Bagaimana Sebuah Artikel Panjang Bisa Mendatangkan Banyak Keuntungan (studi kasus)

Artikel panjang bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi blogger namun kesalahan dalam menyajikan artikel panjang jadi identik dengan sebuah kebosanan, ketidakmenarikan, kejenuhan, dan rasa enggan untuk membaca sampai habis. Berbagai tips mungkin sudah banyak diberikan untuk bisa mengusir rasa bosan pembaca untuk terus menikmati konten tulisan di sebuah blog apalagi jika konten blog itu berupa artikel panjang.

Di kesempatan kali ini, saya ingin berbagi sebuah hasil studi kasus bagaimana artikel panjang bisa memberi banyak keuntungan bagi sebuah blog. Keuntungan itu bisa berupa ratusan trafik organik gratis, rendahnya tingkat bounce rate blog, dan memperbesar peluang menghasilkan uang melalui banner iklan.

Postingan ini akan menarik sekali namun mungkin sedikit panjang bagi pengunjung yang tidak terlalu suka membaca. Pastikan untuk membaca konten ini dengan seksama agar tidak ada manfaat yang terlewat.

Selamat membaca ….

Keuntungan Artikel Panjang pada Sebuah Blog

Bounce Rate Rendah

Jika sebuah blog memuat artikel panjang tentu saja bounce rate blog (bisa jadi) akan menurun. Ini bisa memberi sinyal bahwa blog itu bermanfaat untuk pembaca, alhasil mesin pencari pun akan memberi hadiah berupa posisi SERPs lebih baik.

Bagaimana ini bisa terjadi? Mudahnya tentu terkait waktu. Pembaca akan memerlukan waktu lebih banyak dalam mengkonsumsi konten berupa artikel panjang. Cukup mudah bukan? Tantangan terbesar dalam menciptakan artikel panjang untuk mendatangkan keuntungan ini adalah untuk terus menarik minat pembaca sampai paragraph terakhir.

Terkadang artikel panjang bisa membuat pembaca hilang fokus ditengah jalan dan bukan tidak mungkin membuat pembaca merasa frustasi karena artikel tidak kunjung selesai. Banyak hal bisa dilakukan untuk tetap menarik minat pembaca atas artikel panjang misalnya dari variasi konten (foto, video, power point, dsb). Gunakan kreatifitas kita dan dapatkan keuntungan dari artikel panjang di blog kita.

Memperbesar Peluang Menghasilkan Uang Melalui Banner Iklan

Artikel panjang (berkisar 1000-1500 kata) bisa memberikan ruang untuk banner iklan yang baik kepada pembaca. Banner iklan ini juga bisa memberi variasi atas banyaknya kata-kata yang sedang dicerna pembaca.

Untuk contoh misalnya kita ingin mempromosikan produk afiliasi dengan memasang banner afiliasi pada sebuah artikel 1500 kata. Kita bisa menempatkan banner iklan itu pada bagian kata ke-750 dan mendekati akhir artikel. Hati-hati dalam melakukan ini karena jika terlalu banyak banner akan mengacaukan fokus pembaca dari manfaat yang diberikan artikel itu.

Dalam usaha kita menghasilkan uang lewat blog sangat penting untuk mengedepankan manfaat yang akan diterima pembaca dari konten yang diberikan, oleh karenanya jangan terlalu berlebihan memberi banner iklan di artikel panjang.

Apakah penjelasan di atas sulit dipahami? Marilah kita simak ilustrasi dibawah ini untuk mempermudah pemahaman.

Sebagai contoh adalah konten berjudul “Sejarah Bisnis Coca-Cola …. “. Konten ini memiliki panjang 1800-an kata. 3 Variasi konten yang digunakan adalah tulisan, foto dan video.

Artikel Panjang Bisa Mendatangkan Banyak Keuntungan part 1

Jika diperhatikan dengan seksama, iklan muncul pada kalimat ke-1131. Iklan diberikan di sini karena pada ukuran ini, fokus pembaca sudah tertuju pada konten (tanpa ada apapun di bagian side bar). Akhirnya spot iklan mendapatkan ekspose lebih baik kepada pembaca. Alhasil peluang mendulang uang pun semakin besar dari cara ini. (lihat ilustrasi di atas)

Kemudian iklan kedua muncul di bagian akhir artikel panjang. Lagi-lagi spot iklan muncul dibelakang latar berwarna putih (atau cerah) memberi fokus  “perhatian/minat” pembaca atas iklan yang ditampilkan.

Penampilan iklan pada artikel panjang ini bisa memberi efek ‘mencuri perhatian” pembaca untuk melihat iklan lebih jauh karena sudah tidak ada lagi fokus dari bagian lain blog (side bar) kecuali konten itu sendiri.

Cara ini juga terbilang etis karena kita tetap mengedepankan manfaat artikel tanpa mengacaukan fokus pembaca dengan jumlah banner iklan yang berlebihan. Jadi pada akhirnya, ini bisa menjadi win-win solution.

Membuat Kita Terlihat Seperti Ahli

Artikel panjang jelas akan memberi ruang lebih kepada penulis untuk menjelaskan suatu permasalahan secara detil dalam memberi solusi. Pada akhirnya, pencipta konten akan belajar secara tidak sadar, karena semakin penulis ingin memberikan detil dalam artikel panjang semakin penulis belajar dua hal utama, yaitu mengasah skil menulis dan memperdalam topik yang dibahas.

Semakin banyak artikel panjang yang diciptakan, semakin terasah kedua skil yang sudah disebutkan tadi.

Artikel Panjang Mendatangkan Banyak Pengunjung Organik

Inilah hal menarik dari studi kasus yang dilakukan. Studi kasus ini menggunakan sebuah artikel panjang lainnya dengan topik Inspirasi sukses berjudul 47 Orang-Orang Sukses yang Gagal Saat Memulai.

Proses pembuatan artikel ini bermula dari riset kata kunci (fokus pada “low competition” atas kata kunci “orang sukses”), pengumpulan bahan artikel, formulasi judul yang menarik, penempatan dan jumlah keyword (atau dikenal dengan keyword density), dan finalisasi kemasan artikel untuk pembaca. Rangkaian ini memakan waktu cukup lama berkisar 1-2 minggu sebelum akhirnya diterbitkan.

Untuk sekedar menghasilkan organic trafik bagaimana hasilnya?

Ilustrasi

Bisa dilihat dari ilustrasi di atas konten ini terbit pada 22 Juli 2013.

Berdasarkan data Jetpack WordPress artikel ini terus mendatangkan trafik organic untuk kata pencarian :

  • orang besar dunia yang sebelum sukses mengalami kegagalan
  • orang gagal yang sukses
  • orang gagal menjadi sukses
  • orang gagal yang menjadi sukses
  • buku riwayat orang sukses di dunia
  • kisah sukses dari orang yg dulu dicemooh orang
  • dan masih banyak lagi …

untuk data Google Analytic untuk periode 23 Juli 2013 – 21 Oktober 2013 artikel panjang ini menghasilkan pengunjung organic untuk kata kunci:

  • orang gagal yang sukses
  • orang gagal menjadi sukses
  • cara sukses bill gates di bidangnya
  • cerita sukses stephen spielberg
  • gagal menuju sukses
  • orang besar dunia yang sebelum sukses mengalami kegagalan
  • dan masih banyak lagi ….

Hal menarik dari data Google Analytic di sini adalah masuknya beberapa kata kunci yang diluar prediksi seperti kata kunci “cara sukses bill gates di bidangnya” dan “cerita sukses stephen spielberg” dalam menyumbang pengunjung organik ke konten artikel panjang tersebut. Ini berarti sebuah artikel panjang yang dipersiapkan dengan baik bisa mendatangkan banyak kemungkinan kata kunci yang kompetitif untuk halaman awal Google. Hasilnya tentu saja tambahan kunjungan organik yang sangat berarti untuk sebuah blog bisnis.

Itulah bukti sederhana sebuah artikel panjang bisa mendatangkan banyak kunjungan organik sebagai salah satu keuntungannya.

Sepakat Artikel Panjang Bisa Mendatangkan Banyak Keuntungan?

Postingan ini mencoba untuk menjelaskan bahwa sebuah artikel panjang yang dipersiapkan dengan baik bisa mendatangkan banyak keuntungan secara otomatis. Hal ini menjadi penting karena kebanyakan blogger tidak memiliki banyak waktu dalam membangun persahabatan dengan blogger lain, mempromosikan blog di media sosial dan berbagai cara promosi blog lainnya.

Jika kita termasuk blogger yang jarang menulis maka jangan sia-siakan kesempatan membuat postingan dengan sebuah konten artikel yang biasa-biasa saja. Jika kita berfokus pada membuat artikel panjang yang berkualitas bukan tidak mungkin blog kita akan populer dalam waktu yang relatif singkat karena mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Setuju Artikel Panjang Bisa Mendatangkan banyak Keuntungan?

Ini hanyalah sebuah saran yang didukung dengan bukti dan dikemas dalam sebuah postingan studi kasus. Saya sendiri mengkombinasikan antara artikel panjang dan artikel pendek. Sebuah postingan panjang memberi peluang untuk berbicara detil olehkarenanya akan memakan waktu yang banyak. Namun secara sederhana postingan ini menunjukkan keuntungan sebuah artikel panjang bagi pemilik blog yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Apakah Anda pernah berpikir bahwa artikel panjang bisa mendatangkan banyak keuntungan? Silahkan berbagi pendapat.

 

13 Comments

  1. Megi Tristisan November 14, 2013
  2. Taufik Al Mubarak November 15, 2013
  3. Idah Ceris November 16, 2013
  4. Idah Ceris November 16, 2013
  5. Kang Jum November 16, 2013
  6. Rina November 17, 2013
  7. isnuansa November 18, 2013
  8. Ricky Rachmanto November 30, 2013
  9. Nursyam Septiadi Desember 4, 2013
  10. Pingback: 6 Cara Teruji Menurunkan Bounce Rate Blog I Januari 15, 2014
  11. Ricky Rac Agustus 28, 2014
  12. wahyu Juni 3, 2015
    • Okto Juni 4, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge