Menciptakan Penjualan dengan Menulis Ulasan Produk yang Dicari Pembaca

  • 10
    Shares

Meningkatkan penjualan suatu produk merupakan salah satu manfaat blog untuk bisnis. Kita dapat membuat sebuah produk cukup dikenal dengan menulis ulasan produk yang dicari pembaca. Sebuah ulasan sebagai sebuah artikel tentu berpeluang untuk terindeks di mesin pencari. Dengan kombinasi kreativitas dan strategi yang tepat, ulasan produk yang sudah ditulis bisa menjadi sumber rekomendasi bagi banyak orang yang membutuhkannya. Hasilnya? Tentu saja penjualan produk itu bisa meningkat.

Itulah proses sederhana bagaimana Anda bisa menciptakan penjualan dengan menulis ulasan produk yang dicari pembaca. Tulisan ulasan produk Anda tentu akan menjadi sebuah artikel blog yang siap untuk diserahkan kepada algoritma mesin pencari.

Konsep ini dikenal dengan istilah “article marketing”. Banyak blogger yang menerapkan hal ini untuk mengembangkan sebuah bisnis internet. Article marketing yang diterapkan secara baik dapat membantu Anda menciptakan penjualan dengan menulis ulasan produk yang dicari pembaca.

Apalagi yang menyenangkan selain menjual sesuatu di blog kita bukan? Lebih lanjut, kita bisa menulis tentang produk yang kita tawarkan dan pembaca menyukai sampai membeli produk itu pada akhirnya.

Bagaimana untuk bisa seperti itu? Mari kita bahas bersama tips menulis ulasan produk yang tidak hanya dicari pembaca tapi juga membantu Anda menciptakan penjualan.

Pembaca Blog Mencari Informasi Bermanfaat

Sebuah artikel blog dapat mencuri perhatian karena pembaca sudah memahami masalah di dalam artikel itu. Untuk lebih meyakinkan, tentu pembaca mencari referensi tambahan di internet. Blog merupakan bagian dari internet bukan? Dan Internet merupakan sumber informasi tanpa batas. Jadi, pembaca yang meminta bantuan internet menemukan referensi informasi yang diminta bisa saja mendarat pada blog Anda karena dianggap menyediakan informasi bermanfaat yang pas dengan permintaan pembaca tadi.

Tidak sedikit orang yang menggunakan internet untuk mencari informasi tambahan sebelum akhirnya memutuskan sesuatu, apakah itu membeli, menjual, atau berbuat sesuatu. Informasi dari internet digunakan sebagai bahan pertimbangan. Maka dari itu, jika artikel blog dapat memberikan manfaat pembaca pun akan datang. Pembaca tidak mencari artikel yang memaksa mereka untuk membeli sesuatu melainkan mencari informasi yang bisa membawa keuntungan bagi mereka.

Bayangkan diri kita menjadi calon pembeli. Kata kunci apa yang akan kita gunakan untuk mencari produk di mesin pencari lalu informasi seperti apa yang ingin kita dapatkan?

Buatlah catatan pertanyaan tentang suatu produk atau jasa yang coba Anda tawarkan. Jawab catatan pertanyaan tersebut kedalam bentuk artikel blog. Kemudian Anda juga bisa membuat beberapa artikel tambahan yang membahas berbagai macam sudut pandang tentang produk atau jasa yang ditawarkan dan lengkapi artikel itu dengan paket artikel pemasaran yang menyeluruh.

Misalnya begini:

Saya ingin menjual kamera CCTV untuk rumah melalui blog.

Maka kata kunci yang berkaitan erat dengan produk itu adalah :

  • “Kamera CCTV”
  • “Harga Kamera CCTV”
  • “Kamera CCTV Jakarta” (sesuaikan lokasi dengan tempat yang Anda inginkan)
  • “Service Kamera CCTV”
  • “Kualitas Kamera CCTV”

Dan sebagainya. Posisikanlah diri kita sebagai konsumen, gunakan daftar kata kunci tersebut untuk memprediksi pertanyaan konsumen dan jadikan target kata kunci artikel yang akan kita tulis.

Kemudian untuk artikel utama kita bisa menulis secara spesifik misalnya:

“Kelebihan Kamera CCTV (merk) A”. Dalam artikel ini Anda bisa mengulas habis tentang kelebihan-kelebihan apa saja yang dimiliki kamera CCTV tersebut (bisa harga, fitur, cara instalasi, kekuatan mesin CCTV, perawatan dsb). Ada baiknya Anda menyampaikan juga kekurangan produk tersebut, karena dengan demikian otoritas informasi yang Anda berikan akan semakin terpercaya dimata pembaca.

Selanjutnya untuk artikel tambahan kita bisa menulis tentang berbagai hal terkait kamera CCTV misalnya:

  • Kamera CCTV yang Cocok untuk Rumah di Perkotaan
  • Kamera CCTV yang Sesuai untuk Rumah Dua Lantai
  • Kamera CCTV untuk Musim Hujan … dan sebagainya.

Jika sudah berikan internal link ke artikel tambahan tersebut sehingga artikel tambahan ini berfungsi untuk menjaring pembaca agar kita bisa mengarahkannya kepada artikel utama.

Dengan cara diatas Anda akan mendapatkan pembaca yang tertarget. Beri edukasi dan informasi kepada mereka. Sajikan informasi yang mereka mau untuk meyakinkan mereka melakukan pembelian. Orang membeli karena mereka percaya kepada penjual. Bangunlah kepercayaan tersebut melalui ulasan produk yang berimbang dan akurat yang tersaji melalui konten blog Anda.

Sudut Pandang yang Berbeda

Internet membuat informasi menjadi mudah untuk didapatkan. Untuk mencuri perhatian, beri pembaca dengan sudut pandang yang berbeda. Jawab pertanyaan yang tidak terpikirkan untuk mereka tanyakan. Kita tidak bisa membujuk seseorang melakukan pembelian jika mereka tidak memperoleh informasi yang lengkap.

Pahami produk/jasa yang ditawarkan dan bagikan pengetahuan Anda. Tidak ada yang mau membeli dari seseorang yang tidak mengerti atas produk atau jasa yang ditawarkan. Anda dapat meningkatkan penjualan dengan pemahaman yang baik akan produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu Anda dapat menjelaskan dengan baik segala pertanyaan yang mungkin muncul.

Berikan ide baru kepada pembaca tentang produk atau jasa tersebut. Sampaikan betapa hebatnya produk yang Anda tawarkan dalam membantu menyelesaikan masalah.

Panjang Pendeknya Artikel

Hal ini kerap menjadi penyebab utama orang gagal dalam pemasaran artikel online. Patokan umum artikel ulasan produk adalah 500 sampai 800 kata. Artikel ulasan produk yang lebih pendek dari 500 kata akan dinilai sebagai postingan blog biasa. Di sisi lain, artikel yang lebih panjang dari 800 kata akan membuat pembaca bosan membaca.

Maka bisa dikatakan panjang artikel ulasan produk yang ideal adalah 550 sampai 750 kata. Gunakan paragraf pendek dan sub judul tiap paragraf sehingga lebih mudah untuk dibaca. Kenapa demikian? Pembaca merupakan orang yang sibuk, mudahkanlah mereka menangkap informasi penting yang mereka butuhkan dengan cepat.

Namun pada prinsipnya pembaca tidak mempermasalahkan artikel panjang selama manfaat yang diberikan memang bernilai bagi mereka.

Artikel Ulasan Produk yang Dikemas dengan Baik

Tentu saja Anda adalah ahlinya dalam hal yang Anda bicarakan. Sebagai contoh sebelumnya, jika Anda mengulas kamera CCTV tentu saja Anda adalah ahlinya bukan? Bagikan keahlian Anda kedalam artikel ulasan produk yang dikemas dengan baik sehingga Anda akan tampak seperti ahli. Tunjukkan hal ini maka pembaca akan yakin bahwa Anda menikmati apa yang Anda lakukan sehingga pembaca lebih nyaman berkomunikasi dengan Anda.

Keputusan untuk membeli sesuatu bukanlah perkara mudah bagi setiap orang. Terlebih dengan situasi ekonomi yang serba mahal, tentu pembaca akan sangat selektif dalam membeli produk.Pembaca akan belajar dari informasi yang Anda berikan. Keuntungan menulis ulasan produk adalah Anda akan mendapatkan pembaca yang memang tertarik atas produk yang Anda bahas.

Jadi mereka mencari informasi tambahan untuk memberi keyakinan atas produk itu. Sebuah ulasan produk yang dikemas dengan baik dan sangat informatif akan membuat pembaca semakin cerdas akan suatu produk. Ulasan produk semacam ini akan menumbuhkan kepercayaan kepada Anda (penyedia informasi) dan menolong Anda menciptakan penjualan.

Para ahli tidak selalu bisa menulis. Jika Anda tidak yakin dengan bagaimana Anda bisa mengemas keahlian analisa produk Anda kedalam tulisan gunakanlah jasa penulis yang Anda percaya. Penulis professional dapat menggunakan informasi yang Anda sediakan dan menciptakan ulasan produk sebagai sebuah konten blog yang mendatangkan pengunjung dalam jumlah besar.

Berikan Link Relevan dalam Artikel Ulasan Produk Blog Anda

Mesin pencari menggunakan popularitas link sebagai salah satu elemen algoritmanya untuk menentukan di posisi berapa artikel ulasan Anda akan dipajang di halaman hasil pencarian.

Tidak semua link relevan yang dihasilkan sebuah blog bernilai sama di mata mesin pencari. Membangun link seperti ini bukanlah kisah sukses satu malam. Hal ini perlu waktu dan strategi yang tepat.

Artikel ulasan produk yang dikemas dengan baik dikombinasikan dengan link relevan dari website lain merupakan paket pemasaran konten blog yang baik. Gunakan kesempatan menjadi penulis tamu sebaik mungkin.

Setiap artikel tamu yang dimuat di website lain akan memberi link relevan ke blog Anda. Link relevan berarti nilai tambah di mata mesin pencari atas blog Anda.


Cara Paling Praktis?

Mungkin memberi link relevan akan menjadi hal tersulit bagi Anda. Tidak perlu khawatir, fokuslah pada konten blog Anda terlebih dahulu. Berikan ulasan yang bermanfaat atas setiap artikel yang Anda muat di blog. Kemudian lakukan promosi blog Anda secara teratur. Konten berkualitas saja tidak cukup saat ini, Anda perlu sedikit aktif mempromosikannya.

Perhatikan bagaimana tingkat penjualan Anda sebelum dan sesudah Anda menerapkan sebuah strategi pemasaran konten blog. Dengan begitu, biaya yang Anda keluarkan tidak habis dengan percuma (seandainya Anda menggunakan jasa pihak lain untuk itu).

Internet jelas menyimpan potensi bisnis yang tidak terhingga apalagi untuk meningktkan penjualan dengan menulis ulasan produk di blog.

Siap Menulis Ulasan Produk?

Images courtesy of freedigitalphotos.net

Baca juga : Tips Menemukan Topik Menarik Niche Blog untuk Promosi Bisnis

Tips Penting lainnya:

Nah, sudah siap menciptakan penjualan dengan menulis ulasan produk yang dicari pembaca? Semoga sukses


  • 10
    Shares
  • 10
    Shares

4 Comments

  1. Rina Januari 13, 2014
  2. Okto Januari 14, 2014

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+