Apa itu Email Marketing?

Apa itu email marketing? Jika Anda tertarik belajar bisnis online tentu Anda sudah mengenal istilah email marketing. Atau jika Anda mendapatkan artikel ini dari mesin pencari bisa jadi Anda ingin mendapat pemahaman tentang apa itu email marketing.

Banyak yang mengatakan bahwa email marketing memperkaya komunikasi bisnis, membantu penjual mengarah pada pasar yang tepat dan efisien dalam hal biaya pemasaran produk. Namun apakah sebenarnya email marketing itu, bagaimana cara kerjanya dan kenapa email marketing lebih efektif dibandingkan iklan di media tradisional, serta mengapa entitas bisnis perlu meluangkan waktu membangun data base email konsumen?

Email marketing muncul saat perusahaan atau penjual mengirimkan pesan bisnis kepada sekelompok orang menggunakan surat elektronik (email). Segala jenis email dikategorikan kedalam email marketing jika email itu bertujuan untuk membangun kesetiaan konsumen, kepercayaan akan suatu produk, atau pengembangan sebuah merk. Email marketing merupakan cara efisien untuk tetap terhubung dengan konsumen Anda dimana pada saat bersamaan Anda tetap mempromosikan bisnis Anda.

Dengan metode email marketing, Anda dapat dengan mudah mendekatkan diri pada pasar tanpa rasa khawatir akan menghabiskan banyak uang, ruang dan waktu.

Ada banyak contoh email marketing mulai dari pesan terima kasih atas pembelian suatu produk, sampai pesan terima kasih karena telah berkomentar pada sebuah blog/website. Setiap email yang Anda kirimkan sebaiknya mengandung informasi bisnis yang Anda jalankan di bagian akhir email tersebut. Hal ini memudahkan konsumen untuk mencari tahu lebih banyak tentang bisnis Anda.

Email marketing juga bisa memberi Anda gambaran tentang apa yang menjadi minat konsumen. Misalnya Anda memberikan informasi harga diskon khusus melalui email kepada konsumen, Anda dapat memantau siapa saja yang melakukan pembelian melalui rangkaian kegiatan email marketing Anda.

Email marketing telah membawa perubahan cukup signifikan dalam metode menghasilkan uang lewat blog, dimana sukses tidaknya kegiatan email marketing yang Anda lakukan dapat mempengaruhi besar kecilnya pendapatan Anda. Atau lebih luas lagi email marketing dapat mempengaruhi maju tidaknya suatu upaya belajar internet marketing.

Sumber gambar : fiazku.files.wordpress.com

Jadi Apa itu Email Marketing?

Apakah Anda memiliki pendapat lain tentang apa itu email marketing? Atau bagaimana kegiatan email marketing Anda selama ini? Silahkan berbagi di kolom komentar yang tersedia  

 

One Response

  1. Pingback: Perlukah Moderasi Komentar Blog? I September 23, 2013
  2. yanwar Desember 23, 2014

Leave a Reply

CommentLuv badge