Tren Google dalam Industri Online tahun 2014

Jika Anda menjalankan bisnis online, mengabaikan perkembangan Google bisa berbahaya untuk kemajuan bisnis tersebut. Google mengendalikan sebagian besar industri online mulai dari mesin pencari, perangkat keras sampai distribusi aplikasi. Tetap mengetahui prioritas terkini yang diterapkan Google akan membantu Anda memahami apa yang perlu menjadi fokus setiap jangka waktu tertentu dalam program pengembangan dan pemasaran bisnis online.

Terlebih jika Anda pelaku bisnis online dan mencari momen yang tepat memperkenalkan bisnis baru di tahun 2014, memperhatikan dimana Google menghabiskan fokus dan usahanya merupakan strategi berharga untuk memahami tren industri digital.

Jadi apa sebenarnya yang Google kerjakan di tahun 2014? Setelah tahun 2013 selesai, sepertinya tahun 2014 menjanjikan lebih banyak kemajuan untuk perusahaan online raksasa ini. Mari kita simak proyeksi dan prediksi perkembangan Google untuk tahun 2014 ini.

Mesin Pencarian, Kunci Sukses

Hasil pencarian dari mesin pencari Google merupakan inti dari semua bisnis Google, jadi bersiaplah untuk melihat berbagai perubahan di dunia SEO tahun 2014. Hasil pencarian akan semakin terarah dan intuitif. Lebih lanjut, Google sepertinya akan semakin proaktif menawarkan hasil pencarian mereka, dimana mesin pencari semakin pandai menyesuaikan kebutuhan personal pengguna mesin pencari.

Diprediksi akan terjadi fokus lebih besar pada aspek SEO seperti keyword panjang, jumlah pencarian sampai penggunaan PPC untuk pasar pengguna mobile.

Google mendapati harga saham melambung tinggi mencapai $1,000 di tahun 2013, dan percayalah mereka ingin menjaga momentum tersebut tahun ini. Banyak yang sudah tahu jika konten adalah raja di dunia SEO, untuk Google konten berarti uang. Satu-satunya investasi yang bisa dilakukan dalam upaya pemasaran online tahun 2014 adalah konten yang relevan, unik, dan sangat berkualitas.

Kejayaan Google Glass

Di tahun 2013 Google Glass mendapat sambutan positif dari konsumen, namun tanpa publikasi resmi hanya ada spekulasi akan hal ini. Sepertinya Google Glass akan diluncurkan secara resmi tahun ini dimana hal ini telah memicu lahirnya berbagai  pendanaan pengembangan aplikasi pendukung.

Jika bisnis Anda berkaitan dengan teknologi terbaru, atau Anda sangat suka dengan hal-hal terbaru, perhatikanlah proyeksi Google Glass, atau ikut berpartisipasi dan segera kembangkan aplikasi sendiri yang bisa digunakan di Google Glass. Ingatlah bahwa review mengenai Google Glass masih simpang siur yang cenderung positif, namun Google sudah berinvestasi banyak untuk sukses dengan perangkat keras baru tersebut, jadi hasil akhirnya sama sekali tidak dapat diprediksi. Jika Anda suka tantangan, bertaruhlah dalam hal ini.

OS Android Baru

Google meluncurkan update Andorid OS (versi 4.4) yang dinamakan Kitkat tahun 2013, namun tanpa banyak publikasi, hal tersebut tidak memiliki dampak yang diharapkan. Maka dari itu, bisa dimaklumi jika tahun 2014, Android 5.0 akan lebih baik dari itu. Para penggemar menantikan perbaikan signifikan atas tema dan UI yang digunakan.

Segala jenis bisnis dengan fokus pengguna mobile sebaiknya memperhatikan perkembangan Android ini.

Perkembangan Google+ Berlanjut

Google+  memang belum bisa mengalahkan facebook, namun jangan mengabaikan media sosial yang satu ini sebagai media potensial untuk bisnis. Hal ini karena Google+ sangat berhubungan dengan fungsi pencarian Google, media sosial ini memiliki daya proxy yang tetap. Google terus berusaha membuat Google+ sebagai portal yang menghubungkan fitur Google lainnya. Ini membuat Google+ sebagai fitur penting untuk bisnis.

Salah satu hal cerdas yang diambil Google untuk meningkatkan komunitasnya tahun lalu sepertinya akan bertambah sampai sepuluh kali lipat tahun ini. Google memperhatikan bahwa beberapa niche khusus menggunakan Google+ secara berlebihan, perusahaan menjangkau pengguna skala besar mereka mulai dari tingkat fotographer amatir sampai profesional , dan meluncurkan fitur khusus yang hanya bisa di akses komunitas tersebut.

Antisipasilah hal ini akan terjadi pada niche-niche lainnya di tahun 2014.

Terlepas apakah Anda mendapat keuntungan dari perbaikan ini, sebuah bisnis online sebaiknya hadir dalam komunitas Google+, jika bukan untuk tujuan pemasaran maka setidaknya untuk tujuan SEO.

Kepercayaan : Kerikil Tajam Yang Siap Melukai Google Kapan Saja

Terdapat beberapa sektor perkembangan teknologi yang tidak dijangkau Google, dari robot sampai komputer, layanan internet sampai toko retail, Google menunjukkan pergerakan ke seluruh media. Namun, ada satu bagian penting yang sangat berpengaruh akan kesehatan bisnis Google yang sulit diprediksi tahun 2014, yaitu kepercayaan konsumen.

Setelah era Snowden, saat skandal PRISM terkuat ke publik, Google mulai meningkatkan evaluasinya atas tindakan mereka terhadap data personal yang didapatkan. Mereka secara tegas menyatakan tidak menyalahgunakan data yang dimiliki, di saat yang sama mereka memiliki peningkatan permintaan dari pihak pemerintah yang ingin punya akses ke data personal tersebut.

Sebagai konsumen mungkin kita tidak pernah tahu kapan Google melakukan kompromi atas privasi data penggunanya, namun hal ini sudah tampak jelas menjadi perhatian publik yang mengarah kepada rasa penuh curiga. Pekerjaan berat Google tahun ini bukanlah mengeluarkan fitur baru, algoritma super cerdas, atau teknologi online ramah lingkungan namun meraih kembali kepercayaan konsumen yang mulai bergejolak.

Tren Google manakah yang sesuai dengan bisnis online Anda? Punya pendapat lain? Silahkan berbagi

 

One Response

  1. adi Maret 28, 2014

Leave a Reply

CommentLuv badge

Promo Hosting Murah Hanya Rp 29ribuan/bulan Gratis Domain Selamanya! Buruan cuma sampai 5 Mei 2017Beli Hosting Sekarang