Seperti Apa Algoritma Google Tahun Ini?

Bukan rahasia lagi jika Google mulai berbenah atas hasil pencarian dalam Google Search. Untuk Anda yang belajar SEO sudah seharusnya terbiasa dengan istilah algoritma. Algoritma Panda dan Penguin telah diluncurkan untuk menghabisi website yang dicurigai melanggar ketentuan Google. Lantas seperti apa algoritma google tahun ini … yang jelas, Google tidak akan memperlambat usahanya dalam memberikan kualitas hasil pencarian.

Dua tahun terakhir pembaharuan algoritma Google memberi dampak signifikan kepada banyak website ternama di dunia internet. Cukup banyak tips ngeblog membahas efek menghancurkan ini. Bagi mereka (para korban hewan lucu ciptaan Google) kehilangan sejumlah besar kunjungan rutin yang sudah dihasilkan dari mesin pencari Google. Jika sudah demikian, pemilik website mulai berpikir bahwa Panda dan Penguin bukan hal lucu lagi.

Sekilas ke belakang, pada tahun 2011 Google meluncurkan algoritma Panda, yang selalu diperbaharui secara rutin. Pasti sudah banyak dari rekan blogger yang tahu soal ini. Algoritma Panda mengubur konten-konten blog atau website yang dinilai tidak bermutu dan mengembalikan konten berkualitas ke tempat yang seharusnya.

Banyak blogger profesional menilai algoritma Panda sebagai sesuatu yang kontroversial. Banyak korban yang merasa tidak terima atas dampak algoritma tersebut. Namun demikian, Google tetap pada pendiriannya untuk mengesampingkan konten-konten yang menurut algoritma mereka tidak berkualitas dari halaman mesin pencari.

Algoritma itu belum sempurna, namun membuat banyak perbedaan. Terlepas dari masih bermunculannya konten tidak berkualitas atas kata kunci yang dipilih, Google yakin hasil pencarian saat ini sudah lebih baik dari sebelumnya.

Pada bulan April 2012, Google kembali meluncurkan algoritma yang baru, yaitu Penguin.  Seperti halnya Panda, algoritma Penguin dimaksudkan untuk memberi kualitas lebih baik atas hasil pencarian. Perbedaan mendasar antara Panda dan Penguin adalah sasarannya. Jika Panda mentargetkan kualitas konten maka Penguin mentargetkan pada kualitas link.

Algoritma Penguin  memiliki kemampuan untuk menemukan skema link building yang mencurigakan dan sangat tegas dalam mengambil tindakan. Sama halnya dengan kasus algoritma Panda, dalam hal Penguin, banyak juga pemilik website yang merasa menjadi korban tidak bersalah.

Campur tangan Google kepada para pemilik website belum pernah seketat tahun 2012. Bagi mereka yang bergantung pada Google Search untuk kelangsungan hidup bisnis online nya, mereka akan membuang link-link yang tidak diijinkan oleh Google.

Google sepertinya sudah mengantisipasi kekhawatiran para pemilik website tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan diluncurkannya Link Disavow tool, yang memungkinkan pemilik website memberitahu Google link-link tertentu yang ingin dihindari. Namun sebagian blogger berpandangan tool ini hanya beban dibandingkan sebuah solusi.

Image courtesy of phys.org

Apa Menurut Anda Tentang Algoritma Google?

Sekarang, bagaimana Algoritma Google tahun ini? Akankah ada hewan baru yang diperkenalkan? Atau akan ada pembaharuan algoritma rutin yang membuat blogger cemas tiap bulannya?

10 Comments

  1. adi pradana Februari 25, 2013
    • Okto Februari 26, 2013
  2. Bayu Februari 26, 2013
    • Okto Februari 26, 2013
  3. lulus utami Februari 27, 2013
    • Okto Februari 27, 2013
  4. fajri Februari 28, 2013
  5. iskandaria Maret 1, 2013
    • Okto Maret 2, 2013
  6. Pingback: Kenapa Komentar Tidak Muncul ? I September 23, 2013
  7. Pingback: Perlukah Moderasi Komentar Blog? I September 23, 2013
  8. Pingback: 6 Alasan SEO Masih Penting Maret 18, 2015
  9. Pingback: Cara Dapat Uang Dari Internet April 15, 2015
  10. Pingback: Cara Submit Blog ke Search Engine Juni 14, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge