Categories: Usaha Kecil

Cara Ternak Ayam untuk Pemula

Share

Ternak ayam memang menarik perhatian banyak pemula yang ingin berbisnis. Maklum saja karena hampir semua orang mengkonsumsi ayam. Kondisi itu membuat faktor keuntungan yang pasti jika Anda memahami cara ternak ayam untuk pemula.

Mengikuti panduan ternak ayam untuk pemula akan banyak membantu Anda dalam mendirikan bisnis peternakan ayam baru Anda. Karena peternakan ayam telah terbukti menjadi bisnis yang menguntungkan, maka Anda mungkin bersedia memulai peternakan untuk sumber pendapatan baru Anda.

Secara luas, peternakan ayam berarti memelihara ayam secara komersial untuk keperluan daging, telur, dan produksi bulu. Tapi di sini kita menggambarkan peternakan ayam untuk panduan pemula tentang ayam.

Produk ayam adalah salah satu sumber utama protein hewani, selain daging sapi, dan ikan. Dan ayam sudah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia. Produksi ayam skala kecil memenuhi permintaan nutrisi hewan untuk sebuah keluarga. Tetapi skala besar atau basis komersial peternakan ayam menawarkan kesempatan bagi orang untuk mendapatkan uang dalam jumlah besar. Itu sebabnya ada banyak peternakan ayam di luar sana.

Peternakan ayam adalah bisnis yang cocok untuk orang-orang yang bersemangat tentang peternakan, memelihara unggas dan yang nyaman dengan kehidupan pertanian. Peternakan ayam adalah bisnis yang sangat menguntungkan jika Anda dapat menjalankannya dengan benar dengan metode dan kondisi yang dapat diterima dan kondusif untuk unggas.

Ternak Ayam untuk Pemula

Sebenarnya setiap jenis usaha tani mengikuti prinsip-prinsip operasional spesifik untuk menghasilkan laba yang baik. Dan ketika prinsip-prinsip seperti itu diabaikan oleh sistem manajemen pertanian, itu mengakibatkan kerugian besar.

Jadi sebelum memulai, adalah bijaksana untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis ini. Luangkan waktu dan cobalah untuk memahami mengapa sebagian besar peternak unggas mendapat untung besar dan beberapa dari mereka gagal.

Beberapa petani, terutama pemula terpaksa gulung tikar ketika mereka tidak bisa mengoperasikannya dengan benar sehingga kehilangan uang. Bisnis peternakan ayam yang sukses terlibat dengan banyak pekerjaan dan tidak mudah ketika semua harus diakukan bersamaan. Karenanya bisnis ternak ayam bukan untuk orang malas. Anda harus melakukan semuanya tepat waktu dan sempurna sesuai dengan rencana. Namun, di sini kita membahas detail tentang peternakan ayam untuk pemula.

Cara Memulai Bisnis Ternak Ayam

Ikuti proses langkah demi langkah untuk memulai bisnis peternakan ayam baru Anda. Memulai bisnis peternakan ayam adalah hal yang mudah dan melibatkan banyak pekerjaan secara bersamaan. Di sini ada beberapa detail yang Anda perlukan untuk bisnis ini.

Siapkan Investasi Anda

Peternakan ayam membutuhkan investasi. Anda dapat mengatur uang sendiri atau Anda dapat mengajukan pinjaman bank.

Pinjaman bank tersedia untuk memulai bisnis peternakan ayam. Anda harus menghubungi bank yang Anda inginkan untuk proses pinjaman. Sebagai pemula, Anda harus mulai dengan jumlah ayam minimum yang akan dikenakan biaya lebih sedikit uang.

Jenis Produksi

Pertama-tama tentukan jenis produksi peternakan ayam Anda.

Anda dapat memelihara ayam broiler untuk keperluan produksi daging dan memilih lini unggas jika Anda ingin menghasilkan telur secara komersial. Anda juga dapat memulai peternakan ayam Anda untuk menjual produk unggas dan membiakkan stok langsung ke pelanggan lokal Anda. Tentukan tujuan produksi Anda, pilih bibit unggas yang tepat sesuai dengan produksi yang Anda inginkan dan pergi untuk perencanaan rinci.

Tetapkan Lokasi Peternakan

Memilih lokasi ternak ayam yang baik untuk bisnis Anda sangat penting.

Anda harus memilih lokasi yang memiliki semua fasilitas yang diperlukan dan menguntungkan untuk bisnis Anda. Itu bisa agak jauh dari kota, di mana tanah dan tenaga kerja cukup murah. Tapi jangan buat peternakan ayam terlalu jauh dari kota. Karena sebagian besar kota memiliki populasi kepadatan tinggi, dan Anda harus menargetkan pasar itu. Juga cobalah untuk menghindari mendirikan peternakan di daerah perumahan, karena peternakan ayam menghasilkan bau tidak sedap. Saat memilih lokasi ternak ayam, pertimbangkan juga sistem transportasi dan fasilitas pengobatan.

Bangun Rumah

Setelah memilih lokasi peternakan, buat rumah yang bagus untuk ternak ayam Anda. Pastikan semua fasilitas yang diperlukan tersedia di rumah baru.

Ada tiga jenis sistem perumahan unggas yang bisa Anda gunakan. Luas, semi intensif dan intensif. Untuk produksi komersial, sistem intensif paling nyaman. Anda dapat memelihara umggas di lantai atau dalam sistem kandang.

Rata-rata, unggas broiler membutuhkan ruang sekitar 0,75 meter persegi dan unggas petelurmembutuhkan ruang sekitar 1,2 meter persegi. Misalnya, jika Anda ingin menaikkan 200 petelur maka Anda harus memastikan ruang sekitar 240 meter persegi tersedia. Diperlukan sekitar 1,2 meter persegi ruang per ungags dalam sistem kandang. Jangan lupa menambahkan sistem pencahayaan dan ventilasi yang tepat di rumah.

Beli Peralatan yang Dibutuhkan

Anda perlu membeli beberapa peralatan untuk peternakan ayam Anda. Daftar peralatan yang diperlukan tercantum di bawah ini untuk menjalankan peternakan ayam dengan sukses.

 Pengumpan

 Mekanisme air minum

 Sarang

 Kandang

 Koperasi

 Krat

 Inkubator

 Baki telur

 Instrumen pencahayaan

 Tempat Bertengger

 Induk atau pemanas

 Sistem ventilasi

 Sistem pembuangan limbah

Buruh atau Tenaga Kerja

Berdasarkan jumlah unggas, Anda membutuhkan lebih banyak tenaga kerja. Sebagai seorang pemula, jika Anda mulai dengan jumlah unggas minimum (200-500) maka Anda dapat mengelola peternakan Anda sendiri dengan mudah. Jika Anda berencana untuk memelihara lebih banyak ayam maka Anda akan membutuhkan tenaga tambahan. Pastikan tenaga kerja murah tersedia di area yang Anda pilih.

Membeli Anak Ayam

Setelah menyiapkan semuanya, beli anak ayam berkualitas dari peternak tepercaya di daerah Anda dan mulailah merawatnya. Siapkan brooder (tempat/alat penghangat untuk anak unggas) sebelum tiba anak ayam dari rumah pengembangbiakan ke peternakan Anda. Sebagai seorang pemula, adalah bijaksana untuk memulai dengan anak-anak yang lebih muda daripada anak-anak yang lebih tua. Jika Anda seorang pemula yang lengkap tanpa pengalaman sebelumnya, pertahankan jumlah anak ayam seminimal mungkin (setidaknya tidak lebih dari 500).

Makanan Ternak Ayam

Memberi makan adalah bagian terpenting dari bisnis peternakan ayam. Setelah membangun rumah dan membeli peralatan dan anak ayam, Anda harus menghabiskan banyak uang untuk memberi makan ayam Anda.

Sekitar 70% dari total pengeluaran proyek ternak ayam Anda akan digunakan untuk makan. Dan keberhasilan dalam bisnis juga tergantung pada kualitas dan pemberian makanan yang memadai. Anda dapat membeli bahan pakan dari pasar dan menyiapkannya sendiri atau membeli pakan unggas dari pasar. Berbagai jenis pakan unggas komersial tersedia di pasar untuk setiap jenis unggas.

Manajemen Kesehatan Ternak Ayam

Seperti yang telah disebutkan di atas, Anda harus memastikan sistem pengobatan yang tepat di daerah Anda.

Hewan unggas rentan terhadap berbagai jenis penyakit dan Anda harus siap mengendalikannya. Tentu saja ‘pencegahan lebih baik daripada mengobati’, jadi Anda harus sadar dan merawat unggas peternakan Anda agar tetap aman. Vaksinasi mereka tepat waktu dan selalu berusaha memberi mereka air tawar dan makanan. Sediakan juga beberapa vaksin dan obat-obatan yang dibutuhkan sehingga Anda dapat menggunakannya saat dibutuhkan.

Pemasaran

Strategi pemasaran yang baik memengaruhi laba dari bisnis Anda. Jika Anda dapat menjual produk Anda di pasar dengan mudah, maka itu akan mendorong Anda untuk mendapatkan lebih banyak produksi. Langkah bijak untuk merekomendasikan penentuan fasilitas pemasaran di daerah Anda sebelum memulai bisnis peternakan apa pun. Karena bisnis Anda tidak akan banyak menguntungkan jika Anda tidak dapat memasarkan produk Anda dengan benar.

Semoga cara ternak ayam untuk pemula akan membantu Anda merencanakan bisnis baru Anda. Sebelum memulai, cobalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis ini dan kunjungi beberapa peternakan jika memungkinkan. Konsultasikan dengan peternak lain di daerah Anda dan mulailah dengan jumlah ayam minimum untuk pertama kalinya. Kumpulkan pengalaman dan secara bertahap kembangkan ternak ayam Anda.