5 Tips Sukses Mengelola Tim Sales Bisnis Anda

Share

Mengelola tim sales adalah tugas yang unik. Kinerja pekerjaan seorang tenaga sales diukur jauh berbeda dari staf kantor Anda yang lain, dan mereka yang ada di tim Anda mungkin merasakan jenis tekanan yang berbeda karena kuota dan tujuan yang tertunda.

Ada lima hal yang tidak dilakukan oleh sebagian besar pemilik usaha, yang menahan mereka dari melakukan penjualan. Masukkan 5 tips ini ke dalam sesi pelatihan manajemen Anda dan segera rasakan peningkatan pada bisnis Anda.

Persiapan yang Baik

Anda harus tahu apa yang dibutuhkan calon pelanggan Anda sebelum dia melakukannya. Tim sales cenderung bertanya kepada klien mereka bagaimana mereka dapat membantu, padahal kenyataannya mereka seharusnya sudah melakukan riset yang cukup untuk memahami hal ini. Penelitian adalah kunci dalam persiapan. Persiapan yang baik akan calon pelanggan merupakan langkah awal mengelola tim sales yang berujung positif.

Buat Presentasi

Tidak ada presentasi sama dengan tidak ada penjualan. Pemahaman presentasi sangatlah krusial untuk sukses mengelola tim sales. Jangan pernah berasumsi, bahwa klien atau calon pelanggan Anda tahu banyak tentang produk atau layanan Anda. Sebagian besar akan takut untuk memberi tahu Anda jika mereka tidak dan tentu saja tidak ingin membeli dari Anda jika mereka tidak mengerti. Lebih baik memberi terlalu banyak informasi daripada terlalu sedikit. Sangat disarankan mengadakan sesi pelatihan presentasi penjualan terpisah untuk menumbuhkan keterampilan penting ini.

Hubungan dengan Klien bukan Soal Pribadi

Ya, membangun hubungan dengan klien Anda adalah penting. Tidak, Anda tidak perlu membicarakan cuaca, anak-anak Anda, atau olahraga setiap kali Anda menelepon. Dibutuhkan waktu untuk membentuk hubungan yang hebat dengan klien, tetapi itu tidak perlu menjadi tugas yang membosankan. Buat panggilan telepon Anda sopan dan ramah dan tetap profesional setiap saat.

Mendengarkan

Salah satu pertemuan penjualan untuk pertama kali akan membuat ngeri siapapun. Anda membayangi tenaga sales lain dan dia menghabiskan lebih banyak waktu berbicara tentang sejarah masa lalunya daripada dia mendengarkan dan menangani masalah kliennya. Belajarlah untuk menutup mulut dan membiarkan prospek Anda berbicara. Anda akan belajar lebih dari yang Anda pikirkan.

Jangan Abaikan Pelanggan Anda

Ya, mencapai sasaran penjualan adalah penting, tetapi tugas itu hanya akan menjadi lebih sulit jika Anda mengabaikan klien Anda saat ini. Pastikan Anda memberi mereka layanan pelanggan yang hebat dan mereka akan tetap menjadi klien setia untuk waktu yang lama.

Sukses mengelola tim sales berarti memastikan tim penjualan Anda mengingat hal-hal ini saat mereka bergerak maju dengan prospek mereka saat ini dan yang baru. Mereka akan memiliki pelanggan yang lebih bahagia, mendapatkan lebih banyak referensi, membuat lebih banyak penjualan dan, pada akhirnya, lebih mudah untuk bekerja sama!