tentang Saya” dan “Tempat Bermain Heli RC

Side bar kiri berisi “Label

Side bar kanan berisi “Entri Populer” dan “Video YouTube

Isi artikel yang terpotong hingga aerobatic capabilities dan pembaca bisa klik “Baca selengkapnya” jika ingin membaca sampai tuntas. Setting-an isi artikel bisa Anda atur dan pilih apa saja yang ingin ditampilkan Anda bisa saja menghilangkan siapa penulis, tanggal dan waktu terbit sampai label. Jadi Anda bebas menentukan.

Sekarang Anda sudah memahami cara membuat blog gratis dengan menggunakan blogger.com. Ini adalah permulaan yang baik. Selanjutnya Anda perlu melakukan update konten dengan hal-hal baru dan menarik sehingga pengunjung terus berdatangan untuk menikmati apa yang Anda sajikan.

Agar blog Anda bisa berkembang di masa depan, saya rekomendasikan Anda juga membaca artikel berikut :

Sekali lagi selamat! Anda sudah lebih maju dari seorang pemula sekarang, karena Anda sudah mengetahui cara membuat blog gratis dengan membaca panduan ini sampai tuntas!

Terapkan Cara Membuat Blog Gratis Blogger Ini

Sekian panduan singkat dan padat tentang cara membuat blog gratis dengan menggunakan blogger.com. Jika menurut Anda ada yang sulit dipahami tentang panduan cara membuat blog gratis di atas, jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah ini ya? Semoga bermanfaat.

*blog yang beralamat di helikopterremotecontrol.blogspot.com merupakan blog yang dibuat hanya untuk menjelaskan cara membuat blog gratis blogger.com. Untuk menghindari munculnya permasalahan terkait hak cipta konten yang ada di dalamnya, seluruh isi konten yang digunakan dalam contoh di atas sudah dihapus.

 

11 Comments

  1. budi majid Mei 16, 2013
    • Okto Mei 17, 2013
  2. jasa translate inggris Mei 19, 2013
  3. hmcahyo Mei 24, 2013
  4. Nisa Mei 24, 2013
  5. Jojo Mei 24, 2013
  6. juharyanto Mei 15, 2014
  7. Goldenadi April 18, 2015
    • Okto Desember 10, 2015
  8. Pingback: 5 Template Blog Gratis Siap Adsense April 19, 2015
  9. Pingback: 7 Cara Mencari Uang Bermain Game Mei 9, 2015
  10. muhammad isra Desember 10, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge