Propaganda Ranking Online sebuah Blog : Bagaimana Menyiasatinya?

Mungkin Anda sedikit bertanya-tanya soal propaganda ranking online sebuah blog. Saya memang sengaja memakai judul itu untuk mencuri perhatian pembaca. Namun sebenarnya artikel ini dibuat bukan tanpa sebab khususnya untuk Anda yang sedang belajar internet marketing.

Sebelumnya saya ingin berterima kasih kepada pembaca notordinaryblogger yang telah aktif bertanya melalui email. Dari email tersebut akhirnya saya memutuskan beberapa topik yang akan saya angkat menjadi postingan, karena memang cukup banyak yang menanyakan dan tentunya memiliki manfaat untuk pembaca blog ini secara umum.

Pertanyaan sebenarnya adalah bagaimana menerapkan SEO blog. Cukup banyak blogger menanyakan hal ini kepada saya, dan tidak sedikit yang mengaitkannya dengan  ranking online yang berhasil diraih dan kemungkinan profit yang bisa didapatkan melalui penerapan SEO blog itu sendiri.

Dari situlah, artikel blog ini lahir.

Apa yang saya coba ulas kali ini?

Jika Anda membaca artikel ini dengan seksama dari awal sampai akhir Anda akan mendapatkan pemahaman tentang :

  • Arti Penting Ranking Online sebuah Blog (seberapa pentingkah itu?)
  • Mana Lebih Baik? Ranking atau Jumlah Pengunjung Harian?
  • Cara Memperbaiki SEO sekaligus Ranking Blog?
  • Hilang Fokus? Pertanda Anda Korban Propaganda Ranking Online

Nah, mari kita simak bersama …..

Arti Penting Ranking Online sebuah Blog

Secara umum mungkin tips ngeblog terfokus pada 2 ranking online utama untuk sebuah blog yaitu PageRank dan Peringkat Alexa.

Sudah sejak lama ranking online menjadi tolak ukur blogger-blogger di dunia. Banyak yang bersyukur atas raihan ranking online yang tinggi seiring berjalannya waktu. Namun apa sebenarnya arti penting ranking online sebuah blog?

Ranking online merupakan formalitas awal untuk menilai seberapa komersil sebuah blog itu. Kenapa komersil? Karena pada akhirnya blogger-blogger akan mengacu pada manfaat finansial yang akan mereka raup setelah berhasil dengan susah payah meraih ranking online pada tingkat tertentu.

Tidak sedikit blogger yang menjual blognya dengan harga tertentu setelah berjuang meningkatkan ranking onlinenya. Atau setidaknya banyak juga blogger yang berharap meraup sejumlah manfaat finansial setelah meraih ranking online tertentu.

Pada akhirnya ranking online memegang peranan tersendiri dalam dunia bisnis online bagi sebuah blog secara khusus. Ranking online telah menjadi tolak ukur dalam menentukan apakah sebuah blog bernilai bisnis atau tidak.

Saat ini makna sebuah ranking online tidak lagi sakral seperti dulu … kenapa saya katakan demikian? Banyak sekali pengaruhnya, beberapa diantaranya yaitu :

  • Perkembangan Algoritma Google
  • Karakteristik Pengunjung Blog

Perkembangan algoritma google banyak memberi pengaruh kepada makna ranking online sebuah blog. Dengan semakin mengedepankan informasi berkualitas, mesin pencari Google kini hanya menampilkan informasi yang benar-benar bermanfaat di halaman pertamanya (hanya Google yang tahu bagaimana cara menentukan hal ini, para ahli online hanya bisa menerka berdasarkan riset).

Oleh karena itu, ranking yang tinggi bukan jaminan blog Anda bakal terpampang di halaman pertama Google, melainkan kualitas informasi yang Anda tawarkan lebih menentukan. Itulah sebabnya, saat ini blog-blog baru bisa bersaing dengan blog-blog mapan dalam hal menempati posisi halaman pertama Google. Jadi, Perkembangan algoritma Google telah membuat ranking online (PageRank dan Alexa) bukanlah hal yang utama. Penting namun bukan segalanya.

Memang Google bukan satu-satunya mesin pencari yang ada, namun faktanya Google mendominasi industri mesin pencari di dunia. Jadi menggunakan Google sebagai patokan tentu hal yang lumrah, setuju?

Kemudian karakteristik pengunjung blog. Pengunjung blog adalah manusia atau mungkin juga bot (namun pengunjung yang benar-benar melakukan kegiatan pada sebuah blog : membaca, melihat-lihat, meng-klik iklan yang ditayangkan, membeli barang dsb tentu saja pengunjung manusia yang bisa melakukannya). Itu adalah hal-hal alami yang dilakukan pengunjung blog, mereka tidak akan memikirkan ranking blog yang dikunjunginya.

Jadi jika Anda berpikir ranking blog yang baik sama dengan nilai profit yang tinggi coba pikir sekali lagi. Sekalipun terdapat flippa (website tempat jual beli blog/website), tetap saja kegiatan menjual sebuah blog/website bukan perkara mudah sekalipun blog yang ditawarkan memiliki ranking online cukup baik.

Mulai dari nama, tema bahasan, desain, dan sebagainya mempengaruhi apakah blog/website yang ditawarakan akan laku dengan harga tinggi atau tidak. Selain itu juga ada biaya rutin (biaya pasang iklan per bulan) jika Anda ingin blog Anda terdaftar di situs flippa dengan status “dijual”.

Dari bahasan awal ini sepertinya bisa dipahami bahwa ranking online cukup penting namun kualitas informasi yang ditawarkan dalam sebuah blog sangatlah penting.

Mana Lebih Baik? Ranking atau Jumlah Pengunjung Harian?

Saya mendapatkan pertanyaan yang sangat menarik dari salah satu pembaca yang ingin memperbaiki SEO blognya. Data blog yang diberikan adalah :

Sebuah Blog A dengan kunjungan harian menurut Google Analytics 300 – 500 kunjungan per hari dan data analisis bawaan blog menunjukkan 700 sampai 1000 views per hari.

Yang menjadi keluhan? Ranking alexa terhenti pada kisaran 1,500,000 – 2,500,000.

Saya terdiam beberapa saat melihat pertanyaan yang diberikan ….

Dalam hati saya berkata … “Blog ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan lebih jauh”

Kenapa dalam hati saya berkata demikian?

Dari obrolan pribadi dengan salah satu blogger lokal, saya dapat menyampaikan bahwa kunjungan harian blog miliknya ada di kisaran 500 per hari. Padahal ranking alexa sudah mencapai dibawah 50,000

Untuk blog luar negeri saya juga mendapat konfirmasi bahwa sebuah blog ber-niche make money online dengan peringkat alexa kisaran 45,000 hanya menghasilkan 15,000 kunjungan per bulan. Artinya, kunjungan harian juga berada pada kisaran 500 pengunjung.

*saya tidak bisa menyebutkan alamat blog karena sifatnya sangat pribadi.

Dari obrolan pribadi tersebut jelas muncul pendapat … ranking online sebuah blog bukanlah segalanya.

Kembali kepada “Blog A”. Analisa Alexa yang saya peroleh tentang blog A tersebut adalah seperti ini :

  • Diperkirakan 50% dari total kunjungan ke Blog A hanya terdiri 1 pageviews.
  • Waktu yang dihabiskan pengunjung rata-rata 6 menit
  • Organic traffic yang dihasilkan sebesar 31%

Menurut saya … itu sudah lebih dari cukup untuk bisa dikembangkan menjadi blog yang lebih besar lagi.

Dari sini sebenarya bisa didapatkan penyebab kenapa ranking alexa sebuah blog rendah meskipun pengunjung hariannya besar. Pada dasarnya Alexa hanya menggunakan dua indikator utama dalam memberi ranking, yaitu jumlah total pengunjung dalam 3 bulan terakhir dan jumlah pengunjung yang menggunakan alexa tools.

Dan yang sangat berpengaruh adalah penggunaan alexa tools pada komputer pengunjung. Jika peringkat alexa tetap besar meskipun pengunjung besar, itu berarti mayoritas jumlah pengunjung tidak menggunakan alexa toolbars.

Dua Jenis Pengunjung yang Mempengaruhi Ranking Alexa:

Jenis Pertama Jika pengunjung blog adalah orang yang menaruh perhatian pada dunia marketing online dan memahami cara kerja ranking alexa tentu pengunjung ini akan menginstal tools alexa di komputernya. Jika mayoritas pengunjung blog Anda adalah pengunjung jenis pertama, tentu peringkat alexa blog Anda akan semakin membaik dalam waktu cepat. Kenapa? karena 100 kunjungan pengunjung jenis pertama lebih berdampak positif kepada ranking alexa dibandingkan dengan 1000 kunjungan pengunjung jenis kedua.

Jenis Kedua Jika pengunjung blog adalah orang yang tidak terlalu peduli dengan dunia marketing online dan hanya ingin mencari informasi untuk memperoleh kejelasan, maka tentu pengunjung jenis ini tidak memikirkan untuk menginstal tools alexa di komputernya. Dari sini jelas bahwa meningkatnya kunjungan yang berasal dari mesin pencari menunjukkan baiknya kualitas SEO sebuah blog.

Dalam kasus “Blog A”, dengan tingkat organic traffic 31% merupakan pertanda baiknya SEO blog itu. Tips mudah menurunkan ranking alexa : Anda harus menambah jaringan kepada forum, blog atau komunitas marketing online.

Karena kelompok itu lebih berpeluang menggunakan alexa tools dalam kegiatan online mereka. Namun, jika topik blog Anda di luar marketing online, kunjungan dari komunitas ini apakah benar-benar Anda inginkan? Bukankah lebih baik mendapatkan pengunjung yang benar-benar menginginkan informasi yang kita berikan? Namun jika Anda tetap bersikukuh ingin memperbaiki peringkat alexa dalam waktu cepat, gunakanlah trik di atas atau sewa jasa pihak ketiga (tentu ada konsekuensi finansial).

Cara Memperbaiki SEO sekaligus Ranking Blog

Tahukah Anda makna dibalik kalimat “kunjungan 100 pengunjung jenis pertama lebih berdampak positif daripada kunjungan 1000 pengunjung jenis kedua”?

Artinya jika Anda memiliki 1000 kunjungan harian jenis pengunjung kedua, ranking alexa Anda akan membaik dalam waktu yang lebih lama.

Apakah ini buruk? Tentu tidak. Apa yang harus diperbaiki?

Ada satu perubahan sederhana untuk bisa memperbaiki kondisi ini,  yaitu alasan. Alasan Sepertinya masih banyak blogger terlupa akan hal ini. Maksud alasan adalah kenapa blog Anda lahir. Ini perlu dijelaskan secara seksama, singkat dan padat agar pengunjung segera mengetahui manfaat apa yang akan mereka dapatkan jika menikmati informasi yang ditawarkan.

Alasan sebuah blog, bisa dengan mudah disampaikan dalam nama blog, atau jika nama belum menggambarkan bisa dalam tag line blog, atau dalam halaman khusus tentang blog. Ceritakanlah secara singkat dan jelas Siapa penulis blog (jika ada prestasi penting yang menurut Anda perlu disampaikan sebaiknya disampaikan), Bagaimana blog ini lahir,  Kenapa blog ini lahir, Apa yang ditawarkan kepada pengunjung.

Dari informasi sederhana diatas Anda dapat memahami apa yang Anda kejar dengan membuat blog. Dengan demikian Anda akan terhindar dari situasi kehilangan arah.

Hilang Fokus? Pertanda Anda Korban Propaganda Ranking Online

Jika Anda terjebak pada situasi mempertanyakan ranking online sebuah blog  dan melupakan kemajuan yang “sebenarnya” blog Anda sudah dapatkan …. Anda adalah korban propaganda ranking online. Tenang saja, banyak yang menjadi korban. Memang ranking online dapat menjadi batu sandungan banyak blogger. Oleh karena itu saya hanya ingin mengingatkan, jangan kehilangan fokus Anda!

Coba pelajari ilustrasi ini:

Seorang blogger X membuat blog dengan tujuan mencari uang. Setelah 6 bulan ia telah berhasil mencapai kondisi stabil mendapat penghasilan $20 setiap bulannya. Kemudian saat ia melakukan blog commenting, blogger X menemukan sebuah blog (bertema lain) dengan desain yang jauh lebih baik dan ranking yang sangat baik dibandingkan blog miliknya. Singkat kata, ia ingin sekali memiliki blog seperti itu.

Setelah 1 tahun bekerja keras, blogger X masih saja gagal memperbaiki ranking blognya meskipun sudah mengeluarkan uang cukup besar. Tanpa disadari pengasilan bulanan blog miliknya sudah jauh menurun menjadi $5 bahkan terkadang tidak menghasilkan.

 

Dari ilustrasi di atas, saya hanya ingin mengingatkan :

Setiap pengunjung blog memiliki karakter masing-masing yang berpengaruh pada performa blog Anda. Jika Anda ingin memperbaiki performa SEO dan Ranking Blog, kualitas informasi blog adalah hal paling utama yang seharusnya menjadi fokus.

Karena pada akhirnya pengunjung akan menyukai informasi berkualitas sama halnya dengan mesin pencari memasang informasi berkualitas di halaman pertamanya.

Lakukan Perubahan

Jadi, jika Anda ingin memperbaiki performa SEO dan Ranking Blog sekaligus terhindar dari Propaganda Ranking Online sebuah Blog, inilah fokus yang bisa saya sarankan atas prosentase waktu blogging Anda :

prosentase waktu blogging

Jadi fokuslah pada kualitas informasi yang Anda tawarkan agar Anda terhindar sebagai korban propaganda ranking online sebuah blog.

Ranking online memang penting namun sebuah blog tanpa jumlah pengunjung yang berarti akan sulit untuk dikembangkan menjadi blog yang lebih besar lagi. Dan hal utama untuk mendatangkan pengunjung kepada blog Anda di era Google Panda dan Penguin adalah kualitas konten yang ditawarkan

Image courtesy of Commonwealthbar

7 Comments

  1. budi majid Mei 2, 2013
    • Okto Mei 3, 2013
  2. Fakry Naras Wahidi Mei 4, 2013
    • Okto Mei 4, 2013
  3. Megi Tristisan Mei 11, 2013
    • Okto Mei 12, 2013
  4. Paket wisata pulau seribu Mei 17, 2013

Leave a Reply

CommentLuv badge