Menghitung Return on Investment Bisnis PTC

Return on investment merupakan rasio kemungkinan yang memperhitungkan keuntungan sebuah investasi atas persentase modal yang dikeluarkan. Dengan kata lain, return on investment mengukur seberapa banyak uang yang dihasilkan dari investasi. Ini akan menunjukkan kepada investor seberapa efisien setiap uang yang diinvestasikan dalam hal mendatangkan keuntungan. Investor tidak akan menggunakan rasio ini semata untuk mengukur seberapa baik kinerja investasi, para investor lazimnya juga membandingkan kinerja beragam investasi semua jenis dan bentuknya.

Jika dalam postingan sebelumnya sudah dibahas cara menghitung balik modal maka di kesempatan ini waktunya untuk praktek menghitung return on investment salah satu peluang bisnis menggunakan PTC.

PTC merupakan program cari uang online, singkatan dari paid to click yang memungkinkan anggotanya mendapat uang hanya dengan melihat iklan.

Sebelum menghitungnya mari pahami dulu cara menghitung return on investment ini, yaitu Keuntungan investasi dibagi Biaya investasi dan hasilnya diwujudkan dalam persentase atau rasio.

Untuk kesempatan ini notordinaryblogger ingin coba menghitung return on investment bisnis PTC neobux yang sudah digunakan sejauh ini.

Cara menghitung return on investment bisnis ptcCara menghitung return on investment bisnis ptc2

Modal investasi yang digunakan = $80 (biaya membership golden)

Jangka waktu investasi = 12 bulan (jangka waktu membership golden sejak dibayarkannya biaya keanggotaan)

Keuntungan per bulan = $77.28 / 5 bulan (15 Oktober 2015 – 1 April 2016) = $15.45

Dari informasi modal investasi yang digunakan, jangka waktu investasi dan keuntungan per bulan di atas maka bisa diperkirakan balik modal bisnis PTC ini sebagai berikut:

Modal investasi / keuntungan per bulan = $80 / $15.45 = 5.17

Ini bisa diartikan kondisi balik modal bisa diraih pada bulan ke-6 atau tepatnya pada 15 April 2016.

Jika sudah demikian berarti potensi keuntungan dapat dihitung sebagai berikut:

jangka waktu investasi x keuntungan per bulan atau

12 x $15.45 = $185.4.

Nah itulah potensi keuntungan bersih dari investasi bisnis PTC ini. Lalu bagaimana menghitung return on investment bisnis PTC ini?

(potensi keuntungan – biaya investasi) / biaya investasi atau

($185.4 – $80) / $80 = 1.31

Ini berarti return on investment bisnis PTC dengan program PTC neobux yang dibahas memiliki rasio 1,31 atau 131% yang bermakna bahwa Anda menghasilkan $1.31 dari setiap dollar yang diinvestasikan.

Saldo neobux sampai 6 April 2016:

saldo neobux 6 April 2016

Agar semakin jelas memberikan gambaran, mari coba menghitung return on investment bisnis PTC yang sudah dicoba lainnya (clixsense) berikut ini:

Modal yang diperlukan untuk bergabung menjadi seorang member premium adalah $17 dan akan berlaku selama 1 tahun. Jika Anda perhatikan di postingan cara mendapat uang dari internet tanpa ngeblog maka Anda akan melihat bahwa saya tergabung menjadi member premium sejak Agustus 2015 dan masa keanggotaan akan berakhir pada Agustus 2016.

Clixsense Withdrawal Oktober 2015 February 2016

Terhitung sejak September 2015 sampai Februari 2016 total pendapatan dari PTC ini adalah $352.77. Dengan demikian dapat diasumsikan pendapatan bulanan sekitar $58.79

Ini berarti rasio return on investment dapat dihitung seperti ini:

(($58.79×12)-$17) / $17 = ($705.48 – $17) / $17 = 40.49

Ini berarti return on investment bisnis PTC dengan program PTC clixsense memiliki rasio 40,49 atau 4049% yang berarti Anda menghasilkan $40.49 dari setiap dollar yang diinvestasikan.

Apa Manfaat Menghitung Return on Investment sebuah Peluang Usaha?

Secara umum, return on investment yang positif dianggap sebagai peluang yang baik. Ini berarti bahwa total biaya yang dikeluarkan untuk investasi dipastikan akan kembali ditambah dengan keuntungan. Suatu return on investment yang negatif berarti keuntungan yang didapatkan tidak cukup untuk menutup seluruh biaya yang telah dikeluarkan.

Kembali ke contoh menghitung return on investment bisnis PTC tadi, hasil investasi dengan PTC neobux menghasilkan return on investment 131% dan investasi dengan PTC Clixsense 4049%. Investasi clixsense jelas sekali mengalahkan investasi neobux berlipat-lipat. Ini bisa diindikasikan bahwa lebih baik menambah jumlah investasi untuk program bisnis yang return on investmentnya paling tinggi.

Cara menghitung return on investment sangatlah umum dan dapat digunakan untuk mengukur berbagai peluang investasi. Seorang manajer investasi dapat menggunakannya untuk mengukur pendapatan atas investasi sebuah modal. Investor dapat menggunakannya untuk mengukur kinerja objek investasi dan Anda dapat menggunakannya untuk mengukur aset yang dimiliki. Hal penting yang perlu diingat dalam menghitung return on investment adalah jangan hiraukan variabel waktu untuk sebuah investasi aset tak berwujud.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+