Cara Memulai Bisnis Internet dengan Modal Minimal

Internet jelas sekali menyimpan potensi usaha yang sangat besar, terlebih bagi Anda yang memiliki semangat dalam berwirausaha belajar internet marketing. Semangat dalam diri Anda untuk menciptakan hubungan bisnis yang kondusif dan positif sangat menentukan dalam keberhasilan Anda menerapkan cara memulai bisnis internet dengan modal minimal.

Dalam pembahasan kali ini saya ingin menggugah pemikiran pembaca yang tertarik mencoba-coba bisnis internet namun memiliki modal minimal. Kenapa demikian? Karena saya cukup yakin sebenarnya banyak sekali orang yang ingin memulai bisnis internet namun tidak tahu bagaimana cara memulainya, khawatir akan kegagalan, dan takut menjadi korban penipuan atas proposal bisnis di internet.

Memang tidak sedikit orang yang ragu terhadap berbagai tawaran bisnis yang ada di internet. Namun, di sinilah saya akan mengungkap bagaimana Anda dapat menguasai cara memulai bisnis internet dengan modal minimal, dan saya yakin Anda akan bersemangat untuk mencoba setelah membaca ulasan ini.

Nah, sebelum kita memulai perlu Anda pahami bahwa cara memulai bisnis internet yang saya tawarkan bukan merupakan cara cepat kaya, melainkan bagaimana mengembangkan seluruh potensi bisnis yang sudah Anda miliki menjadi semakin berpeluang untuk meraih keuntungan yang lebih besar (atau setidaknya lebih baik lagi).

Mari kita mulai …

Pemahaman Akan Cara Memulai Bisnis Internet dengan Modal Minimal

Jika Anda sudah cukup lama mengikuti notordinaryblogger, Anda akan memahami bahwa saya cukup yakin sukses secara online tidak jauh berbeda dengan sukses secara offline. Pembeda utamanya adalah media meraih sukses itu sendiri. Secara online, peluang usaha yang bisa Anda dapatkan semakin luas dengan kemungkinan biaya yang semakin kecil dibandingkan dengan kegiatan yang sama di dunia offline.

Misalkan demikian :

A adalah pelaku usaha pakaian jadi berdomisili di Jakarta dengan segmen pasar yang cukup jelas, yaitu pengguna baju muslim. Jika dalam dunia offline A perlu mengeluarkan biaya pasang iklan mencapai Rp 1.000.000,- per bulan untuk menjangkau lebih banyak konsumen di Jawa Barat, maka melalui internet, A bisa menjangkau lebih banyak konsumen (di seluruh Indonesia) tanpa biaya iklan sedikit pun.

Anda sudah mengerti bukan, kenapa saya katakan “cara memulai bisnis internet dengan modal minimal berarti mengembangkan seluruh potensi bisnis yang sudah Anda miliki menjadi semakin berpeluang untuk meraih keuntungan yang lebih besar”?

Jadi kesuksesan dalam menerapkan cara memulai bisnis internet dengan modal minimal sangat bergantung dari kemauan Anda dalam mempelajari bisnis yang Anda sudah jalani atau baru sekedar minat untuk mulai. Berikut ini adalah empat pengingat ampuh bagi Anda yang sudah atau baru akan berkecimpung di dunia bisnis internet.

Tips Memulai Bisnis Internet dengan Modal Minimal

Pada dasarnya memulai bisnis baik itu bisnis internet atau bisnis lainnya memiliki dasar-dasar yang tidak jauh berbeda. Berikut adalah tips cepat untuk menginspirasi Anda memulai bisnis internet :

Jangan Sekedar Coba-Coba Bisnis Internet

Mungkin Anda sudah bosan mendengar “jika ingin sukses harus modal nekat”!. Nyatanya ada saja orang yang sukses dengan cara itu, namun jika Anda perhatikan sebenarnya orang-orang yang dibilang sukses dengan cara itu tidaklah sekedar modal nekat, mereka memiliki “sesuatu” yang lebih dari sekedar nekat. Mereka memiliki tekad yang kuat untuk memulai sesuatu, selalu bangkit dari kegagalan, tidak pernah berhenti belajar dan bekerja keras. Tidak percaya? Baca saja kisah hidup orang-orang sukses yang Anda kagumi.

Jika Anda ingin memulai bisnis internet, jangan sekedar terbawa tren pasar untuk mencoba bisnis yang sangat menguntungkan dengan modal nekat. Pahamilah apa yang menjadi minat Anda terlebih dahulu, pelajari peluang bisnisnya di dunia offline lalu terjun ke dunia internet untuk memperluas jaringan pemasaran bisnis Anda.

Buatlah Rencana Target Bisnis Internet

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis internet buatlah rencana target bisnis internet Anda. Jika sudah berbicara bisnis maka sepertinya sulit untuk melepaskan diri dari konsep jual beli bukan? Apapun itu Anda akan terpaku pada konsep jual beli. Baik itu jual beli keahlian, produk atau jasa.

Salah satu contoh adalah seperti berikut ini :

Anda adalah produsen tas sekolah. Anda yakin produk Anda sangat berkualitas dan pasti diterima oleh target pasar Anda. Perhatikanlah bagaimana masyarakat mengenal Anda, bisnis Anda atau produk Anda sebelum dan sesudah Anda memulai bisnis internet. Jika ada perubahan atas penjualan produk tas sekolah Anda setelah menerapkan cara memulai bisnis internet maka bisa dibilang rencana Anda berjalan sesuai rencana, jika tidak maka perlu dievaluasi kembali.

Jangan Mudah Tergiur dalam Menjalankan Bisnis Internet

Dalam memulai bisnis internet, Anda harus teguh pendirian, jangan mudah tergiur akan hal-hal yang tidak terlalu penting untuk bisnis Anda. Jangan terlalu naif untuk cepat-cepat meraih penjualan sebesar-besarnya. Ingatlah bahwa kesuksesan memerlukan waktu dan proses, dan dengan cara ini keuntungan Anda malah akan semakin besar.

Harus Berani Berkompetisi di Bisnis Internet

Tidak peduli bisnis apapun, Anda akan selalu menemukan persaingan atau kompetisi dengan pihak lain. Jika sudah demikian, jangan pernah mundur atau takut, Anda harus berani berkompetisi. Di sinilah beberapa inspirasi sebelumnya sangat berperan dalam menumbuhkan keberanian berkompetisi.

Jika Anda menghadapi kompetisi, perbaikilah kualitas produk, lakukan inovasi dan berbagai kreativitas yang akan membantu bisnis Anda tetap menjadi terdepan di bidang bisnis tersebut.

Utamakan Kualitas Pelayanan Bisnis Internet kepada Konsumen

Saat berbicara bisnis internet, kualitas pelayanan kepada konsumen sangat menentukan bahkan lebih menentukan dibandingkan bisnis offline. Mengapa demikian? Maraknya penipuan bisnis internet telah melukai potensi positif di industri ini, akibatnya para pelaku bisnis yang benar-benar jujur akan menerima efek negatifnya. Cara terbaik mengatasi hal itu adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan konsumen.

Memaksimalkan Bisnis Internet dengan Modal Minimal

Anda tentu belum melupakan bukan konsep yang dibawa dalam artikel ini bukan? Bisnis internet merupakan penggunaan media internet untuk mencapai tujuan bisnis Anda secara positif.

Lantas, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana bila Anda memiliki modal kecil? Jawabannya modal kecil bukan masalah selama Anda tahu apa yang Anda kerjakan dalam menjalankan bisnis tersebut.

Kenapa demikian? Karena internet hanyalah media Anda untuk meraih kesuksesan bisnis yang Anda geluti.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara memaksimalkan modal minimal dalam memulai bisnis internet :

Pemasaran Bisnis Internet Menggunakan Blog atau Website

Pemasaran merupakan salah satu kendala terbesar bagi dunia bisnis terutama bagi pelaku bisnis dengan modal minimal. Dari segi inilah internet bisa memainkan perannya dalam mensukseskan pemasaran bisnis internet.

Kemudian mungkin ada beberapa dari rekan pembaca bertanya-tanya, kenapa harus ngeblog atau membuat website? Kenapa tidak facebook? Inilah alasannya.

Tidak sedikit orang menggunakan mesin pencari untuk membantu mereka menyelesaikan solusi dengan cara cepat. Di sisi lain Google, sebagai pemain paling top di industri mesin pencari, sangat giat menghukum penyedia informasi yang dinilai tidak berkualitas melalui algoritma Panda dan Penguin. Akibatnya? Ketergantungan orang terhadap penggunaan mesin pencari akan semakin besar. Kondisi inilah yang akan sangat menolong pemasaran bisnis internet. Pengguna yakin akan kualitas Google dan Google ingin menjaga kepercayaan itu dengan update rutin algoritmanya.

Apakah berhenti di situ saja? Tidak. Jumlah pengguna internet itu sendiri semakin besar akibatnya potensi bisnis internet Anda untuk meraih keuntungan yang lebih baik akan semakin besar juga.

Google Indonesia mentargetkan perkembangan pengguna internet Indonesia mencapai 100 juta pengguna internet pada tahun 2015 sedangkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memproyeksikan pertumbuhan pengguna internet Indonesia mencapai 139 juta pengguna internet pada tahun 2015.

Selain itu, lagi-lagi Google juga telah menjalankan berbagai upaya untuk menggaet kalangan bisnis Indonesia pelaku usaha kecil dan menengah untuk mengembangkan bisnisnya melalui fasilitas Adwords (media iklan di mesin pencari milik Google)

Baik itu upaya pengembangan Adwords, target Google maupun proyeksi APJII menunjukkan indikasi peningkatan pengguna internet yang tentunya berkorelasi positif dengan potensi internet untuk pemasaran bisnis.

Selama Anda sanggup menampilkan informasi berkualitas mengenai bisnis yang Anda tawarkan, saya yakin bisnis Anda akan berkembang dengan pesat dengan bantuan internet.

Kenapa harus blog? Bukan Facebook?

Kedua media ini sama-sama media sosial, namun dalam urusan bisnis, memantau perkembangan bisnis lebih mudah dilakukan menggunakan blog. Dengan bantuan Google analytics Anda bisa dengan mudah memantau lokasi dari mana pengunjung blog datang, dan bagaimana mereka bisa datang. Dengan data sederhana ini Anda bisa menentukan tren pasar untuk produk Anda.

Untuk contoh lihatlah ilustrasi berikut ini :

Saya ingin mengetahui informasi produsen plakat dengan harga murah yang ada di Jakarta. Jika pertanyaan ini muncul saat saya ada di rumah jam 10 malam, atau sedang dalam perjalanan di jalan tol dan bos meminta saya mencari informasi soal itu, apa yang saya lakukan? Tentu saja mengambil alat komunikasi, terhubung ke internet dan kunjungi Google kemudian ketikan pertanyaan saya …. Hasilnya adalah :

bisnis internet

Untuk mencari jawaban cepat tentu saya akan mengunjungi link-link yang disediakan Google tersebut bukan? Kemudian bagaimana penyedia informasi memberikan keterangan yang baik dalam blog/website/facebook page nya akan sangat menentukan apakah konsumen mengambil keputusan bisnis atau tidak. Di sinilah pemahaman tentang landing page akan sangat bermanfaat.

Ini sangat menguntungkan karena Anda dapat memulai blog secara gratis sekalipun sebagai media bisnis internet. Karena dengan bergulirnya algoritma Google, kunci utama sebuah konten blog terindeks dengan baik di Google adalah kualitas informasi yang diberikan. Oleh karenanya semakin spesifik bisnis internet yang Anda jalankan, semakin mudah Anda menemukan konsumen di internet.

Akses Komunikasi Praktis dan Efisien dalam Bisnis Internet

Keuntungan kedua setelah pemasaran yang tidak kalah pentingnya dalam bisnis internet adalah kepraktisan dan efisiensi dalam akses komunikasi Anda sebagai pelaku bisnis, dengan konsumen.

Jika Anda sudah memahami landing page efektif untuk blog maka konsumen akan merasakan mudahnya akses komunikasi dalam bisnis internet yang Anda tawarkan tersebut.

Inilah berbagai tawaran akses komunikasi bisnis internet kepada konsumen yang bisa Anda lakukan :

  • Memberi link bisnis kepada akun facebook Anda atau akun media sosial lainnya.
  • Memberi link kepada akun yahoo messenger
  • Memberi halaman khusus contact (contact page) kepada pengunjung blog
  • Memberi kontak nomor telepon pribadi/pin BB kepada konsumen melalui blog/website

Saat Anda mendapatkan pengunjung dari Google yang mencari informasi tentang produk bisnis Anda, dan Anda memberikan informasi kontak tersebut dengan tepat, kemungkinan yang dapat terjadi adalah konsumen tersebut akan segera menghubungi Anda untuk menanyakan harga produk, cara pembayaran, dan cara pengiriman. Jika sudah cocok, transaksi akan segera dilakukan.

Kenapa demikian? Karena pada saat pengunjung datang melalui mesin pencari, mereka benar-benar ingin informasi yang Anda tawarkan, atau setidaknya informasi Anda menarik perhatian mereka, dengan begitu mereka akan memperhatikan informasi bisnis dengan lebih baik.

Penggunaan blog dan sarana komunikasi melalui media seperti yahoo messenger atau facebook sudah lazim digunakan untuk interaksi bisnis internet. Tentu beberapa media tersebut sangat menguntungkan bila dikembangkan dengan benar, khususnya dalam meningkatkan interaksi dengan calon konsumen bisnis internet yang dijalankan.

Menjaga Momentum Positif Bisnis Internet dengan Modal Minimal

Pada tingkat ini, Anda sudah siap untuk menerima momentum positif setelah memulai bisnis internet dengan modal minimal tersebut. Langkah selanjutnya yang tidak kalah menentukan adalah apakah bisnis yang Anda jalankan akan semakin berkembang atau tidak.

Ingatlah, bahwa saat kita menjalankan bisnis (terlepas dari apakah bisnis internet atau tidak), kita tidak bisa berpuas diri atas hasil yang sudah diraih, atau bisnis yang kita jalankan akan terkubur oleh ketatnya persaingan. Oleh karenanya kita harus selalu dinamis dalam menemukan inovasi baik harga produk, kualitas produk dan pelayanan kepada konsumen.

Khusus dalam memulai bisnis internet, maka cara menjaga momentum positif yang sudah Anda dapatkan memiliki karakteristik tersendiri yang bisa sangat menentukan. Cara tersebut adalah …

Keseriusan dalam Menjaga Kualitas Pelayanan Bisnis Internet

Anda harus memahami bahwa seorang calon pembeli online belum tentu memutuskan pembelian saat itu juga. Bisa jadi calon pembeli tersebut akan terus menghubungi Anda menanyakan berbagai hal secara mendetail.

Sebagai pelaku bisnis internet, Anda harus memahami situasi ini dan terus berkomitmen untuk memberi kualitas pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Sekalipun transaksi gagal, konsumen akan teringat akan kesan bisnis yang Anda tinggalkan. Dengan demikian, bukan tidak mungkin ia akan kembali suatu saat nanti untuk melakukan transaksi bisnis atas produk lainnya.

Komitmen Memberi Informasi Bisnis Internet yang Berkualitas

Jika Anda memang berniat memulai sebuah blog untuk mengembangkan bisnis internet, maka komitmen Anda dalam memberikan informasi berkualitas akan sangat menentukan.

Seperti sudah disinggung sebelumnya baik mesin pencari maupun pengguna mesin pencari sangat menyukai informasi berkualitas tinggi. Jika Anda berkomitmen memberikan informasi berkualitas untuk mendukung bisnis internet yang Anda jalankan, sudah pasti bisnis Anda akan dengan mudah diketahui banyak orang, khususnya para pengguna mesin pencari yang haus informasi. Hal demikian sama halnya dengan memasang iklan di halaman depan sebuah media masa terkemuka, bedanya Anda tidak perlu membayar untuk itu.

Komitmen Menjaga Kepercayaan Calon Konsumen Bisnis Internet

Saya mengatakan calon konsumen karena dalam bisnis internet sebenarnya banyak sekali peminatnya namun banyak juga keraguan oleh karenanya, bagaimana Anda bisa menjaga kepercayaan konsumen sangat menentukan apakah calon konsumen dapat berubah menjadi konsumen setia atas produk bisnis internet yang Anda jalankan.

Kemauan untuk Menjaga Hubungan Baik dalam Bisnis Internet

Saat Anda terjun ke dunia bisnis internet, Anda harus paham bahwa relasi sosial adalah hal utama bahkan di atas kepentingan bisnis. Artinya Anda jangan menganggap setiap pengunjung blog sebagai uang semata. Melainkan anggap mereka sebagai teman yang memerlukan informasi.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga komunikasi kepada konsumen (khususnya jika Anda menggunakan facebook page). Jangan hanya memberikan informasi hanya untuk menawarkan produk bisnis internet saja. Ketahuilah bahwa tidak ada seorang pun yang senang dipaksa untuk membeli sesuatu yang tidak ia perlukan, namun demikian banyak orang membeli produk yang menarik minat mereka karena manfaat yang bisa diberikan produk itu kepada kepentingan mereka. Dan dalam bisnis internet, minat konsumen dapat muncul dari hubungan pertemanan yang memicu kepercayaan.

Bagaimana Tips Cara Memulai Bisnis Internet dengan Modal Minimal itu Dapat Bekerja?

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah iya, tips cara berbisnis internet yang diberikan di atas dapat bekerja? Jawabannya 100% IYA. Kenapa demikian?

Anda dapat Memulai Bisnis Internet dengan Cara Gratis

Dengan cara gratis maka tidak ada salahnya untuk dicoba. Banyak yang memanfaatkan facebook page untuk menjalankan bisnis internet menawarkan berbagai produk atau jasa. Namun saya secara khusus merekomendasikan Anda memulai sebuah blog, tidak masalah jika Anda memulai blog gratis sekalipun.

Karena apa? Pada dasarnya kedua media itu, facebook page dan blog (gratis atau tidak) adalah sarana informasi akan eksistensi bisnis internet Anda. Artinya, itulah cara awal konsumen akan menemukan Anda. Dan blog memiliki keunggulan karena pengunjung akan fokus kepada pesan bisnis yang Anda berikan, serta Anda bisa memantau pengunjung blog Anda.

Konsumen Yang Tertarik Akan Menghubungi Anda

Jika konsumen yang datang kepada blog Anda berasal dari mesin pencari, kemungkinan besar ia akan menghubungi Anda. Ini berkaitan erat dengan bagaimana Anda menyiapkan blog Anda menjadi sebuah landing page efektif yang tidak hanya menarik minat pengunjung untuk membeli tapi juga menghubungi Anda untuk menggali informasi lebih banyak lagi.

Interaksi Online Anda adalah Modal Utama

Jika Anda memelihara profil bisnis internet Anda dengan baik (blog atau media sosial lainnya), itu akan menjadi modal utama Anda sekalipun Anda tidak pernah melakukan update konten pada blog Anda. Bagaimana bisa? Hal ini bisa terjadi jika Anda menunjukkan interaksi online (bisa melalui komentar pengunjung yang diberikan atas foto produk yang ditawarkan, bisa melalui respon atas pertanyaan di akun facebook, dan berbagai media sosial yang Anda ikuti).

Interaksi online menunjukkan bahwa Anda benar-benar ada, bukan objek khayalan yang hanya berorientasi kepada uang konsumen yang berujung pada penipuan. Interaksi online ini pun bisa Anda bangun dengan cara gratis seperti aktif dalam bermedia sosial, berkomentar di blog lain menggunakan foto asli, sampai menjadi penulis tamu di blog lain berbagi tips bisnis yang Anda geluti.

Semakin baik profil online Anda, semakin baik pula interaksi sosial Anda dengan konsumen, pada akhirnya kepercayaan dan kenyamanan konsumen untuk memulai bisnis internet dengan Anda semakin besar.

Misalkan:

Anda penjual produk susu anak dengan harga bersaing. Keaktifan Anda di berbagai akun media sosial dan internet yang ada akan meningkatkan kesadaran calon konsumen akan diri Anda, dan pada akhirnya tertarik untuk melihat apa yang Anda tawarkan kepada mereka.

Sekarang …. Pertanyaan Terbesar adalah “Bagaimana Saya Bisa Memulai Bisnis Internet Sendiri”?

Inilah beberapa panduan praktis bagaimana Anda bisa memulai bisnis internet dengan modal minimal segera.

Temukan Minat atau Hobi

Apa hobi Anda? Misalkan Anda memiliki hobi permainan helicopter remote control. Jika Anda sudah cukup lama menggeluti hobi ini, tentu tingkat keahlian Anda dalam menemukan spare arts  harga murah berkualitas menjadi meningkat. Ini bisa menjadi peluang bisnis karena bisa saja pelaku hobi serupa di kota lain merasa tertolong dengan tawaran bisnis internet yang Anda berikan.

Jika Anda suka berbelanja fashion bisa jadi Anda tahu betul mana produsen fashion berkualitas dengan harga miring yang bisa Anda tawarkan lewat bisnis internet.

Jika Anda hobi mengkoleksi suatu barang langka, bisa jadi tawaran harga setinggi langit pun akan menarik minat kolektor dari daerah lain. Hal ini dimungkinkan jika Anda memulai bisnis internet.

Apapun hobi Anda akan nada peluang bisnis internet di dalamnya jika Anda jeli melihatnya. Jadi yang pertama adalah temukan hobi Anda kemudian pelajari peluang bisnisnya.

Buat Profil Online untuk Bisnis Internet Anda

Anda bisa memulai blog (gratis atau berbayar terserah Anda) untuk menguji sejauh mana peluang bisnis internet Anda bisa berkembang. Kombinasikan blog Anda dengan berbagai akun media sosial seperti facebook dan twitter. Facebook dan twitter berfungsi sebagai agen pemasar Anda dan blog adalah toko utama Anda.

Selain itu, berkomentar di blog lain atau menjadi penulis tamu bisa menjadi senjata ampuh membangun profil online Anda dalam menunjang bisnis internet yang Anda kelola.

Jika menurut Anda membuat blog itu sulit dan memakan biaya besar coba simak ulasan notordinaryblogger tentang cara memulai blog gratis blogger.com. Anda akan memahami betapa menariknya sebuah blog untuk digunakan sebagai media pemasaran bisnis internet.

Buat Kesan Positif dalam Bisnis Internet

Dalam menjalankan bisnis internet, kesan positif yang Anda berikan kepada calon konsumen sangatlah penting. Mulai dari informasi yang Anda berikan di blog, penyampaian informasi pribadi secukupnya, sampai bagaimana Anda merespon komunikasi calon konsumen akan berperan besar dalam membentuk kesan positif untuk menunjang bisnis internet yang Anda jalankan.

Jangan Mudah Menyerah Meraih Sukses Bisnis Internet

Hal terkahir yang sangat menentukan adalah diri Anda sendiri. Jangan mudah menyerah dalam menjalankan bisnis internet. Karena, seperti Anda simak dari awal sampai akhir, bisnis internet dapat dijalankan dengan modal minimal, bahkan tanpa modal ekstra.

Anda hanya perlu menjalankan bisnis yang Anda suka sebagaimana biasanya, hanya saja menggunakan bantuan internet sebagai media pemasaran. Hasilnya, jangkauan konsumen Anda akan semakin luas dan tentu saja potensi keuntungan juga semakin besar.

Siap Coba Cara Memulai Bisnis Internet dengan Modal Minimal?

Jika Anda memang berniat memulai bisnis internet dan Anda sudah memiliki produk yang jelas silahkan Anda mem-bookmark  page ini. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah untuk tetap mengingat langkah-langkah penting memulai bisnis internet dengan modal minimal. Banyak pemula bisnis internet yang semangat sejak awal dengan membuat blog gratis namun kehilangan arah ditengah jalan. Oleh karenanya pastikan Anda bukan salah satu dari mereka. Gunakan cara memulai bisnis internet dengan modal minimal ini untuk mengembangkan bisnis Anda.

Sudah siap menerapkan cara memulai bisnis internet dengan modal minimal? Atau memiliki pertanyaan seputar bisnis internet yang sudah atau baru terpikir untuk dijalankan? Silahkan tinggalkan komentar di kolom yang tersedia 🙂

Image courtesy of GlassDoor

Pastikan Anda selalu update dengan informasi terbaru dari blog ini dengan memberi like pada fanpage notordinaryblogger.

One Response

  1. Pingback: Monthly Report June 2013 I Juli 2, 2013
  2. lutfi wardi Maret 12, 2014

Leave a Reply

CommentLuv badge