Bagaimana Saya Dapat Membuat Judul Artikel Blog Yang Baik

Membuat judul artikel blog yang baik memiliki peran yang tidak kalah penting dibandingkan dengan isi artikel blog itu sendiri. Judul artikel blog merupakan awal dari semuanya untuk belajar SEO blog. Judul artikel bisa menjadi penentu apakah pembaca akan terus membaca sampai habis, apakah pembaca akan kembali lagi ke blog Anda atau akan melupakan blog Anda dengan mudah.

Apa Arti Penting Judul Artikel Blog?

1. Menarik perhatian mesin pencari. Pernahkah Anda sadari bagaimana Anda melihat hasil pencarian saat menggunakan mesin pencari, katakanlah Google (mesin pencari google bukanlah satu-satunya, namun hampir semua menggunakannya). Cobalah ketik kata apa pun yang Anda cari dan Anda akan disuguhkan dengan jutaan hasil pencarian. Jika Anda perhatikan rekomendasi utama bagi pencari informasi dari hasil pencarian itu adalah judul.

Sebagai contoh : berikut saya ketikan kata “ Trend Media Sosial di Indonesia” pada mesin pencari Google. Dan hasilnya adalah :

Anda mengerti bukan betapa pentingya sebuah judul artikel blog yang baik itu? Pencari informasi akan melakukan klik pada sajian data yang tersedia. Dengan kata pencarian itu, jelas apa yang terpajang pada halaman pertama mesin pencari menjadi target utama para pencari informasi.

2. Membangun komunitas pembaca. Judul artikel yang baik dapat membantu Anda membangun komunitas pembaca untuk blog. Judul artikel dapat membuat pembaca ingin berinteraksi dengan penulisnya. Sama halnya dengan menarik perhatian mesin pencari, judul artikel blog bisa mengunci perhatian pengunjung blog untuk sejenak berpikir tentang judul yang Anda tawarkan, hingga akhirnya memutuskan untuk membaca dan mencari solusi yang Anda tawarkan.

Bagaimana Anda Bisa Sukses Membuat Judul Artikel Blog Yang Baik?

Blog sebagai salah satu media informasi tentu memerlukan cara-cara khusus dalam meningkatkan trafik pembaca seperti layaknya sebuah media cetak. Tidak ada rumus pasti untuk menentukan judul artikel blog itu baik atau tidak karena kualitas itu bersifat relatif. Bukan Anda yang menentukan melainkan pembaca. Namun demikian ada beberapa hal yang bisa Anda jadikan pedoman dalam membuat judul artikel blog yang baik sebagai berikut ;

  • KISS (Keep It Short and Simple). Ini merupakan sebuah pedoman sederhana dalam dunia jurnalistik. Pedoman ini juga berfungsi dengan baik untuk sebuah judul artikel blog. Judul yang singkat, jelas, dan mudah dimengerti akan terindeks dengan baik oleh mesin pencari, jadi cobalah untuk membuat judul artikel blog Anda tidak lebih dari 40 karakter sehingga seluruh judul secara utuh muncul di mesin pencari.
  • Mencuri perhatian. Judul artikel blog yang baik memiliki nilai tersendiri yang terpisah dari isi artikel sehingga akan menarik minat pembaca untuk terus membaca mulai dari paragraf pertama hingga terakhir. Anda dapat meniru bagaimana media cetak melakukan hal ini untuk halaman depan mereka. Namun satu hal yang perlu diingat bahwa cara ini sangat ampuh untuk menarik perhatian namun memiliki sisi negatif yang sangat merusak jika isi artikel tidak mencerminkan judul artikel blog yang Anda berikan. Jika Anda gagal memberikan janji yang Anda tawarkan lewat judul artikel blog maka Anda akan kehilangan calon pembaca setia untuk blog Anda.
  • Memberi solusi. Pembaca akan terus membaca karena merasa judul yang Anda tawarkan memberi solusi atas masalah yang mereka hadapi. Judul artikel blog yang dimulai dengan “Bagaimana”, “Panduan”, dan “Cara” ideal untuk memberi solusi bagi pembaca. Ini memudahkan pembaca untuk memprediksi manfaat apa yang mereka akan dapatkan setelah membaca artikel blog Anda.
  • Jelas. Seperti sudah sedikit disinggung di atas, sebuah judul artikel blog yang jelas dalam memberikan “manfaat yang didapat pembaca jika membaca sampai selesai” memiliki peluang untuk dibaca oleh banyak orang. Pastikan judul artikel blog Anda seperti ini. Misal : judul artikel blog “Bagaimana Membuat Liburan ke Bali Tidak Boros” lebih baik daripada “Bagaimana Membuat Liburan Ke Bali Menyenangkan”.
  • Gunakan kata kunci. Judul artikel blog merupakan bagian penting dari tips SEO blog Anda. Jika Anda ingin memaksimalkan judul artikel blog Anda maka Anda harus mempertimbangkan penggunaan kata kunci dalam judul artikel blog. Ini memudahkan mesin pencari untuk mengetahui bagaimana Anda ingin artikel blog Anda ditemukan lewat mesin pencari. Bagian ini menjadi cukup menantang terutama saat Anda harus menjaga prinsip KISS, mencuri perhtian, dan sebagainya. Namun bukan berarti tidak mungkin, Anda hanya perlu berlatih. Misal : kata kunci yang Anda mau adalah “Liburan ke Bali” maka salah satu judul yang baik adalah “Bagaimana Membuat Liburan ke Bali Tidak Boros”.

Jangan terburu-buru. Jika Anda memang suka menulis, jangan terburu-buru. Luangkan waktu sedikit lebih banyak khusus untuk menentukan judul artikel blog Anda.

Ayo Membuat Judul Artikel Blog Yang Baik

Judul artikel blog ibarat halaman utama sebuah media cetak, jadi pertimbangkanlah judul yang akan Anda gunakan agar judul artikel blog Anda dapat memberikan hasil yang maksimal bagi perkembangan blog Anda.

Tips ngeblog ini bermanfaat? Rekomendasikanlah artikel blog ini agar teman Anda dapat mendapatkan manfaat yang sama seperti Anda 🙂

Jadi, bagaimana pengalaman Anda dalam membuat judul artikel blog yang baik? Jangan sungkan untuk berbagi dengan pembaca lainnya ya?

Sumber gambar : bbc.co.uk

Baca artikel lainnya :
Bagaimana Menghasilkan $ 2,000 Melalui Marketing Afiliasi
Bagaimana Menghasilkan Uang Lewat Blog?
Cara Menambah Trafik Blog dengan Berkomentar di Blog Lain
Cara Menurunkan Peringkat Alexa Blog

 

One Response

  1. Pingback: 6 Cara Teruji Menurunkan Bounce Rate Blog I Januari 15, 2014
  2. Dwi sugiarto April 24, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge