Rahasia Riset Keyword yang Menguntungkan Blogger

Blogger tentu sudah akrab dengan kata kunci (keyword) karena pemahaman akan aspek ini bisa berperan penting membuat blog ramai pengunjung. Tidak kalah penting terkait keyword adalah proses riset keyword untuk menemukan sejumlah informasi penting mulai dari popularitas keyword, tingkat persaingan keyword yang diinginkan sampai perkiraan nilai iklan PPC keyword itu.

Keyword merupakan satu dari banyak hal penting yang tidak bisa diremehkan jika bisnis merupakan salah satu tujuan Anda ngeblog. Akan baik bagi Anda bila persiapan akan keyword yang baik sudah dilakukan lebih dulu dari awal sebelum menentukan nama domain. Inilah pentingnya Anda memahami rahasia riset keyword yang menguntungkan blogger. Informasi ini akan membuka sejumlah info penting untuk Anda perhatikan.

Pada dasarnya riset keyword dapat memberikan sebuah penjelasan bagaimana Anda bisa memulai, bersaing dan mengoptimasi dengan lebih efisien. Sebuah blog yang berisikan beberapa konten berupa tulisan disandingkan dengan kenyataan kompetisi di mesin pencarian perlu disikapi dengan bijak. Ini berarti, dalam kondisi tertentu blog bukanlah lawan sepadan dengan portal besar karena perbedaan kuantitas konten yang cukup mencolok.

Dalam dunia belajar SEO, riset keyword merupakan bagian dari tahapan SEO secara keseluruhan. Penerapan SEO yang baik dapat memenangkan sebuah blog dalam persaingan di halaman hasil pencarian berbagai mesin pencari seperti Bing, Yahoo, Google, dll. Raihan halaman pertama postingan blog di mesin pencarian merupakan hasil dari efektivitas optimasi sebuah blog.

Dari pemahaman tersebut tidak dapat dipungkiri lagi bahwa trafik organik (trafik yang berasal dari mesin pencarian) sangatlah vital bagi perkembangan sebuah blog, semakin tinggi trafik organic sebuah blog maka semakin leluasa pemilik blog untuk meraup keuntungan finansial dari blog yang dikelolanya tersebut.

Hal Penting Dalam Riset Keyword yang Haram Diabaikan

Seperti sudah Anda ketahui diatas bahwa riset keyword merupakan tahapan penting optimasi blog secara jangka panjang. Oleh karenanya akan fatal hukuman bagi Anda jika mengabaikan beberapa hal penting dalam riset keyword berikut ini:

Jumlah Permintaan Keyword
Salah satu tolak ukur komersialitas sebuah keyword adalah jumlah permintaan rutin akan keyword itu sendiri. Artinya, semakin banyak keyword dimintakan oleh para pengguna mesin pencari secara rutin maka nilai komersial keyword itu semakin tinggi. Usaha Anda mendapatkan halaman awal google atas suatu keyword akan sia-sia jika ternyata keyword itu memiliki jumlah permintaan yang minim.

Rivalitas Keyword
Karena suatu keyword memiliki nilai komersial yang tinggi, wajar sekali jika banyak yang mengincarnya. Alhasil tingkat rivalitas beberapa keyword tertentu sangatlah tinggi. Penting bagi Anda memperhatikan seberapa kuat tingkat rivalitas keyword yang Anda kejar untuk memprediksi berapa keras upaya yang dibutuhkan dan waktu yang diperlukan untuk mencapai posisi teratas. Lama sebentarnya waktu atau lelah santainya upaya optimasi yang Anda perlu lakukan akan sangat bergantung dari tingkat rivalitas keyword komersial pilihan Anda.

Keyword Berharga
Satu hal penting lainnya selain jumlah permintaan keyword dan rivalitas keyword untuk diperhatikan dalam riset keyword adalah “harga” keyword itu sendiri. Jika Anda menggunakan Keyword Planner maka hindarilah pemilihan keyword dengan harga klik terendah.

Siap Lakukan Riset Keyword yang Menguntungkan?

Dapatkan panduan gratis menggunakan Google Keyword Planner dan perhatikan beberapa tips dibawah ini:

  • Ada tiga jenis rivalitas/kompetisi keyword, yaitu Low (rendah), Medium (sedang), dan High (tinggi). Jenis rivalitas keyword yang paling cepat mendatangkan keuntungan pilih yaitu Low dan Medium. Ada baiknya Anda mengabaikan keyword dengan kategori persaingan High karena bisa diprediksi proses optimasinya akan mahal dan melelahkan.
  • Jumlah permintaan keyword rutin (bulanan) diatas 1000 sangatlah bijak untuk memenangkan persaingan.
  • Penetapan keyword dengan harga pay per click (PPC) setidaknya $ 0.07 cukup aman.

Sudah menerapkan semua tips ngeblog riset keyword ini? Jangan lupa bahwa perkembangan algoritma mesin pencari sekarang menitikberatkan kualitas konten blog oleh karenanya jangan pernah abaikan kualitas konten blog yang Anda tampilkan di blog agar rahasia riset keyword yang menguntungkan ini semakin maksimal dalam memberikan hasil positif.

6 Comments

  1. hyden Oktober 4, 2015
  2. Okto Oktober 5, 2015
  3. tofan Oktober 6, 2015
    • Okto Oktober 6, 2015
  4. Novansyah nurfajar Oktober 7, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

Buat Tabungan dapat Secure Credit CardTabungan Online Bank Sinarmas
+