Membuat Landing Page yang Efektif

Membuat landing page yang efektif untuk blog sangatlah penting untuk bisnis online. Di tengah makin maraknya pertumbuhan blog, maka landing page yang efektif, sebagai salah satu cara optimisasi blog dapat meningkatkan performa blog.

Anda perlu memahami seberapa baik sebuah landing page, mempelajarinya dan lakukan uji coba sendiri dengan teliti. Jika hal ini terabaikan, pengunjung potensial tidak akan melakukan apa yang Anda cari dari landing page yang sudah di desain. Sebenarnya hal ini tidak hanya penting untuk aspek bisnis tapi juga untuk semua tujuan publikasi konten blog.

Sebut saja keinginan Anda. Ingin menambah jumlah facebook like, tweet, g+, komentar, fanpage, klik pada iklan dan sebagainya, kesemuanya dapat diraih dari pemahaman Anda dalam membuat landing page yang efektif.

Hal ini akan menimbulkan rasa penasaran, bagaimana membuat landing page yang efektif. Mungkin Anda akan berpikir bahwa tidak semua tips dapat memberikan hasil yang sama kepada setiap orang, namun ketahuilah bahwa sebenarnya ada beberapa hal mendasar yang dapat diterapkan dalam membuat landing page yang efektif. Berikut ini adalah hal mendasar tersebut :

Judul Konten Sebuah Landing Page

Judul konten ibarat pesan inti sebuah kampanye politik. Judul konten merupakan kesan awal yang sangat penting untuk sebuah landing page. Tujuannya adalah untuk mencuri perhatian pengunjung. Judul menjadi bagian yang paling mudah diperhatikan oleh setiap pengunjung blog yang datang, bahkan lebih banyak dari bagian blog lainnya.

Tips mendasar dalam membuat judul sebuah landing page adalah ukuran yang lebih besar dari ukuran isi blog, gunakan kombinasi warna yang ramah terhadap mata manusia, memuat inti masalah kedalamnya.

Ungkapkan Keuntungan yang Ditawarkan

Sebuah landing page yang efektif akan memuat keuntungan yang akan didapatkan pengunjung yang menikmati konten blog Anda. Jangan salah kaprah dalam hal ini, keuntungan yang ditawarkan seharusnya apa yang menjadi kebutuhan pengunjung bukan keuntungan dari sudut pandang promosi untuk mengejar penjualan.

Secara sederhana, usahakan landing page se-praktis mungkin dan se-personal mungkin. Gunakanlah pendekatan marketing yang cerdas. Landing page akan semakin kuat jika Anda bisa menyertakan data pendukung yang kredibel tidak hanya sekedar menawarkan suatu produk dan meminta pengunjung untuk membelinya.

Sebuah landing page yang hanya memuat fitur sebuah produk akan sulit untuk menghasilkan penjualan. Untuk mencegah hal ini terjadi dalam bisnis Anda, sampaikanlah sebuah landing page yang menjelaskan bagaimana produk atau tips Anda dapat membantu menyelesaikan masalah pengunjung. Dengan demikian pengunjung akan tertarik untuk melakukan sesuatu setelah menikmati konten blog Anda.

Tampilan Landing Page

Memang blog bisa menjadi sumber panghasilan melalui pemasangan iklan, namun jika Anda ingin meningkatkan penjualan jangan terlalu berlebihan dalam menampilkan gambar untuk sebuah landing page.

Tampilan sebuah landing page sebaiknya konsisten dengan pesan yang ingin disampaikan sehingga dapat dengan mudah mengarahkan pembaca melakukan langkah selanjutnya (seperti yang Anda mau). Jika tidak, pengunjung potensial akan pergi tanpa jejak.

Sebuah landing page sebaiknya ditampilkan dengan cepat. Perhatikan berapa lama waktu yang dibutuhkan blog Anda dalam memuat setiap informasi atas klik yang dilakukan. Pengunjung tidak suka berlama-lama, jadi pastikan informasi blog Anda dapat tampil dalam waktu cepat

Pesan Persuasif Landing Page pada Posisi yang Tepat

Pesan persuasif sangatlah penting sebagai panduan pengunjung melakukan langkah selanjutnya. Apa yang Anda inginkan? Menambah jumlah fanpage, subscribers, followers, atau apa pun itu, letakanlah pesan persuasif pada posisi yang tepat. Sampaikan secara jelas apa yang Anda inginkan dan letakan pesan itu pada posisi yang sesuai.

Terkadang pesan persuasif bisa diletakan pada beberapa posisi dalam satu landing page, namun dengan isi pesan yang berbeda. Setidaknya satu pesan persuasif sebaiknya terdapat dalam sebuah landing page.

Pastikan Landing Page Mudah Dipahami

Poin ini sangat penting khususnya bila Anda membuat landing page sebuah penjualan produk. Gaya penyampaian konten blog bisa berpengaruh pada reaksi pengunjung.

Jika landing page Anda berupa artikel, maka pastikan itu tertulis dengan bahasa yang sangat baik, tidak terdapat kesalahan pengetikan, kosakata, dan tata bahasa atau calon pembeli potensial akan kehilangan kepercayaan kepada Anda atau produk yang ditawarkan.

Sertakan Gambar/Video yang Sesuai

Untuk meningkatkan minat pengunjung, sebuah landing page perlu memuat gambar yang sesuai. Misal jika Anda menyampaikan pesan tentang bagaimana cara membuat denah rumah menggunakan photoshop maka ada baiknya menyertakan gambar/video tahap demi tahap agar pengunjung semakin mudah memahaminya.

Cara penyampaian pesan seperti ini akan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pemberi informasi dan bukan tidak mungkin pengunjung dengan senang hati melakukan apa yang Anda mintakan dalam pesan persuasif yang diberikan.

Uji Coba Landing Page

Sebelum Anda meluncurkan sebuah landing page, tidak ada salahnya melakukan uji coba. Pada kenyataannya hanya sebuah tes yang dapat memberikan Anda keyakinan akan berhasil tidaknya strategi landing page yang akan Anda jalankan.

Punya Cara Lain Membuat Landing Page Yang Efektif?

Sekali lagi perlu saya pastikan bahwa kemampuan Anda membuat landing page yang efektif akan lebih bermanfaat dalam hal peluncuran penjualan sebuah produk namun tidak berarti pengetahuan ini tidak bisa dimanfaatkan untuk tujuan lain.

Landing page yang baik merupakan bagian penting dari belajar SEO. Hal ini karena landing page akan membantu Anda mengoptimalkan SEO mencapai tujuannya.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan jika Anda menerapkan hal-hal mendasar di atas kedalam pembuatan setiap konten blog. Dengan demikian informasi membuat landing page yang efektif ini menjadi bermanfaat untuk diketahui khususnya bagi mereka yang berkepentingan dalam dunia online.

Dapatkan update informasi seputar tips ngeblog, belajar internet marketing, tips sukses dan tips internet lainnya dengan menjadi bagian dari fanpage kami.

sumber gambar : poshstuffonline.com

Punya pendapat lain tentang membuat landing page yang efektif? Silahkan berbagi melalui kolom komentar yang tersedia  
   

5 Comments

  1. kombisonline Januari 4, 2013
    • Okto Januari 4, 2013
  2. wono Januari 4, 2013
    • Okto Januari 4, 2013
  3. Pingback: Kenapa Blog Memerlukan FAQ? Juli 16, 2014
  4. jupri Agustus 25, 2014
  5. Pingback: Meningkatkan Konversi Penjualan I Januari 26, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge