7 Tahap Ubah Facebook Fans Jadi Konsumen Setia

Facebook Page Anda sudah banyak yang ‘Like’, tapi apakah itu saja sudah cukup?.

Banyak sekali Facebook Fan Page yang memiliki pengikut banyak tapi tidak terjadi aktivitas apa-apa di wallnya. Sangat disayangkan sekali apabila para penggemar setia ini dibiarkan saja tanpa dioptimalkan fungsinya. Padahal, para fans ini dapat ‘dikerahkan’ menjadi ‘tenaga pemasaran’ produk Anda secara cuma-cuma.

Facebook page tidak hanya ajang untuk mengumpulkan para fans dari brand Anda kelola; akan tetapi, Anda harus pandai mengelola dan ‘memelihara’ fans agar tetap aktif berpartisipasi dengan obrolan di wall facebook anda.

  • Usung strategi

Facebook page adalah salah satu alat dalam marketing media sosial. Namanya saja marketing, pasti harus ada strategi atau rencana yang diusung untuk mencapai goal. Tentukan terlebih dahulu, tipe pembeli seperti apa yang akan memerlukan produk/jasa anda. Informasi ini disebut dengan sebutan profil konsumen. Kalangan mana yang menjadi target pasar Anda beserta usia, pekerjaan bahkan tingkat penghasilannya. Tidak perlu mengetahui secara pasti data-data tersebut, tapi dengan profil konsumen ini nantinya Anda akan punya bayangan kemana produk Anda harus dipasarkan. Rencanakan strategi yang efektif namun sejalan baik di website maupun akun sosmed brand anda.

  • Perbanyak Fans

Saat ini banyak sekali postingan-postingan mulai dari yang asal-asalan hingga yang berkualitas dan informatif. Jika Anda tidak ingin ditinggalkan fans, buatlah konten yang menarik – konten yang sekiranya akan berdampak positif bagi pembacanya atau memberikan informasi bagi khalayak. Selain itu, postingan pun harus ditentukan waktunya. Anda tidak mungkin memposting status di jam-jam tidur malam karena feed Anda akan tenggelam keesokan paginya. Cari waktu yang pas seperti weekend atau saat jam makan siang dimana orang-orang tidak sibuk dan bermain dengan smartphone mereka.

  • Variasikan konten

“Sebuah Gambar Mewakili 1000 Kata”

Visual yang menarik akan memberikan kesan positif bagi yang melihat. Selain mengiklankan produk Anda, bagikan posting-posting yang menginspirasi dan menarik perhatian namun masih relevan.

Buat pertanyaan-pertanyaan yang mudah dicerna yang mendorong fans untuk menjawab meski sekedar sapaan. Jangan lupa bahwa inti media sosial adalah komunikasi.

  • Hubungkan Facebook dengan website

Bagaimana cara menarik fans untuk membaca postingan blog di website anda? Tentu dengan membagikan link-nya. Tapi, terlebih dahulu, blog Anda harus informatif, relevan dan menarik. Jangan sampai pengunjung ‘kecele’ karena artikel yang ada di link tersebut tidak berkualitas dan tak ada manfaatnya. Di dalam website Anda, pastikan berbagai tombol sosmed sudah tersedia agar para pembaca bisa share postingan Anda ke sosmed pribadi mereka dengan mudah.

  • Ajak Facebook Fans Anda secara Persuasif

Setelah menggiring fans Anda ke website, pastikan tersedia tombol subscribe atau berlangganan, yang cukup jelas. Beri sedikit informasi apa yang akan mereka dapatkan saat berlangganan newsletter Anda. Tulis juga keuntungan yang akan didapat seperti diskon, voucher gratis, atau promo menarik dan lain sebagainya.

  • Analisa laman mana yang paling banyak di klik

Dari Facebook page Anda, anda dapat menganalisa banyaknya pengunjung yang me-like postingan anda beserta statistiknya. Anda juga dapat mengukur ‘ramainya’ pengunjung di website Anda yang berasal dari Facebook page tersebut.

Analisa data ini diperlukan untuk pembuatan konten selanjutnya – artikel seperti apa yang diinginkan oleh para netizen.

  • Monitoring Facebook Page

Jangan lupa untuk selalu membuka halaman Facebook Anda untuk membalas komen atau menjawab pertanyaan dari fans. Jangan sampai halaman Facebook Anda menjadi komunikasi satu arah karena Anda juga harus memelihara hubungan dengan follower.

Siap Ubah Facebook Fans Jadi Konsumen Setia?

Punya pendapat lain tentang mengubah facebook fans menjadi konsumen? Silahkan berbagi

No Responses

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+