4 Tugas Team Leader Jamin Sukses


Tugas team leader merupakan suatu tanggung jawab besar jika Anda menerimanya dalam sebuah pekerjaan atau organisasi. Sebagai seorang leader, Anda menginspirasi dan membantu rekan kerja untuk mencapai tujuan perusahaan. Tujuan tersebut diraih dengan menyelesaikan tugas dan proyek yang berujung pada bertambahnya keuntungan perusahaan. Anda akan mampu menjalani tugas team leader karena Anda memenuhi beberapa kualitas seperti performa kerja baik, komunikasi yang efektif, antusiasme dan kesetiaan pada perusahaan.

Tugas Team Leader Yang Utama

Merencanakan dan Mengorganisir

Memahami misi perusahaan akan membantu Anda membuat rencana dan mengendalikan tugas atau tanggung jawab yang harus diemban team kerja Anda. Pemahaman akan fungsi divisi team Anda akan membantu dalam menentukan prioritas tugas dan tanggung jawab. Sebagai tambahan, kekuatan dan kelemahan anggota team akan menentukan posisi terbaik dalam menjalankan tugas. Mengorganisir proyek dengan deadline minim dan mengatur deadline membuat team Anda tetap sesuai jadwal. Selain itu juga Anda dapat memfokuskan team kepada semua hal penting agar proyek dapat selesai pada waktunya.

Melatih

Anda harus melatih karyawan yang baru bergabung di team atau perusahaan dibawah tanggung jawab team Anda. Sebagai seorang team leader, karyawan dalam masa percobaan akan mengikuti Anda untuk mempelajari sistem kerja. Saat mereka sudah mandiri, Anda bertanggung jawab untuk memantau perkembangannya. Anda akan membutuhkan kemampuan untuk mengevaluasi karyawan dalam semangat positif dan perbaikan untuk menyelesaikan pekerjaan. Bersiap untuk menjawab pertanyaan tentang tugas-tugas dan mengkoreksi perilaku yang kontra produktif terhadap pencapaian tujuan usaha.

Memotivasi

Memberikan motivasi kepada karyawan akan membutuhkan antusiasme asli untuk perusahaan dan memahami pentingnya kerjasama tim untuk menyelesaikan sebuah proyek. Mendeteksi penyebab turunnya moral merupakan langkah awal memperbaiki motivasi dalam team Anda. Jika konflik terjadi antar karyawan, dan Anda memiliki kemampuan menawarkan solusi, berbicara kepada setiap individu karyawan untuk mencapai kompromi, sehingga team Anda dapat kembali fokus meraih tujuan. Tawarkan rewards sederhana seperti makan siang dan aktivitas untuk capaian penting team Anda. Kompetisi sehat antar anggota team untuk hadiah sederhana membantu meningkatkan performa produktif team secara keseluruhan.

Dokumentasi

Menjaga dokumen penting untuk kemajuan sangatlah penting. Mendokumentasi kemajuan dan perilaku team Anda membantu manajemen untuk menilai karyawan saat dibutuhkan. Catat semua deadline dan catat jika team Anda memenuhinya tepat waktu, lebih cepat atau terlambat. Bantu anggota team yang selalu tertinggal dan evaluasi apakah tugasnya sudah sesuai kompetensi. Beri selamat dan dukung karyawan yang berperforma di atas rata-rata. Catatan fakta Anda akan setiap personil team dapat membuka pola performa dan perilaku anggota team yang dibutuhkan untuk perubahan positif dalam perusahaan.

Siap Jalani Tugas Team Leader?

Itulah tugas team leader penting untuk menjamin sukses Anda sendiri atau organisasi tempat Anda berkarir. Adakah tugas penting yang tertinggal dan belum diungkap?


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+