7 Kompetensi Manajer Perusahaan Sukses Perlu Tahu

Share

Memenuhi kompetensi manajer berarti Anda siap menduduki posisi manajer terbaik. Menjadi manajer terbaik yang Anda bisa dan mencapai kepuasan kerja menjadi prioritas utama dalam banyak daftar keinginan manajer. Jadi, kompetensi apa yang perlu Anda kuasai untuk menjadi manajer hebat? Berikut adalah 7 kompetensi teratas untuk dikembangkan dan dijalankan oleh seorang manajer.

1. Kompetensi Manajer dalam Komunikasi

Mampu mengomunikasikan ‘visi’ Anda sendiri kepada tim sangat penting bagi manajer mana pun. Tim perlu tahu ke arah mana Anda pergi dan apa tekad Anda untuk melangkah ke tujuan itu. Setelah ini, jalinan kontak rutin dengan masing-masing anggota tim Anda akan membantu Anda untuk memahami mereka dan kemajuan apa yang mereka buat. Bahkan jika tim Anda berada di tempat yang berbeda dengan Anda, usahakan untuk menjaga hubungan kerja yang kondusif dengan mereka. Ini bisa menjadi alat motivator yang baik untuk tim maupun individu.

2. Kompetensi Manajer dalam memberikan Delegasi

Sebagai manajer tim, Anda tidak dapat mencapai semua tujuan Anda sendiri. Manajer terhebat tahu bagaimana memanfaatkan kekuatan dan kekuatan orang-orang dalam tim mereka. Mereka kemudian dapat mendelegasikan secara efektif kepada mereka yang akan menyelesaikan pekerjaan. Semua delegasi harus jelas dan didukung oleh manajer. Delegasi bukan pengunduran diri dan manajer harus selalu memiliki rencana cadangan jika hal-hal tidak berjalan seperti yang diharapkan karena mereka pada akhirnya yang akan bertanggung jawab.

3. Kompetensi Manajer dalam Memotivasi Orang Lain

Setiap orang punya motivasi internal atau eksternal. Keterampilan manajer hebat adalah mencari tahu apa yang memotivasi setiap orang dan menggunakan pengetahuan itu untuk mendapatkan yang terbaik dari mereka. Sementara Anda bisa menebak apa ini, salah satu cara terbaik adalah bertanya kepada mereka!

4. Kompetensi Manajer dalam Pengorganisasian dan Manajemen Tugas

Sebagai panutan bagi kolega Anda, penting untuk menemukan cara yang efisien untuk mengatur dan memprioritaskan pekerjaan. Sekalipun ini belum tentu menjadi kekuatan Anda, bangunlah sistem dan prosedur untuk diikuti tim Anda. Kenalilah organisator terbaik dalam tim dan manfaatkan kekuatan mereka untuk membuat tim bekerja lebih baik. Semua sistem manajemen tugas harus bekerja untuk manajer individu jika mereka ingin berhasil. Pikirkan kembali apa yang paling berhasil bagi Anda di bidang lain dalam hidup Anda dan transfer keterampilan ini untuk mendapatkan hasil yang serupa.

5. Kompetensi Manajer dalam Kesabaran

Orang tidak selalu berperilaku seperti yang diharapkan atau seperti yang Anda inginkan. Mengembangkan kesabaran dan mengenal orang-orang akan menuai hasil positif untuk jangka panjang. Terkadang orang hanya membutuhkan waktu dan ruang untuk mengembangkan cara mereka sendiri dalam melakukan sesuatu. Hanya karena Anda telah mengembangkan satu cara, tidak berarti ini akan menjadi yang terbaik untuk rekan Anda. Untuk mengembangkan tingkat toleransi di luar tingkat kesabaran normal Anda sama artinya untuk memberi orang kesempatan untuk berkembang.

6. Kompetensi Manajer dalam Membangun Tim yang Efektif

Memahami bahwa semua tim harus bekerja menuju tujuan bersama adalah pelajaran utama bagi manajer mana pun. Dengan membantu tim untuk mencapai kesuksesan bersama, serta kepuasan kerja mereka sendiri, akan membantu mereka untuk menyadari bahwa mereka saling membutuhkan untuk benar-benar berhasil.

Setiap orang mulai dari yang dibayar paling rendah hingga orang yang paling senior memiliki peran untuk bermain dalam tujuan keseluruhan dan setiap orang harus dihargai secara setara. Puji kerja yang baik secara teratur di depan tim dan pastikan bahwa umpan balik yang membangun disampaikan secara pribadi. Ini membantu menciptakan suasana positif dalam tim. Mengapa tidak membawa tim keluar pada hari-hari khusus untuk kebersamaan?

7. Kompetensi Manajer dalam Pengembangan diri

Tidak ada manajer yang selesai pada titik tertentu. Pengembangan pribadi yang konstan dan fleksibilitas perilaku akan membantu manajer biasa menjadi manajer hebat. Bersikap terbuka terhadap berbagai peluang untuk mempelajari hal-hal baru. Anda mungkin menemukan bahwa orang-orang dalam tim Anda menyediakan banyak pembelajaran. Terlibat dengan kelompok sukarela dan masyarakat setempat memungkinkan Anda untuk mengambil lebih banyak pengalaman dan bagaimana keterampilan manajemen dapat diasah dalam situasi yang berbeda. Ini juga merupakan cara ideal untuk memberi kembali dan berkontribusi pada komunitas Anda sendiri. Ini adalah cara yang bagus untuk memberi contoh kepada orang lain yang mungkin mempertimbangkan opsi ini.

Berlatih dan kembangkan tujuh kompetensi manajer ini dan Anda akan menjadi manajer yang hebat di organisasi mana pun.